Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
Politeknik Negeri Bali Official Site
Format Evaluasi Diri Guru SD SMP SMA Tahun 2018
Dalam kesempatan kali ini downloadadministrasisekolah.com akan membagikan Format Evaluasi Diri Guru SD SMP SMA Tahun 2018 yang mungkin merupakan file yang anda perlukan dalam kunjungan anda kali ini. Daftar Evaluasi Diri Guru merupakan implikasi dari berlakunya UU Guru & Dosen tahun 2005, dimana guru diberi kesempatan untuk menilai dirinya sendiri. Bagi yang membutuhkan Instrumen Evaluasi Diri Guru ini, anda bisa mendapatkannya dalam format excel secara gratis dalam postingan kali ini.
Evaluasi diri adalah aktivitas menilai sendiri keberhasilan proses pengajaran yang kita lakukan. Dalam menilai sendiri keberhasilan pengajaran, kita membutuhkan informasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan berhasil atau tidaknya pengajaran yang telah kita lakukan. Informasi dimaksud dapat berupa hasil penilaian terhadap proses belajar siswa, hasil belajar siswa, hasil angket yang kita berikan kepada siswa, atau hasil wawancara kita dengan siswa.
Lihat Juga !!! Contoh Program Tindak Lanjut Kerja Guru SD SMP SMA SMK Terbaru
Daftar Evaluasi Diri Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas
Nama Sekolah: | Nomor Statistik Sekolah: | |
Alamat: | Kecamatan: | Kabupaten/Kota: |
Nama Guru: | Tahun Ajaran: | Tanggal: |
A. Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru | Evaluasi diri terhadap kompetensi terkait (Kekuatan dan kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi terkait) dalam pelaksanaan tugas utama dan jika ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan kelemahan tersebut | |
I. Perencanaan Pembelajaran | ||
1. Kemampuan memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik | Saya kesulitan dalam memahami dan menuliskan tujuan pembelajaran yang memperhatikan karakter peserta didik | |
2. Kemampuan menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhi | Saya belum terbiasa menyusun bahan ajar, selama ini saya menggunakan buku dari penerbit | |
3. Kemampuna merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif | Saya sudah merencakan pembelajaran siswa aktif dan efektif | |
4. Pemiilihan sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran | Saya tidak mengalami kesulitan dalam memilih sumber belajar, sudah menggunakan berbagai sumber belajar/media/alat peraga dll | |
II. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif Dan Efektif | ||
Kagiatan Pendahuluan | ||
1. Keterampilan memulai pembelajaran dengan efektif | saya masih merasa kesulitan dalam memilih strategi untuk membangkitlan motivasi siswa. Kadang masih sering tertukar kegiatan apersepsi dengan motivasi | |
Kegiatan Inti | ||
1. Penguasaan materi pelajaran | Secara umum saya tidak ada masalah dalam penguasaan materi pelajaran karena secara rutin saya mengakses modul-modul suplemen dari P4TK | |
2. Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif | Tidak ada masalah, PAKEM sudah diterapkan, hanya saja saya masih kebingungan dalam menuliskan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasidalam RPP. | |
3. Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran | Saya sudah menggunakan berbagai sumber belajar/ media termasuk lingkungan sebagai sumber belajar | |
4. Kemampuan memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran | Tidak ada masalah, karena secara situasional sayasering mengganti formasi tempat duduk dan memperhatikan siswa secara individu, sehingga siswa tertib dan aktif mengikuti pembelajaran | |
5. Kemampuan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran | Kadang-kadang saya masih menggunakan bahasa daerah untuk memperjelas pemahaman siswa | |
Kegiatan Penutup | ||
1. Ketrampilan mengakhiri pembelajaran dengan efektif | Saya sering lupa melakukan refleksi danmenyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang karena diakhir pelajaran sering waktunya tidak cukup. | |
III. Penilaian Pembelajaran | ||
1. Perancangan alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik | Saya masih kebingunan memilih alat evaluasi yang sesuai dengan materi pembelajaran dan terutama menyusun alat evaluasi untuk mengukur keberhasilan dalam ranah afektif | |
2. Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP | Saya masih kurang menguasai dalam menerapkan metode penilaian, umumnya saya hanya mengambil soal dari buku atau LKS saja | |
3. Pemanfaatan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya | Saya sudah menggunakan hasil penilaian untuk umpan balik, namun saya masih belum puas | |
B. Berbagai hal terkait denganpelaksanaan tugas utama guru | ||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkankompetensi (tugas utama guru) tersebut. | Secara rutin saya berdiskusi dengan rekan sejawat dan aktif hadir di KKG untuk saling belajar | |
2. Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkanpelaksanaan tugas utama | Setelah belajar sering lupa karena saya tidak rajin mendokumentasikan hasil kegiatan di KKG | |
3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut | Belum banyak keberhasilan yang saya raih, masih biasa-biasa saja. Prestasi belajar siswa ada yang bagus, namun beberapa masih ada yang kurang | |
4. Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalammemenuhi dan mengembangkankompetensi (tugas utama guru) tersebut. | Saya membutuhkan materi pengembangan penilaian pembelajaran dan pemantapan dalam menyusun RPP yang sesuai dengan standar proses | |
C. Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah | ||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah | Belum ada | |
2. Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkankompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah | Belum mencoba dan kebingungan jika ada masalah bertanya kepada siapa | |
3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan publikasi ilmiah | Belum ada | |
4. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah | Terus belajar walau hasilnya kurang maksimal | |
D. Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif | ||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif | Saya mengembangakan beberapa alat peraga menggunakan bahan bekas pakai dalam membantu pemahaman siswa | |
2. Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkankompetensi untuk menghasilkan karya inovatif | Kurang dukungan dari sekolah, terutama pendanaan | |
3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan karya inovatif | Belum ada | |
4. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif | Saya akan mencoba menuliskan apa yang telah saya kerjakan, kemudian akan saya ajukan untuk PAK | |
E. Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb) | ||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas. | Sudah menggunakan TIK | |
2. Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkankompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas. | LCD di sekolah hanya satu, kadang gentian dengan guru lain, padahal sudah dipersiapkan pembelajaran dengan TIK | |
3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas | Belum ada | |
4. Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalammemenuhi dan mengembangkankompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas | Memperdalam program-program TIK untuk pengembangan sumber belajar dan membuat media missal tentanf flash | |
F. Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb) | ||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut | Saya guru biasa jadi belum ada | |
2. Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkankompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut | ||
3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut | ||
4. Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalammemenuhi dan mengembangkankompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut | ||
Tanda tangan Guru: | Tanda tangan Kepala Sekolah: |
Download Format Evaluasi Diri Guru SD SMP SMA Excel
Diharapkan dengan Format Evaluasi Diri Guru SD SMP SMA Tahun 2018 ini bisa menjadi referensi yang baik dan mampu memenuhi harapan anda dalam kunjungan anda ke blog ini. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan blok ini dimasa yang akan datang. Dapatkan berbagai kebutuhan lainnya sehubungan dengan tugas anda disekolah secara mudah dan gratis.
Gallery Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
Pembangunan Sistem Informasi Evaluasi Tenaga Pendidik Dinas
Contoh Cara Pengisian Evaluasi Diri Guru Program Pkb Terbaru
Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru Daftar Evaluasi Diri Guru
Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru Ylyx9gmwv3nm
Kedutaan Besar Republik Indonesia Di Dili Republik
Format Evaluasi Diri Guru Tahun Pelajaran 2018 2019
Cara Menulis Evaluasi Diri Wikihow
Instrumen Evadir Guru Pai Format Excel Sanjayaops
Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru Dan Tindaklanjut
1 Perubahan Kurikulum 2013 Tahun 2016 Yang Perlu Diketahui
Buku Kerja 4 Daftar Evaluasi Diri Kinerja Guru Sederet Buku
Contoh Format Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru Info Seputar
Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru Crimsondigi
Pengaruh Budaya Organisasi Komitmen Guru Dan Motivasi Kerja
Instrumen Penilaian Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Bk
Download Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Dki Jakarta
Doc Format 1 Evaluasi Diri Guru Untuk Rencana Pengembangan
Buku Kerja Guru Bkg Cmcentre Net Perangkat
Blog Archives Centurybaldcircle
Aplikasi Buku Kerja Guru Mi Mqejm439g4l5
11 Contoh Pengisian Evaluasi Diri Guru Untuk Pengembangan
Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru Crimsondigi
0 Response to "Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru"
Post a Comment