Buku Sejarah Indonesia Kelas 11



Buku Sekolah Catatan Peristiwa Sejarah Indonesia Kelas Xi Sma Peminatan Kurikulum 2013 Revisi

Buku Pegangan Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 XI SMA

Kurikulum 2013 telah dilaksanakan di beberapa sekolah sasaran dan disosialisasikan di berbagai sekolah lainnya di Indonesia. Kurikulum ini pada hakekatnya dirancang untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama matapelajaran, antara lain, adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dan materi buku pegangan guru dan buku siswa.

Secara khusus, dalam upaya penyempurnaan kurikulum 2013 disusunlah kompetensi inti (Standar Kompetensi pada kurikulum sebelumnya). Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (PP No. 32/2013). Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap social (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotorik) yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam merencanakan, melaksanakan,dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti buku pegangan guru dan buku siswa. Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus,yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi antara guru dan orang tua peserta didik.

Dengan demikian tujuan buku pegangan guru dan buku siswa dalam pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Buku Pegangan Guru Dan Buku Siswa

Agar dapat memudahkan dan mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah petunjuk berikut ini:

  1. Bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
  1. Setiap bab berisi: Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.
  1. Pada sub bab tertentu penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu disesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar yang terdapat dalam permendikbud no. 54.
  1. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memerhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut.

Membuka relung hati, yaitu menyentuh hati dan perasaan peserta didik agar dapat melakukan perenungan dan penghayatan mendalam (muhasabah) sehingga melahirkan motivasi belajar.

  1. Mengkritisi sekitar kita, yaitu memotivasi peserta didik untuk mengerahkan seluruh kemampuan berfikir dengan melakukan pengamatan, bertanya, memberi komentar menelaah buku teks dikaitkan dengan situasi kondisi yang terjadi di masyarakat dan negaranya.
  2. Membuka hazanah peserta didik, yaitu peserta didik diberikan informasi/ materi/konsep untuk menambah wawasan keilmuan mereka sebagai acuan untuk melakukan perubahan sikap yang lebih baik.
  3. Menerapkan perilaku, yaitu peserta didik menerapkan perilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari.
  4. Evaluasi, yaitu peserta didik diberikan penguatan pemahaman dengan berlatih mengerjakan soal-soal.

Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

Di bawah ini telah disediakan link download Buku Pegangan Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016 untuk kelas 11 (sebelas) SMA/MA selengkapnya sebagai berikut:

Gallery Buku Sejarah Indonesia Kelas 11

Platinum Sejarah Indonesia Kelas 2 Sma Ma

Blog Archives Resumeneptun

Buku Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 1 Kurikulum 2013

Buku Sekolah Catatan Peristiwa Sejarah Indonesia Kelas Xi Sma Wajib Kurikulum 2013 Revisi

Sma Buku Teks Utama Siswa Sejarah Indonesia Semester 1 Kelas 11

Download Buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Kelas Xi

Buku Sejarah Indonesia Kelas Xi Semester 2

Mas Nurul Ulum Payung Rejo Buku Siswa Sejarah Indonesia

Buku Sejarah Indonesia Kelas 11 Xi Erlangga Books

Download Buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X

Buku Sejarah Semester 1 Kelas 11 Sma Dwieka Youtube

Sejarah Indonesia Sma Ma Smk Mak Kelas Xi K13 Revisi 2017

Jual Buku Sejarah Indonesia Untuk Sma Kelas Xi Bekas Jakarta Utara Grossiran Tokopedia

Sejarah Indonesia Program Wajib 2 Sma Kelas Xi Edisi Revisi 2016

Buku Sejarah Indonesia Sma Ma Kelas 11 Semester 1 Revisi K13n

Buku Catatan Peristiwa Sejarah Indonesia Kelas Xi Sma Kurikulum 2013

Buku Kelas 11 Sma Sejarah Indonesia Siswa

Jual Aplikasi Pembelajaran Digital Sma Buku Teks Utama

Mandiri Sejarah Indonesia Untuk Sma Ma Kelas Xi Mandiri


0 Response to "Buku Sejarah Indonesia Kelas 11"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel