Surat Perjanjian Kerja Doc



5 Contoh Mou Sekolah Dengan Dunia Usaha Format Doc Myjourney

Contoh Surat Perjanjian Kerja

Mulainya hubungan kerja antara perusahaan dan pekerja ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian kerja, atau yang juga dikenal dengan istilah surat perjanjian kontrak kerja. Surat perjanjian ini penting bagi perusahaan dan pekerja karena berisikan syarat, kewajiban, dan hak masing-masing pihak, serta memiliki muatan hukum. Karena hal tersebut, maka tentunya surat perjanjian tidak boleh dibuat sembarangan.

Baca Juga: Surat Peringatan (SP) Karyawan dan Ketentuannya Menurut UU

Hal-hal yang Harus Dimuat dalam Surat Perjanjian Kerja

Perjanjian kerja yang disepakati oleh kedua belah pihak nantinya akan menjadi tumpuan pelaksanaan hubungan kerja. Sesuai aturan Pasal 53 ayat (1) Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, perjanjian kerja yang dibuat setidaknya harus memuat 9 unsur, yaitu

  • nama, alamat perusahaan, dan jenis usaha
  • nama, jenis kelamin, umur, dan alamat pekerja/buruh;
  • jabatan atau jenis pekerjaan;
  • tempat pekerjaan;
  • besarnya upah dan cara pembayarannya;
  • berbagai syarat kerja yang memuat hak dan kewajiban pengusaha dan pekerja/buruh;
  • jangka waktu berlakunya perjanjian kerja;
  • tempat dan tanggal perjanjian kerja dibuat; dan
  • tanda tangan para pihak dalam perjanjian kerja.

Selain hal-hal dasar, seperti data diri pekerja dan perusahaan, HR sebaiknya memperhatikan secara khusus penulisan 5 hal berikut ini agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam hubungan kerja:

Jabatan dan Lingkup Pekerjaan

Setiap jabatan dan posisi memiliki tanggung jawab yang berbeda. Masukkan jabatan yang sesuai untuk tiap pekerja, lengkap dengan informasi tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan. Biasanya, HRD bisa menjelaskan terlebih dahulu tugas dan kewajiban pekerja saat wawancara kerja, sehingga calon pekerja bisa memiliki waktu untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menandatangani surat perjanjian kerja.

Upah dan Tunjangan

Gaji penting untuk dicantumkan pada surat perjanjian kerja karena akan melandasi hal-hal lain, seperti perhitungan jumlah THR dan berbagai tunjangan lain. Pastikan juga jumlah gaji yang tercantum di surat perjanjian jelas, apakah itu gaji kotor (gaji pokok) atau gaji bersih (take home pay). Ada baiknya HRD juga mencantumkan hak-hak di luar gaji yang akan didapatkan oleh pekerja, seperti bonus, tunjangan kesehatan, hingga tunjangan hari raya  (THR).

Masa Kontrak dan Pemutusan Hubungan Kerja

Poin satu ini sangat penting, terutama untuk pekerja kontrak dengan Perjanjian Kerja Waktu tertentu (PKWT). HRD yang menerima pekerja kontrak perlu mencantumkan tanggal dimulai dan berakhirnya masa kerja dengan jelas pada surat perjanjian. Setelah itu, kebijakan mengenai pemutusan hubungan kerja juga penting. Dalam hal ini, prosedur, hak, dan kewajiban kedua pihak mengenai pemutusan kontrak perlu dicantumkan.

Pelanggaran dan Sanksi

Selain menjabarkan hak yang bisa didapatkan pekerja, ada juga kewajiban yang perlu dipenuhi oleh pekerja. Apabila tidak dipenuhi, pekerja bisa mendapatkan sanksi berupa hal-hal yang ditentukan oleh perusahaan. Nah, hal ini juga perlu dicantumkan di surat perjanjian kerja agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di kemudian hari. Jelaskan berbagai sanksi yang diberikan jika pekerja tidak disiplin ataupun jenis pelanggaran yang tidak akan ditoleransi oleh perusahaan dan bisa terancam pemutusan hubungan kerja.

Surat Perjanjian Pekerja Paruh Waktu

Pekerja paruh waktu (parttime) memiliki jam kerja dan perhitungan upah yang berbeda dengan pekerja tetap. Pekerja paruh waktu bisa diartikan sebagai pekerja yang waktu kerjanya lebih sedikit dan fleksibel. Jika  pekerja tetap memiliki waktu kerja 40 jam per minggu, maka jam kerja pekerja paruh waktu hanya sekitar setengahnya, 3-5 jam per hari tergantung jenis pekerjaannya.

Dalam surat perjanjian pekerja paruh waktu, kebijakan jam kerja dan pembayaran upah ini tidak boleh dilewatkan. Tuliskan durasi kerja serta upah yang akan diterima oleh pekerja, bisa dihitung per jam atau per shift tergantung kebijakan pemberi kerja. Macam-macam contoh pekerjaan paruh waktu yang ada yaitu penulis, fotografer, barista, penjaga toko, hingga programmer.

Surat Perjanjian Pekerja Kontrak (PKWT)

Mirip seperti surat perjanjian pekerja paruh waktu, surat perjanjian untuk pekerja kontrak juga perlu memuat waktu dan durasi kerja. Pekerja kontrak di perusahaan juga umumnya memiliki hak yang berbeda dengan pekerja tetap, seperti hak cuti atau fasilitas. Cantumkan juga berbagai hak dan kewajiban para pekerja agar lebih jelas.

Surat Perjanjian Pekerja Lepas

Pekerja lepas atau freelance adalah pekerja yang tidak terikat kontrak eksklusif berjangka panjang dengan satu perusahaan, melainkan bisa bekerja untuk banyak perusahaan. Perusahaan yang mempekerjakan pekerja lepas ini nantinya yang akan memberikan tanggung jawab dan upah atas hasil yang sudah dikerjakan. Salah satu masalah yang kerap muncul antara pekerja lepas dan pemberi kerja yaitu masalah pembayaran. Karena itu, ada baiknya dibuat surat perjanjian yang menyatakan tanggung jawab masing-masing pihak serta kebijakan pembayaran yang ingin disepakati. Cantumkan juga jangka waktu pengerjaan project dan jangka waktu maksimal pembayaran honor kepada pekerja agar lebih jelas.

Surat Perjanjian Pekerja Tetap

Setiap orang yang akan dipekerjakan sebagai pekerja tetap di suatu perusahaan wajib menandatangani surat perjanjian sebelum resmi memulai hubungan kerja. Surat perjanjian untuk pekerja tetap pun biasanya cukup panjang dan lengkap. Tanggal berlakunya kerja sama, detail jabatan, lingkup pekerjaan, gaji, hingga berbagai hak lain seperti tunjangan perlu ditulis secara lengkap. Selain itu, jangan lupa siapkan dua rangkap surat perjanjian untuk masing-masing pihak.

Sudah menjadi tanggung jawab HR untuk menyiapkan surat perjanjian kerja bagi pekerja yang akan melakukan hubungan kerja dengan perusahaan. Agar masing-masing hak dan kewajiban lebih jelas, siapkan surat perjanjian sesuai dengan jenis pekerjaan, dan jangan lupa juga untuk mengecek ulang apabila informasi yang tercantum sudah benar.

Baca Juga: Mau Resign? Ini Langkah-langkah Menulis Surat Pengunduran Diri di 2018

Anda para profesional di bidang HR kini bisa memanfaatkan headhunter dari Glints TalentHunt untuk mencari kandidat terbaik. Selain itu, Anda juga bisa memasang lowongan secara gratis dengan sign up di Glints secara gratis. Mulai dari pekerja freelance hingga full time, ayo cari talenta terbaik untuk perusahaan Anda bersama Glints!

Gallery Surat Perjanjian Kerja Doc

Contoh Mou Kontrak Kerja

Surat Perjanjian Kerja Universitas Sriwijaya Mafiadoc Com

7 Contoh Surat Perjanjian Kerja Contoh Surat

Analisis Yuridis Terhadap Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Pkwt

4071010 Surat Perjanjian Kerja

Contoh Surat Lamaran Perpanjangan Kontrak Kerja

Doc Surat Perjanjian Kerja Nomor 0012 Pj Xii Atws 2014

Contoh Kontrak Kerja Karyawan Terbaru File Word Doc Dan

Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama Usaha

Contoh Surat Perjanjian Kerja Borongan Sederhana Kumpulan

Surat Perjanjian Kerja Tenaga Kerja Honorer Doc Document

Contoh Perjanjian Kerja Karyawan Tetap Kontrak Pkwtt Dan

I M Reading Surat Perjanjian Jual Beli Kereta A On Scribd

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Swasta Doc

Contoh Format Surat Perjanjian Kerja Doc Archives Gawe Cv

Perjanjian 2 Rangkap Surat Perjanjian Surat Pdf

Doc Surat Kontrak Kerja Jeffry Autumn Academia Edu

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Investasi Modal Usaha

Doc Surat Perjanjian Kerja Kontrak Masa Percobaan Anton

25 Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Yang Baik Dan Benar

Doc Contoh Surat Perjanjian Kerja Kontrak Kerja Karyawan

4071010 Surat Perjanjian Kerja


0 Response to "Surat Perjanjian Kerja Doc"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel