Gambar Turut Berduka Cita



Foto Stok Gratis Tentang Bunga Duka Cita Bunga Papan Duka

32 Contoh Ucapan Turut Berduka Cita dalam Agama Islam yang Baik dan Benar

gambar ucapan duka cita

Seruni.id – Ucapan belasungkawa atau ucapan turut berduka cita biasanya ditunjukan kepada keluarga atau kerabat yang sedang tertimpa musibah baik bencana pun meninggal dunia. Dengan memberikan ucapan belasungkawa, merupakan salah satu bentuk kepedulian kita kepada mereka agar yang ditinggalkan dapat diberi kesabaran serta ketabahan atas musibah yang menimpanya.

gambar ucapan belasungkawa

Ucapan tersebut juga bisa diselipkan doa agar yang meninggalkan dapat tenang di alam sana. Hal ini juga bisa sebagai bentuk penghibur demi mengurangi kesedihan keluarga yang ditinggalkan. Kali ini Seruni akan membagikan beberapa contoh ucapan turut berduka cita dalam agama Islam yang baik dan benar.

Ucapan Duka Cita Islam Sesuai Sunnah

إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ، اللهم اكْتُبْهُ عِنْدَكَ فِي المُحْسِنِيْنَ، وَاجْعَلْ كِتَابَه فِي عِلِّيِّيْنَ، وَاخْلُفْهُ فِي أَهْلِهِ فِي الغَابِرِيْنَ، وَلاَتَحْرِمنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

1. “Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun, allahummaktubhu ‘indaka fiil muhsinin, waj’al kitaabahu fii ‘illiyyiin, wakhlufhu fii ahlihi fil ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrohu walaa taftinnaa ba’dahu.”

Artinya: “Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang menginggalkan. Janganlah engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.”

2. “Hakekatnya hak Allah untuk mengambil sesuatu dan memberi sesuatu kepada umatnya, segala sesuatu yang ada di sisinya dibatasi oleh ajal. Oleh sebab itu bersabarlah karena kepergiannya, dan carilah ridha Allah yang sebesar-besarnya.”

3. “Ya Allah, hamba mohon ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Berilah penggantinya terhadap orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. Ampunilah dosa-dosa kami dan juga dia wahai Tuhan kami pemilik pengampunan, seru sekalian alam, lebarkanlah kubrunya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Aamiin.”

4. “Ya Allah, ampunilah dia dari dosa-dosanya dan berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia dari beberapa hal yang tidak ia sukai di alam sana. Maafkanlah ia dari kesalahan-kesalahannya dan tempatkan ia di tempat yang terbaik, dan juga mulia yaitu surga-Mu. Luaskan pada kuburnya dan mendikan ia dengan air susu salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan yang telah dilakukannya semasa hidup. Aamiin.”

Ucapan Turut Berduka Cita Islam untuk Keluarga atau Kerabat

5. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya kapan ia akan kembali menghadap sang pencipta. Maka, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah, di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya”

6. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan Allah berikan ketabahan. Percayalah, Allah pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.”

7. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama dengan orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin ya rabbal’alamin.”

Ucapan Belasungkawa untuk Teman

8. “Selamat jalan teman baikku, mudah-mudahan engkau mendapatkan tempat terindah disisi-Nya, yaitu di surga-Nya yang sangat indah. Aamiin ya rabbal’alamin.”

9. “Temanku, kepulanganmu menuju sang pencipta sungguh terasa begitu cepat, kebersamaan yang telah kita lalui bersama, kini yang tinggal hanyalah kenangan. Mudah-mudahan segala amal ibadahmu diterima oleh-Nya. Aamiin.”

10. “Tak terasa air mataku mengalir begitu deras saat kepergiamu. Sungguh aku sangat kehilangamu, engkaulah sahabat terbaikku. Selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu. Aamiin.”

11. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kepulanganmu begitu cepat kepada Sang Khalik. Semua kenangan tentangmu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya dapat mendoakanmu agar segala amal baikmu diterima dan semua kesalahanmu diampuni oleh Allah.”

Ucapan Turut Berduka Cita Islami yang Memotivasi

12. “Kehilangan seseorang untuk selamanya bukanlah suatu hal yang mudah, berat rasanya, sangat terpukul. Namun, tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Jika kita ikhlas, maka almarhum akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita akan kembali berpulang.”

13. “Aku turut merasakan kesedihan yang engkau rasakan. Tapi ingatlah, bahwa semua ini adalah cobaan yang sedang dilimpahkan oleh Allah kepada hamba-Nya yang kuat. Namun, kesedihan yang datang ini, pasti memiliki makna dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik kepadamu.”

14. “Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesutau dari hamba-Nya. Sebab, segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakan agar dapat dipertemukan kembali di surga-Nya kelak. Aamiin.”

Ucapan Belasungkawa Singkat

15. “Saya turut berduka cita atas kehilangan yang telah minimpamu hari ini. Saya turut beruka cita, sungguh tak ada yang bisa saya katakan lagi. Saya sangat berduka cita atas semua ini, kamu akan sangat saya rindukan. Kami selalu mendoakanmu di alam sana wahai sahabatku.”

16. “Saya turut berduka cita atas meninggalnya keluargamu, mudah-mudahn kamu dan keluarga mendapatkan ketabahan atas kejadian ini.”

17. “Yang telah berlalu biarlah berlalu, yang bisa kita lakukan saat ini adalah mendoakannya agar beliau yang telah berpulang menghadap Sang Khalik tenang di alam sana.”

Ucapan Belasungkawa untuk Tetangga

18. “Segala mahkluk yang bernyawa akan Allah tetapkan batas waktunya, maka bersabarlah atas segala kejadian yang kini menimpamu. Yakinilah pasti Allah telah menyelipkan hikmak dibalik rasa sedih dan duka. Turut serta berduka cita atas meninggalnnya (sebutkan namanya), mudah-mudahan keluarga yang telah ditinggalkan diberi ketabahan.”

19. “Saya turut berduka cita atas kepergian (sebutkan namanya), mudah-mudahan ia diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Mudah-mudahan engkau dan keluarga yang kini telah ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima musibah ini. innallaha ma’ashobirin, percayalah sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar dan bertaqwa.”

20. “Tabahakan lah hati mu saudaraku, aku tahu ini menjadi hal yang sangat berat bagimu dan seluruh keluargamu. Tapi janganlah berlarut-larut dalam tangismu, ingatlah apa yang selalu diucapkan Rasulullah yang isi pesannya yaitu sesungguhnya mayat itu disiksa karena tangisan dari keluarganya. Yang tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya, maka ikhlaskanlah ia yang telah pergi agar iya bisa tenang di alam sana.”

Ucapan Duka Cita untuk Guru

21. “Dirimu takkan pernah terdua sampai kapanpun, pengabdianmu sebagai seorang guru sangat berarti. Nasihat dan saran mu selalu mengiringi langkah kami dan kemanapun aku melangkahkan kaki. Engkau telah selayaknya cahaya yang selalu menerangi langkah kami di dalam kegelapan.”

22. “Kau membagikan ilmu yang sangat berguna, yang bisa kujadikan bekal ketika dewasa kalak. Namun, sayangnya disaat ini engakau telah tiada dan kepergianmu meninggalkan luka yang mendalam bagi kita semua. Setiap tetesan air mata kami mengiringi kepergianmu, aku hanya bisa berdoa agar Tuhan membukakan jalanmu ke surga.”

23. “Telah sedemikian lama rasanya kita menghabiskan waktu bersama, ikatan guru dan murid seperti ikatan keluarga. Kenangan terindah semasa kau mendidik kami tak akan pernah aku lupakan seumur hidupku. Jasamu juga akan selalu aku kenang dalam bennak ku, selamat jalan guruku tersayang mudah-mudahan Tuhan selalu menjamu di alam sana.”

24. “Tiada banyak kata-kata yang dapat kami lontarkan kepadamu selain perkataan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada engkau guruku. Terima kasih atas segala ilmu yang telah kalian salurkan kepada kami selama ini. Kini kami hanya dapat ucapkan selamat jalan dan selamat tinggal, mudah-mudahan amal kebaikanmu diterima oleh Allah SWT.”

25. “Engkau merupakan seorang guru yang sangat berjasa, engkau sebagai penunjuk arah yang tepat dalam hidup kami, engkau juga seorang pemimpin yang berarti di hidup kami. Beribu-ribu perkataan terima kasih kami padamu rasanya tak pernah cukup. Selamat tinggal guruku, mudah-mudahan Allah senantiasa menerimamu di sisiNya dan mudah-mudahan Allah selalu menjagamu di alam sana.”

Ucapan Belasungkawa untuk Murid

26. “Turut berduka cita atas meninggalnya (sebutkan namanya), siswa kami yang cerdas, rajin dan sholeh. Semoga orangtua diberikan ketabahan dan kemudahan dalam mengarungi hidup selanjutnya. Siswa tersebut telah mengharumkan nama sekolah dalam beberapa lomba akademis maupun non akademis. Semoga, prestasi almarhum mampu memberikan kebahagiaan kepada orang tua yang ditinggalkan. Aamiin.”

27. “Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, teleh meninggal dunia anak kami (sebutkan namanya) yang telah berjuang melawan penyakit yang diderita. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Serta semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa ikhlas dalam menerima ketentuan Allah. Aamiin ya rabbal’alamin.”

Ucapan Duka Cita Menggunakan Bahasa Jawa

28. “Nderek belasungkawa, mugi panjenengan dipun paringi sabar dening Gusti Allah. Mugi almarhum pikantuk papan ingkang sae wonten ing ngarsanipun Gusti Allah.”

Artinya: “Turut berbelasungkawa. Semoga kamu diberikan kesabaran oleh Allah. Semoga ia berada dalam tempat terbaik di samping Allah.”

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa Jawa. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis tingkatan bahasa. Jika ingin mengungkapkan kepada yang lebih tua, gunakan kromo alus. Sedangkan jika lebih muda atau seumuran bisa menggunakan bahasa ngoko yang lebih santai.

29. “Melu belasungkowo karo koe, (nama teman). Muga-muga almarhum Bapakmu diampuni dosane, ibu, koe, sak keluarga diparingi sabar lan kuat. Aku ndonga supaya koe ora suwe suwe sedih, amarga urip iki kudu terus mlaku.”

Artinya: “Saya turut berseih. Semoga beliau diampuni dosanya, ibu, kamu, dan keluarga diberikan kesabaran serta kekuatan. Aku berdoa agar kamu tidak bersedih dalam waktu lama. Sebab, hidup harus terus berjalan.”

Ungkapan ini cocok untuk mengungkapkan kesedihan dan belasungkawa kepada teman dekat yang seumuran, sebab menggunakan bahasa ngoko. Contoh berikutnya, adalah ungkapan belasungkawa yang pendek dan sederhana, untuk diucapkan saat melayat.

Ucapan Turut Berduka Cita Bahasa Inggris

30. “I am sorry to hear that, please be sure that God always is with you and you will not alone because here we are.”

Artinya: “Saya turut sedih mendengarnya. Percayalah bahwa Tuhan selalu bersamamu dan kamu tidak sendiri, karena kami ada di sini.”

31. “I am also sorry for teha death of Mr. Fulan. May he get forgiveness from God, and be in the best place beside Him.”

Artinya: “Saya turut berbelasungkawa atas meninggalnya Mr. Fulan. Semoga dosanya diampuni oleh Tuhan dan berada di tempat terbaik di sisi-Nya.”

32. “I feel sorry about the news i heard. I wish you can be strong and understand taht your sister will not feel sick anymore. She will have a happy life besides God.”

Arinya: “Saya turut menyesal mendengar berita yang kudengar sebelumnya. Saya berharap kamu bisa lebih kuat dan memahami bahwa saudarimu tidak merasakan sakit lagi. Dia akan mendapat kehidupan yang bahagia bersama Tuhan.”

Contoh tersebut bisa juga dikreasikan sendiri dan disesuaikan dengan kedekatan dengan keluarga yang sedang berduka. Utarakan kalimat yang membangun kekuatan dan bersifat optimis pada masa depan. Agar teman yang sedang berduka tidak terlalu lama merasa sedih.

Penutup

Itulah beberapa contoh ucapan belasungkawa dalam Islam yang bisa ditujukan kepada teman, guru, kerabat, dan keluarga. Mengapa kita harus mengucapkan duka cita? Sebab, tangisan air mata yang kita berikan tidak akan pernah bisa mengembalikan seseorang yang telah pergi untuk selama-lamanya. Namun, ucapan duka cita innalillahi atau yang semacamnya, setdaknya dapat meringankan kesedihan mereka yang ditinggalkan.

Anggaplah kepergian mereka sebagai pengingat, bahwasanya kita pun hanya manusia biasa yang juga akan mengahapi kematian yang entah kapan akan menjemput kita. Oleh karena itu, sebaiknya sedari dini kita telah menyiapkan bekal untuk hari esok, karena kematian yang kita hadapi kekal abadi. Mari kita jalani hidup ini dengan keberanian dan ingat, bahwa kita semua akan mengalami kematian.

Kematian bukanlah akhir dari segalanya, namun justru sebaliknya, kematian merupakan awal dari kehidupan yang abadi. Yuk usap air mata kita, lalu kita hadang semua kesedihan yang berlebihan di dalam hati kita untuk yang lebih baik. Semoga beberapa ucapan duka cita di atas bisa membantu kamu yang sedang dilanda kebingungan ketika hendak berbelasungkawa. Semiga bermanfaat.

Gallery Gambar Turut Berduka Cita

101 Ucapan Belasungkawa Bahasa Paling Pas Kepada Siapapun

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun Kapolres Purwakarta Turut

20 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita Agama Islam

Tojulianmizu My Deepest Condolences Published By Sunardi

Apk Downloader Download Apk Files

Gambar Kata2 Ucapan Innalillahi Turut Berduka Cita Kochie Frog

Berduka Cita Bea Cukai Tanjung Emas

0857 3328 0001 Bunga Duka Cita Surabaya Ucapan Duka Cita

Final Journey

0857 3328 0001 Ucapan Duka Cita Bahasa Jawa Surabaya Papan

Bunga Papan Turut Berduka Cita Toko Bunga Papan Jakarta

25 Koleksi Dp Bbm Ucapan Turut Berduka Cita Dan Bela

Ucapan Duka Cita Archives Luna Florist

Ucapan Turut Berduka Cita Untuk Tetangga

Persib Sampaikan Duka Cita Atas Pengeroyokan Di Gbla

Papan Bunga Turut Berduka Cita Jakarta 0857 1606 5000

Ucapan Turut Berduka Cita Youtube

Kumpulan Ungkapan Belasungkawa Islami Situs Pendidikan

Toko Bunga Papan Duka Cita 089666740681 Toko Bunga Soraya

082298681272 Toko Bunga Online Bunga Salib Turut Berduka

Ucapan Belasungkawa Islam For Android Apk Download


0 Response to "Gambar Turut Berduka Cita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel