Baju Adat Kalimantan Tengah



Baju Adat Kalimantan Tengah

√ Nama Pakaian Adat Kalimantan Tengah (Kalteng) Suku Dayak Lengkap

Pakaian Adat Kalimantan Tengah – Selamat datang kembali di infosoalpelajaran yang merupakan sebuah website yang did alamnya berisi pembahasan mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan yaitu berupa soal pelajaran beserta materi pelajaran dari semua tingkatansekolah di Indonesia. Dan dalam kesempatan kali ini akan ada pembahasan mengenai pakaian adat Kalimantan Tengah.

Pakaian adat ini tentunya tidak jauh berbeda dengan pakaian adat yang ada di pualu yang sama yaitu pualu Kalimantan, seperti pakaian adat Kalimantan Utara, pakaian adat Kalimantan Barat, pakaian adat Kalimantan Selatan dan pakaian adat Kalimantan Timur. Untuk lebih jauh mengenai baju adat Kalimantan Tengah, berikut ini penjelasannya.

Nama Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Negara Indonesia terkenal memiliki berbagai macam suku yang mendiami wilayahnya dari sabang sampai merauke. Di Indonesia kita dapat menemukan suku Jawa, suku Bugis, suku Batak, suku Madura, seuku Melayu, suku Asmat dan lain sebagainya. Dan sesuai dengan yang akan kita bahas adalah Kalimantan Tengah, di dalamnya terdapat suku atau etnis yang menjadi mayoritas yaitu suku Dayak.

Suku Dayak di provinsi Kalimantan Tengah juga memiliki beberapa sub etnis, misalnya saja adalah suku Dayak Ngaju yang merupakan suku terbanyak yang mendiami wilayah Kalimantan Tengah. Selain itu pastinya ujuga ada suku lain yang mendiami wilayahnya yang merupakan hasil perpindahan ataupun yang merupakan keturunan para pedagang atau saudagar pada zaman dahulu. Dan dengan beragamnya suku ini pasti sedikit banyaknya juga mempenagruhi pakaian adat di dalamnya. Berikut ini penjelasan mengenai pakaian adat di Kalimantan Tengah:

1. Pakaian Adat Kalimantan Tengah Baju Pawang

Baju pertama yang menjadi pakaian adat khas Kalimantan Tengah adalah baju pawang. Bajuini sendiri terbuat dari serat kayu atau serat tumbuhan lainnya yang khusus dan telah dipercaya oleh masyarakat di sana bahwa tumbuhan yang digunakan memiliki ilmu magis di dalamnya. Baju ini juga dihiasi dengan berbagai macam manik-manik serta benang yang rumbai-rumbai. Baju ini sendiri biasanya di pakai oleh sorang ulama yang di pakai saat situasi membaca doa untuk meinta hujan atau meminta perlindungan apabila ada roh jahat yang mengganggu, pakaian ini juga akan di pakai saat sedang menyembuhkan seseorang yang sedang sakit.

2. Pakaian Adat Kalimantan Tengah Baju Sangkarut

Baju sangkarut ini bahan pembuatannya adalah dari serat daun nanas, serat nyamu dan juga serat dasun lemba, tentunya sangat berbeda dengan baju pawang. Selain bahannya yang berbeda, aksesoris di didalamnya juga berbeda, baju sangkarut ini menggunakan aksesoris berupa sulau atau kulit kerang. Pakaian ini sendiri pada zaman dahulu merupakan pakaian yang digunakan oleh suku Dayak saat berperang, karena bju ini sendiri memang sebagai baju perang. Akan tetapi selain untuk berperang, baju ini juga akan di pakai saat acara pernikahan  di Kalimantan Tengah.

Baca Juga : Pakaian Adat Sulawesi Utara

3. Pakaian Adat Kalimantan Tengah Baju Tenun

Baju tenun merupakan suatu hal yang menunjukan bahwa di provinsi Kalimantan Tengah juga terdapat tradisimenenun kain seperti yang ada di provinsi atau suku lain. Umumnya bahan yang digunakan oleh masyarakat di disana adalah dari serat nanas, serat nyamu atau serta lain yang merupakan khas dari pulau Kalimantan. Sebenarnya kalau kita melihat lagi, bahan yang digunakan sebagai baju tenun ini sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat baju sangakarut. Baju ini sendiri merupakan baju yang digunkan oleh masyarakat suku Dayak sebagai baju dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Pakaian Adat Kalimantan Tengah Baju Berantai

Baju ini hampir sama dengan baju sangkarut akan tetapi berbeda, walaupun sama-sama digunakan sebagai baju perang dan sama-sama khas dari Suku Dayak. Walaupun kedua baju ini sebenarnya memiliki kegunaan yang sama, namun baju berantai terbuat dari besi-besi, karena memang sudah terpengaruh dari budaya luar, karena kalau kita mengingat memang baju yang pembuatannya dari besi merupakan baju perang yang digunakan pada zaman dahulu.

5. Pakaian Adat Kalimantan Tengah Baju Anyaman Tikar

Baju perang lain dari Suku Dayak adalah Baju anyaman tikar. Akan tetapi tentuya memiliki perbedaan dan juga keistimewaan tersendiri. Baju ini sendiri bahan pebuatannya adalah dari serat kayu yang kemudian akan dilapisi dengan tulang belulang, ukiran kayu dan bisa juga kerang.

Provinsi Kalimantan Tengah ini memang memiliki bnayk sekali pakaian adat yang untuk bahan ataupun fungsinya berbeda-beda. Pastinya apakaiannya juga memiliki keunikan yang mejdiciri khasnya dan akan membedakan dari daerah lainnya. Mulai dari bahan, corak, motif, ataupun dari segala untaian benang atau segala aksesoris yang menempel.

Banyak juga pencarian terkait yang diakukan oleh orang-orang seperti baju adat kalimantan tengah, Nama baju adat kalimantan, pakaian adat kalteng, Baju adat dayak kalteng, nama pakaian adat Kalteng, baju adat kalimantan tengah full hd, apakah nama pakaian adat kalimantan, serat tumbuhan yang ada di kalimantan tengah.

Baca Juga : Pelajaran Matematika Kelas 4 SD

Video Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Demikianlah pembahasan yang dapat saya lakukan mengenai pakain adat ini,semoga dapat membantu anda semua yang sedang mencari informasi atau pengetahuan yang lebih banyak. Saya juga berpesan kepada anda semua agar selalu elestarikan pakaian adat dari Indonesia agar tidak punah tergeser zaman.

Satulagi pesan saya adalah agar anda semua selalu mengunjungi website infosoalpelajaran saat sedang mencari tahu mengenai soal pelajaran ataupun materi pelajaran darai semua tingkatan sekolah di Indonesia. Teima kasih teah membaca. Sampai jumpa lagi.

Gallery Baju Adat Kalimantan Tengah

Pengantin Adat Kalimantan Tengah

Pakaian Adat Kalimantan

Baju Pengantin Kalimantan Barat

Mms Pakaian Adat Kalimantan Tengah Boneka

Indahnya Pakaian Adat Dayak Ngaju Kalimantan Tengah

Pakaian Adat Kalimantan Tengah Lengkap Dengan Gambar Dan

Barbie Baju Adat Kalimantan Tengah

Toko Baju Adat Anak Online Paa 017 Pakaian Adat Kalimantan

11035623 935874129824746 60026274792976126 N Priscilla

Sanggar Tari Dayak Baju Kawin Adat Khas Etnik Kalimantan Tengah

5 Nama Pakaian Adat Kalimantan Tengah Dan Keterangannya

Jual Baju Adat Kalimantan Tengah Exclusive Jakarta Timur Cikibu212 Tokopedia

Peringati Hari Kartini Karyawan Garuda Gunakan Pakaian Adat

Gambar Pakaian Adat Kalimantan Barat Surat Kabar

Baju Adat Kalimantan Tengah Anak

Pakaian Adat Kalimantan Dari Berbagai Macam Daerah Wikipie

Pakaian Adat Kalimantan Tengah Beautiful Indonesia Umm

Jual Pakaian Adat Kalimantan Tengah Anak Jakarta Barat Homerun Tokopedia

Gambar Pakaian Adat Kalimantan Tengah Surat Kabar

Pakaian Adat Dayak Kalimantan Beserta Gambar Dan

5 Pakaian Adat Kalimantan Barat Dan Sejarahnya

Unik Pakaian Adat Mahasiswa Kalimantan Tengah Curi

Selisih 19 Tahun Ini 10 Gaya Hits Istri Gubernur Kalimantan


0 Response to "Baju Adat Kalimantan Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel