Kelompok Sosial Tidak Teratur



Kelompok Sosial Pertemuan Kesembilan Tujuan Instruksional

Tipe Kelompok Sosial yang Teratur dan Tidak Teratur

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai judul diatas. Mari kita mencari tahu terlebih dahulu pengertian dari Kelompok itu sendiri: Grup adalah 2 orang atau lebih yang saling berinteraksi , memiliki kebutuhan yang sama dan saling mempengaruhi satu sama yang lain dalam memenuhi kebutuhan. Jadi bisa kita simpulkan bahwa sekelompok orang yang sedang mengantri tiket di lobi tidak bisa disebut dengan grup, walau memiliki tujuan sama tapi tidak ada interaksi diantaranya.

Kelompok sosial dibagi 2:

1. Kelompok sosial yang teratur:

Dapat kita sebut sebagai sebuah kelompok yang sengaja dibuat serta memiliki aturan-aturan yang tegas didalamnya. salah satu ciri-cirinya adalah memiliki program kegiaan yang terus menerus dalam pencapaian tujuan yang jelas. Dibagi atas:

  • in group dan outgroup: in group kelompok sosial dimana individu mengindentifikasi dirinya sendiri. Sedangkan outgroup : diindentifikasi oleh individu sebagai lawan dr in group.
  • Kelompok primer dan sekunder: kelompok primer : kelompok dimana para individu saling mngenal satu sama lain dan berinteraksi secara pribadi serta sifat interaksi nya bersifat tatap muka ( karyawan dalam suatu perusahaan ). Sedangkan sekunder: merupakan kebalikan dari kelompok primer, yang dimana hubungan sosial diantaranya tidak begitu baik atau langgeng.
  • Paguyuban dan petembayan: Paguyuban: merupakan kelompok yang iktannya berupa ikatan batin memiliki sifat yang ilmiah dan kekal contohnya seperti hubungan antar suku atau ras. Sedangkan patembayan: suatu hubungan kelompok yang bersifat kontraktual atau berdasarkan perjanjian. Contoh: Perjanjian suatu perusahaan.
  • Formal dan informal:perbedaan di keduanya adalah pada letak penyusunan koordinasi kelompok, seperti ketua, wakil, sekretaris, dll. Formal memiliki koordinasi tersebut sedangkan informal tidak.
  • Membership group dan reference group: Membership: suatu individu secara fisik menjadi kelompok tersebut, sedangkan reference group:  individu tidak tercatat secara fisik dalam suatu anggota atau kelompok untuk membentuk kepribadian setiap anggota yang terdaftar secara fisik. Contohnya fans klub.

Kelompok sosial tidak teratur:

Merupakan kebalikan dari kelompok sosial yang teratur. Pembentukannya tidak melalui rencana atau tidak adanya aturan yang kuat atau tegas didalamnya. Macam kelompok yang tidak teratur adalah:

  • Crowd ( kerumunan ): dari namanya kita bisa menarik suatu hipotesis bahwa kerumunan terjadi secara spontan. Jika dijelaskan secara formal, crowd adalah keadaan dimana individu-individu berkumpul secara bersama disuatu tempat yang sama secara bersamaan.

Sumber:

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Gallery Kelompok Sosial Tidak Teratur

Kelompok Sosial Tidak Teratur

Pengertian Kelompok Sosial Syarat Ciri Jenis Dan Contoh

Kelompok Sosial 5 Doc

Organisasi Sosial Pada Masyarakat Kata Ilmu

Macam Macam Kelompok Sosial Dan Contohnya Menurut Para Ahli

Sean Gunn Got Super Close To Thor S Belly While Filming

Kelompok Sosial Yang Tidak Teratur Plengdut Com Learning

Kelompok Tidak Teratur

Antropologi Kesehatan Ppt Download

Kelompok Sosial Bung Fahdisjro

Kabarbaikuntukindonesia Instagram Posts Gramha Net

Kelompok Sosial Pengertian Macam Klasifikasi Fungsi

Mas Eka Gunawan Social Group

Kelompok Sosial Pengertian Contoh Syarat Ciri Ciri

Ppt Kelompok Sosial Tidak Teratur Loaks Banjarmasin

Kelompok Sosial Teratur Docx

Ppt Matakuliah L0094 Ilmu Sosial Untuk Psikologi Tahun

Kelompok Sosial Pengertian Ciri Syarat Jenis Bentuk

Kelompok Sosial Pengertian Ciri Ciri Syarat Macam

Klasifikasi Kelompok Sosial Yang Tidak Teratur By Pelangi

Kelompok Sosial Pengertian Contoh Syarat Ciri Ciri

Kelompok Sosial Pengertian Dan Contohnya Sosiologis Com

Kelompok Sosial Teratur Youtube


0 Response to "Kelompok Sosial Tidak Teratur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel