Jarak Bumi Ke Matahari



Sebuah Bintang Besar Menuju Planet Bumi Tabrakan Besar Tak

Cara Menghitung Jarak Bumi ke Matahari

Sejak manusia mulai mempelajari astronomi, sudah banyak upaya dan cara dilakukan untuk menghitung jarak matahari dari planet bumi, dan sayangnya beberapa dari cara-cara tersebut mendapatkan hasil yang kurang tepat. Seperti cara perhitungan jarak matahari dari bumi yang dapat kita lihat di video tentang FE. FE melakukan perhitungan jarak matahari dari bumi dengan menggunakan metode bayangan dan trigonometri, seperti yg dilakukan ilmuan terdahulu Eratosthenes. Dari perhitungan tersebut, FE menyimpulkan bahwa jarak matahari dari bumi ialah sekitar 5000 sampai 6000 km. Dan ternyata hasil tersebut sangat jauh dengan kenyataan. Hal itu disebabkan asumsi FE yang keliru, yaitu datangnya sinar Matahari tidak sejajar sehingga membentuk sudut terhadap tongkat yang ditancapkan di tanah. Padahal sinar Matahari datangnya sejajar karena letaknya sangat jauh, dan akibatnya sudut yang terbentuk tersebut sebenarnya berasal dari kemiringan/kelengkungan bentuk permukaan Bumi.

Jarak matahari dari bumi merupakan hal yang sangat penting bagi dunia astronomi untuk dapat mempelajari banyak hal lain. Copernicus menyadari akan hal itu, dan menjelang tahun 1600 an, dia dan beberapa ilmuwan lain sudah mengetahui jarak relatif planet-planet di tata surya terhadap Matahari dengan dasar bahwa jarak Matahari dari Bumi adalah 1. Namun karena jarak Matahari dari Bumi belum diketahui, maka jarak semua planet juga belum diketahui secara detil. Berikut adalah data jarak planet-planet dari matahari dengan menggunakan SA (satuan astronomi), yakni jarak matahari dari bumi, sebagai acuan.

PlanetJarak dari Matahari
Merkurius0,38 SA
Venus0,723 SA
Bumi1,000 SA
Mars1,524 SA
Jupiter5,204 SA
Saturnus9,582 SA

Pada tahun 1653, astronom bernama Christian Huygens memanfaatkan fase Venus yang tampak dari Bumi untuk menghitung jarak matahari dari bumi. Venus memiliki fase-fase selayaknya macam-macam fase Bulan dan bentuk fase tersebut erat kaitannya dengan sudut yang terbentuk antara Matahari-Venus-Bumi. Dan dari pengamatan di Bumi, Huygens bisa menghitung sudut yang terbentuk antara Matahari-Bumi-Venus. Karena ketiga objek tersebut membentuk sebuah segitiga, maka dengan menggunakan trigonometri, dua sudut dan ditambah satu sisi (Bumi-Venus) yang sudah diketahui bisa digunakan untuk menghitung salah satu sisi lainnya (Bumi-Matahari). Namun hasil yang diperoleh Huygens tidak dapat diterima secara luas oleh ilmu astronomi, karena hasil tersebut didapatkan dengan asumsi ukuran venus sama dengan ukuran bumi, dan kebetulan saja tebakannya benar (ukuran venus tidak berselisih jauh dengan ukuran bumi).

Giovanni Cassini, pada tahun 1672, mencoba mengukur jarak Matahari dengan metode yang berbeda, yaitu paralaks planet Mars. Cassini yang berada di Paris dibantu rekan di French Guiana untuk mengamati Mars pada saat yang sama. Ketika hasil pengamatan keduanya dibandingkan, mereka mendapatkan paralaks Mars jika dilihat dari 2 lokasi tersebut. Dan akhirnya jarak Matahari pun bisa dihitung dengan cukup baik. Cassini menyimpulkan bahwa jarak matahari dari bumi ialah sekitar 98 juta mil, masih kurang akurat jika dibandingkan dengan jarak yang kita ketahui saat ini, namun sudah mulai mendekati.

Seiring berkembangnya teknologi, jarak Matahari semakin bisa diketahui secara lebih detil dan lebih akurat. Misalnya dengan menggunakan metode transit Venus atau Merkurius. Atau dengan menembakkan gelombang radio ke Venus, lalu menghitung selisih waktu penembakan dan penerimaan pantulannya. Dan sekarang kita ketahui bahwa jarak matahari dari bumi ialah 149.597.870.700 m. Jarak yang sangat jauh jika kita bandingkan dengan hasil penelitian terdahulu FE (5000 – 6000 km). Dengan jarak tersebut, cahaya dari Matahari dapat mencapai Bumi dalam waktu 8 menit 19 detik.

Berikut daftar hasil penelitian jarak matahari dari bumi yang pernah dilakukan para ilmuwan astronomi dengan menggunakan beberapa metode

NamaTahunNilai JarakMetode
Hipparchos1305 juta milBayangan Bumi di Bulan
Cassini167298 juta milParalaks Mars
Various1761109 juta milTransit Venus
Various176988 juta milTransit Venus
Foucault186292 juta milKecepatan cahaya
Hall186292 juta milParalaks Mars
Stone186292 juta milParalaks Mars
Various187491,7 juta milTransit Venus
Houzeau188292,7 juta milTransit Venus
Harkness188992.797.000 milTransit Venus 1761-1882
Jones194191,5 juta milParalaks asteroid Eros
Various196092.670.000 milGerak satelit Pioneer 5
NASA/JPL196192.955.820 mil,

149.597.519 km

Radar Venus
Astronomi Moderen200992.955.807 mil,

149.597.870,7 km

Telemetri

Nah itulah sedikit yang dapat kami sampaikan mengeani perhitungan jarak Bumi dengan Matahri yang sedikit rumit. Semoga bisa sedikit mempercerah pikiran kita semua, terutama yang awam dengan ilmu fisika.

Gallery Jarak Bumi Ke Matahari

Jarak Dari Bumi Ke Matahari Disebut Astronomi Jarak Dari

Apa Yang Terjadi Jika Matahari Lebih Dekat 10 Sentimeter Ke

On The 7

Urutan Lapisan Matahari Suhu Jarak Matahari Ke Bumi Dan

Duh Jarak Bumi Dan Bulan Makin Jauh Peneliti Ramal Waktu

Berapa Lama Cahaya Matahari Sampai Ke Bumi Info Astronomy

Berapa Lama Waktu Sinar Matahari Masuk Ke Bumi Ini Jawabannya

Aphelion Jarak Bumi Dan Matahari Bertambah 2 5 Juta

Jarak Bumi Ke Matahari

Setelah Fenomena Gerhana Matahari Bumi Akan Merasakan Fase

Gimana Caranya Mengukur Jarak Matahari Dari Bumi Zenius Blog

Bumi Berada Di Titik Terjauh Dengan Matahari Apa Dampaknya

Asteroid Berukuran Raksasa Ini Katanya Dekati Bumi

Malam Ini Jarak Bumi Matahari Berada Pada Jarak Terjauh

Voyager 1 Dan Voyager 2 Tinggalkan Tata Surya Lalu Kemana

Foto Bumi Dari Jarak 170 Juta Kilometer Herysyamsul S Blog

8 April Matahari Bumi Dan Mars Segaris Surya

Satuan Astronomi Wikiwand

Bintang Uy Scuti Penjelasan Letak Ukuran Dan Jarak

Analisis Terhadap Jurnal Ilmiah Pengukuran Jarak Matahari

Tahun Cahaya Satuan Waktu Atau Jarak Langitselatan

Jawaban Sayyidina Ali Ketika Ditanya Sahabat Tentang Jarak

Hari Bumi 4 Sebenarnya 1 Kali Rotasi Bumi Bukanlah 24 Jam

Iptek Semakin Dekat Dengan Matahari Semakin Dingin Suhu


0 Response to "Jarak Bumi Ke Matahari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel