Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli
Tugas Akhir Informasi Dan Proses Bisnis Proses Penjualan
Pengertian Volume Penjualan Menurut Para Ahli
Menurut Hartson Stapelton (2005:185), mengatakan bahwa volume penjualan adalah pencapaian penjualan yang dinyatakan dalam bentuk kuantitatif dari segi fisik atau volume.
Menurut Horngren, Foster dan Datar yang dikutip oleh Basu Swastha (2005:58), volume penjualan adalah ukuran aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan kapasitas dalam satuan uang atau unit produk dimana manajemen akan berusaha untuk mempertahankan volume yang menggunakan kapasitas yang ada dengan sebaik mungkin.
Terdapat beberapa indikator dari volume penjualan yang dikutip dari Philip Kotler oleh Basu Swastha (2008:404) yaitu:
a. Mencapai volume penjualanb. Mendapatkan labac. Menunjang pertumbuhan perusahaanMenurut Efendi Pakpahan (2009) faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi volume penjualan adalah saluran distribusi yang bertujuan untuk melihat peluang pasar apakah dapat memberikan laba yang maksimun. Secara umum mata rantai saluran distribusi yang semakin luas akan menimbulkan biaya yang lebih besar, tetapi semakin luasnya saluran distribusi maka produk perusahaan akan semakin dikenal oleh masyarakat luas dan mendorong naiknya angka penjualan yang akhirnya berdampak pada peningkatan volume penjualan.
Basu Swastha dan Irawan (2005) memaparkan beberapa faktor yang mempengaruhi penjualan, sebagai berikut:
b. Kondisi pasar
Pasar sebagai suatu kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, kondisi pasar yang harus diperhatikan adalah:1) Jenis pasarnya, apakah pasar konsumen, pasar industri, pasar penjual, pasar pemerintah maupun pasar internasional2) Kelompok pembeli atau segmen pasarnya3) Daya beli masyarakat4) Frekuensi pembelianya5) Keinginan dan kebutuhannyac. Modal
Agar kegiatan penjualan dalam suatu perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan cepat, maka diperlukan sejumlah modal untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan.d. Kondisi organisasi perusahaan
Dalam menangani masalah-masalah penjualan di dalam suatu perusahaan dapat dilihat dari kondisi organisasi perusahaannya apakah termasuk jenis perusahaan besar atau kecil.e. Faktor lain
Faktor-faktor lain yang sering mempengaruhi penjualan, seperti periklanan, peragaan, kampanye, pemberian hadiah, diskon dan lain-lain.Menurut Basu Swastha pada buku ”Manajemen Penjualan”, terdapat beberapa jenis penjualan yang biasa dikenal dalam masyarakat diantaranya adalah:
a. Trade Selling
Penjualan yang terjadi bilamana produsen dan pedagang besar mempersilahkan pengecer untuk berusaha memperbaiki distribusi produk mereka. Hal ini melibatkan para penyalur dengan kegiatan promosi, peragaan, persediaan dan produk baru, jadi titik beratnya adalah para penjualan melalui penyalur bukan pada penjualan ke pembeli akhir.b. Missionary Selling
Penjualan berusaha ditingkatkan dengan mendorong pembeli untuk membeli barang dari penyalur perusahaan.c. Technical Selling
Berusaha meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan nasihat kepada pembeli akhir dari barang dan jasa.d. New Business SellingBerusaha membuka transaksi baru dengan membuat calon pembeli menjadi pembeli seperti halnya yang dilakukan perusahaan asuransi.
e. Responsive Selling
Setiap tenaga penjual dihapkan dapat memberikan reaksi terhadap permintaan pembeli melalui route driving and retaining. Jenis penjualan ini tidak akan menciptakan penjualan yang besar, namun terjalin hubungan pelanggan yang baik yang menjurus pada pembelian ulang.
Menurut Kotler (2006), usaha untuk meningkatkan volume penjualan adalah:a. Menjajakan produk dengan sedemikian rupa sehingga konsumen melihatnya.
b. Menempatkan dan pengaturan yang teratur sehingga produk tersebut akan menarik perhatian konsumen.c. Mengadakan analisa pasar.d. Menentukan calon pembeli atau konsumen yang potensial.e. Mengadakan pameran.f. Mengadakan discount atau potongan harga.Volume penjualan merupakan faktor terpenting yang dapat mempengaruhi besar atau kecilnya modal kerja. Suatu perusahaan menanamkan sebagian dananya dalam bentuk modal kerja, maka dari itu hasil penjualan diperlukan untuk menunjang kegiatan operasional yang bertumpu pada kegiatan penjualan.Basu Swastha (2005:141) mengatakan bahwa dalam menganalisa volume penjualan, manajer dapat membandingkan hasil penjualan dan sasaran atau target penjualan.
Volume penjualan yang diperoleh suatu perusahaan didasarkan pada realisasi hasil penjualan dan target penjualan yang setiap waktu akan cenderung mengalami perubahan sesuai dengan kondisi dari perusahaan itu sendiri. Setiap perusahaan dalam kegiatan penjualan akan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain seperti kemampuan perusahaan, kondisi pasar, modal dan lain sebagainya.
Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat. Salam..
Gallery Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli
Pengertian Penjualan Fungsi Tujuan Jenis Jenis Dan Tahapan
7 Pengertian Strategi Pemasaran 4p Dan 7p
11 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli Pembahasan
Tugas Akhir Informasi Dan Proses Bisnis Proses Penjualan
Pengertian Pendapatan Konsep Jenis Sumber Para Ahli
Penjualan Eceran Ritail Pengertian Fungsi Jenis Dan
Konsep Target Penjualan Dan Cara Menentukannya Universitas
11 Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli Tujuan Dan Jenis
Pengertian Penjualan Fungsi Tujuan Jenis Jenis Dan Tahapan
Pengertian Laba Karakteristik Unsur Unsur Jenis Jenis Dan
Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Yamaha
Pengertian Personal Selling Tujuan Sifat Jenis Bentuk
18 Pengertian Peramalan Forecasting Menurut Para Ahli
Pengertian Retail Fungsi Jenis Contoh Menurut Para Ahli
Pengertian Distribusi Menurut Para Ahli Tujuan Distribusi
Pengertian Penjualan Beserta Jenis Dan Macam Transaksinya
Definisi Dan Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
Teori Pasar Menurut Para Ahli Hestanto Personal Website
Pdf 12 Bab Ii Skripsi Pdf Jajang Nurjaman Academia Edu
7 Pengertian Strategi Pemasaran 4p Dan 7p
Pengertian Retur Penjualan Menurut Para Ahli
12 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli Dan Secara Umum
Bab Ii Tinjauan Pustaka 2 1 Pengertian Manajemen Penjualan
Pengertian Sistem Informasi Penjualan Menurut Para Ahli
0 Response to "Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli"
Post a Comment