Cara Membagi Partisi Hardisk



Cara Menciptakan Membagi Partisi Hardisk Tanpa Software

Cara Membagi Partisi Hardisk Tanpa Install Ulang Windows

Written By Widi 2/24/2018
Dalam tutorial kali ini admin akan mengajak anda untuk membahas mengenai cara membagi satu partisi hardisk menjadi dua partisi tanpa harus meng- install ulang windows. Dengan demikian anda bisa Membagi partisi hardisk tanpa kehilangan data. Tutorial ini  Sebenarnya adalah pengalaman admin sendiri beberapa tahun lalu ketika masih tahap belajar install windows pada notebook.
Silahkan Baca Tutorial sebelumnya : Cara Membuat Partisi Baru Setelah Install Windows Permasalahan yang terjadi adalah dimana ketika admin meng-install windows, ternyata pada saat melakukan pertisi hardisk, Admin lupa tidak membagi kapasitas atau ruang hardisk. Akibatnya , ruang hardisk yang berukuran 500 Gigabyte akhirnya semuanya menjadi partisi system (Local Disk C: ) dan tidak ada sisa untuk dijadikan partisi lain seperti Localdisk D: Akibat kelalaian admin tersebut, akhirnya computer atau notebook tersebut hanya memiliki satu buah partisi saja, yaitu partisi local disk C: saja dan partisi tersebut juga sudah ditempati oleh system windows. Akibatnya jika anda menaruh atau menyimpan berkas file seperti document, foto, music dan lain sebagainya pada partisi disk C, maka jika suatu hari nanti windows anda mengalami kerusakan, atau error maka jika anda melakukan perbaikan windows dengan install ulang, maka seluruh data anda juga akan ikut terformat, musnah, hilang, hancur Bersama system windows yang telah error tersebut. Nah salah satu manfaat dibuatnya partisi hardisk adalah untuk membedakan atau memisahkan ruang antara system dan data. System biasanya disimpan di partisi C: dan data termasuk video, document, music, mp3 dan data lainya dapat anda simpan di partisi D: atau E: atau F yang penting jangan menaruh data penting pada partisi System C: Kebali ke topik pembahasan kita, pada kasus yang saya alami adalah total keseluruhan kapasitas hardisk telah terlanjur menjadi satu partisi yang windows juga sudah terlanjur diinstall. Lalu pertanyaanya adalah: Bagaimana cara membagi partisi hardisk yang sudah terlanjur menjadi satu partisi system windows tersebut? Apakah hardisk masih bisa dibagi, jika system windows terlanjur di install ?

Jawabanya adalah BISA, dan caranya pun mudah, tidak perlu memerlukan bantuan aplikasi pihak ke tiga, karena windows telah dilengkapi dengan aplikasi yang berguna sebagai tool untuk melakukan management hardisk, termasuk untuk membuat dan memodifikasi partisi hardisk computer. Langsung saja berikut adalah tutorialengkap cara membagi partisi hardisk pada computer windows.

Cara membagi Satu Hardisk Partisi Menjadi dua Partisi Tanpa Install Ulang Windows

1. Buka Computer Management dengan cara Buka Windows Explorer, kemudian Klik kanan pada My Computer atau This PC (pada Windows 8 dan windows 10 ), kemudian pilih Manage.
2. Pada halaman Computer Management, silahkan klik pada pilihan Disk Management, sehingga tampil Map hardisk pada computer anda.
3. Untuk membagi partisi Hardisk C: menjadi dua, silahkan klik kanan pada Ruang partisi C:, kemudian pilih Shrink Volume.
4. Selanjutnya, tampil Jendela baru untuk melakukan pengaturan pembagian hardisk, silahkan tentukan volume atau kapasitas volume partisi yang akan anda buat, kemudian klik tombol Shrink untuk melanjutkan.
5. Jika proses shrink telah selesai, maka hardisk anda akan dibagi menjadi dua partisi dengan cara mengurangi partisi pertama (Local Disk C:) sehingga muncul ruang baru yang masih kosong atau masih Unlocated. Nah Ruang yang masih kosong ini belum dapat anda gunakan untuk menyimpan data, oleh karena itu, kita harus merubahnya menjadi partisi baru dengan cara, Klik kanan pada ruang Unlocated tersebut, kemudian pilih New Volume.
6. Pada halaman New Simple Volume Wizard, silahkan klik tombol Next untuk melanjutkan.
7. Pada halaman selanjutnya, silahkan tentukan ukuran volume yang akan anda buat, kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.
8. Langkah selanjutnya, Tentukan nama label, biasanya sudah muncul label secara otomatis, silahkan lanjutkan saja dengan melakukan klik pada tombol Next.
9. Pada langkah berikutnya, silahkan klik atau beri tanda centang pada Perform a Quick Format, kemudian klik pada tombol Next.
10. Langkah terakhir silahkan klik tombol finish untuk memulai membuat partisi hardisk baru.
11. Selesai. Sekarang, anda dapat melihat pada map hardisk di computer anda telah muncul volume baru dengan label D: volume baru tersebut adalah hasil pembagian dari local disk C: yang dikurangi jumlah volume atau kapasitasnya, kemudian dibuat menjadi partisi baru sehingga muncul lah partisi atau ruang baru pada hardisk yang anda miliki. Pada windows explorer, anda juga dapat menemukan sebuah ruang penyimpanan baru yang bisa untuk anda gunakan sebagai tempat untuk menyimpan data. Nah pada local disk D: inilah harusnya anda meyimpan semua data penting yang anda miliki. Karena local disk D ini sudah terpisah dengan partisi system C:, jadi jika ada kerusakan system operasi windows, dan mengharuskan anda untuk melakukan install ulang windows, maka data penting yang anda miliki tidak akan ikut hilang atau terformat. Demikian tutorial kali ini yang dapat admin tutorialengkap.com bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Gallery Cara Membagi Partisi Hardisk

Cara Membagi Partisi Hardisk Pada Windows 10 Ii Tips Menarik

Cara Membagi Partisi Hardisk Tanpa Software It Jurnal Com

Cara Partisi Hardisk Menambah Menghapus Mengurangi Win

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows 10 Winpoin

Cara Partisi Hardisk Ketika Install Windows Info Menarik

Begini Cara Saya Membagi Partisi Hardisk Saat Menginstal

Gintungzone Panduan Lengkap Membuat Partisi Hardisk Saat

Cara Membagi Partisi Hardisk Local Disk C D Pada Windows

Cara Membuat Partisi Di Windows 10 Hardisk Atau Ssd Budi

Videos Matching Tutorial Membagi Partisi Pada Hardisk Revolvy

Cara Membagi Partisi Hardisk Untuk Windows 7 10

Cara Membuat Partisi Hardisk Di Windows 7

Cara Membagi Partisi Di Windows 7 Winpoin

Cara Membagi Partisi Hardisk Tanpa Software It Jurnal Com

Cara Membuat Menghapus Dan Format Partisi Hardisk Di

Cara Membagi Partisi Di Windows 10 Tanpa Menghapus Data

Langkah Detail Cara Partisi Hardisk Dan Membagi Di Windows 7

Cara Membagi Partisi Hardisk Eksternal Tanpa Software

Cara Membagi Partisi Hardisk Tanpa Software It Jurnal Com

Cara Membagi Partisi Hardisk Di Windows 10 Yasir252

Cara Partisi Hapus Partisi Hard Disk Di Windows 10

Gintungzone Panduan Lengkap Membuat Partisi Hardisk Saat

Tutorial Untuk Membuat Partisi Baru Pada Windows 10 Tanpa

Panduan Cara Partisi Hardisk Di Windows 10 Lengkap Gambar

Cara Membagi Membuat Partisi Hardisk Windows 10 8 7

Cara Membagi Membuat Partisi Hardisk Windows 10 8 7


2 Responses to "Cara Membagi Partisi Hardisk"

  1. Nice information. I’ve bookmarked your site, and I’m adding your RSS feeds to my Google account to get updates instantly.
    WPS PDF to Word Converter Crack

    ReplyDelete
  2. Thanks Admin For Sharing Your Great Ides. If you want to Download the Official Crack Then Click Here
    FlixGrab Crack

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel