Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Pemerintah Kab Lombok Barat
DOWNLOAD~ INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH (PKKS) SD,SMP,SMA
Kepala sekolah sebagai leader mempunyai peran terpenting dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki kompetensi sebagai leader /kepemimpinan yang handal. Keberhasilan penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah merupakan implikasi cermin dari pelaksanaan pembinaan atas kinerja dari seorang leader (kepala sekolah) secara kontinue.
Dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan seperti tersebut di atas, maka sangat perlu untuk dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), karena kepala sekolah sebagai leader merupakan kunci utama kemajuan pada lembaga pendidikan seperti diatur dalam Permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah dan Madrasah. Buku Pedoman Penilaian Kepala Sekolah
Terkait dengan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS), berikut admin sampaikan instrumen penilaian kinerja kepala sekolah sebagai berikut :
Petunjuk: Pilihlah jawaban terhadap pertanyaan/pernyataan dibawah ini dengan cara menyilang (X) pada huruf jawaban yang sesuai.
A. Sub Kompetensi Kepribadian dan Sosial
| Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah, yang ditunjukkan dengan perilaku/sikap/tindakan berikut ini: a. melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya. b. sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah. c. empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah. d. kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun. e. pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya. |
| | |
| | |
| | |
| | |
| Melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai Kepala Sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas yang ditunjukkan dengan sikap/perilaku dan pola pikir ataupun pola tindak berikut ini: a. jujur (tidak ada temuan dan penyimpangan dalam pelayanan sekolah). b. bekerja penuh ketulusan dengan ciri tidak mengeluh, tidak pamrih dan bekerja tepat waktu. c. memiliki komitmen yang tinggi (ada bukti program dan keterlaksanaannya serta kemauan yang keras untuk memelihara tanggung jawab, dilihat dari prestasi sekolah selama kepemimpinannya). d. menunjukan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang dibuktikan dalam buku catatan kasus dan solusinya. |
| | memiliki 4 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | memiliki 3 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | memiliki 2 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | ada bukti-bukti ketidakjujuran dalam pelayanan sekolah |
| Melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas, yang ditunjukkan dengan bukti berikut: a. tersedia media untuk menyampaikan pendapat, kritik dan saran misalnya kotak saran atau media elektronika lainnya. b. memiliki notulen dan daftar hadir dalam penyusunan program sekolah. c. memiliki media informasi tentang pengelolaan keuangan sekolah d. memiliki sistem informasi manajemen yang bisa diakses oleh seluruh warga sekolah. |
| | memiliki 4 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | memiliki 3 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | memiliki 2 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | hanya memiliki 1 bukti lengkap dan meyakinkan |
| Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai Kepala Sekolah, yang ditunjukkan dengan bukti berikut: b.memiliki kemampuan menghadapi masalah. c. memiliki kemampuan memecahkan masalah. d.memiliki kemampuan mengelola tantangan baru. |
| | |
| | |
| | |
| | |
| Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Dibuktikan dengan: a. Berperan aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan b. Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di bidang keagamaan, kesenian, olah raga atau kegiatan lainnya c. Aktif dalam pelaksanaan program pemerintah di bidang sosial kemasyarakatan. |
| | memiliki 3 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | memiliki 2 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | memiliki 1bukti lengkap dan meyakinkan |
| | Tidak ada bukti yang lengkap dan meyakinkan |
| Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain, yang ditunjukkan dengan bukti berikut: a. simpati/tenggang rasa terhadap orang lain. b. empati/sambung rasa kepada orang lain. c. peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain. d. objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah. |
| | memiliki 4 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | memiliki 3 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | memiliki 2 bukti lengkap dan meyakinkan |
| | hanya memiliki 1 bukti lengkap dan meyakinkan |
| Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah. Ditunjukkan dengan bukti sebagai berikut: a. Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat b. Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, DUDI, dan masyarakat c. Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat d. Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif. |
| | |
| | |
| | |
| | ada bukti ketidakjujuran dalam pelayanan sekolah |
B. Sub Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran
| Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah, dengan indikator seperti berikut: a. Memiliki program sesuai dengan visi dan misi sekolah b. Memiliki strategi pengembangan sekolah ke depan sesuai dengan visi dan misi sekolah c. Memiliki keberanian dalam mengambil keputusan dan menghadapi tantangan/resiko untuk tercapainya visi, misi dan tujuan sekolah |
| | |
| | |
| | |
| | Tidak ada bukti dokumen program sekolah yang cukup meyakinkan. |
| Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standar yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan: a. mampu menyusun program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah. b. mampu menerapkan program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah. c. mampu mengambil keputusan dan berani menghadapi tantangan/ resiko untuk tercapainya visi dan misi sekolah. d. mampu mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah. |
| | |
| | |
| | |
| | ditunjukkan dengan bukti dokumen program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah |
| Mengembangkan sekolah menuju organisasi pembelajar (learning organization). Hal ini ditunjukkan dengan tersedianya dokumen berikut: a. mampu merencanakan program pengembangan SDM b. mampu melaksanakan program pengembangan SDM melalui berbagai cara: c. mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah/Penelitian Tindakan Kelas. d. mampu menciptakan suasana sekolah yang mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus belajar. |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
| Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran. Hal ini ditandai dengan bukti dokumen berikut: a. mampu membuat program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran. b. mampu melaksanakan program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran. c. mampu mengevaluasi program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran. d. mampu melaksanakan program tindak lanjut berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran. |
| | |
| | |
| | |
| | memiliki bukti dokumen program berkaitan dengan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran |
| Memegang teguh tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran. Hal ini ditandai dengan bukti berikut ini: a. mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan prestasi akademik dan non akademik siswa (contoh: peningkatan KKM, pengembangan ekstrakurikuler). b. mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru (contoh: workshop pendidikan karakter). c. mampu menunjukkan konsistensi dalam memegang teguh tujuan sekolah berkaitan dengan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (contoh: bintek efektifitas dan efisiensi kerja). d. mampu menjadi contoh pemimpin pembelajaran (contoh: memodelkan pembelajaran PAIKEM, beradaptasi dengan perubahan baru dalam pembelajaran misalnya pendidikan kewirausahaan). |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
KKM : Kriteria Ketuntasan Minimal
PAIKEM : Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Edukatif Menyenangkan.
| Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif. Hal ini ditandai dengan bukti berikut: a. motivator warga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah (contoh: memberi apresiasi terhadap prestasi yang dicapai warga sekolah). b. pemimpin yang kreatif (contoh: mendorong munculnya ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan). c. pemimpin yang inovatif (contoh: memfasilitasi implementasi ide-ide baru berkaitan hemat energi, pelestarian lingkungan). d. pemimpin yang inspiratif (contoh: menerapkan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan lainnya). |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
| | |
| Membangun rasa saling percaya dan memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah. Hal ini ditandai dengan bukti berikut: a. komunikatif dan efektif untuk membangun lingkungan kerja yang baik. b. komunikatif dan efektif untuk membangun rasa saling percaya diantara warga sekolah. c. komunikatif dan efektif untuk memfasilitasi kerja sama yang baik. d. komunikatif dan efektif untuk menciptakan iklim kerja dan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah. |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
| Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya dokumen berikut: a. program sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar (contoh: pengembangan keprofesionalan berkelanjutan guru dan tenaga kependidikan, program remedial teaching). b. pelaksanaan program sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar. c. evaluasi program sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar. d. program tindak lanjut sekolah berkaitan dengan sekolah sebagai organisasi pembelajar. |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
| Mengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya dokumen berikut ini: a. program kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2, KTSP yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. b.pelaksanaan program kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP. c. evaluasi program kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP. d.program tindak lanjut untuk pengembangan kurikulum dokumen 1 dan dokumen 2 KTSP. |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
KTSP : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
| Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya dokumen berikut: a. program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik dalam rangka pengembangan potensinya secara optimal (contoh: program pengenalan bakat minat, tes IQ, program OSIS, program extrakurikuler). b. pelaksanaan program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik. c. evaluasi program sekolah yang berkaitan dengan peserta didik baik akademik maupun non akademik. d. program tindak lanjut yang berkaitan dengan pengembangan peserta didik baik akademik maupun non akademik. |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
C. Sub Kompetensi Pengembangan Sekolah
| Menyusun rencana pengembangan sekolah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah/ madrasah. Hal ini ditandai dengan dimilikinya dokumen berikut: a. rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah, dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah (contoh: membentuk Tim Pengembang Sekolah. b. identifikasi kekuatan dan kelemahan sebagai bahan penyusunan rencana pengembangan sekolah. c. identifikasi peluang dan tantangan sebagai bahan untuk mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan dalam perbaikan mutu sekolah. d. penyusunan rencana pengembangan sekolah dan pembekalan semua unsur di sekolah dalam pembuatan rencana pengembangan sekolah (contoh: pelatihan Tim Pengembang Sekolah dan pembuatan Evaluasi Diri Sekolah). |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
| Mengembangkan struktur organisasi sekolah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan. Hal ini ditunjukkan dengan dimilikinya dokumen berikut: a. struktur organisasi yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah. b. deskripsi tugas setiap komponen dalam struktur organisasi. c. pendelegasian tugas untuk memonitor pelaksanaan tugas setiap komponen dalam struktur organisasi. d. evaluasi pelaksanaan tugas setiap komponen dalam struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan sekolah. |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
| Melaksanakan pengembangan sekolah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya dokumen berikut: a. program Rencana Kerja Sekolah yang terdiri dari Rencana Kerja Jangka Menengah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah. b. pelaksanaan Program Rencana Kerja Sekolah. c. evaluasi Program Rencana Kerja Sekolah. d. program tindak lanjut Rencana Kerja Sekolah. |
| | |
| | |
| | |
| | hanya memiliki 1 dokumen saja |
| Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standard nasional pendidikan. Hal ini dtunjukkan dengan bukti-bukti berikut: a. kinerja sekolah sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial (contoh: peningkatan kinerja secara efektif dan efisien dibidang sarana prasarana, pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan serta pembiayaan). b. kinerja sekolah sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik (contoh: peningkatan kinerja secara efektif dan efisien dibidang standar isi, Standar Kompetensi Lulusan, standar proses, standar penilaian). c. inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang manajerial. d. inovasi dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah secara signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah yang berkaitan dengan bidang akademik. |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
| Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat. Hal ini ditunjukkan dengan bukti dokumen sebagai berikut: a. program monitoring pelaksanaan kegiatan sekolah. b. program evaluasi pelaksanaan kegiatan sekolah. c. pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah. d. sistem monitoring, evaluasi dan pelaporan dengan prosedur yang tepat. |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
| Merencanakan dan menindaklanjuti hasil monitoring, evaluasi, dan pelaporan. Hal ini ditunjukkan dengan bukti-bukti dokumen sebagai berikut: a. program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan (contoh: program tindak lanjut sesuai dengan hasil monitoring, evaluasi, pelaporan). b. pelaksanakan program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan. c. evaluasi pelaksanaan program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan. d. sistem pelaksanaan program tindak lanjut monitoring, evaluasi dan pelaporan. |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
| Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah. Hal ini ditunjukkan dengan bukti - bukti dokumen sebagai berikut: a. Memiliki dokumen hasil analisis SWOT b. Memiliki daftar skala prioritas masalah yang akan diteliti c. Memiliki catatan pelaksanaan penelitian tindakan sekolah d. Memiliki makalah hasil PTS |
| | |
| | |
| | |
| | hanya memiliki 1 dokumen saja |
D. Sub Kompetensi Manajemen Sumberdaya
| Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya dokumen seperti berikut: a. program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan. b. pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan. c. evaluasi pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan. d. program tindak lanjut pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan. |
| | |
| | |
| | |
| | hanya memiliki 1 dokumen saja |
| Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah secara optimal demi kepentingan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya dokumen berikut: a. program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah. b. pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah. c. evaluasi pelaksanaan program pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah. d. program tindak lanjut pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah. |
| | |
| | |
| | |
| | hanya memiliki 1 dokumen saja |
| Mengelola keuangan sekolah sesuai prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabilitas. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya dokumen berikut: a. program perencanaan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel. b. pelaksanaan program pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel. c. pelaporan pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel. d. evaluasi pengelolaan keuangan sekolah sesuai prinsip efisien, transparan, dan akuntabel. |
| | |
| | |
| | |
| | hanya memiliki 1 dokumen saja |
| Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya dokumen berikut: a. program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan. b. pelaksanakan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan. c. evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan. d. program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program berwawasan lingkungan yang menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan. |
| | |
| | |
| | |
| | hanya memiliki 1 dokumen saja |
| Mengelola ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah. Hal ini ditunjukkan dengan dimilikinya dokumen berikut: a. program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah. b. pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah. c. evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah. d. program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program kerja ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah. |
| | |
| | |
| | |
| | hanya memiliki 1 dokumen saja |
| Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. Hal ini ditunjukkan dengan bukti dokumen/fisik sebagai berikut: a. program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. b. pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. c. evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. d. program tindak lanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan program sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. |
| | |
| | |
| | |
| | hanya memiliki 1 dokumen saja |
| Mengelola layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya dokumen berikut: a. program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah. b. pelaksanaan program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah. c. evaluasi program layanan -layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah. d. program tindak lanjut dari hasil evaluasi program layanan-layanan khusus sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah. |
| | |
| | |
| | |
| | hanya memiliki 1 dokumen saja |
| Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah. Hal ini dibuktikan dengan adanya dokumen berikut: a. optimalisasi pemanfaatan teknologi secara efektif dalam pembelajaran dan manajemen sekolah. b. guru memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran. c. tenaga administrasi sekolah memanfaatkan teknologi secara efektif dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi sekolah. d. guru dan tenaga administrasi sekolah kreatif, inovatif sehingga pembelajaran dan manajemen sekolah semakin efektif sesuai dengan tuntutan perubahan. |
| | memiliki 4 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti dokumen |
E. Dimensi Kompetensi Kewirausahaan
| Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan/ tindakan dan atau ketersediaan sarana prasarana maupun kebijakan berikut: a. fasilitas untuk kreatif dan inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah (contoh: fasilitas perangkat lunak dan keras dalam menunjang pembelajaran PAIKEM, fasilitas komputer yang memadai untuk menunjang tugas administrasi sekolah). b. penerapan kreatifitas dan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah. c. budaya kreatif dan inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah. d. pengembangan berkelanjutan budaya kreatif, inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah. |
| | memiliki 4 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti /dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti / dokumen |
| Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan bukti sebagai berikut: a. selalu disiplin dalam mengajar dan mempunyai kinerja tinggi. b. selalu aktif dalam forum pertemuan ilmiah. c. selalu aktif dalam forum musyawarah/ kelompok kerja kepala sekolah, MGMP dan organisasi profesi lainnya. d. selalu memberikan keteladanan dan aktif dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan. |
| | memiliki 4 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti /dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti / dokumen |
Ket: MGMP = Musyawarah Guru Mata Pelajaran.
| Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Hal ini ditunjukkan dengan bukti sebagai berikut: a. antusias dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah. b. siswa antusias dalam belajar. c. guru antusias dalam mendidik. d. tenaga administrasi sekolah antusias dalam bekerja. |
| | memiliki 4 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti /dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti / dokumen |
| Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah. Hal ini dibuktikan dengan adanya sikap/pandangan/ tindakan/perilaku berikut: a. perilaku konsisten dan pantang menyerah dalam menangani setiap permasalahan yang dihadapi sekolah. b. solusi terbaik dalam setiap permasalahan yang dihadapi sekolah. c. budaya konsisten dan pantang menyerah dalam mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi sekolah. d. budaya silaturahmi, kekeluargaan dan solusi terbaik dalam menghadapi setiap permasalahan di sekolah. |
| | memiliki 4 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti /dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti / dokumen |
| Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah. Hal ini ditunjukkan dengan sikap/pandangan ataupun tindakan berikut ini: b. rasa percaya diri yang kuat. c. berorientasi pada visi, misi, dan tujuan sekolah. d. kerja keras dan pantang menyerah. |
| | memiliki 4 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti /dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti / dokumen |
F. Dimensi Supervisi Pembelajaran
| Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Hal ini ditunjukkan dengan sikap, perilaku maupun kebijakan berikut: a. fokus pada perbaikan proses dan hasil belajar. b. jadwal pelaksanaan dan istrumen supervisi akademik. c. rapat guru pada bulan pertama di awal tahun. d. pendelegasian dan pembagian tugas supervisor kepada guru senior. |
| | memiliki 4 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti /dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti / dokumen |
| Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat. Hal ini dibuktikan dengan adanya bukti dokumen berikut: a. pembagian tugas pelaksanaan supervisi akademik kepada wakil dan guru senior yang memenuhi syarat. b. ada prosedur, pendekatan, dan teknik supervisi yang tepat. c. instrumen supervisi yang relevan dengan tuntutan perubahan dan sesuai dengan perkembangan kurikulum dari pemerintah. d. ada evaluasi pelaksanaan supervisi akademik. |
| | memiliki 4 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti /dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti / dokumen |
| Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Hal ini dibuktikan dengan adanya dokumen berikut: a. pemanfaatan hasil penilaian supervisi akademik dalam rangka evaluasi program sekolah di bidang akademik. b. tindak lanjut hasil penilaian supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. c. tindak lanjut hasil penilaian supervisi akademik dengan mengefektifkan dan lebih mengaktifkan MGMP sekolah, mengirim guru dalam pelatihan-pelatihan. d. tindak lanjut hasil penilaian supervisi akademik dengan menyelenggarakan workshop dan mengundang nara sumber yang kompeten sesuai dengan hasil evaluasi supervisi akademik. |
| | memiliki 4 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 3 bukti /dokumen lengkap |
| | memiliki 2 bukti /dokumen lengkap |
| | hanya memiliki 1 bukti / dokumen |
|
|
| : …………………………………………………………. |
| : …………………………………………………………. |
| : …………………………………………………………. |
| : …………………………………………………………. |
|
A. Sub Kompetensi Kepribadian dan Sosial | | D. Sub Kompetensi Manajemen Sumberdaya |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | |
B. Sub Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran | | | | | | |
| E. Dimensi Kompetensi Kewirausahaan |
| | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | F. Dimensi Supervisi Pembelajaran |
| | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | |
C. Sub Kompetensi Pengembangan Sekolah | | | | | | |
| | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | |
.......................................................... .......................................................... .......................................................... .......................................................... .......................................................... | Dokumen Pendukung yang Tdk Ada ........................................................... ........................................................... ........................................................... ........................................................... ........................................................... Purwodadi, ........................................ ........................................................... |
| |
| | | | | | | | | | | | |
Selain Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS) seperti tersebut di atas, maka perlu dilakukan penggalian unsur penilaian yang diambil dari beberapa Responden untuk mendukung Penilaian Kinerja Kepala Sekolah yaitu responden dari Siswa, Guru, Tenaga Kependidikan dan Komite Sekolah.
Sistim penilaian yang di ambilkan dari responden dilakukan dengan mengisi Kuesioner Penilaian Kinerja Kepala Sekolah.
Untuk responden dari Siswa sebanyak 12 siswa terdiri atas :
- 3 Orang dari Pengurus OSIS
- 3 Orang dari Perwakilan Kelas 7
- 3 Orang dari Perwakilan Kelas 8
- 3 Orang dari Perwakilan Kelas 9
Untuk responden dari Guru sebanyak 8 Guru terdiri atas :
- 1 Orang Wakil Kepala Sekolah
- 1 Orang Guru Senior
- 1 Orang Guru Yunior / GTT
- 1 Orang Guru BP/BK
- 4 Orang Guru Mapel.
Untuk responden dari Tenaga Kependidikan (TU) sebanyak 3 Orang :
- 1 Orang Kepala Tata Usaha
- 1 Orang Tenaga Kependidikan Senior
- 1 Orang Tenaga Kependidikan PTT
Untuk responden dari Komite Sekolah sebanyak 2 Orang yaitu Pengurus Komite Sekolah yang berasal dari luar sekolah, bukan guru yang masih aktif mengajar di sekolah tersebut.
Apabila membutuhkan file-file tentang Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS) dan Kuesioner Penilaian dapat di unduh pada link download sebagai berikut :
Gallery Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Pedoman Penilaian Kinerja Wakil Kepala Sekolah
Visitasi Verifikasi Dan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Aplikasi Penilaian Kinerja Guru Berdasarkan Feedback Dari
Untitled
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Mafiadoc Com
Aplikasi Cetak Pkks Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Aplikasi Instrumen Penilaian Kinerja Guru Excel
Smp Presiden On Twitter Visitasi Verifikasi Dan Penilaian
Overview Penilaian Kinerja Kepala Sekolah 29 Mei 2012 Ppt
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Sman 1 Karanganyar Sman 1
Acuan Laporan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Se Kab Kediri
Format Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Www
Free Pedoman Penilaian Format Format 14 Kinerja Kepala
Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Dasar 1 Dimensi
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Menghasilkan Catatan Dan
Aplikasi Cetak Pkks Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Instrumen Formulir Penilaian Kepala Sekolah Sd
Aplikasi Instrumen Pkks Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Pdf Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri Di
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Ippksi
Doc Penilaian Kinerja Kepala Sekolah 6 Kompeten Si Evaluasi
Gratis Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Pkks
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Ppt Download
0 Response to "Penilaian Kinerja Kepala Sekolah"
Post a Comment