Makalah Sumber Daya Alam



Etika Lingkungan Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia

Makalah: Kelangkaan Sumber Daya Alam

Kata Pengantar

            Segala puji syukur kami limpahkan kehadirat Allah S.W.T yang telah memberikan rahmat dan bimbingannya, sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik.

            Bahan makalah ini kami susun dengan memilih dan mempertimbangkan agar terlihat menarik, makalah ini memiliki isi yang mudah untuk dipahami serta diharapkan dapat menggugah naluri kita agar semakin perduli tehadap lingkungan

            Kami menyadari makalah ini masih jauh dari kata-kata sempurna. Oleh karena itu, demi perbaikan makalah ini silahkan kirim kritik dan saran anda ke E-mail: aditiyaramadhanputra@yahoo.com

            Segala bentuk kritik dan saran yang membangun akan senantiasa kami terima dengan lapang hati. Semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.

Daftar isi

Kata Pengantar……………………………………………………………………………1

Daftar isi……………………………………………………………………………………2

Bab 1

a.      Latar belakang……………………………………………………………………3

b.      Rumusan Masalah………………………………………………………………..3

c.       Manfaat Penulisan………………………………………………………………..3

d.      Tujuan Penulisan………………………………………………………………....3

Bab 2

a.      Tijauan Kasus……………………………………………………………………4

Bab 3

a.      Tijauan Pustaka…………………………………………………………………4

Bab 4

a.      Pembahasan…………………………………………………………………….5

Bab 5

a.      Penutup…………………………………………………………………………...

b.      Kesimpulan………………………………………………………………………

c.       Saran……………………………………………………………………………..

Bab 6

a.      Daftar Pustaka………………………………………………………………….

BAB I

Pendahuluan

a.     Latar Belakang

Sumber daya alam merupakan unsur yang  sangat penting dalam kehidupan ini. Karena, tanpa adanya sumber daya alam kita mustahil dapat hidup di dunia ini, misalnya untuk makan kita mengambilnya dari alam, untuk membangun rumah kita menggunakan kayu, kayu tersebut juga berasal dari sumber daya alam dan masih banyak lainnya. Singkat kata semua kegiatan di bumi tidak terlepas dari sumber daya alam. Di Indonesia ini terdapat berbagai sumber daya alam yang melimpah, namun kita nampaknya tidak memanfaatkan sumber daya alam itu dengan baik dan juga tidak menggunakannya dengan bijaksana. Mengingat begitu pentingnya sumber daya alam tersebut maka kita seharusnya melakukan konservasi atau melestarikan sumber daya alam tersebut untuk kelangsungan hidup kita.

b.    Rumusan Masalah

Sekarang ini pengambilan Sumber Daya Alam sudah sangat berlebihan, bahkan dapat di katakana mengeksploitasi. Sehingga, Sumber daya alam baik yang dapat di perbarui atau tidak akan mengalami kelangkaan. Hal ini akan menghawatirkan karena mengingat tidak semua Sumber Daya Alam dapat di perbarui dengan cepat. Jika sudah terjadi kelangkaan, tidak menutup kemungkinan cadangan SDA akan habis.

c.      Manfaat penulisan

Agar Semua paham tentang Sumber daya alam, Penyebab kelangkaannya, dan cara menanggulanginya.

d.      Tujuan Penulisan

-          Siswa

a.       Dapat mempelajari Sumber Daya Alam secara luas

-          Sekolah

a.       Dapat menerapkan perilaku peduli lingkungan di lingkungan sekolah.

-          Mayarakat

a.       Dapat menggunakan sumber daya alam seefisien mungkin

Bab II

a.     Tinjauan Kasus

Sekarang ini sudah banyak perilaku manusia yang berlebihan, bahkan dapat di bilang mengeksploitasi alam. Sehingga dapat menyebabkan langkanya sumber daya alam di muka bumi.

Bab III

a.      Tinjauan Pustaka

Kelangkaan adalah kondisi dimana kita tidak memiliki cukup sumber daya untuk memenuhi semua kebutuhan kita. Dengan singkat kata kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa. Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit diperoleh atau ditemukan.  Kelangkaan juga diartikan jumlah alat pemenuh kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus di penuhi.

Bab IV

a.      Pembahasan

Kelangkaan adalah kondisi dimana kita tidak memiliki cukup sumber daya untuk memenuhi semua kebutuhan kita. Dengan singkat kata kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa. Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit diperoleh atau ditemukan.  Kelangkaan juga diartikan jumlah alat pemenuh kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus di penuhi.

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini. Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara seperti Indonesia, Brazil, Kongo, Sierra Leone, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam hayati atau nonhayati yang sangat berlimpah. Sebagai contoh, negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas alam sebesar sepertiga dari yang ada di dunia dan Maroko sendiri memiliki persediaan senyawa fosfat sebesar setengah dari yang ada di bumi. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam ini seringkali tidak sejalan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara tersebut

Ø Macam-macam Sumber Daya Alam

       Sumber daya alam dapa diperbarui adalam sumber daya alam yang sulit habis karena mengalami proses pembaruan dalam kurun waktu yang singkat. Sumber daya alam yang dapat diperbarui berasal dari hewan dan tumbuhan. 

       Sedangkan sumber daya alam tidak dapat diperbarui kebanyakan berasal dari bahan tambang. Contohnya, minyak bumi, batu bara, nikel dan timah.

Suber day alam juga dapat di kelompokkan menjadi 2 yaitu, sumber daya alam hayati dan non hayati.

       Sumber daya alam hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk hidup (Biotok). Contohnya, hasil pertanian, perkebunan, dan perikanan

       Sumber daya alam non-hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk tak hidup (abiotik). Contohnya, air, tanah, barang-barang tambang.

Sumber daya alam baik yang bisa di perbarui maupun tidak bisa di perbarui dapat mengalami kelangkaan.

Ø Penyebab kelangkaan

Θ       Keserakahan manusia untuk mengambil bahan tambang menyebabkan sumberdaya alam tidak dapat diperbarui cepat habis. Seperti  minyak bumi yang penggunaannya makin meningkat, sedangkan persediaan minyak bumi dalam perut bumi kian menipis.

Θ       Melakukan penebangan hutan scara berlebihan tanpa upaya untuk melakukan reboisasi dapat menyebabkan kelangkaan hutan lindung di dunia. Hal ini cukup memprihatinkan mengingat hutan merupakan paru-paru dunia.

Θ       Perburuan liar yang seakin marak menyebabkan beberapa jenis hewan terancam punah dan mengakibatkan tidak seimbangnya ekosistim. Hal ini diperparah dengan penebangan hutan secara liar yang mengakibatkan hilangnya habitat berbagai jenis hewan.

Θ       Populasi manusia meningkat tajam, dengan populasi manusia yang semakin meningkat maka kebutuhan akan tempat tinggal dan pangan juga semakin meningkat. Hal ini yang menyebapkan hutan harus rela di tebang untuk di jadikan lahan pemukiman

Θ       Peningkatan populasi manusia yang tidak seimbang dengan peningkatan kualitas manusia tersebut menyebabkan banyak terdapat lingkungan yang kumuh. Akibatnya, air bersih dan udara bersih menjadi makin langka. Hal ini deperparah dengan pembangunan pabrik yang tidak sesuai standart dan pengguna kendaraan bermotor yang makin meningkat

Θ       Perbedaan letak geografis .Sumber daya alam biasanya tersebar tidak merata di setiap daerah. Ada daerah yang subur ada juga yang kaya akan bahan tambang. Namun, ada pula daerah yang gersang atau kekurangan air. Perbadaan ini menyebabkan sumber daya menjadi langka dan terbatas, terutama bagi daerah yang tidak memiliki sumber daya yang melimpah.

Ø Cara-cara mengatasi Kelangkaan SDA

J Melakukan prinsip konservasi sumber daya alam.

 Konservasi adalah segenap proses pengelolaan suatu tempat agar makna kultural yang dikandungnya terpelihara dengan baik. Konservasi adalah pemeliharaan dan perlindungan terhadap sesuatu yang dilakukan secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan cara pengawetan. Maka konservasi sumber daya alam dapat diartikan sebagai pengelolaan sumber daya alam yang dapat menjamin pemanfaatannya secara bijaksana dan menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragamannya.

J Berlaku Arif dan bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya alam

            Berperilaku Arif dan bijan san adapt dilakukan dengan, memanfaatkan sumber daya alam dengan efisen dan efektif serta menggali yang belum terangkat. Kegiatan ini perlu dilakukan agar sumber daya yang ada tidak cepat rusak dan baru dapat dimanfaatkan secara optimal.

JPembangunan berkelanjutan

Merupakan suatu upaya terencana untuk menggunakan dan mengelola segala bentuk sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan yang berkesinambungan guna meningkatkan kualitas hidup. Pembangunan yang memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Lingkungan dapat mendukung pembangunan secara kontinue karena tersedianya sumber daya.

Bab V

a.      Penutup

Terimakasih kepada para pembaca, karena sudah  berkenan membaca makalah ini. Jika ada kurang atau lebihna kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

b.      Kesimpulan

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.

c.       Saran

Saran yang penulis dapat berikan adalah ketika pembaca membaca makalah ini kiranya pembaca dapat ikut serta melestarikan lingkungan sekitar, agar kita dapat memiliki lingkungan yang bersih dan layak untuk di tempati.

Bab VI

a.      Daftar Pustaka

Ø  http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_alam

Ø  http://www.google.com/gwt/x?hl=id&u=http://dopler99.blogspot.com/2012/02/usaha-usaha-dalam-mengatasi-kelangkaan.html&source=s&q=cara+mengatasi+kelangkaan+sumber+daya+alam&sa=X&ei=h9pkU8DWIJG9uASs54HoBQ&ved=0CCIQFjAA

Gallery Makalah Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam Pengertian Jenis Manfaat Dan Contoh Sda

Makalah Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Docx

Makalah Sda Di Indonesia Dan Pengelolaannya Makalah Sharpa

Makalah Sumber Daya Alam

17 S3 Prosiding Balitek Ksda 2012 248

Klasifikasi Sumber Daya Alam K546pmqprxn8

Makalah Game

Makalah Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Dan

Doc Pengertian Sumber Daya Alam Docx Iib Sohib Academia Edu

Tugas Makalah Analisa Sumber Daya Alam Asdal Bab1 Bab2

Makalah Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Mklah Dan

Welcome In My Blog Makalah Tentang Pengertian Sumber Daya

Pembangunan Berkelanjutan Dalam Pengelolaan Sumber Daya

Sumber Daya Alam Indonesia Pengertian Jenis Manfaat Makalah

Makalah Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Sumber Daya Alam

7 Best Mklah Images Dan Words Education

Makalah Sumber Daya Alam

Makalah Sumber Daya Alam

Makalah Sumber Daya Alam Hutan Blog Pendidikan Biologi

Makalah Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Dan

Sniksda Seminar Nasional Industri Kimia Sumberdaya Alam

Download Makalah Observasi Sumberdaya Mineral Dan Tanah

Makalah Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Makalah Sumber Daya Alam Pdf Free Download

Makalah Sumber Daya Alam Dan Lingkungan By Zharfa Setiawan


0 Response to "Makalah Sumber Daya Alam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel