Interaksi Sosial Individu Dengan Individu



Pengertian Macam Macam Bentuk Dan Contoh Kontak Sosial

10 Contoh Interaksi Sosial Individu dengan Individu dalam Kehidupan Sehari-hari

Interaksi sosial merupakan suatu hubungan yang memiliki pengaruh satu sama lain atau adanya timbal balik satu sama lain yang berlangsung antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan juga kelompok dengan kelompok lainnya. Interaksi sosial sendiri merupakan contoh tindakan sebagai makhluk sosial yang mutlak untuk dilakukan, artinya bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa melakukan suatu interaksi sosial.

Dengan melakukan suatu interaksi sosial, maka setiap manusia dapat memenuhi kebutuhan hidup nya sehari-hari, karena setiap manusia tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidup nya sendiri sehingga membutuhkan pihak atau manusia lainnya. Menjadi sebuah hal yang mutlak dilakukan oleh setiap manusia atau individu, terutama dalam menjalin kehidupan bermasyarakat, maka banyak sekali contoh interaksi sosial yang dapat diperoleh dari keberlangsungan hidup masyarakat, seperti contoh interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan. Salah satunya adalah contoh interaksi sosial individu dengan individu yang akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Pengertian Interaksi Sosial

Sebelum membahas mengenai contoh interaksi sosial individu dengan individu, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya disebut sebagai interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan suatu kontak sosial yang dilakukan oleh seorang individu dan memiliki pengaruh timbal balik. Interaksi sosial tidak hanya berguna dalam pergaulan saja, tetapi juga berguna dalam penanaman ilmu pengetahuan. Selain memiliki pengaruh timbal balik satu sama lain, setiap individu yang melakukan interaksi sosial juga memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Beberapa ahli juga memberikan pendapat mereka mengenai pengertian interaksi sosial, beberapa diantaranya seperti:

  • Bonner – Interaksi sosial merupakan suatu hubungan yang berlangsung antara dua orang atau lebih, dimana dapat mempengaruhi serta mengubah tindakan satu sama lain.
  • Erving Goffman – Interaksi sosial merupakan suatu tindakan dalam tataran praktis, bukan hanya sebuah teoritis, dimana sebenarnya yang membentuk suatu masyarakat adalah karena adanya suatu interaksi sosial yang berlangsung antar anggota masyarakat itu sendiri.
  • Shaw – Interaksi sosial merupakan suatu proses pertukaran pribadi yang dapat berupa upaya menunjukkan suatu perilaku satu sama lain, dimana perilaku-perilaku tersebut akan berpengaruh satu sama lain.
  • Thibut dan Kelley – Interaksi sosial merupakan suatu kejadian atau tindakan yang mempengaruhi satu sama lain yang dilakukan oleh dua atau lebih individu dalam waktu yang bersamaan.

Itulah beberapa pengertian interaksi sosial menurut para ahli. Secara singkat interaksi sosial dapat dipahami sebagai suatu hubungan timbal balik antar individu, dimana menjadi suatu proses saling mempengaruhi tindakan serta pemikiran satu sama lain. Sering dipercaya bahwa setiap individu akan mengalami kesulitan untuk bertahan hidup tanpa adanya suatu interaksi sosial, selain itu untuk memahami kehidupan masyarakat juga perlu di mempelajari interaksi sosial didalamnya. Oleh sebab itu, kajian interaksi sosial dalam ilmu sosiologi juga penting adanya.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial Individu dengan Individu

Pola interaksi sosial yang berlangsung terbagi menjadi beberapa macam, yaitu interaksi sosial individu dengan individu, individu dengan kelompok sosial, maupun antara kelompok sosial dengan kelompok sosial lainnya. Oleh sebab itu, setiap bentuk-bentuk interaksi sosial tersebut juga memiliki syarat-syarat tersendiri, termasuk pula syarat terjadinya interaksi sosial individu dengan individu. Sebelum membahas dan melihat apa saja contoh interaksi sosial individu dengan individu, perlu dipahami terlebih dahulu syarat terjadinya interaksi sosial individu dengan individu didalam kehidupan masyarakat sosial. Beberapa syarat tersebut diantaranya adalah:

  • Dilakukan minimal oleh dua orang
Sponsors Link

Suatu hubungan atau kontak antar individu dapat dikatakan sebagai suatu interaksi sosial apabila dilakukan oleh dua orang atau lebih, artinya jika pelakunya hanya satu orang saja maka suatu interaksi sosial tidak dapat terjadi. Interaksi sosial individu dengan individu sendiri minimal harus dilakukan oleh dua orang yang memiliki tujuan tertentu. Minimal dilakukan oleh dua orang juga menjadi salah satu perbedaan sosialisasi dengan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Komunikasi merupakan suatu proses sosial yang dilakukan dengan tujuan untuk bertukar informasi satu sama lain, dimana terdapat suatu komunikasi juga menjadi syarat berlangsungnya interaksi sosial. Bahkan interaksi sosial juga sering disebut sebagai suatu proses komunikasi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa disetiap berlangsungnya interaksi sosial pasti terdapat tujuan tertentu oleh para pelakunya, seperti keinginan untuk menggali informasi satu sama lain. Sehingga melalui proses interaksi sosial tujuan masing-masing dapat tercapai.

  • Melalui suatu pola atau sistem tertentu

Setiap individu pasti memiliki pola interaksi atau pola komunikasi yang berbeda-beda satu sama lainnya, oleh sebab itu melalui suatu sistem atau pola tertentu juga menjadi syarat terjadinya interaksi sosial individu dengan individu.

Setelah mengetahui apa saja syarat terjadinya interaksi sosial individu dengan individu, maka bisa dilihat berbagai contoh interaksi sosial individu dengan individu yang berlangsung dalam kehidupan masyarakat. Beberapa diantaranya akan dibahas dalam penjelasan berikut ini.

Contoh Interaksi Sosial Individu dengan Individu

Banyak sekali contoh interaksi sosial individu dengan individu yang berlangsung dalam kehidupan sehari-hari, karena pada dasarnya setiap individu memerlukan interaksi untuk bertahan hidup. Apa saja contoh interaksi sosial individu dengan individu tersebut, berikut beberapa diantaranya:

Contoh yang pertama dapat dilihat ketika seseorang melakukan konsultasi, sebagai contoh adalah seseorang yang melakukan konsultasi dengan psikolog. Proses konsultasi yang dilakukan menunjukkan terjadinya suatu interaksi sosial individu dengan individu, dimana terdapat pengaruh timbal balik diantara individu yang berkonsultasi dengan yang memberikan konsultasi. Selain itu, keduanya juga memiliki tujuan masing-masing, seperti untuk memecahkan masalah atau mendapatkan informasi yang lebih dalam dan untuk menyampaikan apa yang diketahui serta melakukan pekerjaannya.

Kegiatan jual beli yang terjadi setiap hari nya juga merupakan contoh interaksi sosial individu dengan individu, seperti ketika seseorang membeli kebutuhan pokok seperti sayur, buah, untuk kehidupan sehari-harinya di pasar. Interaksi sosial yang berlangsung di pasar juga untuk mencapai beberapa tujuan, yaitu untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dan untuk menjual berbagai macam barang untuk mendapat keuntungan atau pendapatan sehari-hari. Didalam interaksi sosial ini juga biasanya akan berlangsung proses negosiasi atau tawar-menawar, yang mengarah kepada berlangsungnya komunikasi diantara pembeli dan penjual.

  1. Berbincang atau Mengobrol

Contoh interaksi sosial yang selanjutnya adalah adanya kegiatan berbincang atau mengobrol, seperti mengobrol dengan salah satu teman dekat dengan berbagai macam topik pembicaraan. Komunikasi yang berlangsung antara dua teman dekat tersebut termasuk kedalam contoh interaksi sosial, dimana pasti terdapat tujuan atau maksud untuk dicapai didalamnya. Selain itu, berbincang dengan teman dekat juga sangat memiliki pengaruh besar terhadap pandangan seorang individu terhadap sesuatu yang dibicarakan atau hal yang berhubungan.

Berkenalan juga merupakan contoh dari adanya interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu, dimana memiliki tujuan atau maksud untuk mengenal satu sama lain. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kelangsungan suatu interaksi sosial dimasa depan, karena setelah berkenalan ketika bertemu kembali maka dapat melakukan interaksi sosial lainnya seperti saling menyapa satu sama lain, dan lain sebagainya.

Selain berkenalan, berdebat juga merupakan suatu contoh berlangsungnya interaksi sosial, terutama jika perdebatan yang dilakukan menyangkut hanya dua orang saja, maka termasuk kedalam contoh interaksi sosial individu dengan individu. Biasanya ketika seseorang berdebat menunjukkan bahwa ada pendapat yang berbeda dan belum dapat disatukan, oleh sebab itu mereka berdebat dengan tujuan untuk mendapatkan suatu kesepakatan bersama.

Sponsors Link

Berdiskusi sering terjadi di lingkungan sekolah yang lakukan oleh siswa-siswa di kelas, yang mana berdiskusi juga merupakan salah satu contoh interaksi sosial individu dengan individu. Berdiskusi berarti melakukan suatu komunikasi dua arah yang juga dapat memberikan pengaruh terhadap pendapat serta keputusan yang nantinya akan diambil. Seseorang melakukan diskusi biasanya bertujuan untuk memutuskan sesuatu dan juga menggabungkan pendapat atau opini-opini yang berbeda untuk di buat kesimpulan bersama.

  1. Mengobrol Melalui Media Sosial

Interaksi sosial tidak hanya dilakukan ketika seorang individu bertatap muka atau bertemu secara langsung, tetapi komunikasi atau interaksi yang berlangsung dalam media sosial juga dapat menjadi contoh interaksi sosial. Bahkan komunikasi dalam media sosial biasanya akan lebih mengarah kepada interaksi sosial individu dengan individu, oleh sebab itu mengobrol atau berkomunikasi melalui media sosial juga merupakan contoh interaksi sosial individu dengan individu.

Walaupun kontak yang dilakukan hanya sebentar dan hanya berupa saling sapa satu sama lain, kontak yang terjadi tersebut sudah termasuk kedalam contoh interaksi sosial individu dengan individu. Sebagai contoh seperti saling sapa dengan tetangga di lingkungan tempat tinggal masing-masing, hal ini juga bertujuan untuk tetap menjaga hubungan baik serta keharmonisan lingkungan masyarakat. Bukan hanya saling sapa dengan seseorang yang sudah dikenal, tetapi menyapa orang yang belum dikenal untuk menunjukkan rasa hormat juga dapat termasuk kedalam contoh interaksi sosial individu dengan individu.

Salah satu syarat terjadinya interaksi sosial individu dengan individu adalah melalui suatu pola tertentu, sehingga berpelukan juga merupakan suatu pola interaksi sosial yang dilakukan oleh seorang individu dengan individu yang lainnya.

Sama halnya dengan berpelukan, berjabat tangan juga menjadi salah satu contoh interaksi sosial individu dengan individu. Dimana saat berjabat tangan terdapat kontak antara dua individu, sehingga sudah dapat dikatakan bahwa interaksi sosial individu dengan individu sudah berlangsung.

Itulah beberapa penjelasan mengenai contoh interaksi sosial individu dengan individu yang dapat di temui dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Gallery Interaksi Sosial Individu Dengan Individu

30 Contoh Interaksi Sosial Di Lingkungan Keluarga Sekolah

Interaksi Sosial

Media Bimbingan Dan Konseling Macam Macam Interaksi Sosial

Faktor Faktor Yang Mendasari Proses Interaksi Sosial Kakak

Interaksi Sosial Pengertian Ciri Ciri Syarat Jenis Dan

Jendela Sosial Desember 2012

Interaksi Sosial

Interaksi Sosial Individu Dengan Individu Youtube

Interaksi Sosial Pengertian Syarat Macam Macam Contoh

Bab Ii Pembahasan Masalah Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi Sosial Ips

Blog Guru Ips Interaksi Sosial

Interaksi Sosial

Interaksi Sosial 2

Bab Ii Kajian Teori Individu Dengan Individu Lainnya 15

Interaksi Antara Individu Dengan Kelompok Skolastika

Materi Lengkap Apa Itu Interaksi Sosial Ini Penjelasannya

Interaksi Sosial Pengertian Syarat Macam Macam Contoh

Interaksi Sebagai Proses Sosial Plengdut Com Learning


0 Response to "Interaksi Sosial Individu Dengan Individu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel