Berapa Rakaat Sholat Tahajud



Niat Dan Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunah Rosul

Berapakah Rakaat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah dan Hadits

Materi Islam – Sebelum membahas secara lebih detail mengenai Berapakah Jumlah Rakaat Sholat Tahajud yang dianjurkan sesuai dengan Sunnah dan Hadits Shahih, maka ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Mukmin terlebih dahulu untuk mengenal lebih jauh tentang Sholat Tahajud yang merupakan salah satu Sholat Sunnah Malam didalam Ajaran Islam yang sangat dianjurkan sekali untuk dikerjakan dan dilakukan bagi Orang – Orang Yang Beriman (Umat Muslim).

Perintah Mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud ada didalam Al Qur’an Surat Al-Isra Ayat 79 bahwa Allah SWT berfirman berbunyi : ” Dan di Sebagian Malam hari bersholat tahajud-lah km sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah – mudahan Tuhan-mu mengangkat km ke tempat terpuji (QS. Al Isra Ayat 79) ”. Firman Allah SWT diatas menjadi salah satu bukti bahwa Sholat Sunnah Malam Tahajud itu telah diperintahkan dan dianjurkan untuk dikerjakan sebagai salah satu Ibadah tambahan bagi Setiap Muslim selain Sholat Wajib Lima Waktu.

Yang mesti kalian ketahui juga bahwa Sholat Sunnah Tahajud ini harus dilakukan di Malam Hari dan waktu sholat sunnah tahajud lebih tepatnya dimulai ketika memasuki waktu sholat wajib isya sampai sebelum masuk waktu imsak (sebelum sholat subuh). Selain itu ketentuan dan syarat mengerjakan sholat sunnah tahajud lainnya ialah harus dilakukan dengan tidur terlebih dahulu (walaupun tidurnya hanya sebentar saja) karena jika kalian mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud tanpa tidur terlebih dahulu, maka itu bukan Sholat Sunnah Tahajud, melainkan Sholat Sunnah Malam biasa.

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Menurut Hadits dan Sunnah

Kemudian untuk informasi mengenai Jumlah Rakaat Mengerjakan Sholat Tahajud yang benar menurut sunnah rasulullah saw dan hadits – hadits shahih ialah dilakukan dengan Minimal Rakaat Sholat Sunnah Tahajud sebanyak 2 Rakaat dan Maksimal Rakaat Sholat Sunnah Tahajud sebanyak 12 Rakaat. Dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits – Hadits Shahih dibawah ini.

Hadits Shahih dari Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yg berbunyi : ” Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam biasa mengerjakan Sholat malam sebanyak 13 Rakaat (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Selain itu bisa lihat dan baca juga Hadits dari Zaid bin Kholid Al Juhani bahwa : ” Aku pernah memperhatikan Sholat Malam yg dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Beliaupun mengerjakan 2 Rakaat Ringan, setelah itu Beliau mengerjakan 2 Rakaat yg panjang-panjang. Lalu Rasulullah SAW mengerjakan Sholat 2 Rakaat yg lebih ringan dari sebelum-nya. lalu Beliau mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelum-nya. Beliau pun mengerjakan Sholat 2 Rakaat yg lebih ringan dari sebelumnya. Lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelum-nya. Lalu Terakhir Beliau Berwitir 1 Rakaat hingga jadilah Beliau mengerjakan Sholat Sunnah Malam sebanyak 13 Rakaat (Hadits Riwayat Muslim) ”.

Selain Hadits – Hadits Shahih diatas baca dan lihat juga Hadits Shahih dari Ibnu Umar Ra bahwa ia berkata : Ada seseorang yg bertanya pada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam tentang Sholat Malam, lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Sholat Malam (Tahajjud) itu 2 Rakaat 2 Rakaat. Jika salah seorang dari kalian Khawatir akan masuk waktu Subuh, maka hendak-lah ia tunaikan Sholat Sunnah Witir 1 Rakaat sebagai Penutup bagi sholat yg sudah dilakukan sebelumnya (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Hadits Shahih dari Ibnu Umar Ra yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim diatas maksudnya ialah mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud secara Dua Rakaat – Dua Rakaat (2 Rakaat 1 Salam) sehingga jika kalian akan mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud sebanyak 4 Rakaat maka dilakukan sebanyak 2 kali dan jika Sholat Sunnah Tahajud dikerjakan dengan 6 Rakaat maka dilakukan sebanyak 3 kali karena Sholat Sunnah Tahajud itu dilakukan tiap 2 Rakaat dengan 1 Salam didalamnya.

KESIMPULAN :

Bahwa didalam Jumlah Rakaat Sholat Sunnah Tahajud Yang Benar sesuai dengan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan Hadits – Hadits Shahih ialah : Sholat Sunnah Malam Tahajud itu dikerjakan dengan Minimal Rakaat sebanyak 2 Rakaat dan Maksimal Rakaat bisa dikerjakan sebanyak 12 Rakaat, dan Cara Sholat Tahajud itu dilakukan dengan masing – masing 2 Rakaat terdapat 1 salam didalamnya sehingga jika kalian akan mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud sebanyak 4 Rakaat, maka dilakukan sebanyak 2 kali.

Demikianlah pembahasan Materi Islam mengenai Berapakah Jumlah Rakaat Sholat Sunnah Tahajud Yang Benar menurut Hadits dan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Semoga saja apa yang telah dijelaskan dan dituliskan disini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Pembaca Online Muslim karena tidak bisa dipungkiri bahwa ulasan ini pastinya masih banyak dibutuhkan oleh Masyarakat Muslim di Indonesia.

Gallery Berapa Rakaat Sholat Tahajud

Cara Mengerjakan Solat Sunat Tasbih Ada Kelebihan Doa

Cara Solat Tahajjud Yang Betul Mudah Ringkas Ada Doa

Doa Niat Sholat Tahajud Dan Tata Cara Tahajud Manfaat

Berapa Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Yang Benar Ternyata Ini

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Yang Benar Menurut Agama Islam

Solat Sunat Tahajjud Panduan Lengkap Ejaan Rumi

Staffeko Blog

Doa Sesudah Sholat Tahajud Syarat Jumlah Rakaat Serta

Solat Sunat Tarawih Lapan Rakaat Oh Media

Tata Cara Sholat Tahajud Dan Witir Lengkap Disertai Niat

Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Tahajud Shalat Laduni

Doa Sholat Tahajud Dan Artinya Sesuai Sunnah Niat Tata

Cara Solat Tahajjud Yang Betul Mudah Ringkas Ada Doa

Solat Sunat Tahajjud Shafiqolbu

Shalat Tahajud Sebaiknya Dilakukan Berapa Rakaat Islami

Uwais Hijab Pusat Posts Facebook

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Yang Benar Menurut Agama Islam

Tata Cara Sholat Tahajud Dan Witir Berapa Jumlah Rakaat

Niat Dan Tata Cara Shalat Tahajud Lengkap Beserta Bacaan

Tata Cara Sholat Tahajud Doa Sholat Tahajud Niat Waktu

Tata Cara Sholat Tahajud Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

Benarkah Jumlah Rakaat Shalat Tahajud Tidak Ada Batasnya

Cara Solat Tahajjud Yang Ringkas Dengan Bacaan Doa

Solat Sunat Tahajjud Panduan Lengkap Ejaan Rumi

Cara Sholat Tahajud Dan Bacaan Doa Lengkap Citizen6

Tata Cara Shalat Tahajud Sesuai Sunnah Nabi Lengkap Dengan

Berapa Batasan Rakaat Dalam Sholat Tahajud Dream Co Id

Doa Niat Sholat Tahajud Dan Tata Cara Tahajud Manfaat

Tata Cara Sholat Tahajud Dan Witir Lengkap Disertai Niat


0 Response to "Berapa Rakaat Sholat Tahajud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel