Pengertian Internet Dan Intranet



Pahami Internet Dan Intranet Smktkjb

Internet dan Intranet: Pengertian, Sejarah, Perbedaan, Fitur

Kalian pasti sudah tahu yang namanya internet bukan? bagi kalian mungkin internet sudah tidak asing lagi, karena kalian sering menggunakan setiap hari. Nah selain internet ada juga yang namanya intranet. Apakah kalian mengenal istilah intranet? jika kalian masih bingung maka kali ini saya akan menjelaskan apa itu internet dan intranet beserta sejarahnya.

Pengertian Internet

Internet (Interconnection- Networking) adalah semua jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lainnya dengan menggunakan standar metode global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang memiliki fungsi sebagai protokol untuk pertukaran paket (packet switching communication protocol) yang bisa untuk memberi pelayanan kepada semua pengguna di seluruh dunia. Internet merupakan sebuah rangkaian internet yang terbesar. Untuk cara agar kalian bisa menghubungkannya pada rangkaian ini maka kalian harus menggunakan kaidah yang satu ini yang disebut dengan nama internetworking atau “antar jaringan”.

Sejarah Internet

Sejarah munculnya jaringan internet adalah internet pertama kali di bentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Dengan melalui jalur proyek ARPA yang juga disebut dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Mereka juga merekomendasikan untuk kalian bagaimana dengan hardware dan software komputer yang memiliki basis UNIX, kalian juga bisa melakukan komunikasi dengan orang lain atau saudara dengan jarak yang tidak terhingga jauhnya dengan menggunakan telepon.

Pihak dari proyek ARPANET juga sudah merencanakan berbagai bentuk jaringan, kehandalan, informasi yang dapat dipindahkan seberapapun besaran, dan akhir dari semua itu adalah semua standar yang mungkin sudah ditentukan oleh mereka untuk menjadi cikal bakal bagi pembangunan protokol yang baru dan sekarang di kenal sebagai TCP atau IP (Transmission Control Protocol atau Internet Protocol).

Dan pada saat itu juga Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department Of Defense) Juga membuat sistem jaringan komputer yang termasuk jaringan terbesar dengan menghubungkan semua komputer di daerah- daerah vital yang bertujuan untuk mengatasi masalah bila suatu saat terjadi serangan nuklir dan digunakan untuk menghindarkan terputusnya informasi yang bisa membantu apabila mendadak terjadi perang maka akan dengan mudah menghancurkan serangannya.

Sebelumnya ARPANET mungkin hanya bisa menghubungkan 4 situs, yaitu Stanford Research Institute, University Of California, Santa Barbara, dan University Of Utah saja. Dan dimana mereka juga membuat satu jaringan terpadu pada saat tahun 1969. Secara umum ARPANET juga diperkenalkan pada saat bulan Oktober 1972. Setelah itu tidak lama kemudian proyek tersebut berkembang pesat di seluruh daerah, dan termasuk universitas di negara tersebut juga ingin bergabung. Oleh sebab itu untuk membuat ARPANET mengalami kesulitan dalam hal mengatur.

Kemudian ARPANET di pecah menjadi dua, yaitu “MILNET” dan “ARPANET”. MILNET digunakan untuk keperluan militer, sedangkan ARPANET digunakan untuk hal yang lebih kecil seperti keperluan non militer Misalnya universitas. Dan penggabungan dua jaringan tersebut kemudian dikenal dengan sebutan DARPA Internet, yang lama- lama di sederhanakan menjadi jaringan internet atau diberi nama internet.

Baca Juga: Sejarah Internet.

Fitur Internet

Berikut ini fitur internet yang kalian perlu ketahui.

World Wide Web (WWW)

Layanan WWW merupakan salah satu layanan internet yang juga sangat populer di kalangan masyarakat indonesia hingga di dunia. Layanan ini merupakan layanan yang memungkinkan kita untuk bisa menjelajah halaman website yang memang ada di internet. Layanan WWW sangat dimanfaatkan oleh para penjelajah informasi di internet guna menjelajahi informasi yang sangat berlimpah di layanan internet. Untuk sekedar mengingatkan kalian saja, meskipun layanan WWW sangat bermanfaat tetapi layanan ini juga memiliki sisi negatif yang juga di tawarkan. Misalnya pornografi, trafficking, perjudian, dan lain- lain.

Chatting

Chatting merupakan salah satu layanan internet yang sangat di gemari oleh masyarakat, apalagi oleh para anak remaja. Chatting adalah suatu kegiatan atau aktivitas berbincang dengan melalui teks antara para pengguna layanan internet di seluruh dunia dan mungkin ini bisa disebut juga sebagai pengganti surat. Tahukah kalian salah satu aplikasi chatting yang sering digunakan? nah, aplikasi chatting yang sering digunakan adalah IRC (Internet Relay Chat) ini merupakan salah satu protokol yang memungkinkan untuk seluruh user internet bisa saling terhubung dan saling berkomunikasi dalam satu channel.

E-mail

E-mail juga disebut sebagai surat elektronik yang merupakan salah satu layanan internet yang memang banyak digunakan di kalangan masyarakat di indonesia maupun di dunia. Yang memang layak menjadi identitas pribadi adalah alamat e-mail kalian. Kenapa? karena dengan menggunakan e-mail maka kita bisa saling mengirim surat dengan waktu yang sangat cepat. Alamat e-mail juga bisa dikatakan sebagai pengganti bagi alamat rumah kita. Untuk jenis yang di miliki layanan e-mail cukup banyak, ada yang gratis dan ada yang bayar. Sebagai contohnya e-mail yang gratis adalah Yahoo, Gmail dan Hotmail. Sedangkan e-mail yang berbayar adalah mail.com, dan lainnya.

Mailing List

Layanan internet mailing list adalah salah satu layanan yang memungkinkan jika ada salah satu forum untuk berdiskusi bagi para pemilik atau yang mempunyai e-mail di internet. Yang menjadi topik pembahasan diskusi ini  biasanya akan dikirim melalui e-mail masing- masing anggota diskusi. Pada saat ini Yahoo Groups adalah salah satu penyedia mailing list yang terpopuler. Kalian para anggota bisa mendiskusikan semua topik pembahasan melalui diskusi di mailing list.

E-Banking

E-Banking merupakan layanan untuk kalian bertransaksi dan transfer uang yang sangat mudah. Pada masa sekarang hampir semua bank menyediakan fitur e-banking bagi para nasabahnya, baik bank pemerintah maupun bank swasta. Apakah kalian tahu kelebihan yang di miliki e-banking? kelebihan yang di milikinya adalah kemudahan untuk bertransaksi dan transfer kepada orang lain. Kenapa? karena jika kalian ingin melakukan transfer kalian tidak perlu lagi untuk pergi ke mesin ATM dan kalian hanya cukup menggunakan layanan internet e-banking, maka kalian bisa langsung mentransfer dengan lebih cepat.

VOIP

VOIP (Voice Over Internet Protocol adalah sebuah layanan internet yang sangat memungkinkan kalian para pembicara via telephone dengan biaya yang gratis. Bagi kalian yang menggunakan layanan internet yang satu ini maka kalian hanya membutuhkan koneksi internet saja dan kalian juga tidak perlu membayar pulsa telephone. VOIP dengan server gratis ini memiliki banyak jenis yang bisa kalian gunakan dan manfaatkan. Salah satu layanan internet ini yang paling terkenal di indonesia adalah  VOIP Rakyat.

E-Commerce

E-Commerce adalah sebuah layanan internet yang digunakan untuk kepentingan ekonomi, misalnya sebagai toko online. Dan dengan munculnya layanan internet satu ini kalian tidak harus lagi belanja ke mall atau supermarket jika ingin membeli barang yang kalian inginkan. Kalian cukup buka laptop kalian, lalu koneksikan dengan internet dan cari toko online terpercaya yang memang menjual barang yang kalian inginkan atau yang kalian cari. Cara membayarnya pun sangat mudah, kalian hanya perlu mentransfer pembayarannya maka barang pesanan kalian akan di kirim ke alamat rumah kalian.

Pengertian Intranet

Intranet merupakan salah satu jaringan privat (private network). Jaringan ini adalah jaringan yang menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP) yang berguna untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi di dalam sebuah perusahaan tersebut kepada para karyawan di perusahaan tersebut. Terkadang istilah kata intranet cuma merujuk pada layanan yang terlihat saja. Yakni situs website internal perusahaan.

Yang dibutuhkan untuk membangun jaringan intranet adalah sebuah jaringan yang harus memiliki beberapa komponen yang bisa membengun internet, yaitu protokol internet (protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lain), klien dan server. Protokol HTTP dan beberapa jenis protokol internet lainnya (FTP, SMTP, atau POP3) biasanya merupakan salah satu komponen protokol yang memang sering digunakan.

Sejarah Intranet

Awalnya, organisasi menemukan tantangan tentang bagaimana cara agar bisa melakukan komunikasi antara perusahaan dan antar perusahaan dengan efektif dan biaya yang efisien. Tetapi tantangan tersebut kini sudah terjawab dengan munculnya jaringan intranet dan internet. Nah, maka sejarah awal intranet dimulai pada tahun 1970-an. Pihak ARPANET telah menemukan ide baru untuk membuat sistem jaringan yang bisa digunakan untuk berbagi informasi dengan di kembangkannya tekhnologi Telnet dan FTP (File Transfer Protokol). Dimana para penggunanya dapat mengirim dan menerima data. Namun perkembangan jaringan ini tidak bisa diharapkan hingga munculnya PC pada tahun 1980-an.

Nah, pada tahun 1992 merupakan tahun menjadi tonggak munculnya sejarah baru bagi teknologi ini dan dengan munculnya internet protocol (IP) yang baru, yaitu Hipertext Transfer Protocol (HTTP). Teknologi satu ini didesain bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dalam hal mendokumentasi dan bisa menjadi salah satu aplikasi handal dalam internet (red : perkembangan intranet tidak pernah lepas dari perkembangan internet). Bagi kalian para pengguna web akan semakin meningkat pada saat di perkenalkan salah satu internet browser yang memiliki nama Mosaic. Dan yang mana bagi pengguna bisa membuat, mengakses dan bisa juga berbagi semua informasi. Hal ini juga akan sangat memudahkan kalian yang menjadi pengguna karena internet kini sudah berkembang pesat.

Dan selama ada kejadian evolusi internet ini maka, banyak organisasi (yang utama adalah perusahaan) yang sudah sadar akan betapa besar kekuatan dan potensi yang dihasilkan teknologi ini. Itu terjadi jika teknologi tersebut memang di gunakan pada perusahaan. Nah, teknologi ini juga diharapkan banar- benar bisa menyelesaikan semua masalah yang dihadapi oleh perusahaan seperti efektivitas dan efisiensi.

Kini dengan adanya teknologi intranet maka, perusahaan bisa membangun kerjasama dengan tim dan juga bisa berbagi semua informasi rahasia perusahaan dengan platform yang memang berbeda- beda. Tetapi intinya yaitu teknologi satu ini multi karena bisa diterapkan di banyak perusahaan, kenapa? karena teknologi ini memiliki sifat yang easy to use atau user friendly.

Kini teknologi internet tersebut memang sangat menguntungkan bagi perusahaan, karena teknologi ini sangat bermanfaat dengan adanya biaya yang sangat murah dibanding dengan jika kalian telepon dan teknologi jaringan pribadi yang lain. Dan dengan teknologi juga sangat merubah cara para orang bekerja, belajar, dan untuk berbagi informasi. Tahukah keuntungan lain? keuntungan lain yaitu ketersediaan informasi, memiliki kemudahan dalam hal dokumentasi dan aksesibilitas, untuk mengurangi biaya operasional kalian dan untuk perbaikan serta meningkatkan bagi efisiensi. Jadi, semakin hari maka tantangan tersebut semakin kompleks, dan diharapkan juga agar teknologi intranet bisa di gantikan dengan teknologi lainnya atau yang baru yang mungkin akan lebih baik lagi.

Fitur & Layanan Intranet

  1. FTP(File Transfer Protocol) : Untuk mengambil atau untuk mengirim file dari satu komputer menuju ke komputer yang lain.
  2. GOPHER : Sistem pencarian info dengan mengikuti menu hirarki.
  3. WAIS (Wide Are Information Servers) : Digunakan untuk mencari data dengan berindeks menggunakan keyword tertentu.
  4. USENET News : Untuk masuk akses ke pc bulletin board system.
  5. TELNET : Untuk login di sistem komputer secara remote.
  6. ELECTRONIC MAIL : Untuk kirim dan mengirim surat secara elektronik.
  • Digunakan untuk membangun dan untuk menjadikan intranet tidak perlu lagi menjadi anggota dari internet.
  • Features di atas memang masih bisa ditambah lagi dengan menggunakan layanan lain yang sesuai kemampuan TCP/IP.

Apakah kalian sudah paham dengan yang saya jelaskan tentang pengertian sejarah internet dan intranetbagi kalian yang merasa kurang jelas tentang pembahasan kali ini maka kalian bisa bertanya kembali melalui berkomentar di kolom komentar yang telah kami sediakan.

Gallery Pengertian Internet Dan Intranet

Pengertian Dan Perbedaan Dari Internet Dan Intranet Losverdes

Pengertian Internet Dan Intranet Lengkap Dengan Fungsinya

Pengertian Internet Dan Intranet

Pengertian Internet Dan Intranet Serta Perbedaannya Imp Books

Pengertian Internet Handsware

Pengertian Dan Perbedaan Dari Internet Dan Intranet Joledeng

Perbedaan Internet Dan Intranet Pengertian Internet Dan

Perbedaan Internet Dan Intranet Pengertian Sejarah Serta

Pengertian Internet Dan Intranet

Pembagian Sistem Software Persamaan Newsgroup Adalah

Tugas Tik Pengertian Internet Dan Intranet

Internet Dan Intranet

Pengertian Internet Dan Intranet Beserta Dampaknya Arena

Internet Dan Intranet Youtube

Pengertian Internet Dan Intranet Serta Perbedannya

Inilah Pengertian Dan Perbedaan Internet Maupun Intranet

Pengertian Masing Masing Dari Internet Dan Intranet Tutor

Pengertian Internet Dan Intranet Archives Jagad Id

Perbedaan Internet Dan Intranet Pengertian Sejarah Serta

Pengertian Internet Dan Intranet Tutorial Microsoft Office

Pengertian Lan Man Wan Intranet Dan Internet Lengkap


0 Response to "Pengertian Internet Dan Intranet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel