Membuat Daftar Pustaka Dari Internet



Inilah Cara Menulis Daftar Pustaka Dengan Format Yang Benar

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Saya sering melihat Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet yang salah dalam tugas makalah mahasiswa saya.

Pertama, kebanyakan format penulisan daftar pustaka dari internetnya amburadul, formatnya tidak standar. Kedua, banyak mahasiswa yang mengambil referensi dari sumber yang kurang meyakinkan. Misalnya mereka banyak mengutip dari blog yang kurang terpercaya seperti blog gratisan. Padahal yang mereka tulis adalah karya intelektual, bukan artikel biasa.

Bagaimana cara mengatasi dua masalah ini? Sebenarnya, untuk menulis format daftar pustaka dari internet yang benar tidaklah susah. 

Anda bisa tonton video rekan saya dibawah ini: Cara penulisan daftar pustaka dari internet secara otomatis menggunakan tools refferences pada MS Word:

Silakan Anda simak video diatas atau baca ulasan saya dibawah ini.

Bagaimana penulisan daftar pustaka dari internet dengan baik dan benar? Secara sederhana urut-urutannya seperti di bawah ini:

  1. Nama pengarang. Penulisan nama pengarang sama seperti aturan penulisan nama pada daftar pustaka biasa, yaitu nama depan ditulis di belakang.
  2. Tahun, tanggal dan bulan penulisan yang tercantum di situs (diberi tanda kurung)
  3. Judul. Judul tulisan diberi huruf miring.
  4. Tanggal, bulan dan tahun Akses (yaitu tanggal, bulan dan tahun ketika kita mengakses situs tersebut)
  5. Nama website (yaitu nama yang ada pada domain[.]com)
  6. Alamat situs atau blog. Alamatnya harus berupa URL (Uniform Resource Locator). URL bisa juga disebut alamat panjangnya website, Contohnya seperti ini: http://id.wikipedia.org/wiki/URL

Berikut ini saya sajikan contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet:

Aini, Ratu (2001, 15 Januari). Cara Menulis Inspiratif.  Dikutip 1 Januari 2019 dari Cara Menulis Buku: http://caramenulisbuku.com/menulis-inspiratif.html.

Bagaimana bila nama pengarangnya tidak ada? Cara menulis daftar pustaka yang tidak ada nama pengarangnya adalah dengna menulis nama instansi atau lembaga yang menerbitkan karya tulis tersebut. Namun bila tidak terdapat nama lembaga yang menerbitkannya, cukup dengan mencantumkan URL situsnya.

Mengenai masalah kedua, kekuatan referensi. Agar argumentasi kita kuat kita harus merujuk pada sumber yang asli dan terpercaya saja, bukan sumber yang asalan.

Mengambil referensi dari internet tidak boleh sembarangan. Hal ini karena tulisan di internet banyak sekali hasil kopi pas (copy-paste). Apalagi kalau kita ingin membuat sebuah karya intelektual, pertanggungjawaabannya cukup berat sehingga kita harus hati-hati dalam memilih referensi.

Ada baiknya kita merujuk pada situs atau blog besar yang menjadi rujukan banyak orang seperti website koran,  TV nasional atau internasional, website perguruan tinggi dalam atau luar negeri. Referensi berita kita ambil dari situs koran ternama, republika dot com misalnya. Atau kalau kita ingin mengutip opini seorang tokoh, kita langsung bertandang ke situs pribadinya (kalau ada).

Atau bila kita mau mengambil hasil survei politik, kita kutip dari situs LSI misalnya. Atau bila kita ingin mengambil pendapat sebuah organisasi, kita kutip langsung dari situs organisasinya.

Intinya, bila kita mengambil sebuah referensi, ambillah yang terpercaya, ambillah yang asli, tidak asalan yang hasil kopi pas. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemurnian dan kekuatan argumen tulisan. Sehingga bila kita ditanya tentang keaslian dan kekuatannya, kita jadi tidak ragu karena memang kita memiliki sumber yang kuat, punya kualitas tulisan yang baik.

Demikian posting ini saya buat. Mudah-mudahan bermanfaat. Atau tonton juga videonya: cara menulis daftar pustaka dari internet secara otomatis. Bila ada masukan dan saran silakan komentar di bawah ya.

Gallery Membuat Daftar Pustaka Dari Internet

Tutorial Singkat Membuat Daftar Pustaka Referensi Otomatis

Jangan Asal Begini Cara Menuliskan Sumber Dari Internet

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Contoh Daftar Pustaka Dan Cara Menulis Daftar Pustaka

Penulisan Daftar Pustaka

20 Contoh Daftar Pustaka Dan Cara Penulisan Daftar Pustaka

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Penulisan Daftar Pustaka

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar Beserta Contohnya

7 Contoh Daftar Pustaka Dari Internet Buku Jurnal

Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Bahan Yang Diambil Dari

Ppt Penulisan Daftar Pustaka Powerpoint Presentation Free

Contoh Daftar Pustaka Dari Blog 3 Glorios As Palavras

Cara Penulisan Daftar Pustaka

Blog Archives Limiglam1i

Cara Membuat Daftar Pustaka Blog Dewaweb

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Ms Word 100 Rapi

Cara Membuat Daftar Pustaka Internet Harian Nusantara


0 Response to "Membuat Daftar Pustaka Dari Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel