Arus Ac Dan Dc



Ridoha Sidiq Engineering Masa Kini

Perbedaan Arus AC dan DC + tabel perbandingan

Di dunia saat ini listrik paling penting di sebelah oksigen pada manusia. Ketika listrik ditemukan banyak perubahan telah terjadi selama bertahun-tahun.

Planet gelap berubah menjadi planet cahaya. Bahkan, itu membuat hidup begitu sederhana dalam segala keadaan. Semua perangkat, industri, kantor, rumah, teknologi, komputer beroperasi dengan listrik.

Di sini energi akan berada dalam dua bentuk, yaitu arus bolak-balik (AC) dan arus searah (DC) . Mengenai arus ini dan perbedaan antara AC dan DC akan dibahas secara rinci, fungsi dasarnya dan penggunaannya. Sifat-sifatnya juga dibahas dalam kolom tabel.

Arus Bolak-balik (AC)

Arus bolak-balik didefinisikan sebagai aliran muatan yang mengubah arah secara berkala. Hasil yang didapat adalah, level tegangan juga terbalik bersamaan dengan arus. Pada dasarnya, AC digunakan untuk menyalurkan daya ke industri, rumah, gedung perkantoran, dll.

Arus AC

AC diproduksi dengan menggunakan disebut alternator. Ini dirancang untuk menghasilkan arus bolak-balik. Di dalam medan magnet, loop kawat berputar, dari mana arus induksi akan mengalir di sepanjang kawat.

Di sini, perputaran kawat dapat berasal dari cara apa pun yaitu dari, turbin uap, air yang mengalir, turbin angin dan sebagainya. Ini karena kawat berputar dan memasuki polaritas magnetik yang berbeda secara berkala, arus dan tegangan bergantian di kawat.

Kegunaan arus AC

  • Outlet rumah dan kantor digunakan AC.
  • Menghasilkan dan mentransmisikan daya AC untuk jarak jauh mudah.
  • Lebih sedikit energi yang hilang dalam transmisi daya listrik untuk tegangan tinggi (> 110kV).
  • Untuk tegangan yang lebih tinggi menyiratkan arus yang lebih rendah, dan untuk arus yang lebih rendah, lebih sedikit panas yang dihasilkan di saluran listrik yang jelas disebabkan oleh resistansi yang rendah.
  • Arus AC dapat dengan mudah dikonversi dari tegangan tinggi ke tegangan rendah dan sebaliknya dengan bantuan transformator.
  • Arus AC menyalakan motor listrik .
  • Ini juga berguna untuk banyak peralatan besar seperti lemari es, mesin pencuci piring, dll.

Kegunaan Arus searah (DC)

Arus searah (DC) adalah pergerakan pembawa muatan listrik, yaitu elektron dalam aliran searah. Di DC intensitas arus akan bervariasi seiring dengan waktu, tetapi arah gerakan tetap sama di sepanjang waktu. Di sini DC disebut tegangan yang polaritasnya tidak pernah terbalik.

Sumber DC

Dalam sirkuit DC, elektron muncul dari kutub negatif atau negatif dan bergerak ke kutub positif atau positif. Beberapa fisikawan mendefinisikan DC ketika bergerak dari plus ke minus.

Sumber DC

Umumnya, sumber dasar arus searah dihasilkan oleh baterai, elektrokimia, dan sel fotovoltaik. Tapi AC paling disukai di seluruh dunia. Dalam skenario ini, AC dapat dikonversi ke DC. Ini akan terjadi dalam beberapa langkah. Awalnya, catu daya terdiri dari sebuah transformator, yang kemudian dikonversi menjadi DC dengan bantuan penyearah. Ini mencegah aliran arus dari membalikkan dan filter digunakan untuk menghilangkan denyut arus dalam output penyearah. Ini adalah fenomena bagaimana AC diubah menjadi DC

Perbedaan

Perbedaan utama antara AC dan DC dalam bagan perbandingan berikut :

no Pembanding Arus Bolak-Balik Arus searah
1 Jumlah energi yang bisa dibawa Aman mentransfer jarak kota yang lebih jauh dan memberikan daya lebih. Praktis tegangan DC tidak dapat berjalan jauh sampai mulai kehilangan energi.
2 Penyebab dari arah aliran elektron Ini dilambangkan dengan memutar magnet di sepanjang kawat. Ini dilambangkan sebagai magnet yang stabil di sepanjang kawat
3 Frekuensi Frekuensi arus bolak-balik akan 50Hz atau 60Hz tergantung pada negara. Frekuensi arus searah akan menjadi nol.
4 Arah Ini membalikkan arahnya sambil mengalir dalam suatu rangkaian. Itu hanya mengalir dalam satu arah di sirkuit.
5 Arus Ini adalah besarnya yang bervariasi dengan waktu Ini adalah arus yang besarnya konstan.
6 Aliran Elektron Di sini elektron akan terus berpindah arah – maju dan mundur. Elektron bergerak stabil dalam satu arah atau ‘maju’.
7 Diperoleh dari Sumber ketersediaan adalah AC Generator dan listrik. Sumber ketersediaan adalah Cell atau Baterai.
8 Parameter Pasif Itu adalah impedansi. Hanya Perlawanan
9 Faktor kekuatan Itu pada dasarnya terletak antara 0 & 1. Itu akan selalu 1.
10 Jenis Ini akan dari berbagai jenis seperti Sinusoidal, Square Trapezoidal, dan Triangular. Itu akan menjadi murni dan berdenyut.

Gallery Arus Ac Dan Dc

Blog Archives Lightninglimi

02rangkaianac Lecture Notes 1 Teknik Kendali Digital

What Is The Difference Between Ac And Dc Currents Quora

Pengertian Arus Listrik Ac Dan Arus Listrik Dc Teknik

Instrumen Kel1

Lightning Share Apa Aja Tentang Ilmu Listrik

Perbedaan Arus Ac Dan Dc Docx Document

Current Sensor Community Help With My Project Mydevices

Listrik Ac Dan Dc Serta Pengaplikasiannya S I M P L E

Pengertian Arus Listrik Ac Dan Dc

Pengerrtian Arus Ac Dan Dc

Blog Archives Buildhill

High Voltage Direct Current Wikipedia

Perbedaan Generator Ac Dan Dc Qn85vwdeppn1

Alternating Current Wikipedia

Rumus Arus Listrik Rumus Penjelasan Dan Contohnya

Rangkaian Ac By Fadzarlina Ulfa Flipsnack

Mikrotik Routers And Wireless Products Groovea 52 Ac

Rangkaianlistrik2 Listrik Ac


0 Response to "Arus Ac Dan Dc"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel