Pengertian Statistik Dan Statistika



Pengertian Statistik Dan Statistika Docx

Perbedaan Statistik dan Statistika Beserta Pengertian dan Metodenya

Apa pengertian statistik? Apa pula pengertian statistika? Dua kata ini memang sekilas hampir sama, namun ternyata terdapat perbedaan statistik dan statistika. Keduanya memiliki arti, makna dan definisi yang berbeda satu sama lain, meski saling berkaitan.

Lantas apa sebenarnya perbedaan statistik dan statistika dan apa contoh keduanya? Berikut ini akan kami bagikan penjelasan dan pembahasan selengkapnya.

Perbedaan Statistik dan Statistika

Tentu kita pernah mendengar istilah statistik atau statistika. Banyak yang masih bingung mengenai apa pengertian statistik dan statistika. Kebanyakan hanya tahu statistik lewat sensus penduduk atau hal yang berkaitan dengan data.

Faktanya istilah statistik dan statistika memiliki makna yang berbeda. Dalam bahasa Inggris, statistika disebut statistics, sedangkan statistik disebut statistic. Berikut merupakan perbedaan statistika dan statistik ditinjau dari pengertian dan definisi masing-masing kata.

(baca juga besaran vektor dan besaran skalar)

Pengertian Statistika

Pengertian statistika adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari metode pengumpulan, pengolahan, penganalisisan serta penarikan kesimpulan data yang berupa angka-angka.

Artinya definisi statistika meliput proses mencari data, mengolah data hingga memperoleh hasil kesimpulan dan interpretasi dari analisis data yang telah dilakukan sebelumnya.

Pengertian Statistik

Pengertian statistik adalah hasil analisis dari pengolahan suatu data disebut statistik. Artinya definisi statistik adalah output atau hasil olahan analisis yang telah dilakukan sebelumnya. Hasil statistik bisa berupa angka, bilangan atau hasil interpretasi lainnya.

Kumpulan data hasil statistik ini bisa disajikan dalam bentuk tabel, diagram, grafik atau kesimpulan lainnya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penyajian data.

Tujuan Statistik dan Statistika

Tujuan statistik adalah untuk mendapatkan gambaran dari sekumpulan data yang sudah dikaji, sehingga dapat ditarik kesimpulan yang bermanfaat. Sedangkan tujuan statistika adalah pengelolaan hasil data sehingga hasilnya menjadi lebih mudah untuk diinterpretasikan dan digunakan untuk tujuan tertentu, misalnya seperti pengambilan keputusan dan kebijakan.

Skala Pengukuran Data Statistik

Pengertian skala pengukuran data adalah jenis jenis skala pengukuran yang digunakan untuk menggambarkan data. Terdapat 4 skala pengukuran statistik yang digunakan yaitu skala nominal, skala ordinal, skala interval dan skala rasio. Berikut penjelasan skala pengukuran data statistik.

  • Skala nominal hanya bisa membedakan sesuatu yang bersifat kualitatif atau kategorik. Contoh skala nominal adalah jenis kelamin dan agama.
  • Skala ordinal selain membedakan sesuatu juga bisa menunjukkan tingkatan atau orde. Contoh skala ordinal adalah tingkat pendidikan dan ranking kelas.
  • Skala interval berupa angka kuantitatif namun tidak memiliki nilai nol mutlak sehingga titik nol dapat digeser. Contoh skala interval adalah tahun dan suhu.
  • Skala rasio berupa angka kuantitatif yang memiliki nilai nilai nol mutlak dan tidak dapat digeser. Contoh skala rasio adalah panjang, tinggi badan dan massa benda.

Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial

Statistik deskriptif dan statistik inferensial adalah dua klasifikasi metode statistika berdasarkan fungsinya. Pengertian statistika deskriptif adalah  metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Contoh statistika deskriptif adalah tabel, diagram, grafik dan infografis.

Sedangkan pengertian statistika inferensial mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data yang diambil atau disebut sampel. Contoh statistika inferensial adalah quick count pemilu atau survei pemetaan daerah.

Nah itulah info lengkap mengenai perbedaan statistik dan statistika yang disajikan dalam bentuk pengertian statistik dan statistika beserta tujuan dan fungsinya serta skala pengukuran data dan macam macam metode statistika yaitu statistika deskriptif dan inferensial. Semoga info tersebut bisa bermanfaat.

Gallery Pengertian Statistik Dan Statistika

Pengertian Statistik Dan Statistika Menurut Persepsi Para

Statistik Dan Statistika Ppt Download

Statistika Deskriptif Dan Inferensial Beserta Contoh Gambar

Pengertian Statistik Dan Statistika Docx 1d47m9r0r742

Pengertian Statistik Dan Statistika Abdy Busthan

Statistika Pengertian Statistik Dan Statistika

Probabilitas Dan Statistika Ebook Login Facebook Coursefasr

Pengertian Statistik Dan Statistika Eureka Pendidikan

K1 Pengertian Statistika Ppt Pengertian Statistika Tujuan

Perbedaan Statistik Dan Statistika

Pengertian Statistik Dan Statistika Ppt Download

1 Pengertian Statistik Statistika Statistik Deskriptif

Statistika Dan Luas Lingkupnya

Pengertian Dan Peranan Statistika Dan Data Statistik

Berdasarkan Beberapa Pengertian Statistik Di Atas Dapat Kami

Pengertian Hipotesis Dan Spss Dalam Metode Analisis Www

Perbedaan Statistik Dan Statistika Pengertian Fungsi

Pertemuan 2 Statistik Statistika Macam Data

Pengertian Statistika Ppt Download

Pengertian Data Statistik Jenis Macam Menurut Para Ahli

Pengertian Statistik Dan Statistika Ppt Download

1 Pengertian Statistik Statistika Statistik Deskriptif

Perbedaan Statistik Dan Statistika Fungsi Serta Kegunaan


0 Response to "Pengertian Statistik Dan Statistika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel