Materi Tes Wawasan Kebangsaan
Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan Twk Lengkap Dengan
Koleksi 120 Soal Tes Wawasan NKRI Materi TWK Calon Pegawai Negeri Sipil 2019
a. bersembunyi dibalik pintu
d. pergi keluar negeri
e. tertera dibawah ini
2. Tanda hubung yang digunakan secara benar terdapat pada
a. Adat sopan-santun
b. Muka merah-padam
c. Kaum muda-belia
d. Rumah porak-poranda
e. Penuh kasih-sayang
3. Tanda koma yang digunakan secara tepat terdapat pada
a. Terdakwa menurut hakiM, terbuk1i bersalah.
b. Perusahaan itu bangkrut, karena ulah direk1ur utamanya.
c. Dia belum berhasil, meskipun sudah bekerja keras.
d. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
e. Pengalaman hidup itu, guru yang baik.
4. Huruf kapital yang digunakan secara benar terdapat pada
a. Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas.
b. Beberapa Sekolah Dasar di daerah terpencil kekurangan guru.
c. Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai Bahasa Negara dalam Undang-Undang Dasar kita.
d. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
e. Pengalaman hidup itu, guru yang baik.
4. Huruf kapital yang digunakan secara benar terdapat pada
a. Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas.
b. Beberapa Sekolah Dasar di daerah terpencil kekurangan guru.
c. Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai Bahasa Negara dalam Undang-Undang Dasar kita.
d. Makalah berjudul "Globalisasi dan lmperialisme"
e. Peng-lndonesiaan istilah asing perlu digalakkan.
5. Kata yang tidak cocok digunakan dalam komunikasi tulis resmi terdapat pada ....
a. Mengubah haluan
b. Mengukuhkan jabatan
c. Memantapkan jati diri
d. Menjajaki pendapat umum
e. Bertekat bulat
6. Kata sarapan yang cocok digunakan dalam komunikasi tulis resmi terdapat pada
a. Azas partal
b. Sikap emosionil
c. Aktifitas anak
d. Segi kognitif
e. Sujut syukur
7. Sudah saatnya ... peralatan militer kita segera dilakukan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. Perlengkapan
b. Kelengkapan
c. Pelengkapan
d. Pemerlengkap
e. pelengkap
8. Susunan kalimat yang tidak janggal terdapat pada ....
a. Siapapun yang bersalah, ia harus dihukum.
b. Sesudah berunding selama lima jam, putusan baru dapat diambil.
c. Alasannya adalah karena dia tidak patuh kepada atasan.
d. Selama era pasar bebas yang kuat akan menelan yang lemah.
e. Krisis ekonomi terjadi disebabkan karena korupsl, kolusi, dan nepotisme merajalela.
9. Fasilitas jalan masih terus dibangun di Kota Jakarta. Meskipun demikian, kepadatan dan kemacetan lalu lintas selalu terjadi setiap hari, baik pada pagi hari saat warga kota Jakarta dan sekitarnya akan memulai aktivitasnya, maupun sore hari saat mereka pulang ke rumahnya ...
Kalimat yang sesuai sebagai kelanjutan paragraf diatas adalah .....
a. Sebelum ada ledakan penduduk di perkotaan dan pemilikan kendaraan pribadi, kota Jakarta masih terasa naman.
b. Upaya yang dilakukan pemerintah daerah selama ini hanya masalah pelebaran jalan dan pembuatan jalan layang.
c. Keadaan seperti itu dapat dijadikan alasan agar sistem transportasi massa di kota Jakarta segera dibangun.
d. Telah diberitakan diberbagai media masA bahwa sistem transportasi massa di kota Jakarta segera dibangun.
e. Hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah keterkaitan sistem transportasi yang terpadu dengan struktur kota Jakarta.
10. Para tokoh masyarakat memandang bahwa ide-ide para mahasiswa yang disampaikan kepada pemerintah melalui demontrasi belum direspon secara proporsional. Kata ulang yang semakna dengan kata ulang bercetak miring dalam kalimat di atas adalah ....
a. Sakit-sakit
b. Tinggi-tinggi
c. Duduk-duduk
d. Pikiran-pikiran
e. Pusing-pusing
11. Anak itu menderita sakit akibat kehujanan sepanjang perjalanan menu ju ke rumahnya. Kata berimbuhan ke-an pada kata bercetak miring dalam kalimat di atas semakna dengan kata berimbuhan ke -an dalam kalimat .....
a. Kedua pengantin itu merasakan kebahagiaan yang selama ini mereka dambakan.
b. Ledakan born itu kedengaran sampai ke seluruh lantai gedung.
c. Masalah kemiskinan di Indonesia harus ditangani secara serius.
d. Kemacetan lalu lintas setiap hari terjadi di Jakarta.
e. Petani itu keracunan setelah makan sayuran mentah.
12. Pemakaian tanda titik dua dalam kalimat-kalimat berikut yangsesuai dengan Pedoman Umum EYD adalah ...
a. Ayahku sedang mencari: celana, sepatu, dan topi.
b. Dalam rapat itu yang hadir hanya: Mattalata, Faisol, Rogers, dan Rozi.
c. Saya masih memerlukan perabot rumah tangga: meja, almari, dan kursi.
d. Sebentar lagi anak saya akan membeli :radio, jam dinding, dan tas.
e. Fakultas itu mempunai jurusan: Kimia, Geologi, biologi, dan Geodesi.
13. Penulisan nama dengan gelar kesarjanaannya yangtepat terdapat dalam contoh..
a. Dr. Valentino Woworuntu, MBA.
b. DR. Lajnah Latifah, M.Pd.
c. Ir. Lois Lalu, MA.
d. I.R. Cordlva Aridho, M.M.
e. DRS. Saddam Husnaeni, SH.
14. Penulisan lmbuhan serapan yangsesuai dengan Pedoman Umum EYD terdapat pada contoh kalimat...
a. Petemun nonformal antara kedua presiden itu akan berlangsung di lstana Bogor.
b. Komunikasi telepon antar kota di Kupang sempat putus karena ada gangguan teknis.
c. Bantuan masyarakat kepada para tuna rungu masih perlu ditingkatkan.
d. Setiap sub-bab dalambuku itu perlu dibaca agar dapat dipahami isina.
e. Pada tahap semi-final Kesebelasan Korea tampak kompak bermain.
15. Pemakaian tanda koma dalam kalimat berikut yang tepat adalah...
a. Mereka, sebenarnya bukan pemain yang berbakat melainkan pemain yang mempunyai kemauan keras.
b. Dia harus membatalkan niatnya pergi ke Paris, karena pesawat yang mau ditumpangi rusak.
c. Para politisi dan pejabat pemerintah, diharapkan bekerja lebih keras agar masyarakat lebih sejahtera
d. Penghasilan utama daerah jawa barat, adalah padi sedangkan daerah Maluku adalah rempah-rempah.
e. Sebetulnya, tim Indonesia lebih banyak memiliki peluang emas, tetapi karena penyelesainnya kurang baik, akhirnya kalah melawan tim Malaysia.
16. Rangkaian penulisan kata serapan yang sesuai dengan EYD adalah ...
a. Monarkhi, akhir analisa, autopsi
b. Sekunder, ransliterasi,otopsi, varitas
c. Teknik, khlorida, komplit, materiel
d. Frekwensi, ekstrimis, etletik,grup
e. Komplet, anarki,varietas, pasien
17. Di daerahnya, di pelosok kampung, Pak Sembiring terbiasa menggnakan bahasa daerahnya. Ketika dia pindah ke Jakarta, kebiasannya masih saja dipertahankan. Pantaslah banyak orang terdiam atau senyum-senyum jika diajak bicara PakSembiring karena mereka tidakpaham apa yang dikatakannya.
Kebiasaan Pak Semibiring sesuai dengan ilustrasi di atas, tidak sejalan dengan peribahasa ...
a. Ibarat kembang, bagus dipakai, layu dibuang
b. Lain ldang, lain belakang.
c. Ayam hitam terbang malam.
d. Di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung
e. Berjalan peliharalah kaki, berkata peliharalah lidah.
18. Di sini angin pun kecil-kecil dan mengusap wajah kita
Di luar musim pun menyekap dan engahan udara
Menghembus pohon-pohon, membelai-belai wajah kita
Di serambi. Dingin lewat dan berhenti
Bersama langkahku. Bersama bisikan di pusat hatimu ...
Angin Kecil-Kecil dan Musim Menyekap Kita, Abdul hadi
Penggalan puisi diatas menggunakan majas...
a. Pleonasme
b. Litotes
c. Personifikasi
d. Eufemisme
e. Repetisi
19. "Berpuasa sunat itu besar manfaatnya, Rapiah tadi sementara itu wajib benar bagimu memelihara kewarasan tubuhmu. Jangan rupamu secara ini, tinggal kulit pembalut tulang saja".
Benar sekali badanmu menjadi kurus, Ibu. Tapi bukanlah kurus itu disebabkan oleh berpuasa. Meskipun kurus, tetapi perasaanku kesehatan tubuh tidaklah terganggu.
Salah Asuhan, Abdol Moeis.
Apa amanat yang terungkap dalam penggalan novel di alas?
a. Turutilah nasihat orang tua bila ingin berhasil.
b. Jangan melakukan perbuatan yang akhirnya merugikan diri sendiri.
c. Seorang wanita harus memelihara kecantikannya.
d. Seorang ibu mertua harus menyayangi manantuna.
e. Seorang istri seharusnya dapat menjaga kesehatan dirinya.
20. Tak sampai haatinya hendak meninggalkan Medasing sakit, tiada berdaya seorang diri di rimba itu. Meskipun laki-laki itulah pangkalkemelaratannya, meskipun kepala penyamun yang buas itulah yang menganiaya ayah bundanya, sehinga tak tentu apa jadi mereka sekarang ini, dalam penghidupannya yang aman di tengah-tengah rimba di tengah penyamun-penyamun yang tak mengusiknya itu, dengan tiada setahunnya tumbuh di kalbunya tali perhibungan dengan mereka. Bukan dalam perbuatan mereka yang buas, tetapi dalam perasaan hidup ...
Anak Perawan di Sarang penyamun, STA
Unsur moral yang terdapat dalam penggalan novel di alas adalah ....
a. Tidak dendam
b. Tanggung jawab
c. Kasih sayang
d. Selia kawan
BIDANG BAHASA INDONESIA | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
1. | C | Datang kemari |
2. | C | Kaum muda belia |
3. | D | Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan meraja lela |
4. | A | Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas |
5. | D | Menjajaki pendapat |
6. | C | Aktivitas anak |
7. | A | Perlengkapan |
8. | E | Krisis ekonomi terjadi disebabkan karena korupsi, kolusi dan nepotisme merajalela |
9. | E | Hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah keterkaitan sistem transporasi |
10. | D | pikiran-pikiran |
11. | E | Petani itu keracunan setelah makan sayuran mentah |
12. | E | Fakultas itu mempunyai jurusan: Kimia, Geologi, Biologi,dan Geodesi |
13. | A | Dr. Valentino Woworuntu, MBA. |
14. | A | Pertemuan nonformal antara kedua presiden ituakan berlangsung di lstana Bogor |
15. | E | Sebetulnya, tlm Indonesia lebih banyak memiliki peluang emas,tetapi karena penyelesaiannya kurang baik, akhirnya kalah melawan tim Malaysia |
16. | C | Teknik, klorida, komplit, materiel |
17. | B | Lain ladang,lain belalang |
18. | C | Personifikasi |
19. | A | Turutilah nasihat orang tua bila ingin berhasil |
20. | C | Kasih sayang |
Bidang Pancasila
21. lr.Soekarno dalam sidang BPUPKI pertama, mengusulkan rumusan Pancasila yaitu ....
a. Nasionalisme internasional (peri kemanusiaan), mufakat, kesejahteraan sosial dan kutuhanan
b. Nasionalisme, Ketuhanan Yang Maha Esa, perikemanusiaan, kebangsaan Indonesia, mufakat dan kesejahteraan sosial.
c. kesejahteraan sosial, internasionalisme, nasionalisme, peri kemanusiaan dan ketuhanan
d. internasionalisme, nasionalisme, mufakat, demokrasi dan ketuhanan
e. Gotong royong, ketuhanan, kerakyatan, nasionalisme dan demokrasi
22. Pancasila menjadi azas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, setiap warga negara hendaknya ....
a. Memahami Pancasila sebagai sumber hukum
b. Memahami Pancasila sebagai dasar negara
c. Berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila
d. Berupaya selalu mempelajari Pancasila
e. Mempelajari hakikat dari Pancasila
23. Pancasila sebagai way of life dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Dalam hal ini Pancasila memiliki makna sebagai .....
a. Kristalisasi nilai
b. Ciri-ciri warga negara
c. Kepribadian bangsa
d. Karakteristik bangsa
e. Pedoman hidup
24. Pancasila tidak mengenal adanya fasisme sebab fasisme bertitik tolak pada..
a. Pemusatan kekuasaan pada beberapa orang
b. Mengutamakan individualisme radikal
c. Material modern dan individualisme
d. Pemusatan kekuasaan pada satu orang
e. Memaksakan praktek liberalisms
25. Fungsi pembukaan UUD 1945 alinea IV, yang mencantumkan dasar negara yang tersusun secara hierarki dan piramida di Indonesia menjadi.. ..
a. Filter bagi masuknya budaya asing
b. Sumber budaya bangsa
c. Petunjuk pelaksanaan peraturan
d. Sumber hukum yang berlaku
e. Ciri dan karakteristik bangsa
26. Keunggulan demokrasi Pancasila dalam setiap pengambil keputusan ialah..
a. Hasil keputusan harus dapat dipertanggungjawabkan
b. Kepentingan tiap individu didahulukain
c. Pengambil keputusan oleh pimpinan rapat
d. Keputusan diambil melalui musyawarah mufakat
e. Masalah harus diselesaikan hati-hati
27. Konsekuensi dari hubungan kausial organis antara Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan baang Tubuh UUD 1945 yang tidak dapat dipisahkan ialah ....
a. tiap pasal atidak boleh saling bertentangan b. nilai Pancasila harus ada dalam tiap pasal c. tipa unsur tersebut harus saling mengisi d. batang tubuh merupakan penjelasan Pancasila e. UUD harus merangkum sila-sila pad Pancasila 28. Manakah pernyataan dibawah ini yangsesuai dengan sila ke-2 Pancasila? a. Kaum pria memiliki derajat yang lebih tinggi. b. Pemimpin dan pemuka masyarakat berkedudukan lebih tinggi. c. Manusia mempunyai derajat dan martanat yangsama. d. Kedudukan seseorang ditentukan oelh yang dimilikinya. e. Kedudukan seseorang ditentukan pleh perbuatannya. 29. Perwujudan hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dapat dilihat dalam bentuk ..... a. Menentukan sistem perekonomian b. Menentukan kerjasama dengan bangsa lain c. Mengakui kebebasan beragama d. Menentukan ketertiban lingkungan e. Menyatakan pendapat dan berorganisasi30. Mana yang terkandung pada nilai patriotisme dalam kehidupan berbangsa adalah..
a. Selalu berjuang untuk kepentingan negara b. Selalu menentang pada negara penjajah c. Rela berkorban untuk kepentingan keluarga d. Selalu mengupayakan persatuan bangsa e. Mau menyumbangkan harta untuk masyarakat 31. Kedudukan Dewan Perwakilan Rakyat, menurut UUD 1945, kuat karena a. Berhak menentapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara b. Sekuruh anggota DPR merangkap menjadi anggota DPR c. Setiap undang-undang menghend:aki persetujuan DPR d. Merupakan mitra Presiden di bidang legislatif e. Turut serta meratifikasi perjanjian internasional32. Salah satu perbedaan prinsipil antara orde reformasi dengan orde sebelumnya adalah..
a. DPR bersidang sekurang-kurangnya sekali dalam setahun b. Aspirasi rakyat langsung dapat disampaikan c. Presiden dibantu oleh badan nondepartemen d. Presiden dibantu oleh menteri ne91ara e. DPR dan MPR bersifat dua kamar 33. Suasana kebatinan atau cita-cita hukum dasar negara Ri terangkum dalam ... a. Pidato kenegaraan Presiden menjelang 17 Agustus b. Berbagai konvensi dan jurisprudensi yang berlaku c. Peraturan perundang-undangan yang telah berlaku d. Empat pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 e. Ketetapan dan keputusan MPR/MPRS34. Di Pembukaan UUD 1945 tercantum tujuan negara, yaitu " ..... melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia..."
Hal ini menunjukkan bangsa Indonesia menganut sistem dalam arti ..... a. Negara hukum demokrasi b. Negara kepolisian dan jaksa c. Negara hukum kesejahteraan d. Begara sebagai penjaga malam e. Negara hukum dalam arti terbatas 35. Pada amandemen keempat UUD 1945, pasal 29, tekah disepakati ... a. Penjelasan lebih rinci b. Adanya penambahan ayat c. Perubahan hanya pada ayat (1) d. Perubahan hanya pada ayat (2) e. Telah mengambil perubahan36. Cita-cita nasional bangsa Indonesia yang memberi corak kepada politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif tercantum dalam Pembukaan UUD 45, yaitu...
a. Menjaga ketertiban dunia b. Mengirimkan pasukan kewilayah konflik c. Menentang penyerangan sepihak oleh AS d. Mendukung penyelenggaraan hubungan bilateral e. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa 37. Contoh pelaksanaan politik luar negeri yang bebas dan aktif berdasarkan Pancasila adalah ... a. lkut campur dan memihak salah satu blok b. Pengiriman pasukan perdamaian ke wilayah konflik c. Memberi bantuan senjata kepada negara yang bertikai d. Menghimpun negara sepaham dan seideologi e. Organisasi ekonomi yang eropa sentris38. Bangsa Indonesia tidak dapat berdiam diri terhadap peristiwa-peristiwa internasional yang membuat suatu negara terpuruk karena ...
a. Indonesia merupakan anggota PBB yang ke 50 b. Pemerintah Indonesia memiliki kedaulatan yang sah c. Bangsa Indonesia adalah bagian mutlak dar bangsa-bangsa di dunia d. UUD 1945 mengamanatkan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat e. Keberhasilan pembangunan bangsa lndonesia sangat bergantung pada dunia internasional 39. Karena nilai dasar Pancasila tetap tidak mengalami perubahan, maka Pancasila tergolong pad a ideologi yang ... a. Kaku b. Terbuka c. lnovatif d. Progresif e. Kontemporer40. Fungsi filsafat Pancasila dalam hubungan dengan ideologi-ideologi di dunia adalah sebagai...
a. Perbandingan perkembangan ideologi b. Penyaringan masuknya ideologi asing c. Perpaduan filsafat dan ideologi d. Perebutan hegemoni filsafat e. Unsur ideologi setiap bangsaKunci Jawaban Bidang Pancasila
BIDANG PANCASILA | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
21. | E | Gotong royong, ketuhanan, kerakyatan, nasionalisme dan demokrasi |
22. | C | Berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila |
23. | E | Pedoman hidup |
24. | B | Mengutamakan individualisme radikal |
25. | E | Ciri dan karakteristik bangsa |
26. | D | Keputusan diambil melalui musyawarah mufakat |
27. | C | Tiap unsur tersebut harus saling mengisi |
28. | C | Manusia memiliki derajat dan martabat yang sama |
29. | A | Menentukan sistem perekonomian |
30. | B | Selalu menentang pada negara penjajah |
31. | A | Berhak menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara |
32. | B | Aspirasi rakyat langsung dapat disampaikan |
33. | D | Empat pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 |
34. | A | Negara hukum demokrasi |
35. | C | Perubahan hanya pada ayat (1) |
36. | E | Kemerdekaan adalah hak segala bangsa |
37. | B | Pengiriman pasukan perdamaian kewilayah konflik |
38. | E | Keberhasilan pembangunan bangsa Indonesia sangat bergantung kepada dunia internasional |
39. | A | Kaku |
40. | B | Penyaringan masuknya ideologi asing |
Bidang Tata Negara
41. Pengakuan de jure dari suatu negara terhadap negara yang lain ditandai oleh ...
a. Bantuan diplomasi
b. Kerja sama militer
c. Hubungan diplomatik
d. Kunjungan kepala negara
e. Bantuan ekonomi
42. Dilihat dari segi tujuannya, negara kepolisian bertujuan ...
a. Meningkatkan kesejahteraan
b. Mewujudkan ketertiban
c. Memelihara kekuasaan
d. Menjamin keamanan
e. Mempertahankan persatuan
43. Corak negara yang menganut ideologi fasisme mengutamakan ...
a. Kesejahteraan bersama
b. Kemakmuran rakyat
c. Keadilan sosial
d. Ketentraman masyarakat
e. Kekuasaan negara
44. Ciri khas negara kesatuan adalah ...
a. Kepala negaranya adalah seorang presiden
b. Kekuasaan asli ada pada pemerintah pusat
c. Warga negara mudah berpindah domisili
d. Adanya konstitusi yang tertulis
e. Kepala negaranya dipilih oleh rakyat
45. Apabila didasarkan pada ajaran Trias Politika, yang dikenal dengan teori pemisahan kekuasaan negara, maka penetapan APBN menurut UUD 1945 merupakan campur tangan ...
a. Presiden dalam kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat
b. Dewan Perwakilan Rakyat dalam kekuasaan presiden
c. Presiden dalam kekuasaan Mahkamah Agung
d. Mahkamah Agung dalamkekuasaan Presiden
e. DPR dalam kekuasaan Mahkamah Agung
46. Jika dibandingkan dengan kabinet parlementer kelebihan kabinet presidentil adalah dalam hal ...
a. Pembentukan kabinet sangat demokratis
b. Jalannya pemerintahan lebih setabil
c. Para menteri bertanggung jawab secara kolektif
d. Para meneri dapat diganti sewaktu-waktu
e. Pemerintahan lebih mencerminkan aspirasi rakyat
47. Dibandingkan dengan berbagai norma sosial lainnya, sanksi norma kesopanan bersumber dari ...
a. Hati nurani
b. Masyarakat
c. Tuhan
d. Lembaga sosial
e. Negara
48. Berikut ini,hal yang termasuk dalam bidang hukum privat adalah ...
a. Melanggar perjanjian
b. Penggelapan barang
c. Hubungan antara daerah
d. Pelanggaran hukum
e. Pembunuhan berencana
49. Untuk menarik hati rakyat Indonesia Jepang membentuk dan melantik badan Penyidik Usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia pada tanggal ..
a. 8 Maret 1942
b. 8 September 1943
c. 29 April 1945
d. 29 Mei 1945
e. 14 Agustus 1945
50. Norma pertama dalam tata hukum Indonesia adalah ...
a. Dekrit Presiden
b. Proklamasi Kemerdekaan
c. Ketetapan MPR
d. Pembukaan UUD 1945
e. Pancasila
51. Hubungan antara pancasila dan Prokolamasi Kemerdekaan adalah ...
a. Pancasila memberi motivasi perjuangan kemerdekaan
b. Pancasila menjadi dasar perumusan Teks Proklamasi
c. Teks Proklamasi dirumuskan bersamaan dengan Pancasila
d. Proklamasi Kemerdekaan menjadi dasar berlakunya Pancasila
e. Nilai Pancasila dan Proklamasi Kemerdekaan adalah sama
52. Menu rut Pasal 14 ayat ( 1) UUD 1945 hasil perubahan pertama, dalam hal memberi grasi dan rehabilitasi, Presiden perlu memperhatikan pertimbangan dari
a. MPR
b. Dewan Perwakilan Rakyat
c. Mahkamah Agung
d. Menteri Kehakiman
e. Dewan Pertimbangan Agung
53. Berdasarkan UUD 1945, anggota Badan Pemeriksa Keuangan dipilih oleh ....
a. Presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPR
b. DPR dengan memperhatikan usul dari pemerinah
c. Presiden dengan memperhatikan pendapat DPD
d. DPR dengan meperhatikan pertimbangan DPD
e. Presiden dengan memperhatikan perimbangan DPD
54. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat menurut UUD 1945 mempunyai hak interpelasi, yakni hak untuk ....
a. Bertanya kepada Pemerintah
b. Melakukan penyelidikan
c. Melakukan perubahan terhadap RUU
d. Mengawasi jalannya pemerintahan
e. lkut serta menetapkan APBN
55. Berdasarkan UUD 1945, Mahkamah Agung hanya mempunyai hak menguji formil terhadap peraturan perundang-undangan yang berupa ....
a. Undang-undang
b. Peraturan pemerintah
c. Keputusan presiden
d. Keputusan menteri
e. Peraturan derah
56.Menurut Pasal 24 ayat (1) UUD 1945, Mahkamah Konstitusi anatar lain mempunyai kewenangan .....
a. Memberhentikan ketua MPR
b. Memberhentikan ketua DPR
c. Memberhentikan presiden
d. Membuat partai politik
e. Mengubah undang-undang dasar
57. Desentralisasi sebagai salah satu asas yang dianut dalampenyelenggaraan pemerintahan di daerah maknanya adalah ....
a. Penugasan dari pemerintah kepada daerah untuk melaksanakan tugas tertentu
b. Penyerahan kewenangan kepada derah untuk mengurus rumah tangganya sendiri
c. Pendelegasian kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah
d. Pelimpahan tugas kepada daerah untuk mengurus dan melaksanakan pemerintahan
e. Pembagian tugas pemerintahan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah
58. Salah satu hal yang menjadi kewenangan pemerintah pusat menurut UndangÂundang No.22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah adalah ...
a. lndustri dan perdagangan
b. Penanaman modal
c. Pemberdayaan sumber daya alam
d. Pekerjaan umum
e. Pendidikan dan kebudayaan
59. Berikut ini merupakan asas-asas yang dianut PP, KECUALI ,,,,
a. Persamaan kedaulatan antara semua anggota
b. Memenuhi kewajiban dengan itikad baik
c. Menyelesaikan persengketaan dengan cara damai
d. Menjauhi penggunaan ancaman dan kekerasan
e. Mencampuri urusan suatu negara demi kepentingan besama
60. Organ utama PBS yang berfungsi membuat rekomendasi entang prinsip kerja sama internasional dalam rangka memelihara perdamaian dan keamanan internasional adalah ...
a. Dewan Keamanan
b. Majelis Umum
c. Dewan Perwalian
d. Sekretariat
e. Dewan Ekonomi dan Sosial
Kunci Jawaban Bidang Tata Negara :
BIDANG TATA NEGARA | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
41 | B | Kerjasama militer |
42 | B | Mewujudkan ketertiban |
43 | - | |
44 | B | Kekuasaan asli ada pada pemerintah pusat |
45 | A | Presiden dalam kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat |
46 | B | Jalannya pemerintahan lebih stabil |
47 | A | Hati nurani |
48 | A | Melanggar perjanjian |
49 | E | 14 Agustus 1945 |
50 | D | Pembukaan UUD 1945 |
51 | D | Proklamasi kemerdekaan menjadi dasar berlakunya Pancasila |
52 | C | Mahkamah Agung |
53 | A | Presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPR |
54 | A | Bertanya kepada pemerintah |
55 | C | Keputusan Presiden |
56 | - | |
57 | C | Pendelegasian kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah |
58 | C | pembedayaan sumber daya alam |
59 | E | Mencampuri urusan suatu negara demi kepentingan bersama |
60 | A | Dewan keamanan |
Bidang Sejarah
61. Dunia Melayu, yaitu Riau, Malaka, dan daerah sekitarnya sangat beruntung dilihat dari sudut internasional, karena...
a. Letak geografis yang dipengaruhi angin musim
b. Tedapat beberapa keseltanan dikedua tepi Selat Malaka
c. Penggunaan mata uang yang sama
d. Agama yang sama
e. Penggunaan bahasa yang sama
62. Kedatangan bangsa-bangsa baik dari Asia Barat, Asia Selatan maupun Asia Timur ke Kepulauan Indonesia sejak abad X adalah karena antara lain lada yang dihasilkan di Sumatera dan Jawa Ba rat, jug a di ....
a. Jawa Tengah
b. Kalimantan Selatan
c. Kalimantan Timur
d. Jawa Timur
e. Sulawesi Selatan
63. Rempah-rempah yang sulit diperoleh di Eropa pada abad ke-15, ke-16, dan ke-17 membuat orang-orang Eropa ingin membelinya sendiri dari tempat-tempat penghasilannya. Hal ini menimbulkan persaingan antara orang-orang Eropa sendiri antara lain yang terjadi di Banten antara orang-orang Beland a dan ....
a. Orang-orang Spanyol
b. Orang-orang Portugis
c. Orang-orang Perancis
d. Orang-orang Italia
e. Orang-orang lnggris
64. Pembentukan Oost-lndische Compagnie pada tahun 1602 dimaksudkan agar dalam perdagangan rempah-rempah di Kepulauan lndonesai, pedagangÂpedagang Belanda dapat menghadapi bersama ...
a. Pedagang-pedagang Spanyol
b. Para pedagang Cina
c. Para perampok
d. Maslah-masalah yang muncul lebih terpadu
e. Persaingan antar pedagang Belanda sendiri
64. Untuk melindungi perdagangan, VOC diberi ....
a. Keleluasaan membuat kapal-kapal perangnya sendiri
b. Hak octrooi
c. Keleluasaan mengekspor rempah-irempah ke pasar Eropa
d. Armada dengan tentara sewaan yang kuat
e. lzin untuk meberlakukan Punale Sanctie
66. Jatuhnya kerajaan-kerajaan besar di Indonesia seperti Gowa, Mataram, Banten, dan Aceh yang berlangsung dari sekitar 1680 hingga 1750 ke tangan Belanda menandai awal dari. ..
a. Hancurnya perdagangan rempah-rempah
b. Mulai terciptanya kesatuan wilaah di Indonesia
c. Pendidikan barat masuk ke Indonesia
d. Munculna perlawanan terhadap kekuasaan Belanda
e. Berakhirnya pengaruh Portugis di Indonesia
67. Raja Bone, Arum Pone, menolak menyerahkan wilayah-wilayah kekuasaannya, setelah lnggris meninggalkan Indonesia pad tahun 1816, karena ia menganggap
a. Kerajaannya adalah kerajaan merdeka
b. Kedudukannya sama dengan Belanda
c. Belanda selalu memeras
d. Belanda ingin menguasai secara mutlak
e. Belanda tidak pernah menepati janji
68. Pada tahun 1830 pemerintah Belanda menghadapi kekurangan dana untuk menjalankan kegiatannya di Hindia Belanda karena ....
a. Keikutsertaannya dalam perang yang terjadi di Eropa
b. Harus memberi sumbangan kepada perancis yang menjadi sekutu
c. Perang Diponegor yang menelan biaya besar
d. Kerugian yang dialami karena banjir besar yang melanda Belanda yang berada di bawah permukaan laut
e. Harus memberi dukungan finansial kepada lnggris yang membantunya melawan Perancis
69. Munculnya kesadaran berbangsa di kalangan penduduk Indonesia didorong mula-mula oleh ...
a. Kaum intlektual Belanda
b. Kaum intlektual Indonesia
c. Para ulama
d. Para musyafir
e. Para pedagang
70. Salah satu sumbangan yang diberikan Sumpah Pemuda adalah ...
a. Memberi penghargaan kepada tradisi etnik
b. Meningkatkan kesadaran berbangsa
c. Saling menghargai di kalangan suku-suku bangsa
d. Kesadaran akan kemampuan bangsa sendiri
e. Kesadaran akan kebhinekaan
71. Jepang pada dasawasa 20 dan 30 abad ke-20 sudah mempunyai perhatian sangat besar terhadap Hindia Belanda karena menganggap potensi yang dimiliki wilayah ini sangat penting.Potensi-potensi itu antara lain adalah ...
a. Perkebunan-perkebunan
b. Tanaga manusia
c. Hasil tambang
d. Hasil laut
e. Hasil pertanian
72. Indonesia ternyata bukan wilayah kecil bagi yentara pendudukan Jepang pada waktu Perang Dunia II. Oleh sebab itu, wilayah ini dibagi atas dua bagian untuk diperintah, yaitu bagian timur dan bagian barat, Bagian barat Indonesia dikuasai oleh..
a. Kami Kase
b. Angkatan Darat
c. Angkatan Lau
d. Angkatan Udara
e. Kempe tai
73. Untuk mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia pada tanggal 23 Agustus 1945 Presiden Soekarno mengumumkan berdirinya tiga abadan baru, yaitu ..
a. KNPI
b. KNIP
c. KNI
d. KPIR
e. KNRI
74. Setelah Indonesia merdeka dan memeperoleh pengakuan internasional, ternyata masalah-masalah yang dihadapi belumberakhir, terutama masalah konstitusi. Pada tahun 1950, setelah terbentuk negara kesatuan, UUD Sementara yag digunakan pada hakikatnya merupakan UUD ...
a. Hindia Belanda dengan beberapa perubahan
b. Negara Indonesia Timur dengan belberapa perubahan
c. 1945 yang disempurnakan
d. RIS dengan beberapa perubahan
e. Baru yang direncanakan KNI
75. Sadan yang diharpakan dapat membuat konstitusi baru setelah pemilihanumumpertama adalah konstituante. Namun, badan ini ternyata gagal, sehinga UUD Sementara tetap diberlak.ukan sampai Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit 5 Juli 1959. Masallah yang dihadapi konstituante adalah ..
a. Para anggota tidak ahli
b. Terlalu banyak partai
c. Tidak ada batas waktu
d. Partai-partai kecil tidak dapat bersuara
e. Partai-partai besar mendominasi perdebatan
76. Dampak kegagalan konstituante dan pemberontakan-pemberontakan di beberapa daerah Indonesia membuat Letnan Jenderal Nasution mengeluarkan peraturan tanggal 3 Juni 1959 yang ....
a. Melarang kegiaan politik
b. Mengadakan mutasi
c. Mengurangi jumlah partai
d. Melarang partai sosialis Indonesia
e. Melarang partai Masyumi
77. Kabinet Ali Sastroamidjojo adalah kabinet yang menonjol dalam ofensif diplomasi. la mengadakan kerjasama dengan negara-negara a sing berdasarkan prinsip ....
a. The right to be free
b. The right of self determination
c. Human rights
d. Right to have education
e. Good neighbour policy
78. lndonesia menjadi anggota negara-negara nonblok karena ingin netral dalam percaturan dua negara adikuasa, Amerika Serikat dan Rusia. Kedua negara itu setelah Perang Dunia II terlibat dalam ....
a. Perang ideologi
b. Perlombaan persenjataan
c. Persaingan ekonomi global
d. Ofensif politik
79. Pada dekade terakhir abad ke-20 Indonesia mengalami beberapa kali pergantian kepala negara. Kepala Negara pertama-tama ditumbangkan dianggap telah ....
Kunci Jawaban Bidang Sejarah :
BIDANG SEJARAH | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
61 | E | Penggunaan bahasa yang sama |
62 | E | Sulawesi Selatan |
63 | B | Orang-orang Portugis |
64 | E | Persaingan antar pedagang Belanda sendiri |
65 | D | Armada dengan tentara sewaan yang kuat |
66 | D | Munculnya perlawanan terhadap kekuasaan Belanda |
67 | D | Belanda ingin menguasai secara mutlak |
68 | A | Keikut sertaannya dalam perang yang terjadi di eropa |
69 | B | Kaum intelektual Indonesia |
70 | B | Meningkatkan kesadaran bangsa |
71 | D | Hasil tambang |
72 | - | |
73 | B | KNIP |
74 | A | Hindia belanda dengan beberapa perubahan |
75 | A | Para Anggota tidak ahli |
76 | A | Melarang kegiatan politik |
77 | - | |
78 | B | Perlombaan persenjataan |
79 | C | Membawa krisis ekonomi bagi RI |
80 | C | Iklan dalam media elektronik |
Bidang Kebijaksanaan Pemerintah
81. Pemerintah telah menetapkan kebijakan wajib belajar Pendidikan dasar 9 tahun. Yang dimaksud pendidikan dasar 9 tahun adalah .....
a. Pendidikan yang terdiri dari prasekolah, SD, dan SL TP
b. Pendidikan tingkat SL TP 3 tahun yang dihapus dan diintegrasikan menjadi SD tahun
c. Pendidikan tingkat SD 6 tahun dan SL TP 3 tahun
d. Pendidikan pada tingkat SD yang diperpanjang menjadi 9 tahun
e. Pendidikan SD dan SL TP yang sama-sama menjadi 9 tahun
82. Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui jalur dan jenjang yang tersedia. Yang dimaksud jalur pendidikan adalah jalur pendidikan ....
a. Sekolah dan luar sekolah
b. Formal dan informal
c. Umum dan kejuruan
d. Dasar, menengah, dan tinggi
e. Umum dan kedinasan
83. GBHN 199-2004 tlah mengamanatkan terselengaranya pemilu secara lebih demokratis pada tahun 2004 yang dilaksnakan oleh sebuah badan penyelenggara pemilu yang independen dan nonpartisan, yaitu ....
a. Komisi pemiihan umum
b. Lembaga pemilihan umum
c. Sadan pemilihan umum
d. Biro pemilihan umum
e. Pelksanaan pemilihan umum
84. Sistem pemerintahanpresidential mengatur hubungan antara presiden dengan DPR, yaitu..
a. Presiden dapat membubarkan DPR
b. Presiden dan DPR tidak dapat saling menjatuhkan
c. Presiden dapat menganti anggota DPR
d. Presiden dapat diberhentikan oleh DPR
e. Presiden dapat me-recall anggota DPR
85. Ciri utama sistem ekonomi kerakyatan adalah penegakan prinsip keadilan dan demokrasi disertai kepedulian ...
a. Terhadap peningkatan ekspor
b. Terhadap tenaga wanita
c. Terhadap yang lemah
d. Menghadapi globalisasi
e. Terhadap pertahanan nasional
86. kosong..
87. Untuk menanggulangi banyaknya tenaga kerja yang menganggur dan setengah menganggur, salah satu jalan keluarnya ialah dengan ....
a. Memperbaiki sektor industri
b. Memperluas kesempatan kerja
c. Memperluas pendidikan
d. Memanfaatkan sumber daya alam
e. Meminta bantuan luar negeri
88. Sasaran perbaikan struktur politik yang demokratis pada intinya ialah adanya keseimbangan, adanya penigkatan kinerja lembaga-lembaga negara, serta adanya ...
a. Pemisahan kekuasaan secar tegas
b. Pengawasan yang ketat
c. Kebebasan pers
d. Kemauan pimpinan nasional
e. Dominasi partai politik
89. Indonesia perlu membina kerjasama internasional dalam upaya memberantas kejahatan lintas batas. Hal itu dapat dilakukan melalui perluasan ....
a. Zona perairan bebas
b. Perjanjian tentang perbatasan negara
c. Tugas interpol
d. Hukum laut
e. Perjanjian ekstradisi
90. Pemilihan umum yang dilaksanakan di Indonesia selama Orde Baru memiliki asas langsung, umum, bebas dan rahasia, sedangkan pada masa reformasi (pemilu1999) termasuk Juga asas..
a. Kebesamaan
b. Semua untuk semua
c. Efektif dan efisien
d. Jujur dan adll
e. Bertanggungjawab
91. Pendidikan dasar berbeda degan sekolah dasar karena pendidikan dasar mencakup ...
a. TK dan SD
b. SD dan SMP
100. Sistem pertahanan dan keamanan Indonesia mengalami perubahan substansial, yakni TNI sebagai kekuatan pertahanan negara, sedangkan Polri sebagai kekuatan dengan fungsi ...
a. Sosial kemasyarakatan b. Menjaga hukum dan keadilan c. Pengendallan mumum d. Keamanan dan ketertiban masyarakat e. Penyidikan dan keamanan publikKunci Jawaban Bidang Kebijaksanaan Pemerintah :
BIDANG KEBIJAKSANAAN PEMERINTAH | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
81 | A | Pendidikan yang terdiri dari prasekolah, SD dan SLTP |
82 | B | Formal dan informal |
83 | A | Komisi pemilihan umum |
84 | - | |
85 | C | Terhadap yang lemah |
86 | - | |
87 | B | Memperluas kesempatan kerja |
88 | A | Pemisahan kekuasaan secara tegas |
89 | E | Perjanjian ektradisi |
90 | D | Jujur dan Adil |
91 | D | SD, SMP dan SMU |
92 | D | Pendidikan dasar dan menengah |
93 | E | Buta aksara latin dan angka |
94 | C | Alam/ pesona alam |
95 | D | Badan Perwakilan Desa |
96 | B | Desentralisasi |
97 | A | Pusat pemerintahan negara |
98 | E | Manusia |
99 | E | Kebakaran hutan |
100 | D | Keamanan dan ketertiban masyarakat |
Bidang GBHN
101. Berdasarkan Ketetapan MPR No.IV/MPR/1999, Garis-garis Besar Haluan negara diberi pengertian ....
a. Perwujudan asplrasi rakyat Indonesia berhubungan dengan masa depannya
b. Pernyataan kehendak rakyat yang menyeluruh danterpadu sebagai haluan negara
c. Haluan negara yang dlrumuskan sebagai kebljaksanaan pembangunan nasional
d. Landasan pembangunan dalam Garis-garis besar untuk jangka waktu 5 tahun
e. Pernyataan kehendak rakyat yang mencita-citakan kehidupan yangadil dan makmur
102. Maksud perumusan GBHN seperti yang dinyatakan dalam Ketetapan MPR No.lV/MPR/1999 adalah ...
a. Mempercepat tercapainya tujuan pembangunan
b. Memberikan arah bagl penyelenggaraan negara
c. Meletakkan dasar terwujudnya stabilitas nasional
d. Memberikan pedoman pelaksanaan pembangunan
e. Menjadi panduan dalam perumusan kebijakan publik
103. Visi pembangunan nasional seperti dirumuskan dalam GBHN adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dn sejahtera, yang didukung manusia Indonesia yang memiliki karakterlstlk sebagal berlkut, KECUALI .....
a. Berakhlak mulia
b. Cinta tanah air
c. Berkesadaran hukum
d. Berwawasan global
e. Memiliki etos kerja
104. Salah satu misi pembangunan menurut GBHN adalah penegakan kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara. lmplementasl dalam bldang pendidikan dllapangan yang sesual sebagai perwujudan misi tersebut terutama ....
a. Peningkatan disiplin belajar
b. Pembebasan uanq sekolah
c. Penegrian lembaga pendidikan
d. Konsep globaiisasi pendidikan
e. Manajemen berbasis sekolah
105. Program pembangunan nasional miemuat ...
a. Uraian rinci dan terukur dalam pelaksanaan GBHN
b. Kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan GBHN
c. Uraian kegiatan pembangunan bebagai departemen
d. Program kerja kabinet selama periode tertentu
e. Landasan struktural pembangunan nasional
106. Arah kebijakan pembangunan hukum antara lain adalah menegakkan hukum secara konsisten untuk menjamln kepastlan hukum. Untuk mewujudkan arah kebijakan ini sangat diperlukan, terutama ...
a. Gaji aparat penegak hukum yang mencukupi
b. Sarana dan prasarana peradilan yang mencukupi
c. Aparat penegak hukum yang berpendldlkan tlnggi
d. Peraturan perundang-undangan tertulis
e. Perubahan terhadap hukum acara yang ada saat ini
107. Program pemberdayaan lembaga peradilan dan berbagai lembaga penegak hukum saat ini terutama bertujuan untuk ....
a. Memelihara keamanan ligkungan
b. Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat
c. Mempercepat penyelesaian berbagai [Perkara
d. Mencegah terjadinya berbagai kejahatan
e. Menumbuhkan kepercayaan masyarakat
108. Arah kebijakan pembangunan bidang ekonomi antara lain menghindari terjadi struktur pasar monopolistik, karena hal ini sangat merugikan bagi ....
a. Pertumbuhan usaha koperasi
b. Perkembangan usaha pertanian
c. Terwujudnya persalngan sehat
d. Perkembangan dunia industri
e. Peningkatan pendapatan pajak
109. Pemberdayaan ekonomi rakyat sangat terkait dengan upaya menggerakkan perekonomian pedesaan Karena alasan-alasan berikut, KECUALI. ..
a. Sebagian besar rakyat pedesaan hidup miskin
b. Wllayah negeri lni sebagian besar adalah pedesaan
c. Pedesaan kaya dengan potensi yang dapat dikembangkan
d. Rakyat di pedesaan menuntut demokratisasi ekonomi
e. Pembangunan pedesaan dapat menghemat arus urbanisasi
110. Upaya pendidikan politlk secara intenslf dan komprehenslf dllakukan terutama untuk...
a. Mewujudkan kesatuan dalam berpolitik
b. Mencegah masuknya budaya politik asing
c. Meningkatkan peran berbagai lembaga negara
d. Mengembangkan budaya potitik yang demokratis
e. Menghindari perbedaan pandangan politik yang tajam
111. Amanat GBHN di bidang hukum antara lain ....
a. Pembentukan badan peradilan yang transparan
b. Proses peradilan yang berimbang
c. Proses peradilan terhadap pelanggaran hukum dan HAM
d. Kesetaraan posisi antara jaksa penuntut dan pembela
e. Kesejahteraan yang memadai bagi penyelenggara keadilan
112. Tujuan utama pendidlkan menurut GBHN adalah
a. Memberikan ketrampilan kepada peserta didik
b. Menciptakan masyarakat Indonesia yang berkualitas atinggi
c. Agar peserta didik menjadi orang berguna di masyarakat
d. Menjadlkan manusla Indonesia cerdik dan panda!
e. Membentuk kepribadian yang bertaqwa
113. Menurut GBHN, pemerintah berkewajiban untuk melakukan pembaharuan dan pematapan sistem pendidikan nasional dengan bersdasarkan .....
a. Penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah dan masyarakat
b. Pasal tentang pendidikan yang tercatum pada UUD 1945
c. Visl dan misi bangsa Indonesia di semua aspek kehidupan
d. Prisip desentralisasi, otonomi keilmuan, dan manajemen
e. Merevisi undang-udang sistem pendidikan
114. Mengembangkan otonoml daerah secara luas, nyata, dan bertanggug jawab dalam rangka pemberdayaan masyarakat, lembaga ekonomi, politik,hukum, keagamaan, adat,swadaya masyarakat merupakan amanat GBHN secara umum pada bidang...
a. Pembangunan daerah
b. Pembangunan nasional
c. Pengembangan pemerintah pusat
d. Pengembangan pemerintah daerah
e. Kesetaraan anata pusat dan daerah
115. Dalam rangka pengembangan otonomi daerah dalam wadah Negara Kesatuan RI, daerah yang mendapatkan perhatian khusus pada amanat GBHN adalah
a. lrian Jaya, Maluku Utara, dan Maluku
b. Daerah lstimewa Aceh, lrian Jaya, dan Maluku
c. Nusa Tenggara Timur, maluku, dani lrian Jaya
d. Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi tengah
e. Daerah lstimewa aceh, Oki Jakarta, dan DIY
116. Presiden berkewajlban umtuk mengerahkan semua potensl dan kekuatan pemerlntah dalam melaksanakan dan mengendalikan pembangunan nasional.
Amanat ini tertuang pada .....
a. Garis-garis Besar Haluan Negara
b. DPR
c. MPR
d. Undang-undang Dasar
e. Pemerintah yang berkuasa
117. Pembangunan nasional akan memperkuat jatidiri dan kepribadian masnusi, masyarakat, dan bangsa Indonesia dalam suasana yang demokratis, tenteram, aman, dan damai, merupakan amanat GBHN pada bagian ...
a. Visi dab nlsi
b. Kondidi umum
c. Arah kebijakan
d. Kaidah pelaksanaan
e. Penutup
118. Berikut adalah lembaga yang berkewajiban melaksanakan GBHN secara aplikatif sesuai dengan fungsi, tugas, dan wewenangnya berdasarkan UUD 1945,KECUALI...
a. Dewan kabinet
b. Dewan Pewakilan Rakyat
c. Dewan Pertimbangan Agung
d. Mahkamah Agung
e. Badan Pemeriksa Keuangan
119. Rencana pembangunan tahunan merupakan bentuk rinci dari ...
a. Propenas
b. APBN
c. Repelita
d. RAPBN
e. RAPBD
120. Program Pembangunan Nasional yangdituangkan dalamUndang-undang Nomor 25 tahun 2000 adalah Prope:nas untuk tahun ...
a. 2000 - 2004
b. 2000 - 2005
c. 2000 - 2010
d. 2000- 2018
e. 2000 - 2020
Kunci Jawaban Bidang GBHN :
BIDANG GBHN | ||
No. | Jawaban | Keterangan |
101 | B | Pernyataan kehendak rakyat yang menyeluruh dan terpadu sebagai haluan negara |
102 | D | Memberikan pedoman pelaksanaan pembangunan |
103 | D | Berwawasan global |
104 | E | Manajemen berbasis sekolah |
105 | A | Uraian rinci dan terukur dalam pelaksanaan GBHN |
106 | B | Sarana dan prasarana peradilan yang mencukupi |
107 | B | Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat |
108 | C | Terwujudnya persaingan sehat |
109 | D | Rakyat dipedesaan menuntut demokratisasi ekonomi |
110 | D | Mengembangkan budaya politik yang demokratis |
111 | E | Kesejahteraan yang memadai bagi penyelenggara peradilan |
112 | B | Menciptakan masyarakat Indonesia yang berkualitas tinggi |
113 | C | Visi dan Misi bangsa Indonesia disemua aspek kehidupan |
114 | D | Pengembangan pemerintah daerah |
115 | B | Daerah Istimewa Aceh, Irian Jaya dan Maluku |
116 | A | Garis-garis Besar Haluan Negara |
117 | E | Penutup |
118 | A | Dewan Kabinet |
119 | D | RAPBN |
120 | A | 2000-2004 |
Tips : Berdasarkan hasil tes penerimaan CPNS pada tahun 2014 silam, sebagian besar peserta ujian saat itu gagal Tes Kompetensi Dasar di dalam materi Tes Wawasan Kebangsaan, untuk itu perbanyaklah membaca contoh-contoh soal latihan Tes Wawasan Kebangsaan. Dan anda bisa menemukannya disini, di awam bicara dot id.
Anda juga dapat belajar dari kesalahan-kesalahan umum penyebab gagal lulus tes seleksi penerimaan CPNS di 5 Kesalahan Paling Umum Penyebab Gagal Lulus Tes Seleksi Penerimaan CPNS.
Salam sukses!!
Untuk kembali ke Daftar isi silahkan menuju :
Daftar Isi - Bab Belajar CPNS: Bimbingan Belajar dalam Memahami dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS
Gallery Materi Tes Wawasan Kebangsaan
235078496 Ppt Bahan Materi Tes Wawasan Kebangsaan Twk Pdf
Cpns 2019 Kupas Soal Tes Wawasan Kebangsaan Twk Beserta Jawabannya
Ppt Bahan Materi Tes Wawasan Kebangsaan Twk Pptx
Ppt Ppt Bahan Materi Tes Wawasan Kebangsaan Twk Revisi Ii 1
235078496 Ppt Bahan Materi Tes Wawasan Kebangsaan Twk Pptx
Contoh Soal Twk Cpns Tes Wawasan Kebangsaan Twk Gratis
Materi Lengkap Tes Wawasan Kebangsaan Twk Seleksi Cpns
Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan Cpns
Simulasi Cat Online Soal Tes Wawasan Kebangsaan Twk Cpns
Tanggal Hari Sumpah Pemuda Soal Tes Cpns Asn Tes Wawasan
Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan Stin Kumpulan Materi
Perbedaan Bentuk Negara Kerajaan Vs Republik Soal Tes Cpns
Pengertian Bhinneka Tunggal Ika Soal Tes Cpns Asn Tes
Ringkasan Materi Tes Wawasan Kebangsaan Twk Skd Cpns Sejarah
Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan Ipdn Kumpulan Materi
Paket Buku Stan Rahasia Sukses Skd Super Tes Wawasan Kebangsaan Twk Cpns Stan
Soal Tes Wawasan Kebangsaan Kampus Kedinasan Info Dan Tips
Tes Wawasan Kebangsaan Twk Cpns Terbaru 2020 Android
Soal Tes Wawasan Kebangsaan Twk Cpns
Rangkuman Materi Tes Wawasan Kebangsaan Twk Ppt Download
Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan Twk Lanjutan Dan Jawabannya
Pembukaan Uud 1945 Pancasila Soal Tes Cpns Asn Tes
Koleksi 120 Soal Tes Wawasan Nkri Materi Twk Cpns Docx
Materi Seleksi Cpns Tes Wawasan Kebangsaan Tentang Amandemen
Ujian Mandiri Materi Tes Wawasan Kebangsaan Twk Jumlah
Contoh Soal Tes Cpns Tes Wawasan Kebangsaan Twk Youtube
Kumpulan Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan Twk
Newest Rangkuman Materi Tes Wawasan Kebangsaan Pdf Paling Baru
0 Response to "Materi Tes Wawasan Kebangsaan"
Post a Comment