Gambar Sistem Peredaran Darah Manusia



Fungsi Sistem Peredaran Darah Manusia

Proses Peredaran Darah – Urutan, Fungsi, Gambar

Ekosistem.co.id – Halo sahabat biologi! Pernahkah kalian terluka karena suatu benda tajam atau tergores? Apakah saya kalian terluka keluar cairan berwarna merah pekat? Yaps, kalian pasti pernah mengalaminya dan cairan berwarna merah yang keluar dari kulit kalian itu bernama darah. Setiap makhluk hidup di dunia ini bisa hidup karena darah. Sahabat biologi tahu?

Kalau ternyata didalam tubuh kita ini terdapat miliaran bahkan triliunan sel – sel tubuh yang membutuhkan nutrisi dan zat – zat lainnya. Tentu saja mereka tidak bisa mengambil zat tersebut sendiri.

Nah, maka dari itu darah lah yang bertugas mengantarkan nutrisi, serta zat penting lainnya ke seluruh sel dalam tubuh. Darah sangatlah penting, karena darah membuat tubuh dan organ – organnya dapat bekerja dan beraktifitas dengan baik.

Coba sahabat biologi bayangkan! Tubuh kita sebagai kota yang ditinggali oleh sekitar 37, 2 triliun sel, dan mereka melakukan tugasnya masing – masing dan menjaga agar kota itu bisa terus hidup dan berkembang. Di dalam kota yang bernama tubuh manusia ini tentu saja memerlukan sebuah transportasi, dan darah adalah transportasi didalam tubuh manusia.

Darah bertugas mengangkat nutrisi, hormon, beserta zat atau senyawa penting lainnya yang dibutuhkan oleh sel dalam tubuh, selain itu darah juga bisa menyalurkan dan mengatur suhu tubuh agar tetap panas, darah juga yang mempertahankan tubuh dari berbagai macam virus yang masuk kedalam tubuh. Darah yang memindahkan zat dari dan dalam sel disebut sistem peredaran darah.

Pada artikel kali ini, kita akan membagikan tentang proses peredaran darah, urutan, fungsi, hingga gambarnya khusus untuk sahabat biologi tercinta. Yuk kita belajar bersama mengenai proses peredaran darah.

Komponen Darah

Hal yang perlu diingat! Darah memiliki beberapa komponen yang terkandung didalamnya, tentunya kalian sudah tahu kan, komponen – komponen atau bagian darah tersebut adalah plasma darah, sel darah merah, hemoglobin, sel darah putih, serta trombosit atau keping darah.

  1. Plasma Darah : salah satu bagian darah yang sebagian tersusun dari air dan membuat darah menjadi cair.
  2. Sel Darah Merah : Bertugas mengangkut nutrisi dan zat penting lain ke seluruh sel – sel dalam tubuh, dan mengantarkan atau mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel
  3. Sel darah putih : adalah sel yang bertugas melindungi, tubuh dan memerangi kuman, bakteri, atau virus yang mencoba masuk kedalam tubuh.
  4. Hemoglobin : salah satu pigmen darah yang mengalir zat besi
  5. Trombosit /Keping darah : bertugas membekukan darah untuk menutup luka dan mencegah terjadinya pendarahan.

Proses Peredaran Darah beserta Urutanya

Tahukah kalian sahabat biologi? Peredaran darah manusia membentuk suatu perdaaran tertutup. Maksud dari peredaran tertutup adalah peredaran darah yang bersirkulasi melalui arteri, vena, dan kapiler. Nah ini dikarenakan manusia memiliki sistem peredaran darah yang lengkap, keren kan!

Darah bersikulasi dari jantung keseluruhan tubuh lalu kembali lagi dari seluruh tubuh ke jantung. Proses ini bekerja terus – menerus tak kenal henti, agar manusia bisa hidup di dunia ini dengan dibantu oleh sistem organ yang bekerja dengan baik karena adanya darah dalam tubuh.

Proses Peredaran Darah manusia terbagi menjadi 2, yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil, karena itu dalam satu kali peredarannya darah akan bertemu dengan jantung sebanyak 2 kali. Inilah sebabnya manusia disebut memiliki perdaaran darah ganda.

Pada peredaran darah besar, darah akan di pompa oleh jantung ke seluruh tubuh kemudian darah akan kembali menuju jantung. Darah akan berasal dari atrium kiri jantung, kemudian darah akan dialirkan menuju ventrikel sebelah kiri. Setelah itu darah yang dari ventrikel kiri akan terus mengalir menuju ke seluruh tubuh dengan melewati pembuluh arteri besar yang bisa disebut aorta.

Darah yang sudah kaya akan oksigen didalamnya akan menyerahkan diri kepada seluruh sel dalam tubuh. Namun darah yang mengandung karbon dioksida akan menuju Vena cava, dimana darah darah akan masuk melalui atrium kanan dan kembali lagi menuju ventrikel kanan jantung.

Pada peredaran darah kecil, darah akan dipompa menuju ke paru – paru. Sebelumnya darah akan  melewati arteri pulmonalis. Nah disinilah keseruan akan terjadi, ketika darah masuk ke dalam paru – paru dengan melewati pembuluh kapiler, maka disini akan terjadi pertukaran antara karbondioksida dan oksigen.

Darah yang asalnya dari paru – paru akan pergi menuju atrium kiri dengan melewati Vena  pulmonalis. Darah yang  sudah kaya akan oksigen akan masuk kedalam atrium kiri jantung, dan kembali bersirkulasi di peredaran darah besar.

Sahabat biologi, itulah proses peredaran darah dalam tubuh manusia, gimana? Menyenangkan bukan belajar tentang biologi bagian darah. Kalau untuk fungsi lengkapnya kalian sudah tahu? Jika sudah yuk kita review lagi, jika belum kita belajar bersama – sama disini.

Fungsi Darah

Darah memiliki banyak fungsi loh! Tentu saja, karena tanpa darah, sistem dalam tubuh kita tidak akan bekerja dengan baik. Bahkan orang yang kekurangan darah pun bisa merenggang nyawa. Karena itulah darah adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga.

Berikut merupakan fungsi dari darah :

  1. Fungsi utamanya adalah sebagai alat transportasi dalam tubuh manusia, untuk mengangkut zat penting yang dibutuhkan oleh sel – sel tubuh.
  2. Sebagai alat pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam paru.
  3. Mengeluarkan zat sisa metabolisme melalui paru – paru.
  4. Menyalurkan suhu tubuh secara merata, agar panas tubuh selalu terjaga
  5. Mencegah penyakit masuk kedalam tubuh, memerangi virus yang mencoba masuk kedalam tubuh.

Nah, itu dia sahabat biologi fungsi dari darah. Sangatlah penting bukan! Baiklah karena kita sudah membahas tentang proses peredaran darah – urutan, fungsi beserta gambarnya, hanya itu saja yang bisa kita berikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian sahabat biologi dan membuat kalian tertarik dengan bidang biologi.

Artikel Lainnya :

Gallery Gambar Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem Dan Organ Peredaran Darah Manusia Nusa Caraka

Gambar Klasifikasi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Pengembangan Handout Dilengkapi Gambar Dan Peta Konsep Pada

Sistem Peredaran Darah Manusia Belajar Ilmu Biologi

Sistem Peredaran Darah Manusia Dan Penjelasannya Lengkap

Sistem Peredaran Darah Belajar Biologi

Begini Kinerja Sistem Peredaran Darah Yang Membuat Kita

Sistem Peredaran Darah Manusia Dan Penjelasannya Lengkap

Sistem Peredaran Darah Manusia Pintar Biologi

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Pdf Download Gratis

Gambar Sistem Peredaran Darah Manusia Skelaboratory Co Id

Soalan Amali Peredaran Darah Yizhar Efendy

Hasil Gambar Untuk Sistem Pernapasan Pada Manusia Christa

Materi Dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 4 Subtema 1

Skema Dan Perbedaan Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Sistem Peredaran Darah Darah Besar Fungsi Dan Mekanismenya

Sistem Peredaran Darah Kompasiana Com

Mengenal Alat Alat Dan Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Sistem Peredaran Darah Besar Kecil Fungsi Urutan Kelainan

Sistem Peredaran Darah Manusia Pengertian Komponen

Alat Peredaran Darah Manusia Dan Fungsi Beserta Gambarnya

Sistem Peredaran Darah Manusia

Penjelasan Lengkap Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Fungsi Organ Peredaran Darah Manusia Mikirbae Com

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia


0 Response to "Gambar Sistem Peredaran Darah Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel