Daur Karbon Dan Oksigen



Daur Biogeokimia Pengertian Fungsi Dan Macam Macamnya

Daur Karbon dan Oksigen

Daur Karbon dan Oksigen Dalam kehidupan dibumi akan berlanjut tergantung pada nutrient organik dan inorganik, sehingga penting sekali bagi kedua unsur – unsur ini untuk dapat bisa didaur ulang kembali. Tujuannya agar ketersediaan kedua unsur ini bisa berlanjutdan tidak akan musnah. Dalam proses daur oksigen dan karbon mengalami keterkaitan yang saling terkait antara satu sama lain. Proses daur ini terdiri dari beberapa proses yaitu : proses respirasi, fotosintesis, kebakaran dan dekomposis.

Pada kesempatan kali ini, kita akan memahas makalah materi tentang daur karbon dan daur oksigen secara lengkap. Untuk itu mari kita simak uraiannya dibawah berikut :

Daur Karbon dan Oksigen

Pengertian Daur Karbon dan Daur Oksigen

Pengertian Daur Karbon

Daur karbon merupakan suatu aliran yang berjalan melalui berbagai dari bagian sistem di bumi baik itu melalui tumbuhan, manusia dan hewan yang terjadi secara alami.

Daur karbon merupakan proses yang memiliki peran penting dalam proses pemanfaat karbon dioksida yang berada diudara sebagai keperluan fotosintesis tumbuhan serta pembentukan karbondioksida kembali.

Karbon dioksida atau CO2 merupakan hasil dari gabungan 1 molekul karbon dengan 2 molekul oksigen dengan menggunakan gas sekitar kurang lebih 0,03%. Karbon diosida yang berada pada atmosfer berbanding terbalik dengan banyaknya tumbuhan hijau yang berada pada suatu daerah atau wilayah.

Daur Karbon

Sumber Dihasilkannya Karbon

  1. Karena Ativitas OrganismeAktivitas ini meliputi : aktivitas fotosintesis dan respirasi
  2. Karena Aktivitas AlamSeperti ketika terjadi kebakaran hutan dan erupsi vulkanik dari gunung berapi.

Baca : Daur Karbon

Pengertian Daur Oksigen

Daur oksigen ialah sebuah proses perubahan dan pertukaran secara bertahap dan terus – menerus antara karbon diosida (CO2) atau CO karbon dioksida dengan oksigen (O) melewati proses fotosintesis.

Komponen – komponen utama sebagai penyusun ekosistem yang memiliki pengaruh dalam proses terjadinya daur oksigen pada suatu alam yaitu : manusia, tumbuhan dan hewan.

Daur Oksigen

Berikut ini adalah proses daur oksigen :

  1. Pertama, pada saat terjadi proses fotosintesis, alga pada tumbuhan akan menyerap karbon dioksida yang akan menghasilkan oksigen yang dilepaskan ke atmosfer.
  2. Oksigen yang terlepas nantinya akan di hirup oleh makhluk hidup seperti manusia dan hewan melalui proses respirasi pernafasan
  3. Didalam tubuh makhluk hidup, oksigen merupakan bahan bakar untuk sari makanan yang diproses dalam metabolisme dalam tubuh.
  4. Setelah diproses dalam metabolisme, kemudian menghasilkan karbon dioksida ke atmosfer sebagai limbah dari industri.
  5. Dari industri pabrik juga bisa berlaku oksigen sebagai aktivitas bekerja dan membuang karbon diosida keatmosfer sebagai limbahnya.
  6. Dari hasil respirasi dan pembakaran dari industri pabrik, kemudian akan menghasilkan CO2 dan H2O. Yang mana dari kedua senyawa ini adalah sarana bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.
  7. Terakhir, proses diatas adalah merupakan alur dari proses daur oksigen yang terus berjalan.

Sebab – Sebab Terjadinya Daur Oksigen

Ada tiga sebab yang mendukung terjadinya proses daur oksigen, diantaranya yaitu :

  1. Respirasi (pernafasan) merupakan saran yang menghasilkan senyawa atau gas karbondioksida (CO₂)
  2. Kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil untuk kendaraan maupun mesin bermotor yang dapat menghasilkan karbonmonoksida (CO) 
  3. Pembakaran hutan yang menghasilkan asap.

Baca :  Daur Oksigen

Proses Daur Karbon dan Oksigen

Daur Karbon dan Oksigen

Proses daur karbon dan oksigen terjadi ketika unsur C (karbon) diserap oleh tumbuhan dalam bentuk CO2 (karbon dioksida). Sebab tumbuhan pada dasarnya tidak dapat menyerapnya dalam bentuk gula ataupun zat tepung. Namun sebaliknya, hewan hanya dapat memanfaatkan karbon dalam bentuk persenyawaan organik.

Unsur karbon C dan O selalu terlibat dalam bentuk proses respirasi dan fotosintesis, yaitu : dalam bentuk CO2 dan O2. Oleh karenanya, ketika kita membahas daur karbon pada dasarnya juga membahas daur oksigen juga.Pada awalnya daur karbon melakukan penyerapan terhadap senyawa CO2 oleh tumbuhan, dan dijadikan persenyawaan tersebut menjadi persenyawaan organik.

Contohnya seperti : glukosa yang melalui proses fotosintesis. Selanjutnya, glukosa disusun menjadi ainilum, laluainilsum ini diubah menjadi senyawa gula yang lain yakni : lemak, vitainin dan protein.

Didalam proses pernapasan pada tumbuhan, dapat menghasilkan carbon dioksida CO2 dan oksigen. Oleh karenanya, daur karbon yang paling pendek yaitu terjadi pada tumbuhan – lingkungan – tumbuhan.

Pada hewan ketika mau mendapatkan karbon maka dapat melalui proses ketika hewan tersebut mengkonsumsi tumbuhan.

Tubuh hewan yang mati akan terurai menjadi karbon diosida CO2, imineral dan air oleh pengurai. Karbon dioksida yang terbentuk itu kemudian dilepaskan ke udara.

Demikianlah daur karbon ini berlangsung secara terus – menerus. Daur karbon jenis ini, adalah daur karbon terpanjang yang berlangsung melewati tahap tumbuhan-hewan-pengurai-karbon dioksida di udara-tumbuhan.

Proses terjadinya daur kab=rbon dan oksigen ini yaitu ketika hewan atau tumbuhan bahkan manusia menghirup oksigen maka akan menghasilkan karbon dioksida yang terlepas atau dilepaskan diudara.

Demikianlah pembahasan makalah tentang daur karbon dan oksigen. Semoga bermaanfaat.

Gallery Daur Karbon Dan Oksigen

Siklus Karbon Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Daur Karbon 1

Daur Karbon Dan Oksigen Ppt Pdf Document

Daur Karbon Docx Document

Siklus Karbon Pengertian Macam Jenis Dan Proses Tahapan

Daur Karbon Penjelasan Dan Beberapa Tahapannya Lengkap

Pengertian Siklus Daur Karbon Kliksma Com

Siklus Cno Karbon Nitrogen Oksigen Panas Dingin Soal

Pengertian Silklus Belerang

Penjelasan Daur Karbon Dan Oksigen Lengkap

Daur Karbon Dan Oksigen Ppt

Tolong Buatin Skema Daur Karbo Dan Oksigen Nanti Tak Jadiin

Siklus Energi Siklus Materi Siklus Biogeokimia Daur

Daur Biogeokimia Karbon 6 Proses Daur Biogeokimia

Siklus Karbon Daur Carbon Dalam Biogeokimia Kamus Q

Power Point Biogeokimia

Daur Karbon C

Daur Karbon Sulfur Fosfor

Daur Biogeokimia Ppt Download

Soal Dan Pembahasan Un Materi Tentang Ekosistem Bank Soal

Daur Biogeokimia

Kamus Pengetahuan Daur Siklus Karbon Dan Oksigen

Siklus Karbon Pengertian Skema Daur Karbon Manfaat Dan


0 Response to "Daur Karbon Dan Oksigen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel