Perbedaan Kolonialisme Dan Imperialisme



Konsep Pengertian Kolonialisme Dan Imperial Is Me

Pengertian, perbedaan, serta dampak kolonialisme dan imperialisme

image by wikimedia.org

Pengertian, perbedaan, serta dampak kolonialisme dan imperialisme di suatu negara terutama di Asian dan Afrika yang perlu Anda ketahui.

Beberapa hal-hal penting yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah “Apa perbedaan antara kolonialisme dan imperialisme serta apa saja dampaknya bagi suatu negara?” Oleh sebab itu, untuk membandingkan antara kolonialisme dan imperialisme, kita akan mendefinisikan keduanya terlebih dahulu.

Daftar isi artikel

Pengertian kolonialisme

Sedangkan kolonialisme diartikan sebagai suatu praktik di mana kekuasaan menetapkan koloni atau permukiman di tempat lain (di sebuah negara atau wilayah lain) untuk keuntungan politik dan ekonomi negara kolonial. Jadi, kolonialisme akan mengambil alih wilayah lain, membangun sistem politik dan ekonomi mereka sendiri, dengan maksud menggunakan bahan koloni termasuk tanah sumber daya alam dll untuk kepentingan negaranya. Jadi, pengaruh tersebut hanya pada administratif pada suatu wilayah maka disebut sebagai imperialisme bukan kolonialisme (New Encyclopedia of Africa, 2008).

Dengan demikian, bisa kita pahami bahwa perbedaan inti antara kolonialisme dan imperialisme terletak pada gagasan, praktik atau implementasi ide-ide. Jadi, imperialisme berfungsi sebagai ide-ide yang mendasarinya, sedangkan kolonialisme adalah bentuk imperialisme yang mapan karena sudah menguasai wilayahnya secara penuh.

Pengertian imperialisme

Imperialisme diartikan sebagai suatu kebijakan negara di mana negara tersebut mempengaruhi negara atau teritori lain melalui kekuatan militer, serta alat kekuasaan lainnya (Oxford Dictionary, 2016). Jadi, intinya imperialisme erat kaitannya dengan mempengaruhi negara lain dengan kekuatan tanpa menguasai secara penuh tanah mereka. Imprealisme menggunakan kekuatan suatu negara untuk mengendalikan orang lain di luar negara mereka (New Encyclopedia of Africa, 2008, di galegroup).

Perbedaan antara kolonialisme dan imperialisme

The Stanford Encyclopedia of Philosophy membedakan antara kolonialisme dan imperialisme dengan mengatakan bahwa “Kolonialisme merupakan praktik dominasi, yang melibatkan penaklukan satu orang ke orang lain. Meskipun demikian perlu kejelian untuk membedakan antara kolonialisme dan imperialisme. Seringkali kedua konsep diperlakukan sebagai sinonim. Seperti halnya kolonialisme, sebenarnya imperialisme juga melibatkan kontrol politik dan ekonomi atas wilayah yang dipengaruhi. Istilah koloni berasal dari kata Latin kolon, yang memiliki arti petani.

Dari arti tersebut mengingatkan kita bahwa praktik kolonialisme biasanya melibatkan pemindahan penduduk ke wilayah baru, di mana para pendatang hidup sebagai pemukim permanen sambil mempertahankan politik di negara asal mereka. Sedangkan Imperialisme berasal dari istilah Latin imperium, yang berarti memerintah. Dengan demikian, istilah imperialisme lebih kepada kontrol sebuah negara baik melalui penyelesaian, kedaulatan, atau mekanisme kontrol tidak langsung. ”

Jadi, ini bukan hanya tentang gagasan ekspansi dalam imperialisme dan kolonialisme, tetapi juga cara entitas mengendalikan orang lain. Dalam kasus imperialisme, negara penakluk sepenuhnya mengambil wilayah secara penuh. Namun, dalam kasus imperialisme, gagasan tentang negara yang ada tidak diberhentikan, termasuk juga politik bentuk negara dll. Akan tetapi wilayah yang dijajah itu kini berada di bawah kendali, dan manfaat dari entitas luar yang menjajah. Sedangkan dalam kasus kolonialisme, negara kolonisasi akan mengirim administrator untuk mengatur pemerintahan mereka sendiri dan struktur ekonomi, serta warga negara untuk hidup dan bekerja di koloni baru (Koshal, 2015).

Jadi, sebenarnya dalam memahami perbedaan antara kolonialisme dan imprealisme tergantung pada bagaimana para ahli menggunakan istilah-istilah tersebut. Karena pengertian kolonialisme dan imperialisme terkadang berbeda. Meskipun kita mungkin berpikir bahwa ada pemisahan antara ide dan praktik ketika membahas kolonialisme dan imperialisme, atau cara yang tepat untuk mengendalikan kekuasaan dan menguasai wilayah lain.

“Jadi perbedaan antara kolonialisme dan imperialisme, tidak sepenuhnya konsisten dalam literatur. Beberapa ahli membedakan antara koloni untuk pemukiman dan koloni untuk eksploitasi ekonomi. Lainnya menggunakan istilah kolonialisme untuk menggambarkan dependensi yang secara langsung diatur oleh negara asing dan membandingkannya dengan imperialisme, yang melibatkan bentuk-bentuk dominasi tidak langsung ”(Stanford Encyclopedia of Philosophy, 2012).

Bagian ini sendiri ada hubungannya dengan pergeseran definisi imperialisme. Istilah “imperialisme” itu sendiri bukanlah istilah umum sampai pada tahun 1800-an. Sehubungan dengan istilah yang digunakan untuk membahas Kerajaan Inggris, “Imperialisme dipahami sebagai sistem dominasi militer dan kedaulatan atas wilayah. Pekerjaan sehari-hari pemerintah dapat dilaksanakan secara tidak langsung melalui majelis lokal atau penguasa pribumi yang membayar upeti, tetapi kedaulatan berada di tangan Inggris.

Pergeseran dari pemahaman tradisional tentang kekaisaran ini dipengaruhi oleh analisis Leninis tentang imperialisme sebagai sistem yang berorientasi pada eksploitasi ekonomi. Menurut Lenin, imperialisme adalah hasil yang perlu dan tak terelakkan dari logika akumulasi dalam kapitalisme akhir. Jadi, bagi Lenin dan kaum Marxis berikutnya, imperialisme menggambarkan tahap historis kapitalisme daripada praktik trans-historis dominasi politik dan militer ”(Stanford Encyclopedia of Philosophy, 2012).

Dampak kolonialisme dan imperialisme

Setelah kita membahas panjang lebar mengenai perbedaan serta pengertian kolonialisme dan imperialisme, sekarang kita akan mencari tahu Apa saja dampak kolonialisme dan imperialisme bagi suatu negara. Berikut beberapa daftar pengaruh atau dampak kolonialisme dan imperialisme:

1. Dampak Politik

Dampak kolonialisme dan imperialisme yang pertama yaitu di bidang politik, Imperialisme terbukti menjadi berkah yang tersendiri bagi beberapa negara. Misalnya ia memberikan kesatuan politik ke India yang telah dirusak oleh perselisihan sebelum kedatangan kekuatan-kekuatan Barat. Dengan demikian, Inggris memberikan kesatuan politik kepada India yang belum ia capai pada tahap apapun dalam sejarah masa lalunya.

Hal ini dimungkinkan karena pengembangan kereta api, sarana transportasi dan komunikasi modern, pers, pengenalan bahasa Inggris yang berfungsi sebagai lingua franca, dan sistem administrasi yang seragam di seluruh negeri. Kesatuan ini membuka jalan bagi tumbuhnya kesadaran politik di antara orang-orang dan akhirnya memotivasi mereka untuk menggulingkan kekuasaan kolonial dan imperialis.

Kedua, kolonialisme dan imperialisme Barat bertanggung jawab atas pengenalan ide-ide barat seperti nasionalisme, demokrasi, konstitusionalisme dll di Asia dan Afrika. Berbagai kekuatan imperialis mencoba menanamkan ide-ide dan institusi mereka di koloni-koloni mereka dan dengan demikian secara tidak sadar melepaskan kekuatan liberal di negara-negara Asia dan Afrika.

Ketiga, kekuatan kolonial memperkenalkan sistem administrasi yang efisien di negara ini. Memang benar bahwa mesin administratif berkembang terutama dalam mempromosikan kepentingan kekuatan imperialis dan tidak terlalu memperhatikan kesejahteraan dan kemakmuran penduduk asli.

Lebih lanjut, penduduk asli tidak diberikan perwakilan yang memadai dalam layanan sipil. Terlepas dari kekurangan-kekurangan ini, sistem administrasi, yang disediakan oleh kekuatan-kekuatan imperialis, mengekspos orang-orang kolonial ke sistem administrasi barat

Keempat, pemerintahan imperialis juga menyebabkan munculnya perbudakan. Budak mulai dijual dan dibeli sebagai bagian dari barang-barang pribadi. Praktek ini dimulai ketika Portugis pada abad ke-15 menggerebek desa-desa Afrika dan memperbudak penduduk di sana.

Orang-orang ini kemudian di bawa ke Amerika. Bahkan ada pasar budak di Lisbon. Bahkan orang Inggris sendiri terlibat dalam perdagangan budak. Perdagangan budak ini menghasilkan penculikan jutaan orang Afrika dari rumah mereka. Ini merupakan salah satu dampak dampak kolonialisme dan imperialisme yang sangat mengerikan. Yang lebih buruk lagi, mereka dibuat bekerja di bawah kondisi yang paling tidak manusiawi dan diperlakukan dengan sangat kejam.

Akhirnya, kolonialisme dan imperialisme menyebabkan persaingan sengit di antara kekuatan-kekuatan Eropa dan mereka berjuang dalam berbagai perang untuk memiliki koloni-koloni. Misalnya Prancis dan Jerman harus bentrok soal Maroko di Afrika. Sedangkan di India, Prancis juga terlibat dalam perseteruan panjang dengan Inggris.

2. Dampak Ekonomi

Dampak kolonialisme dan imperialisme bukan hanya pada sektor politik tetapi juga ekonomi. Di sektor ekonomi, imperialisme barat juga memiliki dampak yang beragam. Dampak positif memang ada tetapi hanya sedikit sekali seperti pada pengembangan industri di Asia dan Afrika. Berbagai kekuatan imperialis mendirikan industri di koloni mereka untuk mendapatkan keuntungan dan dengan demikian membuka jalan bagi industrialisasi koloni.

Kekuasaan kolonial membangun jalur kereta api panjang, membangun rumah perbankan, dll. Sedangkan sumber daya yang digunakan tentu memanfaatkan dari negara jajahan mereka termasuk sumber daya alam dan manusia. Mereka juga mendirikan industri-industri tertentu di koloni-koloni ini untuk mendapatkan keuntungan cepat dan sepenuhnya memanfaatkan sumber daya yang tersedia di sana.

Semua ini terbukti menjadi anugerah bagi koloni dan menyebabkan industrialisasi mereka. Di sisi negatif, kekuatan imperialis mengeksploitasi koloni-koloni dengan mengimpor bahan mentah dengan harga termurah dan mengekspor produk jadi dengan harga sangat tinggi.

Mereka juga mencoba untuk melumpuhkan industri lokal dan perdagangan dengan cara memberlakukan undang-undang industri dan perpajakan yang menguntungan mereka. Kebijakan eksploitasi sistematis ini menghasilkan pengurasan kekayaan dan sangat berkontribusi terhadap kemiskinan, kelaparan dan keterbelakangan koloni.

3. Dampak Sosial dan Budaya

Dampak kolonialisme dan imperialisme yang tidak kalah penting adalah pada sektor sosial serta budaya. Dalam lingkup sosial dan budaya, pemerintahan kolonial dan imperialis menghasilkan konsekuensi serius. Pertama-tama hal itu secara merugikan mempengaruhi agama-agama penduduk setempat karena orang-orang lokal didorong oleh Misionaris Barat untuk memeluk Kekristenan dengan menawarkan kepada mereka manfaat materi tertentu. Alhasil, agama Kristen segera menjadi agama yang berkembang di banyak negara Asia dan Afrika.

Kedua, Misionaris Kristen memainkan peran penting dalam memberikan layanan sosial tertentu kepada masyarakat setempat dalam bentuk rumah sakit, klinik, sekolah, perguruan tinggi, dll. Dan dengan demikian memberikan kontribusi besar bagi pencerahan masyarakat Asia dan Afrika. Ketiga, pemerintahan kolonial dan imperialis menyebabkan segregasi rasial. Para penguasa Eropa memperlakukan budaya mereka lebih unggul dari budaya Asia dan Afrika dan mencoba memaksakan hal yang sama pada mereka.

Lebih jauh lagi, mereka percaya bahwa ras kulit putih lebih unggul daripada ras kulit hitam dan berusaha menjauhkan diri. Mereka sering mengesahkan undang-undang yang diskriminatif terhadap penduduk setempat. Sebagai contoh, di India orang Indian tidak dapat bepergian di kompartemen kereta api di mana orang-orang Eropa melakukan perjalanan. Kebijakan segregasi rasial ini sangat merendahkan nada moral penduduk setempat.

Keempat, pemerintahan imperialis menggerogoti prinsip-prinsip moral. Mereka mengamalkan semua norma moralitas untuk mempertahankan kekuasaan mereka pada orang-orang kolonial. Mereka mencoba membagi penduduk lokal dan membuat mereka berperang sesama mereka sendiri untuk mempertahankan kekuasaan. Kebijakan ‘membagi dan memerintah’ diikuti oleh Inggris di India merupakan contoh terbaik dari kebijakan kekuatan imperialis ini. Sudah diketahui dengan baik bahwa kebijakan ‘membagi dan memerintah’ ini akhirnya mengarah pada pemisahan India.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas dan membandingkan imperialisme dan kolonialisme. Kami mendefinisikan kedua istilah tersebut dengan menjelaskan perbedaan, dan juga membahas poin yang mencakup fakta bahwa kedua istilah ini sering digabungkan satu sama lain. Kami melihat bahwa imperialisme adalah gagasan ekspansi, dan juga perhatian terhadap pengaruh politik, sedangkan di kolonialisme, ini adalah serangkaian kebijakan politik dan ekonomi yang akan diterapkan negara kolonial di wilayah kolonial mereka.

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam kolonialisme, negara akan membawa unit administratif untuk mengatur masyarakat dan menerima manfaat ekonomi, mengirim sumber daya untuk dibawa kembali ke negara asal mereka. Jadi, “Kolonialisme bisa diartikan sebagai sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah penyelesaian tempat-tempat seperti Amerika Utara, Australia, India,  Aljazair, Selandia Baru dan Brasil, dimana semua negara tersebut dikendalikan oleh bangsa Eropa. Imperialisme, di sisi lain dijelaskan di mana pemerintah asing mengatur wilayah tanpa penyelesaian yang signifikan. Perebutan Afrika di akhir abad ke-19 dan dominasi Amerika Puerto Rico dan Filipina dapat disebut sebagai contoh Imperialisme.”

Akhirnya, kebijakan kolonialisme dan imperialisme menyebabkan kesengsaraan dan penderitaan yang tak terelakan bagi rakyat. Berbagai kekuatan imperialis terlibat dalam sejumlah perang dengan orang-orang lokal maupun di antara mereka sendiri yang mengakibatkan hilangnya jutaan nyawa. Jadi, kolonialisme dan imperialisme mengakibatkan kesengsaraan yang tak terhitung bagi umat manusia.

Dalam terang pembahasan di atas kita dapat mengatakan bahwa kolonialisme dan imperialisme meninggalkan dampak yang mendalam pada Asia dan Afrika di bidang politik, ekonomi dan sosial. Mengingat sejarah jahat imperialisme dan kolonialisme dalam hubungan internasional, penting untuk memahami istilah-istilah ini, dan juga untuk selalu berbicara menentang sejarah ini, dan setiap upaya modern untuk mendorong ide-ide ini. Imperialis dan kolonialis telah berusaha untuk membenarkan perilaku mereka semua, sementara warga di negara-negara yang terjajah terus berjuang untuk melawan ide-ide rasis dan etnosentris tersebut.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai perbedaan, pengertian, serta dampak kolonialisme dan imperialisme yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Gallery Perbedaan Kolonialisme Dan Imperialisme

Pengertian Imperialisme Dan Kolonialime Jenis Jenis Dan

Pengertian Kolonialisme Dan Imperialisme

Perkembangan Kolonialisme Dan Imperialisme Barat Di Indonesi

Imperialisme Dan Kolonialisme Ppt Download

Pengertian Kolonialisme Dan Imperialisme

Kolonialisme Dan Imperialisme Di Indonesia Quiz Quizizz

Imperialisme Dan Kolonialisme Himas Unsil

Imperialisme Pengertian Tujuan Macam Penyebab

Pengertian Kolonialisme Dan Imperialisme Serta Perbedaan Dan

Sejarah Pengertian Kolonialisme Dan Imperalisme

Persamaan Dan Perbedaan Kolonialisme Dan Imperialisme

Kolonialisme Dan Imperialisme

Issuu Pdf Downloader

Kolonialisme Dan Imperialisme

Pdf The Implementation Of History Learning Through The

Kolonialisme Dan Imperialisme Pengertian Perbedaan Dampak

Pengertian Kolonialisme Dan Imperialisme Pendidikanku

Sejarah Docx Dampak Kolonialisme Dan Imperialisme Di

Ppt Proses Perkembangan Kolonialisme Dan Imperialisme

Pengertian Imperialisme Kolonialisme Serta Perbedaan Dan

Kolonialisme Dan Imperialisme Barat Di Indonesia


0 Response to "Perbedaan Kolonialisme Dan Imperialisme"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel