Cara Menghitung Skala Peta



Cara Menghitung Skala Peta Diperkecil Diperbesar

Cara Menghitung Skala Pada Peta Yang Benar

Menghitung Skala Peta – Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menghitung skala karena dianggap rumit. Padahal cara tersebut sebenarnya cukup mudah dan bahkan dapat dilakukan oleh anak SD sekalipun asalkan paham rumus-rumusnya. Pada Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus skala peta, Cara menghitung skala peta, cara untuk mencari jarak pada peta, cara untuk menghitung skala, rumus skala pada peta, rumus untuk mencari skala, skala peta, rumus bagaimana mencari jarak sebenarnya, cara untuk menghitung skala pada peta, rumus jarak peta, rumus untuk mencari jarak sebenarnya, cara untuk menghitung perbandingan skala, rumus skala matematika, rumus untuk perbandingan skala dan cara untuk mencari jarak sesungguhnya.

Umumnya, perhitungan untuk  skala peta bisa digunakan untuk menghitung jarak sesungguhnya pada wilayah yang telah digambarkan pada peta. Sebaliknya, jika dengan membandingkan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya, maka kita dapat mengetahui skala pada peta tersebut.

Baca juga: Pengertian Mean Modus Median

Sebelum membahas lebih jauh mengenai rumus skala peta, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian skala dan jarak pada sebuah peta. Nah, untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak pengertian tersebut.

  • Pengertian Jarak pada Peta Jarak pada peta ialah jarak antara satu wilayah ke wilayah lain yang terdapat pada peta mewakili jarak sebenarnya di atas permukaan bumi. Jarak pada peta ini umumnya menggunakan satuan cm.
  • Pengertian Skala Peta Skala peta ialah rasio atau angka perbandingan antara jarak dua titik pada peta dengan jarak sebenarnya di atas permukaan bumi. Skala peta umumnya menggunakan perbandingan, misalnya saja 1: 500.000 dibaca 1 cm pada peta mewakili 500.000 cm atau 5 km (jarak sebenarnya) di atas permukaan bumi.
  • Pengertian Jarak Sebenarnya Jarak sebenarnya ialah jarak sebenarnya antara satu wilayah ke wilayah lain. Jarak sebenarnya umumnya menggunakan satuan km.

Cara Menghitung Skala Pada Peta

Berikut ada beberapa yang dapat dilakukan untuk perhitungan skala:

  1. Perhitungan Dalam Skala Angka

Dalam menghitung skala angka, untuk menghitung jarak pada wilayah sesungguhnya dengan menggunakan peta, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

Rumus

Contoh menghitung jarak sebenarnya

Pada sebuah peta berskala 1:10.000.000, jarak antara kota A dan kota B adalah 5 cm. Berapakah jarak sebenarnya antara kota A dan kota B.

Jawab:

Jarak sesungguhnya = 5 cm / 1 : 10.000.000 = 5 cm × 10.000.000 / 1

= 50.000.000 cm

Sementara itu, untuk dapat mengetahui skala dengan menggunakan peta, kita dapat memakai rumus sebagai berikut.

Rumus Skala Peta Terlengkap

Contoh mencari skala peta

Jarak antara kota C dan kota D pada suatu peta adalah 8 cm. Jarak sebenarnya antara kota C dan kota D adalah 160 km. Berapakah skala peta tersebut berdasarkan satuan cm?

Jawab:

Skala = Jarak pada Peta : Jarak Sesungguhnya = 8 cm : 160 km = 8 cm : 160.000.000 cm

= 1 : 2.000.000

Baca juga: Contoh Perbandingan Senilai

  1. Perhitungan Dalam Skala Batang

Dalam  perhitungan dengan skala, kita dapat menggunakan ukuran pada batang grafis dan garis lurus yang terdapat di bawah gambar pada peta. Dalam batang garis dan batang grafis, jarak pada suatu ruas dan kolom adalah sama dan pada asing-masing ruas telah mewakili jarak tertentu.  Skala batang tentu berbeda dengan skala angka. Jika suatu peta diperkecil dengan cara difotokopi, skala batang akan masih tetap digunakan tanpa harus dikonversi. Biasanya dalam skala batang memiliki masing-masing ruas yang panjangnya 1 cm, yang akan mewakili jarak sebenarnya. Misalnya pada sebuah peta mempunyai skala 1 :  100.000, maka skala batang mempunyai panjang dengan  masing-masing ruas 1 cm.

Contoh:

Jarak antara Desa Sarirejo dengan Desa Purwoasri pada peta dengan skala batang adalah 4 ruas. Satu ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka berapa jarak kedua desa sesungguhnya?

Jawab:

Karena setiap ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka jarak kedua desa adalah: 4 × 1 km = 4 km.

Rumus skala peta yang sudah kami sebuatkan di atas, pastinya bisa menambah pengetahuan anda. Dengan mengetahui rumusnya maka anda bisa menghitung jarak sebenarnya dan skala dengan mudah. Sekian, terima kasih atas perhatiannya.

Advertisement
  • Menghitung Diagram Lingkaran – Diagram lingkaran banyak dijumpai di berbagai soal matematika. Pelajaran matematika tentang diagram...

  • Menghitung Keliling Lingkaran – Pada kesempatan kali ini saya akan menguraikan sedikit tentang cara menghitung  keliling...

  • Standar Deviasi – Varian dan standar deviasi (simpangan baku) merupakan ukuran-ukuran variasi data statistik yang paling...

  • Perbandingan Senilai – Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang cara menghitung logaritma tanpa menggunakan kalkulator dengan mudah,...

  • Volume Silinder – Dalam bidang matematika, ada  berbagai bentuk dan benda yang mempunyai rumus dan cara...

Gallery Cara Menghitung Skala Peta

Cara Menghitung Skala Peta Yang Benar

Pengertian Peta Dan Cara Mudah Menghitung Skala Pada Peta

Cara Menghitung Skala Peta Beserta Rumus Dan Contoh Soal

Skala Peta Jenis Jenis Bentuk Dan Cara Perhitungan Skala

Cara Menghitung Skala Skala Angka Dan Batang Beserta Soal

1b Menghitung Skala

Menghitung Skala Pada Peta Dan Contoh Soalnya

Contoh Soal Skala

Menghitung Derajat Kemiringan Lereng Peta Topografi Docx

Skala Peta Jenis Rumus Dan Contoh Perhitungan Skala

Matematika Archives Sumberilmu

Cara Menghitung Jarak Di Google Maps

Pengertian Skala Rumus Contoh Soal Dan Jawaban Pembahasan

Rumus Cara Menghitung Skala Peta Dengan Baik Dan Benar

Rumus Skala Peta Dan Cara Menghitung Skala Peta

Rumus Cara Menghitung Skala Gambar Peta Jarak Sebenarnya

Cara Mencari Skala Peta Kelas V Sd Pak Mono

Enjoy Geography Menghitung Skala Peta 3

Pengertian Skala Rumus Skala Dan Cara Menghitung Skala Peta

Skala Peta Ppt Pembelajaran Matematika Pptx Powerpoint

Cara Menghitung Skala Peta Yang Benar

Skala Peta Pengertian Manfaat Cara Menghitung Soal

Menghitung Skala Peta 2 Blog Guru Geografi Man 1 Gunungkidul

Cara Menghitung Skala Peta Yang Benar Cara Cara Cara

Rumus Cara Menghitung Skala Gambar Peta Jarak Sebenarnya


0 Response to "Cara Menghitung Skala Peta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel