Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli



Tugas Akhir Informasi Dan Proses Bisnis Proses Penjualan

Pengertian Volume Penjualan Menurut Para Ahli

Pengertian Volume Penjualan Menurut Para Ahli

Menurut Hartson Stapelton (2005:185), mengatakan bahwa volume penjualan adalah pencapaian penjualan yang dinyatakan dalam bentuk kuantitatif dari segi fisik atau volume. 

Menurut Basu Swasta (2005:65) berpendapat bahwa volume penjualan merupakan penjualan bersih dari laporan laba perusahaan. Penjualan bersih diperoleh melalui hasil penjualan seluruh produk (produk lini) selama jangka waktu tertentu dan hasil penjualan yang dicapai dari market share (pangsa pasar) yang merupakan penjualan potensial yang dapat terdiri dari kelompok pembeli selama jangka waktu tertentu.

Menurut Horngren, Foster dan Datar yang dikutip oleh Basu Swastha (2005:58), volume penjualan adalah ukuran aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan kapasitas dalam satuan uang atau unit produk dimana manajemen akan berusaha untuk mempertahankan volume yang menggunakan kapasitas yang ada dengan sebaik mungkin. 

Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa volume penjualan merupakan hasil total keseluruhan dari penjualan produk atau barang selama waktu yang ditetapkan dalam suatu usaha. (menurut penulis)

Terdapat beberapa indikator dari volume penjualan yang dikutip dari Philip Kotler oleh Basu Swastha (2008:404) yaitu:

a. Mencapai volume penjualanb. Mendapatkan labac. Menunjang pertumbuhan perusahaan

Menurut Efendi Pakpahan (2009) faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi volume penjualan adalah saluran distribusi yang bertujuan untuk melihat peluang pasar apakah dapat memberikan laba yang maksimun. Secara umum mata rantai saluran distribusi yang semakin luas akan menimbulkan biaya yang lebih besar, tetapi semakin luasnya saluran distribusi maka produk perusahaan akan semakin dikenal oleh masyarakat luas dan mendorong naiknya angka penjualan yang akhirnya berdampak pada peningkatan volume penjualan.

Basu Swastha dan Irawan (2005) memaparkan beberapa faktor yang mempengaruhi penjualan, sebagai berikut:

a. Kondisi dan kemampuan penjualUntuk mencapai sasaran penjualan yang diharapkan, maka penjual harus memahami masalah-masalah penting yang sangat berkaitan dengan penjualan, yakni:1) Jenis dan karakteristik barang yang ditawarkan2) Harga produk3) Syara penjualan

b. Kondisi pasar

Pasar sebagai suatu kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, kondisi pasar yang harus diperhatikan adalah:1) Jenis pasarnya, apakah pasar konsumen, pasar industri, pasar penjual, pasar pemerintah maupun pasar internasional2) Kelompok pembeli atau segmen pasarnya3) Daya beli masyarakat4) Frekuensi pembelianya5) Keinginan dan kebutuhannya

c. Modal

Agar kegiatan penjualan dalam suatu perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan cepat, maka diperlukan sejumlah modal untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan.

d. Kondisi organisasi perusahaan

Dalam menangani masalah-masalah penjualan di dalam suatu perusahaan dapat dilihat dari kondisi organisasi perusahaannya apakah termasuk jenis perusahaan besar atau kecil.

e. Faktor lain

Faktor-faktor lain yang sering mempengaruhi penjualan, seperti periklanan, peragaan, kampanye, pemberian hadiah, diskon dan lain-lain.

Menurut Basu Swastha pada buku ”Manajemen Penjualan”, terdapat beberapa jenis penjualan yang biasa dikenal dalam masyarakat diantaranya adalah:

a. Trade Selling

Penjualan yang terjadi bilamana produsen dan pedagang besar mempersilahkan pengecer untuk berusaha memperbaiki distribusi produk mereka. Hal ini melibatkan para penyalur dengan kegiatan promosi, peragaan, persediaan dan produk baru, jadi titik beratnya adalah para penjualan melalui penyalur bukan pada penjualan ke pembeli akhir.

b. Missionary Selling

Penjualan berusaha ditingkatkan dengan mendorong pembeli untuk membeli barang dari penyalur perusahaan.

c. Technical Selling

Berusaha meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan nasihat kepada pembeli akhir dari barang dan jasa.

d. New Business SellingBerusaha membuka transaksi baru dengan membuat calon pembeli menjadi pembeli seperti halnya yang dilakukan perusahaan asuransi.

e. Responsive Selling

Setiap tenaga penjual dihapkan dapat memberikan reaksi terhadap permintaan pembeli melalui route driving and retaining. Jenis penjualan ini tidak akan menciptakan penjualan yang besar, namun terjalin hubungan pelanggan yang baik yang menjurus pada pembelian ulang.

Kemampuan perusahaan dalam menjual produknya menentukan keberhasilan dalam mencari keuntungan, apabila perusahaan tidak mampu menjual maka perusahaan akan mengalami kerugian. Menurut Basu Swastha DH (2004:404) tujuan umum penjualan dalam perusahaan yaitu:a. Mencapai volume penjualanb. Mendapatkan laba tertentuc. Menunjang pertumbuhan perusahaan

Menurut Kotler (2006), usaha untuk meningkatkan volume penjualan adalah:a. Menjajakan produk dengan sedemikian rupa sehingga konsumen melihatnya.

b. Menempatkan dan pengaturan yang teratur sehingga produk tersebut akan menarik perhatian konsumen.c. Mengadakan analisa pasar.d. Menentukan calon pembeli atau konsumen yang potensial.e. Mengadakan pameran.f. Mengadakan discount atau potongan harga.Volume penjualan merupakan faktor terpenting yang dapat mempengaruhi besar atau kecilnya modal kerja. Suatu perusahaan menanamkan sebagian dananya dalam bentuk modal kerja, maka dari itu hasil penjualan diperlukan untuk menunjang kegiatan operasional yang bertumpu pada kegiatan penjualan.

Basu Swastha (2005:141) mengatakan bahwa dalam menganalisa volume penjualan, manajer dapat membandingkan hasil penjualan dan sasaran atau target penjualan. 

Sedangkan menurut Philip Kotler yang dikutip oleh Basu Swastha (2005:182) menyimpulkan bahwa ada beberapa indikator dari volume penjualan yaitu tercapainya target dan peningkatan jumlah keuntungan.

Volume penjualan yang diperoleh suatu perusahaan didasarkan pada realisasi hasil penjualan dan target penjualan yang setiap waktu akan cenderung mengalami perubahan sesuai dengan kondisi dari perusahaan itu sendiri. Setiap perusahaan dalam kegiatan penjualan akan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain seperti kemampuan perusahaan, kondisi pasar, modal dan lain sebagainya.

Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat. Salam..

Gallery Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli

Pemba Has An

Pengertian Penjualan Fungsi Tujuan Jenis Jenis Dan Tahapan

7 Pengertian Strategi Pemasaran 4p Dan 7p

11 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli Pembahasan

Tugas Akhir Informasi Dan Proses Bisnis Proses Penjualan

Pengertian Pendapatan Konsep Jenis Sumber Para Ahli

Penjualan Eceran Ritail Pengertian Fungsi Jenis Dan

Konsep Target Penjualan Dan Cara Menentukannya Universitas

11 Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli Tujuan Dan Jenis

Pengertian Penjualan Fungsi Tujuan Jenis Jenis Dan Tahapan

Pengertian Laba Karakteristik Unsur Unsur Jenis Jenis Dan

Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Yamaha

Pengertian Personal Selling Tujuan Sifat Jenis Bentuk

18 Pengertian Peramalan Forecasting Menurut Para Ahli

Pengertian Retail Fungsi Jenis Contoh Menurut Para Ahli

Pengertian Distribusi Menurut Para Ahli Tujuan Distribusi

Pengertian Penjualan Beserta Jenis Dan Macam Transaksinya

Definisi Dan Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Teori Pasar Menurut Para Ahli Hestanto Personal Website

Pdf 12 Bab Ii Skripsi Pdf Jajang Nurjaman Academia Edu

7 Pengertian Strategi Pemasaran 4p Dan 7p

Pengertian Retur Penjualan Menurut Para Ahli

12 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Bab Ii Tinjauan Pustaka 2 1 Pengertian Manajemen Penjualan

Pengertian Sistem Informasi Penjualan Menurut Para Ahli


0 Response to "Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel