Struktur Daun Dan Fungsinya



Daun Adalah Fungsi Jenis Struktur Bagian Klasifikasi

Jaringan Pada Daun

Jaringan yang Terdapat Pada Daun – Daun adalah salah satu bagian tumbuhan yang mempunyai bentuk lembaran yang sangat pipih dan berwarna hijau apabila terkena cahaya ataupun udara secara langsung.

Pada umumnya, daun ini tumbuh dibagian batang dan juga ranting. Daun dapat terbentuk dari proses pertumbuhan meristem primer yang terdapat pada batang kemudian berdiferensiasi menjadi sebuah jaringan yang berfungsi menyusun daun.

Daun memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis pada tumbuhan untuk menghasilkan zat organik yang sangat diperlukan didalam semua sel pada tumbuhan.

Secara anatomi, daun tersusun atas jaringan epidermis (atas dan bawah), jaringan parenkim atau mesofil (palisade dan bunga karang), dan juga jaringan pengangkut (xilem dan floem).

Berikut ini terdapat beberapa struktur dan jaringan yang menyusun daun beserta dengan penjelasannya, yaitu sebagai berikut :

1. Jaringan Epidermis

Epidermis yang terdapat didalam daun terletak dibagian permukaan daun tersebut atau lebih tepatnya berada diatas dan dibawah daun, yang terdapat dibagian atas daun dikenal juga dengan sebutan permukaan Adaksial.

Peran utama dari jaringan ini yaitu sebagai pelindung dari jaringan yang terdapat dibawahnya dari berbagai kerusakan. Baik itu dari kerusakan mekanis, paparan cahaya matahari, patogen, perubahan suhu yang sangat ekstrem, dan juga berfungsi sebagai pintu keluar dan masuknya zat.

Terdapat modifikasi dari jaringan epidermis yang berfungsi sebagai penyusun daun, yaitu antara lain :

A. Kutikula

Kutikula merupakan salah satu bagian yang mengalami suatu penebalan seperti lilin yang terdapat dibagian epidermis atas pada daun.

Bagian ini berfungsi sebagai salah satu jaringan yang ada di bawahnya serta mencegah penguapan, sehingga bagian ini dapat mengurangi kehilangan air melalui jaringan epidermis atas.

Baca Juga : Fungsi Epidermis

B. Stomata

Stomata merupakan salah satu bagian dari daun yang disebut sebagai mulut daun yang terbentuk dari lapisan epidermis bawah pada daun. Fungsi dari stomata ini sendiri adalah digunakan sebagai tempat pertukaran gas ataupun pertukaran air.

Bagian stomata yang terdapat dibagian permukaan daun yang menyebar hampir keseluruh permukaannya dan memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan bagian permukaan di atas daun.

C. Trikomata

Trikomata ini kerap disebut sebagai sel-sel rambut halus, dimana bagian ini mengalami proses pembentukan yang terjadi pada bagian epidermis atas atau pun bawah bagian daun. dan

Bagian ini mempunyai fungsi didalam upaya pencegahan dari terjadinya suatu proses penguapan yang kerap melampaui batas atau sangat berlebihan, sehingga akan berpengaruh dalam mengurangi air yang terkandung didalam tumbuhan.

D. Bulliform dan velamen  

Didalam kedua dari bagian ini juga mempunyai peran yang tidak kalah penting yang terdapat pada tumbuhan khususnya dibagian epidermis pada daun.

Blliform dan velamen merupakan salah satu bagian dari sel yang digunakan didalam upaya melakukan proses penyimpanan air yang memiliki ukuran cenderung lebih besar dibandingkan dengan ukuran sel epidermis lain.

Baca Juga : Fungsi Daun Pada Tumbuhan

2. Jaringan Parenkim

Parenkim yang bertugas dalam menyusun daun disebut sebagai mesofil daun atau daging daun, hal ini disebabkan karena bagian ini mengisi sebagian besar ruang yang terdapat pada daun. Macam-macam parenkim yang menyusun daun terdiri dari :

  • Pole Netrwork (Jaringan Tiang), bagian ini sering disebut sebagai jaringan palisade yang memiliki bentuk memanjang, tersusun rapi serta rapat dan berada di bawah epidermis bagian atas daun.
  • Spons (Jaringan Bunga Karang), bagian ini sering dosebut sebagai jaringan spons, sebab memiliki bentuk yang menyerupai hexagonal seperti yang terdapat pada sel-sel parenkim dan tersusun sangat longgar bahkan lebih berongga dibandingkan palisade.

3. Jaringan Kolenkim

Kolenkim sering disebut sebagai jaringan penyokong atau penguat yang terletak dibagain tulang daun serta terdapat diantara jaringan parenkim pada bagian lumen daun.

Sesuai dengan namanya, jaringan ini berfungsi untuk menguatkan atau menyokong dari bentuk daun baik itu dari terpaan angin ataupun faktor-faktor lainnya.

4. Jaringan Pengangkut

Jaringan pengangkut yang terdapat pada daun merupakan bentuk akhir dari xilem dan merupakan permulaan dari floem. Terdapat unsur hara yang berasal dari bagian akar yang di proses di dalam sebuah daun akan menjadi zat organik.

Zat organik yang dihasilkan oleh unsur hara tersebut akan dikirim ke sel-sel tubuh melalui sebuah floem, sedangkan zat sisa yang terdapat didalamnya akan di buang melalui daun.

Oleh sebab itu, pada daun sering di temukan sebuah kelenjar yang dapat menghasilkan minyak dan mempunyai bau yang sangat khas.

Baca Juga : Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Apa yang dimaksud dengan Xilem dan Floem?

Xilem adalah sebuah pembuluh yang berfungsi untuk mengantarkan hasil air dan juga mineral yang berasal dari akar ke daun. Sementara itu, floem adalah sebuah pembuluh yang berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis yang berasal dari daun ke seluruh permukaan tubuh dari tumbuhan.

Apa saja yang termasuk kedalam kelompok struktur terluar dari Daun?

1. Pelepah Daun, berfungsi untuk mendudukkan atau menyangga daun pada batang. 2. Tangkai Daun, berfungsi sebagai penghubung antara pelebah daun dan dan helai daun.

3. Lemina, merupakan bagian yang menyebabkan daun memiliki fungsi sebagai tempat dari fotosintesis.

Gallery Struktur Daun Dan Fungsinya

Pengertian Daun Adalah Fungsi Struktur Bagian Dan

Pengertian Fungsi Dan Struktur Daun Serta Jenis Daun

Belajar Anatomi Daun Dan Fungsinya Bagi Pertumbuhan Tanaman

Struktur Dan Fungsi Jaringan Daun Terlengkap Dosenbiologi Com

Struktur Daun Dan Fungsinya

Fungsi Dan Struktur Daun Tumbuhan

Flipbook Struktur Jaringan Tumbuhan Pages 1 10 Text

Pengetahuan Umum Struktur Daun Dan Fungsinya Pada Tumbuhan

Fungsi Daun Pengertian Struktur Jenis Contohnya Lengkap

Aulia S Blog Struktur Fungsi Daun

10 Struktur Dan Fungsi Kloroplas Lengkap Penjelasannya

Jaringan Pada Daun Struktur Fungsi Jenis Gambar

Perbedaan Dan Persamaan Struktur Daun Dikotil Dan Monokotil

Pengertian Fungsi Dan Struktur Daun Serta Jenis Daun

Struktur Daun Dan Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Anatomi Daun Makalah Fungsi Struktur Gambar Perkembangan

Fungsi Daun Pengertian Struktur Bagian Morfologi Dan Gambar

Struktur Dan Fungsi Daun Pada Tumbuhan Gambar

Bagian Bagian Struktur Morfologi Dan Anatomi Tumbuhan

Jaringan Batang Tumbuhan Dikotil Monokotil Struktur Fungsi

Pengertian Daun Adalah Fungsi Struktur Bagian Dan

Pengertian Definisi Struktur Daun Dan Fungsinya Dunia Tumbuhan

Struktur Dan Fungsi Jaringan Daun Tumbuhan Your Chemistry A


0 Response to "Struktur Daun Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel