Karakteristik Guru Abad 21



21st Century Lesson Lessons Tes Teach

Lima Karakteristik Guru Abad ke-21 yang Efektif

Terlepas dari perdebatan tentang kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar yang diperlukan pada abad ke-21, peranan guru tetap diharapkan menjadi ujung tombak dalam pendidikan, terutama di sekolah. Guru abad ke-21 yang efektif memerlukan kemahiran dalam menilai penggunaan teknologi yang edukatif dan non edukatif. Guru hendaknya terus-menerus mengevaluasi kemampuan siswa yang dibutuhkan untuk bersaing dalam ekonomi global. Tapi karakteristik atau keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang guru abad ke-21 yang efektif ? Apa kualitas dari seorang guru abad ke-21 yang efektif ?

Kita mungkin pernah mendengar bahwa seorang pendidik abad ke-21 yang efektif harus menjadi "panduan di samping”, tidak "bijak di atas panggung” bagi siswanya. Guru abad ke-21 harus menjadi pembelajar seumur hidup dan harus bersedia untuk belajar tidak hanya dari rekan-rekan mereka tetapi dari siswa mereka juga.

Berikut ini adalah lima karakteristik guru abad ke-21yang efektif yang banyak ditulis ulang. Saya tuliskan tema-tema pokoknya saja menurut interpretasi dan “bahasa” saya. Inilah lima karakteristik itu.

1 . Mengantisipasi Masa Depan

"Guru yang baik abad ke-21 merupakan salah seorang yang sadar akan tren teknologi yang cepat berubah selaras dengan arah ekonomi, proyeksi masa depan yang dibutuhkan bisnis dan industri; sadar akan peluang karir bagi anak-anak di tahun-tahun mendatang dan semua keterampilan pendidikan yang diperlukan dan bakat yang diperlukan untuk memungkinkan anak-anak untuk memposisikan diri untuk bersaing. Guru yang baik abad ke-21 selalu mendorong untuk memastikan bahwa siswa mereka tidak tertinggal di belakang kemajuan. Terakhir, guru baik abad ke-21 bukan guru dalam ruang hampa, mereka progresif dalam mendorong perubahan sistemik melalui kurikulum, anggaran, dan bijaksana , pengawasan strategis pengambilan keputusan untuk memastikan bahwa persiapan anak-anak saat ini selalu terfokus mempersiapkan mereka untuk dunia di mana mereka akan tinggal dan bekerja - bukan dunia saat ini di mana para guru harus menavigasi dan diam ." - Amy Baldridge, secondary curriculum supervisor, Xenia Community Schools

"Pendidik abad ke-21 harus menjadi pemikir yang encer, siap untuk melihat situasi dengan segar dan kreatif . Dia harus melampaui secara jelas untuk melihat pola yang mendasari dan isu-isu inti dari suatu keadaan tertentu. Dan - yang paling penting - pemahaman tentang teori chaos sangat penting : Kupu-kupu mengepakkan sayapnya dan 3000 mil jauhnya cuaca berubah" - Donn K. Harris, executive director, artistic director, Oakland School for the Arts, Oakland, Calif.

13916700021252037911

Donn K. Harris (
http://goldrushcam.com/sierrasuntimes/index.php/mariposa-daily-news-2014/169-january/11627-donn-k-harris-appointed-to-the-california-arts-council)

"Pendidik masa kini memiliki tugas berat mempersiapkan siswa untuk masa depan global di abad ke-21. Ketika kita mulai tertinggal di belakang negara-negara lain di bidang matematika, ilmu pengetahuan, rekayasa dan teknologi, kita perlu mendidik diri kita sendiri dan menyampaikan informasi ini kepada siswa kita. Pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) diperlukan di semua kelas di semua sekolah agar tetap kompetitif dalam masyarakat global sekarang. Tantangan pertama bagi guru adalah untuk menarik siswa menuju pendidikan STEM, dan yang kedua adalah untuk menjaga agar mereka tertarik. Penekanan pada ilmu pengetahuan harus sama-sama pentingnya dengan membaca dan matematika . Kita, sebagai bangsa , sudah jatuh di belakang negara-negara dunia lainnya . Siswa saat ini adalah masa depan kita dan masa depan kita tergantung pada keberhasilan mereka." - Bonnie Bahr, kindergarten teacher, Baltimore County Public Schools, Baltimore, Md.

1391670077881804251

Bonnie Bahr
(https://www.edmodo.com/profile/1812738)

2 . Pembelajar Seumur Hidup

13916705121233034837

"Saya telah menemukan bahwa tidak hanya untuk guru, tetapi siapa pun yang terlibat dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan produktivitas mereka , apakah itu di bidang manufaktur , penjualan dan pemasaran , ilmu pengetahuan dan penelitian , atau pendidikan , kualitas yang paling penting adalah untuk menjadi fleksibel , hidup - pembelajar seumur , bersedia menerima dan merangkul perubahan , bersedia untuk membuat kesalahan dan salah (dengan peringatan bahwa dari kesalahan perbaikan yang dibuat dan keterampilan baru yang dipelajari) , dan untuk menjaga fokus pada proses dan hasilnya, daripada alat . Setelah semua, ketika hari berakhir , teknologi hanya alat untuk meningkatkan kualitas hidup kita , ketika mereka gagal melakukan itu , saatnya untuk menciptakan alat-alat baru " - Chuck Dinsfriend, MBA, CTO mentor, director of Information Technology Services, Woodburn School District

" A great ... pendidik akan merangkul tidak hanya teknologi, tetapi bersedia untuk belajar dari rekan-rekan dan mahasiswa ." - David Brandvold

13916703181017721293

David Brandvold
(http://mygatewaynews.com/Content/News/Baldwin-News/Article/David-Brandvold-hired-as-BWHS-principal/2/35/6791)

"Saya percaya bahwa pendidik yang baik abad ke-21 harus mampu mengajukan pertanyaan terbuka kepada siswa tanpa harus mengetahui satu jawaban yang tepat. Pendidik ini mendorong siswa agar mereka menjadi kapten dari pembelajaran mereka sendiri. Belajar menjadi terarah dan bermakna bagi siswa karena mereka bekerja melalui kegiatan dunia nyata." - Jonna Wallis, 6-12 Language Arts academic coach, Professional Development Center, Scottsdale, Ariz.

3 . Memupuk Hubungan Teman Sejawat

1391670551414666910

"Di era berbasis teknologi ini, lebih penting daripada itu bahwa kita membina hubungan dengan dan antar siswa kita. Kita harus menjadi model sopan santun, kita menjadi model berkomunikasi, dan kita harus menjadi model rasa hormat dan kerjasama - siswa kita membutuhkan kita untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana memperlakukan satu sama lain . Mereka mungkin memiliki 500 teman di Facebook, tapi apakah mereka tahu bagaimana menjadi teman? Teknologi dapat mendorong isolasi karenanya keterampilan hubungan antarpribadi itu harus diajarkan di kelas kita agar siswa kita bisa melanjutkan untuk menjadi efektif di tempat kerja dan dalam hidup mereka . Membantu siswa belajar pelajaran kehidupan menjadi semakin lebih penting -hubungan interpersonal, membiarkan siswa tahu bahwa guru benar-benar peduli untuk mereka dan akan membantu siswa menjadi lebih sukses dalam hidupnya." - Julia C. Bernath, District 7 board member, Fulton County Board of Education

13916703912136975854

Julia C. Bernath (
http://www.juliabernath.com/)

4 . Mampu Mengajar dan Menilai Semua Tingkat Pelajar

13916706111097086293

"Pendidik abad ke-21 harus menjadi 'Pemimpin Situasional .’ Mereka harus menilai setiap siswa yang mereka ajarkan terhadap 'Kemampuan Belajar ' dan ' Komitmen untuk Belajar. "Mereka harus bekerja untuk membawa semua siswa sampai ke tingkat di mana pedagogi pembelajaran digantikan oleh andragogi atau gaya pembelajaran orang dewasa, dimana siswa memiliki pendapat dalam pembelajaran mereka sendiri." - Gerald Morris, adjunct instructor, Spring Arbor University, Davenport University and Baker College

"Untuk menjadi seorang guru abad ke-21 yang efektif, guru harus terlebih dahulu memiliki keterampilan abad ke-21 yang siswa mereka diharapkan memilikinya. Dan, di samping untuk keterampilan, mereka harus dapat membantu semua siswa mereka memperoleh dan mengembangkan keterampilan abad ke-21." - Mamzelle Adolphine

5 . Mampu Membedakan Teknologi Efektif vs Teknologi Non-Efektif

13916706561155852990

"Anak usia sekolah yang jauh juah lebih mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi. Sistem pendidikan tidak perlu mengajar mereka bagaimana menggunakan teknologi ini, tetapi harus mengakui bahwa teknologi dapat membantu siswa belajar lebih banyak dan lebih cepat . Teknologi kelas juga dapat membuat lebih efisien penggunaan waktu guru, apakah itu dengan alat-alat untuk persiapan pelajaran, pelajaran presentasi, pelajaran umpan balik, penilaian tingkat pekerjaan rumah, penilaian , atau tingkatan. Guru abad ke-21 yang efektif akan memerlukan kemahiran dalam menilai penggunaan terknologi edukatif dan non-edukatif - teknologi yang tersedia untuk mereka dan siswa mereka di sekolah dan di rumah . Potensi rendah teknologi adalah potensi mereka untuk non-produktif menggunakan waktu -buang waktu dan sumber daya meskipun keuntungannya adalah signifikan jika digunakan dengan benar . " - Doug Hatch, president & CEO, Core Learning

Sumber :

http://www.eyeconic.ca/2011/09/23/five-characteristics-of-an-effective-21st-century-educator/

http://www.eschoolnews.com/2011/09/09/five-characteristics-of-an-effective-21st-century-educator/?

http://engage.intel.com/thread/8412

---

Kebagusan, Gedong Tataan - Pesawaran, 6 Pebruari 2014

VIDEO PILIHAN

Gallery Karakteristik Guru Abad 21

6 Ciri Ciri Guru Abad Ke 21

6 Ciri Ciri Guru Abad Ke 21 Cikguhailmi Ciri 21st

Model Pembelajaran Sesuai Karakteristik Siswa Milenial

Karakteristik Guru Abad 21 Jateng Pos

Kb1 Tugas Karakteristik Siswa Abad 21

Rpp Abad 21 Terbaru Info Pendidikan Terbaru

Kelompokkerjaguru Instagram Hashtag Photos Videos

Modul Pedagogik Guru Sd Materi Kb 1 Kegiatan Belajar 1

Penting Inilah Lima Karakter Guru Abad 21 Portalsemarang Com

Pendidikan Abad 21

Guru Kreatif Dan Menyenangkan Pada Era Milenial

Ciri Ciri Personaliti Etika Dan Perwatakan Guru Sebagai

Kecakapan Rpp Masa Abad 21 Mayfile

7 Karakteristik Guru Abad 21 Pendidik Kreatif

Menjadi Guru Abab 21

Kegiatan Belajar 1 Docx

Guru Abad 20 Versus Murid Abad 21 Halaman All Kompasiana Com

Learning Characteristics 21st Century Pendidikan

Effectiveness Of Learning Management System Lms On In

Sme 6044 Ciri Ciri Pelajar Abad Ke 21

Strategi Bimbingan Guru Mengungkap Kemampuan Literasi Dan

Effectiveness Of Learning Management System Lms On In

6 Ciri Ciri Guru Abad Ke 21


0 Response to "Karakteristik Guru Abad 21"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel