Perbedaan Meiosis Dan Mitosis



Pembelahan Sel

Pembelahan Mitosis dan Meiosis – Pengertian, Tahap, dan Perbedaannya

Pembelahan Mitosis dan Meiosis – Menurut ilmu biologi, mitosis & meiosis merupakan proses pembelahan sel. Namun, keduanya mempunyai perbedaan. Mitosis yaitu pembelahan yang diawali dengan kariokinesis dan diteruskan dengan sitokinesis yang sering disebut pembelahan sitoplasma. Sementara meiosis adalah pembelahan sel yang juga melibatkan nucleus dalam mekanismenya. Salah satu hal yang berbeda antara pembelahan mitosis dan meiosis adalah tempat terjadinya proses tersebut. Apa saja tahapan dan perbedaan dari kedua jenis pembelahan itu?

Tahapan Pembelahan Mitosis  :

Pembelahan mitosis terjadi di dalam eukariota dengan mekanisme pembelahan inti (nucleus). Prosesnya melalui empat tahapan yaitu dimulai dengan tahap pertama yang disebut profase. Setelah selesai dilanjutkan ke tahap pembelahan sel mitosis kedua yaitu metaphase. Tahap ketiga adalah anaphase dan diakhiri dengan proses telofase. Diantara dua proses pembelahan yang dilakukan, sel akan mengalami masa istirahat atau interfase.

Profase ditandai dengan memendeknya benang kromatin kemudian menebal untuk membentuk kromosom. Metaphase akan ditandai dengan tersebarnya kromosom di tengah-tengah sel dan benang spidel terlihat lebih tipis. Anaphase menyebabkan sentromer terbelah dan pemisahan dua kromatid yang berjalan menuju dua arah yang berlawanan. Tahap telofase akan membentuk membran sel inti baru.

Tahapan pembelahan mitosis berfungsi untuk perbaikan jaringan dalam tubuh pada spesies multisel. Pembelahan sitoplasma adalah awal terjadinya pembesaran dimensi atau ukuran tubuh selama masa pergantian & perkembangan sel yang telah rusak bahkan mati. Proses mitosis & pembelahan sitoplasma menghasilkan dua sel yang baru dari satu sel lama. Pembelahan mitosis dan meiosis mempunyai jenis reproduksi yang berbeda.

Tahapan Pembelahan Meiosis :

Meiosis sering disebut pembelahan reduksi karena menyebabkan jumlah kromosom terpangkas setengahnya pada akhir proses. Berbeda dengan pembelahan mitosis yang hanya membutuhkan sekali proses, meiosis terbagi menjadi dua pembelahan yang dilakukan berturut-turut. Tahapan dimulai dengan meiosis I tanpa adanya masa istirahat singkat dan duplikasi kromosom. Tahap pembelahan pertama yaitu profase I menuju metaphase I kemudian anaphase I dan telofase I yang masih berlanjut ke tahap meiosis II dengan rangkaian urutan yang sama. Ini adalah satu contoh perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis.

Hasil meiosis berupa dua sel yang tergabung menjadi satu sel jenis diploid yang membentuk individu baru. Perbedaan-perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dapat dilihat dari aspek lain selain definisi & tahapannya. Dari perbandingan gambar pembelahan mitosis dan meiosis saja anda sudah bisa melihat perbedaan kromosom. Tipe reproduksi mitosis adalah aseksual sementara meiosis menggunakan reproduksi bersifat seksual.

Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis :

Sifat individu baru atau anak yang dihasilkan dari pembelahan mitosis yaitu memiliki sifat identik dengan induknya. Meiosis mewariskan sifat cenderung berbeda pada sel anak karena gabungan antar kedua induk. Berdasarkan jumlah pembagian juga berbeda antara pembelahan mitosis dan meiosis. 2n (dua sel) diploid adalah hasil mitosis, sementara meiosis akan menghasilkan 4 sel yang sifatnya haploid (n). Centromeres berpisah saat tahap anaphase untuk proses mitosis. Hal tersebut tidak terjadi ketika pembelahan miosis karena perpisahan centromeres terjadi ketika anaphase II.

Baca juga : Morfologi Adalah

Pembetukan tetrad hanya berlaku pada profase I untuk meiosis saja. Itulah beberapa hal yang membedakan pembelahan sel mitosis dan meiosis. Pertumbuhan ekor cicak yang sudah terputus merupakan salah satu contoh penyembuhan dari pembelahan mitosis dalam upaya mengatasi sel rusak. Baik meiosis ataupun mitosis banyak terjadi pada kelompok binatang, jamur dan tumbuhan lainnya. Jika anda ingin mempelajarinya lebih detail bisa dengan membaca banyak buku-buku biologi. Ebook-ebook biologi gratis juga sudah banyak ditawarkan secara online.

Gallery Perbedaan Meiosis Dan Mitosis

Tabel Perbedaan Pembelahan Mitosis Dan Meiosis Pengertian

Proses Meiosis Penjelasan Pembelahan Meiosis Pembelahan

Empat Macam Perbedaan Pembelahan Sel Mitosis Dan Meiosis

Matloyo Perbedaan Miosis Dan Mitosis

Tabel Perbedaan Pembelahan Sel Secara Mitosis Dan Meiosis

Perbedaan Mitosis Dan Meiosis Pengertian Tujuan Beserta

Perbedaan Mitosis Dan Meiosis Dalam Bentuk Tabel

Kd 3 3 Xii

Tabel Perbedaan Meiosis Dan Mitosis Usaha321 Net

Mitosis Adalah Pengertian Proses Tahap Perbedaan Gambar

Mitosis Dan Meiosis Reljzkwzrd41

5 Perbedaan Mitosis Dan Meiosis Secara Umum Masih Ingat Tidak

Perbedaan Mitosis Dan Meiosis Dalam Bentuk Tabel Tabel

Top Rating Gambar Mitosis Dan Meiosis Koleksi Gambar Png

Proses Meiosis Penjelasan Pembelahan Meiosis Pembelahan

Pembelahan Sel Jenis Mitosis Meiosis Perbedaan Fungsi

7 Perbedaan Mitosis Dan Meiosis Youtube

Reproduksi Sel Pembelahan Sel Bagian 1 Perbedaan Sekilas Antara Amitosis Mitosis Dan Meiosis

Sap Biologi Dasar Braw 4 Doc Satuan Acara Pengajaran Mata

Doc Mitosis Dan Meiosis Yudika Fristiwa Academia Edu

Pembelahan Mitosis Dan Meiosis Pengertian Tahap Dan

Mitosis Adalah Mitosis Pengertian Ciri 2019 11 22

Tabel Perbedaan Pembelahan Mitosis Dan Meiosis Pengertian


0 Response to "Perbedaan Meiosis Dan Mitosis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel