Tempat Ibadah Agama Hindu



Kisah Pilu Di Balik 5 Tempat Ibadah Terkenal Di Dunia

Tempat Ibadah Agama Hindu

Pura Jagatkarta, di Kaki Gunung Salak

Pura ini merupakan Pura terbesar di tanah jawa atau terbesar kedua di Indonesia setelah pura Besakih di Bali, dan tentunya menjadi kebanggan umat Hindu. Karena letaknya yang di kaki gunung membuat pura Jagatkarta memiliki udara yang segar dengan view yang sangat indah berlatar belakang gunung salak. 

(Sumber:  https://aliyamuafa.wordpress.com/2011/12/14/pura-jagatkarta-indah-dan-megah-di-kaki-gunung-salak/)

Pura di Bali

Tidak seperti candi di Jawa, candi di Bali (disebut pura), menjadi bagian dari kehidupan Bali yang sebagian besar beragama Hindu. Kuil Hindu Bali adalah tempat ibadah Hindu di Kepulauan Bali. Setiap keluarga Hindu memiliki kuil keluarga untuk menyembah Hyang Widhi dan nenek moyang mereka, sehingga ada ribuan candi di pulau Bali.

(Sumber: http://www.balijayatrans.com/2015/04/pura-pura-di-bali.html)

Pura Jagatnatha, di Yogyakarta

Bagi anda pemeluk agama Hindu, ada tempat wisata istimewa bagi anda didaerah Kabupaten Bantul “ Pura Jagatnatha”. Pura Jagatnatha terletak di Jalan Pura no.370, Desa Plumbon Banguntapan, Bangtul, Yogyakarta. Sejarah berdirinya pura ini mulai pada tahun 1967 di mana kelurahan banguntapan banyak disinggahi masyarakat yang memeluk agama Hindu Dharma,  hingga terbentuk Majelis Umat Hindu Dharma di wilayah Banguntapan , Bantul, karena banyaknya umat yang berkembang. Dan Pada tahun 1975 masyarakat Banguntapan pemeluk agama Hindu mulai membangun pura jagatnatha, dengan berhasil membangun gedung persembahyangan dan padmasana pada waktu itu. Dari tahun 1976 sampai tahun 1982 terjadi pembangunan sampai hak ijin penggunaan khas desa, terjadi pembangunan gedung kori, pemagaran kanan dan kiri, pembangunan candi bentar, dan tembok penyengker dalam senggang tahun itu dan akhirnya pura banguntapan menjadi pura pusat( jagat) natha, dan itu menjadi awal nama pura jagatnatha dan sejarah pembangunannya.

(Sumber: http://yogyakarta.panduanwisata.id/wisata-religi/pura-jagatnatha-pura-dengan-keistimewaanya-tempat-bersembahyang-umat-hindhu-di-yogyakarta/)

Pura Pemacekan.Kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah

Bali boleh menjadi pulau dengan seribu pura, tapi siapa sangka jika induk dari pura di sana malah berada di tanah Jawa, tepatnya ada di Kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah. Inilah Pura Pemacekan atau lebih dikenal dengan nama Pura Pasek, suatu pura bercorak Hindu yang berdiri di kaki Gunung Lawu. Menurut Babad Bali, pura ini adalah induk dari pura-pura pasek lainnya yang ada di Bali.

Sebagian wilayah Kabupaten Karanganyar berada di kaki Gunung Lawu yang menganugerahinya pemandangan indah serta udara sejuk khas pegunungan. Namun dibalik kawasan-kawasan bergunung ini tersimpan banyak peninggalan sejarah khususnya dari masa kerajaan Majapahit. Kebanyakan peninggalan tersebut berupa candi dan pura yang diperkirakan berasal dari akhir masa kerajaan Majapahit yang kala itu dipimpin oleh Raja Brawijaya V dan salah satunya yang paling terkenal adalah Pura Pemacekan.

(Sumber:  http://travelingyuk.com/pura-pemancekan/9341/)

Pura Di Univ. Sebelas Maret

Apa yang anda pikirkan saat melihat foto diatas tersebut ? pasti anda berpikir ini adalah salah satu tempat ibadah yang ada di Bali.Tapi pura ini ternyata ada di Universitas Sebelas Maret Surakarta.Yapppsss..... Universitas Sebelas Maret atau yang lebih dikenal UNS.Universitas ini memiliki tempat ibadah untuk beragam agama yaitu masid Nurul Huda untuk agama muslim , Gereja  kristen untuk umat kristiani,Dan  Pura Buhana Agung Saraswati untuk umat hindu.

Arsitektur pura ini persis sekali dengan yang ada tempat ibadah di Bali.Mahasiswa yang beragama hindu dapat beribadah disini dengan khusyuk.

(Sumber: http://kerenbingittz.blogspot.co.id/2015/08/tempat-ibadah-di-universitas-sebelas.html)

Gallery Tempat Ibadah Agama Hindu

Tempat Suci Hindu Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia

6 Agama Di Indonesia Yang Diakui Dan Tempat Ibadahnya

Daftar Pura Di Jogja Serta Alamat Lengkapnya

Mengintip Satu Satunya Tempat Ibadah Umat Hindu Di Cirebon

Sman1gorontalo Instagram Posts Photos And Videos Instazu Com

Viral Tempat Ibadah Agama Hindu Paling Update

Pura Parahyangan Bogor Satu Lagi Tempat Wisata Hits Yang

6 Rumah Ibadah Dan Hari Besar Agama Agama Di Indonesia

Tempat Ibadah Umat Hindu Tengger Ulasan Pura Luhur

Adhityana Windu Siwi No Twitter Rt Arya Wedakarna Tempat

Kisah Umat Hindu Dan Buddha Di Bali Berbagi Tempat Ibadah

6 Agama Di Indonesia Dan Tempat Ibadahnya

6 Etika Yang Harus Dipatuhi Saat Berwisata Ke Candi Halaman

Pura Lingsar Tempat Ibadah Dua Agama Di Lombok Pesona

87 Gambar Rumah Ibadah Hindu Gratis Gambar Rumah

Gambar Arsitektur Bangunan Istana Menara Agama Budha

Umat Hindu Tamil Siantar Gelar Upacara Maha Khumbhabisegam

Pura Tempat Ibadah Umat Hindu Ada Di Desa Galengdowo Suara

Sejarah Pura Di Bali Pengertian Pura

6 Agama Di Indonesia Yang Diakui Beserta Tempat Ibadahnya

Tempat Ibadah Termegah Indonesia Duaribuan

Tempat Ibadah Agama Hindu Youtube

6 Agama Di Indonesia Kitab Suci Tempat Ibadahnya Lengkap

Photos At Komplek Pura Pitamaha 3 Tips

Tempat Ibadah Di Batam Satya Sembiring


0 Response to "Tempat Ibadah Agama Hindu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel