1 Mil Berapa Meter



Milligrams And Grams Converter Mg To G

Penjelasan Lengkap: Satu Mil Berapa Meter?

Ditulis oleh Pesona Susanti Kamis, 27 Desember 2018
Jika Anda berjalan-jalan di Inggris, akan ada papan penunjuk jalan yang mengindikasi seberapa jauh suatu lokasi dari lokasi Anda saat ini. Misalnya saja dari Knightsbridge ada penunjuk jalan ke arah kanan untuk ke Hype Park Corner, Central London sejauh 1 mil. Di bagian satunya, ada pula penanda ke arah kiri yang menyatakan bahwa 9 mil lagi menuju Hounslow. Tujuan adanya papan ini adalah untuk mendapat informasi. Tapi, bisa jadi justru kita yang menjadi tambah bingung, satu mil berapa meter ya?
Baca Juga : Tahukah Anda 1 Are = meter ?
Mempertanyakan satu mil berapa meter memang sangatlah masuk akal bagi penduduk Indonesia. Hal ini disebabkan satuan pengukuran ini tidak lazim digunakan di negara kita. Oleh karenanya jika di papan penunjuk jalan tertera 1 mil, kita masih akan kesulitan mengira-ngira sejauh mana lagi perjalanan kita bukan? Mari kita bahas sedikit sejarah dan bagaimana mil itu pertama kali digunakan di negara dunia, akan dibahas singkat dalam artikel ini. Setelah pembahasan tersebut barulah pertanyaan Anda akan dijawab dengan disertai alasan yang masuk akal.
Mil adalah salah satuan unit sistem imperial yang digunakan di beberapa negara, khususnya Inggris, persemakmuran Inggris dan Amerika Serikat. Dulunya mil (atau yang dalam Bahasa Inggris disebut mile) disingkat dengan m. Akan tetapi, berhubung salah satu Standar Internasional (SI) untuk jarak adalah meter (metre) dan juga disimbolkan dengan m, saat ini mil lebih sering ditulis singkat menjadi mi. Pengecualian untuk Inggris, karena di negara yang biasa dijuluki “the Three Lions” ini, mil masih disingkat menjadi m dalam papan-papan penanda jalan.
Secara historis, mil banyak digunakan di kebudayaan kuno. Misalnya saja di Roma, dimana mil berasal dari kata mille passus yang secara harfiah bermakna jaraknya seribu. Jadi, berdasarkan kebudayaan Romawi, 1 mil adalah jauhnya jarak yang ditempuh ketika kita melangkahkan kaki kiri seribu kali. Dengan demikian, 1 mil adalah 1000 kaki. Jarak tersebut dapat diaproksimasi ke 1.481 meter. Sementara itu di Inggris kuno, I mil dihargai sebagai 1.524 meter. Berbeda dengan keduanya, I mil di Irish dulunya adalah sebesar 2.048 meter.
Selain contoh diatas, perbedaan tentang satu mil berapa meter juga dijumpai di Arab, Belanda, Skotlandia dan masih banyak negara lagi. Oleh karena itu, pada tahun 1959 dilakukanlah konvensi nasional yang bertujuan untuk menyamakan persepsi di antara negara-negara pengguna sistem unit mil. Dari hasil kesepakatan, disetujui bahwa nilai unit 1 mil yang tepat adalah 1.609,344 meter. Jika dikonversi ke dalam yard, nilai ini setara dengan 1.760 yards. Selain itu, 1 mil bisa juga disebut sebagai 5.280 kaki. Demikianlah penjelasan kami, mudah-mudahan Anda tidak bingung lagi mencari tahu konversi mil ke meter.

Gallery 1 Mil Berapa Meter

Fuel Consumption Calculate Liter Km

Besaran Panjang Ppt Download

Manual For Atn X Sight Ii Hd Smart Rifle Scops Atn Manuals

1 Mil Berapa Meter Pak Mono

Petunjuk Praktis Bagi Nelayan

5 Mhz

1 Mil Berapa Km Tutorial Valid

2 4 Kilometres To Miles Converter 2 4 Km To Mi Converter

Can I Convert Par Photo Active Radiation Value Of Micro

Moa Vs Mrad

Convert Cm To Mm Millimeters To Centimeters 10 Mm In 1 Cm

Unit Converter Measurement On The App Store

From 1 000 000 To Graham S Number Wait But Why

Skripsi Terbaru Konversi Satuan Panjang Luas Volume Dan

Unit Converter Measurement On The App Store

Explore Easyeda

Hardness Testing Insight Struers Com

Textile Fabric Weight And Conversions G M Gsm Oz Yd

1 Mil Berapa Km Laut


0 Response to "1 Mil Berapa Meter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel