Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia



Dunia Puji Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dan Resolusi

DINAMIKA PERAN BANGSA INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN PERDAMAIAN DUNIA

Indonesia memiliki peran besar dalam proses terselenggaranya perdamain dunia, peran indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia bahkan sudah dimulai sebelum perang dunia ke II (dua) berahir. dinamika peran bangsa indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia setidaknya dapat kita lihat karena Indonesia sebagai Negara yang ikut memprakarsai berdirinya gerakan non-block yang tidak memihak kepentingan kapitalisme-liberalisme yang diusung oleh amerika serikat, ingris dan sekutunya, maupun block komunisme yang diusung oleh uni soviet bersama sekutunya. Amerika serikat memiliki kepentingan untuk membuka pasar bebas sebesar-besarnya untuk dapat mengambil bahan baku industri dari Negara-negara dunia ketiga (Negara jajahan/berkembang), serta untuk mencari pasar untuk menjual produk-produk industry yang diprroduksinya. Sementara blok komunis memiliki kepentingan untuk menghapuskan kapitalisme dunia, dan menghilangkan sistem kelas sosial. Indonesia sebagai Negara yang telah merdeka tidak ingin berkutat dalam pertikaian blok timur maupun blok barat, sebagaimana yang diungkapkan oleh Hatta “mestikah bangsa Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, harus memilih antara pro-Rusia atau pro-Amerika ? Apakah tak ada pendirian yang lain harus kita ambil dalam mengejar cita-cita kita ?”.[1] Oleh karena itu Indonesia memlih untuk politik yang berazazkan bebas-aktif.
Baca Juga: Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan Penawaran dan Teknologi
Politik bebas aktif merupakan politik luar negeri Indonesia yang tidak memihak pada kekuatan-kekuatan diluar Negara Indonesia  yang tidak sejalan dengan nila-nilai pancasila sebagai dasar Negara Indonesia, serta ikut aktif, cepat, tanggap merespon berbagai peristiwa yang terjadi dalam kancah dunia internasional. Sementara A. W. Wijaya mendifinisikan bahwa politik bebas aktif adalah politik bebas yang tidak terikat pada suatu blok Negara adikuasa tertentu dan aktif dalam mengembangkan kerjasama internasional dengan Negara lain.[2]
Secara sederhana hubungan internasional adalah semua jenis kerja sama antara Negara Indonesia yang diwakili oleh pemerintah pusat, dengan Negara-negara lain. Makna ini juga banyak yang menyamakan dengan konsep politik Luar Negeri, Hubungan Luar negeri, dan Politik Internasional. a. Politik Luar Negeri Suatu strategei, cara atau kebijakan dalam mengadakan hubungan dengan Negara lain, untuk tujuan kepentingan Nasional Negara yang bersangkutan b. Hubungan Luar Negeri Merupakan keseluruhan hubungan dengan Negara lain yang tidak tunduk pada kedaulatannya c. Politik Internasional Politik yang mencakup kepentingan suatu Negara, atau semua Negara Adanya kenyataan bahwa suatu Negara tidak dapat mencukupi kebutuhannya sendiri, tanpa bantuan Negara lain, misalnya Indonesia yang hari ini belum memiliki industry otomotif sendiri, sehingga membutuhkan kerja sama dengan Negara lain, seperti jepang, atau china. Sebaliknya Negara jepang yang memiliki sumberdaya alam yang terbatas, memerlukan Indonesia yang memiliki bahan baku yang besar untuk kebutuhan industry mereka. Maka kemudian dianggap sangat perlu adannya hubungan internasional dalam rangka kepentingan nasional.
Baca Juga: Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan
Hubungan internasional bagi suatu bangsa biasanya digunakan untuk misi persahabatan, kerja sama bilateral, multilateral dan regional untuk kepentingan nasional setiap Negara berdaulat. Bagi Indonesia, selain yang tersebut di atas, politik luar negeri juga digunakan sebagai jalan dalam rangka mewujudkan, dan ikut dalam menciptakan perdamaian dunia, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam kostitusi, misalnya dalam UUD NRI tahun 1945 alinea keempat, tentang tujuan Negara “…ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan, perdamaian abadi dan keaadilan sosial”. Bentuk politik luar negeri Indonesia adalah diantaranya sebagai berikut:
  1. Anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)
  2. Memprakarsai Konferensi Asia-Afrika (KAA)
  3. Salah satu pendiri Gerakan Non-Blok
  4. Ikut mengirimkan pasukan perdamaian (pasukan Garuda) dalam misi perdamaian PBB
  5. Salah satu pendiri ASEAN
  6. Aktif dalam gelaran olah raga internasional
  7. Terlibat dalam berbagai organisasi internasional, seperti OKI (Organisasi Konferensi Islaam),  OPEC (Organisasi Negara Pengekspor Minyak, APEC (Kerjasama ekonomi Asia Pasifik).
Secara umum Organisasi internasional dapat diartikan sebagai oerganisasi yang berkedudukan sebagai subyek hukum internasional dan memiliki kapasitas untuk membuat suatu pperjanjian-perjanjian internasional. Sebagai subyek hukum, organisasi internasional juga memiliki hak dan kewajiban-kewajiban yang biasanya ditetapkan dalam konferensi-konferensi internasional. Keterlibatan Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia diantaranya adalah sebagai berikut: Pada saat agresi militer belanda I, Indonesia dan Australia mengusulkan agar persoalan Indonesia dibawah ke siding umum PBB, yang selanjutnya membawa Indonesia-Belanda pada meja perundingan, (Perundingan Renville). Pada agresi militer belanda II, Indonesia-Belanda ditemukan dalam perundingan Roem Royen. Indonesia juga terlibat aktif dalam pengiriman pasukan perdamaian untuk PBB, (pasukan Garuda). Sampai saat ini dapat kita lihat pasukan perdamaian Indonesia aktif dalam konflik palestin dan Israel. Sebagai Negara terbesar dikawasan asea tenggara, Indonesia turut memprakarsai dalam pendirian oraganisasi regional tersebut. Prinsip-prinsip utama ASEAN diataranya adalah sebagai berikut: Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional dan identitas nasional tiap Negara. Tidak mencampuri urusan dalam negeri setiap Negara anggota. Dan kerja sama efektif antar negara
Baca Juga: Interaksi Aantar Negara-Negara Asean
Sebagai Negara yang merdeka, Indonesia tidak inngin terjebak dalam perang dingin antara blok timur dan blok barat, oleh karena itu Indonesia turut mendirikan gerakan non blok. Atas kontribusi Indonesia yang pernah memimpin GNB dengan prestasi yang cemerlang, Indonesia dipercaya untuk mendamaian beberapa konflik di beberapa Negara tetangga, seperti konflik berdarah di kamboja, gerakan separatisMoro di Filipina, dan sengketa laut China selatan. dll

Sumber:

1] https://peterkasenda.wordpress.com/2011/09/23/soekarno-irian-barat-dan-uni-soviet/ (dalam sumber lain, kalimat ini diucapkan oleh Ir. Soekarno. Lihat buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kemdikbud 2017, hlm. 126)

2]http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-politik-luar-negeri-bebas-aktif-dan-contohnya/

Posted by: verbal[dot]id

verbal, Updated at: 6:59 AM

Gallery Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

Sekjen Pbb Puji Peran Indonesia Dalam Jembatani Perdamaian Dunia

Makalah Indonesia Dan Perdamaian Dunia

Dinamika Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Pkn Pptx

Kumpulan Soal Essay Bab Peran Indonesia Dalam Perdamaian

Gerakan Non Blok Non Align Movement Nam Peran Indonesia

Sekjen Pbb Apresiasi Peran Indonesia Di Dewan Keamanan Pbb

Peran Indonesia Dalam Menciptakan Peramain Dunia Melalui

Hubungan Internasional Peran Indonesia Dalam Perdamaian

Dinamika Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Sesuai Denga

Dinamika Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Pendidikan

Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Peran Indonesia

Pdf Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

Peran Indonesia Dalam Upaya Perdamaian Dunia

Pelaksanaan Konferensi Asia Afrika Kaa 1955 Peran

Makalah Peran Indonesia Dalam Menciptakan Perdamaian Dunia

Menciptakan Perdamaian Dunia Ppt Download

Dk Pbb Indonesia Bisa Lebih Berperan Dalam Perdamaian Dunia

Dinamika Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Islamic

Presiden Jokowi Beberkan Peran Indonesia Dalam Jaga

Peranan Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Lifeder Indonesia

Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Peran Indonesia

Peran Indonesia Di Dunia Internasional Role Of Indonesia

Dinamika Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

Peran Indonesia Dalam Penanganan Dan Penyelesaian Konflik

Apa Saja Kontribusi Indonesia Kepada Asean Dan Pbb Galena

Indonesia Berperan Dalam Perdamaian Di Filipina Okezone News

Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia By Riyo Santo On Prezi


0 Response to "Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel