Candi Di Jawa Timur



X Sejarah Indonesia Perbedaan Candi Di Jawa Timur Dan

7 Candi Populer di Blitar, Jawa Timur

candi penataran - www.pegipegi.com

Blitar, selain populer sebagai kota kelahiran salah satu Proklamator RI, yaitu Soekarno, juga dikenal memiliki banyak objek wisata budaya dan sejarah berupa candi. Berikut tujuh candi populer yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Blitar.

Candi Penataran

Candi ini terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, di sebelah utara Blitar. Komplek Candi Penataran disebut-sebut sebagai yang terbesar di Jawa Timur.

Candi berlatar belakang Hindu ini mulai dibangun pada masa Kerajaan Kediri dan digunakan hingga masa Kerajaan Majapahit. Candi Penataran melambangkan penataan pemerintahan kerajaan-kerajaan yang ada di Jawa Timur.

Selain sebagai komplek percandian terluas, Candi Penataran juga memiliki kekhasan dalam ikonografi relief. Wujud relief manusia digambarkan mirip wayang kulit, seperti yang bisa dijumpai pada gaya pengukiran yang ditemukan di Candi Sukuh, suatu candi dari masa akhir periode Hindu-Buddha dalam sejarah Nusantara.

candi penataran – www.pegipegi.com

Candi Kotes

Candi ini berada di Desa Kotes, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Candi Kotes I memiliki ukuran panjang 360 cm, lebar 224 cm, tinggi 142 cm, dengan struktur bangunan candi hanya tinggal bagian kaki berbentuk segi empat. Sementara Candi Kotes II, memiliki ukuran panjang 754 cm, lebar 537 cm, dan tinggi 90 cm. Candi Kotes II berbentuk segi empat, dan bangunan yang tersisa hanya berupa dasar candi dan tangga masuk yang berada di sebelah barat.

Berdasarkan pahatan angka yang terdapat di tubuh candi, Candi Kotes diperkirakan dibangun pada tahun 1222 Saka atau 1300 Masehi. Candi ini memiliki dua buah latar dan satu miniatur candi yang terdiri dari tiga bagian, yaitu atap candi, tubuh candi, dan kaki candi.

candi kotes – www.blitarkab.go.id

Candi Sawentar

Candi ini terletak di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Candi Sawentar, atau disebut juga Lwa Wentar (dalam kitab Negarakertagama), diduga dibangun pada awal berdirinya Kerajaan Majapahit.

Candi yang terbuat dari batu andesit ini berukuran panjang 9,53 m, lebar 6,86 m, dan tinggi 10,65 m. Pintu masuk menuju bilik berada di sebelah barat, dengan ornamen makara pada pipi tangga, sedangkan relungnya terdapat pada setiap dinding luar tubuh candi. Di dalam ruangan bilik, ditemukan akas arca dengan pahatan burung garuda, yang dikenal sebagai kendaraan Dewa Wisnu.

candi sawentar – www.kimsariwarto.com

Candi Simping

Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Sumberjati, merujuk lokasinya yang berada di Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Blitar. Candi Simping disebut sebagai persemayaman abu jenazah Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit.

Candi Simping memiliki relief jenis pradasina, relief yang dibaca searah jarum jam. Biasanya, relief pradasina tidak digunakan pada candi yang berfungsi sebagai makam. Menurut Dinas Kepurbakalaan, candi ini dulunya memiliki bangunan yang tinggi dan ramping.

Sayangnya, kondisi Candi Simping saat ini dalam keadaan reruntuhan. Menurut Dinas Kepurbakalaan, Candi Simping mustahil dipugar karena terlalu banyak bagian candi yang hilang.

candi simping – inilahblitar.blogspot.com

Candi Kalicilik

Candi Hindu ini terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Bangunan candi ini terbuat dari bata merah dan memiliki denah bujur sangkar dengan ukuran 6,8 m x 6,8 m, serta tinggi 8,3 m. Candi ini terdiri atas tiga bagian yaitu alas candi, tubuh candi, dan atap candi. Pintu candi menghadap ke arah barat dan di atasnya terdapat hiasan berupa kala.Pada sisi utara, timur, dan selatan, terdapat relung-relung yang juga berhiaskan kala pada bagian atasnya. Bilik candi kosong dan pada dindingnya terdapat relief Dewa Surya yang dikelilingi sinar matahari. Relief ini merupakan relief Surya Majapahit, yakni simbol dari masa Kerajaan Majapahit. Bagian puncak candi telah hilang, sedangkan bagian kaki candi telah direnovasi pada tahun 1993.

candi kalicilik – inilahblitar.blogspot.com

Candi Gambar Wetan

Candi ini terletak sekitar 7 km ke arah utara dari Candi Penataran. Sebagian dari tanah di sekitar candi ini merupakan tanah berpasir karena terletak di sebelah selatan Gunung Kelud dan menjadi aliran lahar Gunung Kelud. Candi ini dapat ditempuh dengan menumpang truk pasir ke arah utara dan baru berjalan kaki ke arah candi dengan melewati wilayah perkebunan tebu.

Candi Gambar Wetan berada di atas puncak bukit. Jadi, pengunjung yang ingin melihat candi ini harus melalui sebuah tangga. Berdasarkan berbagai relief di tubuh candi, Candi Gambar Wetan diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Majapahit.

Candi Wringin Branjang

Candi ini terletak di Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Candi yang masih satu komplek dengan situs Gadungan ini terbuat dari batu andesit dan memiliki bentuk yang sangat sederhana.

Struktur bangunan tidak memiliki kaki candi, tetapi hanya memiliki tubuh dan atap candi, dengan ukuran panjang 400 cm, lebar 300 cm, dan tinggi 500 cm. Sementara pintu masuknya, berukuran lebar 100 cm, tinggi 200 cm, dan menghadap ke arah selatan. Pada bagian dinding, tidak terdapat relief atau hiasan lainnya, tetapi dinding-dinding ini memiliki lubang ventilasi yang sederhana.

Gallery Candi Di Jawa Timur

Candi Prahu Jawa Timur Steemit

History Of Nusantara Daftar Candi Di Jawa Timur Peninggalan

Candi Panataran Di Blitar Jawa Timur 1931 1937 Budaya

Keren Ini Dia Lokasi Taman Candi Ngawi Di Jawa Timur Jawa

Candi Candi Di Jawa Timur Ppt Download

Perbedaan Candi Jawa Tengah Dan Jawa Timur Jelaskan

Candi Di Jawa Timur

Salah Satu Candi Di Kompleks Batujaya

Candi Palah Penataran Blitar Candi Peninggalan Hindu

Candi Candi Di Trowulan Mojokerto Jawa Timur Sesejuk Pagi

13 Candi Di Jawa Timur Dan Penjelasannya Paling Lengkap

Nama Nama Candi Atau Situs Di Jawa Timur Daftar Daftar

File Candi Dadi A Jpg Wikimedia Commons

Candi Candi Di Jawa Tengah Dan Jawa Timur

Menyusuri Candi Badut Peninggalan Hindu Tertua Di Jawa Timur

Candi Singosari Images Stock Photos Vectors Shutterstock

Jawa Timur Kepustakaan Candi

Jawi Candi Narsis Dari Jawa Timur

Perbedaan Candi Yang Ada Di Jawa Tengah Dan Jawa Timur Skul Id

Candi Kidal Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Candi Kidal Objek Wisata Di Jawa Timur Candi Nusantara

Candi Sawentar Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Menyusuri Candi Badut Peninggalan Hindu Tertua Di Jawa Timur


0 Response to "Candi Di Jawa Timur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel