Tugas Akhir Modul 5
Doc Tugas Akhir Modul 2 Deary Docx Deary Ratnaningsih
TUGAS AKHIR MODUL 5 DAS
TUGAS AKHIR MODUL 5
Setelah Saudara mendalami materi mata kegiatan: model-model pembelajaran, media
pembelajaran, pengembangan bahan ajar, dan terakhir perencanaan pembelajaran,
kemampuan memahami kompetensi pedagogik hampir purna. Untuk mengukur tingkat
kepurnaan tersebut, kerjakan tugas berikut:1. Susun perangkat pembelajaran mata pelajaran yang Saudara ampu untuk satu
kompetensi dasar. Adapun perangkat pembelajaran yang dimaksud terdiri dari:a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik
b. Mendesain atau membuat media pembelajaran yang relevan (minimal media presentasi dengan powerpoint)
2. Anda telah mempelajari beberapa model pembelajaran berbasis SCL yang juga
relevan dengan pendekatan saintifik. Silakan Anda memilih satu model (misalnya model kooperatif Jigsaw) dan catatlah sintaknya (langkah-langkah pembelajarannya). Kemudian, bukalah YouTube dan temukan video tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Amati dengan cermat bagaimana sintak model kooperatif Jigsaw tersebut dilaksanakan, Kemudian jelaskan apakah sintak model kooperatif Jigsaw dalam video tersebut sesuai dengan catatan sintak model pembelajaran kooperatif Jigsaw Anda? Kerjakan secara mandiri tugas ini, kemudian kirimkan hasilnya dalam bentuk file PDF atau MS Word Jawab:1. Perangkat Pembelajaran:
a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik, sebagai
berikut:RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 2 Samarinda Kelas/Semester : X / 1 Mata Pelajaran : Teknik Mikroprosessor Materi Pokok : Perkembangan Teknologi dan Arsitektur
IC Mikroprosessor Pertemuan ke : 1 dan ke 2 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. KI4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuanB. Kompetensi Dasar dan Indikator
4.1.1. Menyajikan gambaran singkat mikroprosessor dalam bentuk gambar arsitektur.
7. Menyajikan fungsi dan cara kerja elemen-elemen dalam gambar arsitektur mikroprosessor dengan sopan dan percaya diri.
6. Menunjukan gambar elemen-elemen dalam arsitektur mikroprosessor dengan sopan dan percaya diri.
5. Membedakan bergagai jenis mikroprosessor berdasarkan fungsinya dengan percaya diri.
4. Menjelaskan era generasi mikroprosessor dengan percaya diri.
3. Menjelaskan perkembangan arsitektur mikriprosessor dengan percaya diri
2. Menjelaskan Perkembangan Teknologi IC pada Mikroprosessor dengan percaya diri.
Dengan mengamati, mendiskusikan, dan menalar siswa dapat: 1. Menerangkan Teknologi Pertama Mikroprosessor dengan percaya diri.
Indikator :
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
3.1.5. Menerangkan Perbedaan Antar Mikroprosessor 4.1 Menggambarkan arsitektur sistem mikroprosesor.
3.1.4. Menerangkan Era Generasi Mikroprosessor
3.1.3. Menerangkan Perkembangan Arsitektur Mikroprosessor
Menerangkan Teknologi IC pada Mikroprosessor
3.1.1. Menjelaskan teknologi pertama mikroprosessor 3.1.2.
3.1 Menjelaskan arsitektur mikroprosessor Indikator :
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
1.2. Memahami kebesaran Tuhan
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
1. Teknologi pertama mikroprosessor
2. Teknologi IC pada Mikroprosessor
3. Perkembangan Arsitektur Mikroprosessor 4. Era Generasi Mikroprosessor.
5. Perbedaan Antar Mikroprosessor
E. Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Inquiry
3. Metode Pembelajaran : o Brainstorming, o Diskusi, o Tutorial,
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Apersepsi :
Pendahulu 15 menit 1. Mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa. an
2. Mendata kehadiran siswa
3. Menanyakan beberapa pertanyaan dasar sebagai review pelajaran sebelumnya.
Inti Menstimulasi / Pemberian rangsangan (Simulation) 150 menit
(mengamati, menanya,menalar)
1. Guru mengajukan pertanyaan yang mengarahkan siswa mencari informasi dari buku siswa atau sumber lainnya dan mendiskusikannya setelah menayangkan gambar tabung hampa yang digunakan dalam ENIAC.
2. Siswa mengamati gambar yang ditampilkan.
3. Siswa membaca Buku Teks siswa
4. Siswa mendiskusikan Teknologi Pertama Mikroprosessor secara berkelompok.
Mengidentifikasi Masalah (Problem statement) (Mengamati, menanya, menalar,)
5. Guru memberikan pertanyaan mengenai perkembangan Teknologi dan Arsitektur mikroprosessor sesuai kebutuhan menurut era generasinya dan perbedaan antar mikriprosessor tersebut.
6. Siswa mendiskusikan mengenai perkembangan Teknologi dan Arsitektur mikroprosessor sesuai kebutuhan antar mikriprosessor tersebut.
Pengumpulan data (Data collection) (Menalar, Mengkomunikasikan).
7. Siswa membaca teks dari buku siswa mengenai perkembangan teknologi IC mikroprosessor dan arsitekturnya, serta era generasi dan perbedaan antar mikroprosessor.
8. Siswa mendiskusikan hasil bacaan teks secara berkelompok.
9. Guru memantau alur diskusi siswa.
10.Siswa menyimpulkan isi teks dari hasil diskusi.
11.Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas dan menjawab pertanyaan dari teman-temannya dan menerima masukan dari teman dan guru.
12.Guru memberikan penilaian dan mengoreksi hasil diskusi siswa.
13.Guru mengecek dan memberikan masukan tentang perkembangan Teknologi dan Arsitektur mikroprosessor sesuai kebutuhan menurut era generasinya dan perbedaan antar mikriprosessor tersebut.
Pembuktian (Verification) (Mencoba, Menalar)
14. Guru meminta siswa secara berkelompok membuat sebuah gambaran singkat tentang arsitektur sistem mikroprosessor dan membuat gambarnya.
15.Siswa membuat gambaran singkat secara tertulis dilengkapi dengan gambar blok diagramnya mengenai arsitektur sistem mikroprosessor.
Generalisasi (Generalization) (Mengkomunikasikan)
16.Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusinya dan menyajikan gambar arsitektur mikroprosessor.
17.Siswa secara kelompok mempresentasikan gambaran singkat tentang arsitektur mikroprosessor dan menyajikan gambarnya di depan kelas.
18.Siswa membuat laporan pelaksanaan presentasi dan simpulan dari gambaran singkat mengenai arsitektur sistem mikroprosessor.
c. percaya diri
b. Presentasi siswa Observasi dengan rubrik penilaian keterampilan
a. Diskusi kelompok
3. Keterampilan
Quiz 15 menit
e. Perbedaaan berbagai jenis mikroprosessor berdasarkan spesifikasinya
c. Perkembangan arsitektur mikroprosessor d. Generasi mikroprosessor.
b. Perkembangan Teknologi IC pada Mikroprosessor.
a. Teknologi Pertama Mikroprosessor.
2. Pengetahuan
Selama pembelajaran
e. kerjasama Observasi kinerja dengan rubrik
d. bertanggung jawab
b. jujur
Penutup
a. santun
1. Sikap
No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian
H. Penilaian Hasil Belajar
2. Sumber Pembelajaran : Internet Handouts Buku pegangan siswa
1. Alat/Media Pembelajaran : ï‚· Gambar Tabung Hampa dari ENIAC.
G. Alat/Media/Sumber Pembelajaran
15 menit
4. Menutup pelajaran.
3. Memberikan tugas rumah untuk pertemuan selanjutnya
2. Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
1. Mereview hasil presentasi siswa
Selama pembelajaran
I. Instrumen Penilaian Hasil Belajar LEMBAR PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN Rubrik Penskoran Aspek Keterampilan
No Deskripsi kegiatan Kriteria Skor
1 Hasil Kerja Uraian elemen-elemen dalam arsitektur
4 mikroprosessor disertai gambar dan sangat tepat Uraian elemen-elemen dalam arsitektur
3 mikroprosessor tepat, tapi tidak disertai gambar yang lengkap. Uraian elemen-elemen dalam arsitektur mikroprosessor kurang tepat, tapi
2 disertai gambar yang lengkap.
Uraian elemen-elemen dalam arsitektur mikroprosessor kurang tepat, dan tidak disertai gambar yang lengkap.
1
2 Presentasi Presentasi sangat bagus
4 Presentasi bagus
3 Presentasi kurang bagus
2 Presentasi tidak bagus
1
No Nama Penilaian Aspek Keterampilan Hasil Kerja Presentasi Total 1 .............................. .............................. .............................. ....... 2 ............................. .............................. .............................. .......
Keterangan: Total Nilai Aspek Keterampilan = (Nilai Hasil Kerja + Nilai Presentasi)/2
LEMBAR PENILAIAN ASPEK PENGETAHUAN
N Kompetensi Materi Indikator Soal Nomo o Dasar r Soal
Perkembangan
1 3.1.
a. Teknologi Pertama
1
mikroprosesoor Menjelaska Mikroprosessor.
n arsitektur
b. Perkembangan Teknologi
2 mikroproses
IC pada Mikroprosessor. sor
c. Perkembangan arsitektur
3 mikriprosessor d. Generasi mikroprosessor.
4
e. Perbedaaan berbagai jenis
5
mikroprosessor berdasarkan spesifikasinya Lembar Tugas Siswa 1. Jelaskan untuk keperluan apa mikroprosessor pertama di buat.
2. Jelaskan perkembangan apa yang mendorong pengembangan IC Digital?
3. Secara arsitektur Z80 memiliki kesamaan dalam jumlah bit dengan Intel 8080. Jelaskan apa yang menjadikan Z80 lebih berkembang dibanding Intel 8080 ?
4. Sebutkan nama-nama mikroprosessor pada era tahun 1970-an hingga era tahun 2000-an
5. Apa perbedaan instruksi dan interupsi yang dimiliki antara mikroprosessor Z80 dengan mikroprosessor Intel 8085?
Pedoman Penilaian Aspek pengetahuan
Nomor Skor Soal
1
15
15
2
35
3
25
4
10
5 Total Skor 100
No Nama Skor 1 ..................... ....................
INTERVAL SKOR HASIL KONVERSI PREDIKAT KRITERIA
2.00 C 60 – 64
Memperhatikan tujuan yang harus dikuasai, menerima dan memahami masalah yang dipresentasikan guru, siswa berada dalam kelompoknya sampai semua jelas trhadap penyelesaiannya.
1 Tahap 1 Orientasikan siswa pada masalah aktual dan otentik Menyampaikan tujuan pembelajaran, menyiapkan dan memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah, Guru mendiskusikan rubric asesmen yang akan digunakan dalam menilai kegiatan/hasil karya siswa
Sintak Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah: No Langkah- langkah Pokok Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
Model pembelajaran yang dipilih adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
1.00 D Samarinda, Juli 2018 Ka.Program Teknik Audio Video Guru Mata Pelajaran Supriyadi, ST Andry Priyanto, S.Pd NIP. 196305181990031010 NIP. 198203072010011017
1.33 D+ K < 54
1.66 C- 55 – 59
2.33 C+ C 65 – 69
. 2 ..................... ....................
2.66 B - 70 – 74
3.00 B 75 – 80
3.33 B+ B 81 – 85
3.66 A- 86 – 90
4.00 A SB 91 – 95
96 – 100
Tabel Konversi Nilai Akhir
.
B. Power point materi pembelajaran terlampir 2.
2 Tahap 2: Guru membantu siswa Membatasi permasalahan yang
Mengorganisasika mendefinisikan dan akan dikaji n siswa untuk mengorganisasikan tugas belajar Belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut3 Tahap 3: Guru mendorong siswa untuk Melakukan inkuiri, investigasi, Membimbing mengumpulkan informasi yang dan bertanya untuk penyelidikan sesuai, melaksanakan eksperimen mendapatkan jawaban atas individu maupun untuk mendapatkan penjelasan dan permasalahan yang dihadapi kelompok pemecahan masalah.
4 Tahap 4: Guru membantu siswa dalam Menyusun laporan dalam
Mengembangkan merencanakan dan menyiapkan kelompok dan menyajikannya dan menyajikan karya yang sesuai seperti laporan, dalam diskusi kelas hasil karya video, dan model dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.5 Tahap 5: Guru membantu siswa untuk Mengikuti tes dan menyerahkan
Menganalisis dan melakukan efleksi atau evaluasi tugas-tugas sebagai bahan mengevaluasi terhadap penyelidikan mereka dan evaluasi proses belajar a. proses proses-proses yang mereka gunakan pemecaha n masalah Video pembelajaran pada link:Langkah – langkah pembelajaran pada video: 1) Pendahuluan a. Salam
b. Berdo’a
c. Presensi siswa d. Guru mengulas materi dan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
e. Guru melakukan tanya jawab berbagai hal terkait wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan. 2) Kegiatan Inti Tahap 1: Orientasi siswa terhadap suatu masalah
Guru menayangkan video tentang suatu permasalahan lingkungan Siswa mengamati tayangan video tentang permasalahan lingkungan Tahap 2: Mengorganisasi siswa dalam proses belajar Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
Guru meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan apa yang telah diamati. Siswa mendiskusikan apa yang telah mereka amati. Tahap 3: Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan
Siswa berdiskusi menyusun data laporan Guru membantu siswa yang kesulitan dalam menyusun laporan Tahap 4: Menyajikan hasil karya
Guru meminta masing – masing perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil laporan. Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. Tahap 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah Guru membantu siswa melakukan refleksi terhadap analisisnya dan memberikan soal sebagai evaluasi. Siswa mengerjakan soal evaluasi 3) Penutup a. Guru menyampaikan kesimpulan dan meberikan motivasi tentang materi yang telah dipelajari.
b. Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari
c. Berdo’a
d. Salam Analisis video
Sintak Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada video tersebut sudah sesuai dengan
catatan Sintak Model Pembelajaran Berbasis Masalah saya. Hanya saja kegiatan Tahap 3
pada video yang berupa pembuatan laporan, seharusnya diletakkan pada Tahap 4. Pada
Tahap 3 hanya berisi kegiatan yang berkaitan dengan diskusi kelompok.Gallery Tugas Akhir Modul 5
Light Building The World S Leading Trade Fair For
The Development Of Geometri Teaching Materials Based On
Jawaban Test Sumatif Modul 5 Ips
Doc Tugas Akhir Modul 5 Bastard Geardoshit Team
Tugas Akhir Modul 5 Ruth Evelina
8 Gambar Ppg Terbaik Di 2019 Tekanan Osmotik Burung
Ppt Tugas Akhir Modul 5 Ppg Youtube
Docdownloader Com Tugas Akhir M5 Aktivitas Olahraga Pdf
Ppgj 2019 Videos Ppgj 2019 Clips Clipfail Com
Format Laporan Tahap Akhir Riset 2005
Bug Cannot Find Module Webpack Issue 299 Webpack
Ged Pakistan Degree College Of Commerce For Boys Allama Iqbal
Doc Modul 5 Penyusunan Rencana Pembelajaran 2 Arif
Jawaban Modul Daring Ppg Daljab Kompetensi Pedagogik Modul
About E Diklat Kemdikbud Google Play Version E Diklat
Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah
Tugas Akhir Modul 3 Matematika Ppgdaljab Kompilasi Data
0 Response to "Tugas Akhir Modul 5"
Post a Comment