Kelainan Pada Sistem Gerak



Tulang Dan Kelainan Pada Sistem Gerak Pptx Powerpoint

10 Gangguan atau Penyakit pada Sistem Gerak Manusia, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gangguan atau penyakit pada sistem gerak manusia antara lain, yaitu riketsia, osteoporosis, artritis, fraktura, kifosis, lordosis, skoliosis, osteoathritis, sklerosis lateral amiotrofik (ALS), dan tendonitis.

1. Riketsia

Riketsia

Riketsia adalah gangguan pada sistem gerak manusia yang disebabkan karena kekurangan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor sehingga proses pengerasan tulang terganggu. Penyembuhan dan pencegahan dari penyakit riketsia adalah dengan penambahan kalsium, fosfor, dan vitamin D ke dalam menu makanan. Penambahan vitamin D dapat juga diperoleh dengan berjemur di panas matahari pagi.

2. Osteoporosis

Tulang Sehat dan Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit pada sistem gerak manusia yang disebabkan karena kekurangan kalsium pada tulang. Tulang yang kekurangan kalsium akan menjadi rapuh dan mudah patah. Osteoporosis umumnya terjadi pada orang tua, sehingga penyakit osteoporosis tidak dapat disembuhkan karena orangtua biasanya menghasilkan lebih sedikit hormon, sehingga osteoblas sebagai pembentuk tulang kurang aktif.

3. Artritis

Artritis

Artritis adalah penyakit pada sistem gerak manusia khususnya pada bagian sendi karena kerusakan tulang rawan sendi. Artritis disebabkan oleh metabolisme asam urat yang terganggu, sehingga asam urat tertimbun pada sendi dan menyebabkan sakit terutama pada jari-jari tangan maupun kaki, penumpukan kapur di antara dua tulang mengakibatkan sendi sulit digerakkan dan kaku.

Penyakit artritis dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat dan kerusakan yang diakibatkannya dapat bersifat permanen. Penyakit ini belum dapat disembuhkan, dalam arti, tidak dapat pulih seperti sediakala. Pengobatan umumnya hanya untuk menghilangkan rasa sakit.

Upaya untuk mengurangi terjadinya artritis yaitu dengan mengonsumsi makanan yang seimbang.

4. Fraktura

Jenis-Jenis Fraktura

Fraktura disebut juga dengan patah tulang. Fraktura dapat disebabkan karenan tulang mengalami benturan yang keras, misalnya pada saat kecelakaan atau jatuh dari tempat yang tinggi. Untuk menyambung tulang yang patah terkadang perlu operasi dan pemberian pelat platina untuk menyatukan kembali tulang yang patah.

5. Kifosis

Kifosis

Kifosis adalah kelainan pada sistem gerak manusia dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan di bagian dada ke arah belakang. Kifosis dapat disebabkan karena penyakit (misalnya TBC dan riketsia) atau kebiasaan duduk yang salah. Kifosis parah dapat menyebabkan nyeri dan merusak bentuk punggung. Pengobatan kifosis dapat dilakukan dengan cara pemberian obat-obatan untuk menghilangkan rasa nyeri, terapi fisik, dan operasi.

6. Lordosis

Lordosis

Lordosis adalah kelainan pada sistem gerak manusia dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan ke arah depan di bagian pinggang. Orang yang mengalami penyakit lordosis memiliki pinggang yang terlihat lebih menonjol ke depan.

Penyakit lordosis dapat disebabkan karena perut penderita yang terlalu besar, riketsia, atau karena kebiasaan duduk yang salah. Penyakit lordosis yang menimpa anak-anak dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, orang dewasa yang mengalami lordosis memerlukan terapi fisik.

7. Skoliosis

Skoliosis

Skoliosis adalah kelainan pada sistem gerak manusia karena melengkungnya tulang belakang ke arah samping. Penyakit skoliosis dapat disebabkan oleh polio atau kebiasaan duduk yang salah. Pengobatan skoliosis dapat dilakukan dengan cara terapi fisik dan operasi.

8. Osteoathritis

Osteoarthritis

Osteoathritis adalah penyakit penurunan fungsi tulang pada persendian yang disebabkan karena pada ujung tulang mengalami keausan. Umumnya osteoarthritis terjadi pada orang dewasa pada usia di atas empat puluh tahun, terutama pada orang yang badannya gemuk. Osteoathritis jarang berkembang menjadi penyakit yang akut. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan pengobatan untuk mengurangi nyeri, terapi fisik, dan terkadang operasi untuk mempertahankan pergerakan sendi.

9. Sklerosis Lateral Amiotrofik (ALS)

Sklerosis Lateral Amiotrofik (ALS)

Sklerosis lateral amiotrofik (ALS) adalah penyakit degeneratif yang memengaruhi fungsi otak dan saraf tulang belakang. Akibatnya, penderita sklerosis lateral amiotrofik kesulitan dalam melakukan beberapa aktivitas, seperti berbicara, menelan, dan menggerakkan organ-organ tubuh. Untuk saat ini belum ditemukan pengobatan untuk mengatasi penyakit sklerosis lateral amiotrofik.

10. Tendonitis

Tendonitis

Tendonitis adalah penyakit sistem gerak pada manusia yang disebabkan karena tendon mengalami peradangan. Gangguan yang umum terjadi di bahu, pergelangan tangan, tumit, lutu dan siku. Tendonitis biasanya menimbulkan gejala berupa nyeri di persendian. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan pemberian obat pereda rasa sakit, penyuntikan plasma darah kaya trombosit, dan fisioterapi.

Gallery Kelainan Pada Sistem Gerak

Human Skeletal System

Types Of Artritism English For Physio

Modul Pembelajaran Sistem Gerak Makhluk Hidup

Kelainan Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Gerak Manusia

Sistem Gerak Pada Manusia Ipa Kelas 8 Web Rumah Pintar

Ppt Pptx

20 Penyakit Dan Gangguan Sistem Gerak Pada Manusia

Macam Macam Kelainan Pada Organ Gerak Pasif Tulang

Teknologi Sistem Gerak By Viki Tria Zianrini On Prezi

Gangguan Atau Kelainan Pada Sistem Gerak Bacajuga Com

Jenis Jenis Ganguan Pada Sistem Gerak Manusia Nusa Caraka

Penyakit Pada Sistem Gerak Studi Es On Line

Kesimpulan Dari Organ Gerak Kelas 5 Sdn Banaran

Kelainan Pada Sistem Gerak Dan Cara Mengatasinya Youtube

Kelainan Dan Penyakit Pada Rangka Manusia Youtube

Gangguan Kelainan Penyakit Pada Sistem Gerak Manusia

Sistem Gerak Manusia

Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Gerak Manusia

Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Gerak Dan Upaya Mencegah

Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Gerak Manusia Pptx

Kliping Kelainan Dan Gangguan Pada Sistem Gerak Pada Manusia

Kelainan Sistem Gerak Pada Manusia

Kelainan Pada Sistem Gerak Manusia

Kelainan Pada Sistem Gerak By Bella Sartika On Prezi

Soal Latihan Sistem Gerak Sub Materi Gangguan Sistem Gerak

Jenis Jenis Kelainan Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem

Sistem Gerak Pada Manusia Fungsi Jenis Jenis Dan Kelainan

Soal Otot Dan Kelainan Pada Sistem Gerak Manusia


0 Response to "Kelainan Pada Sistem Gerak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel