Uji Reliabilitas Cronbach Alpha



Cronbach S Alpha In Minitab Procedure Output And

Cara Menghitung Validitas dan Reliabilitas Di Microsoft Excel Secara Otomatis I

Pada pos kali ini saya akan membahas tentang bagaimana menghitung uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian berupa kuisioner. Bagi mahasiswa atau peneliti yang melakukan penelitian kuantitatif yang menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian harus melakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu agar layak digunakan pada penelitian. Biasanya sebelum melakukan penelitian sebenarnya, mahasiswa atau peneliti akan melakukan try out terlebih dahulu untuk uji kelayakan instrumen.

Apa itu validitas? Singkat katanya validitas itu menunjukkan tingkat kesahihan dari hasil pengukuran kuisioner yang kita gunakan, misalnya saja kita melakukan penelitian mengenai kinerja pegawai maka data yang diperoleh dari kuisioner penelitian kita harus benar-benar merepresentasikan kinerja sebenarnya dari pegawai tersebut. Bisa saja pegawai tersebut pada kenyataannya memiliki kinerja yang cukup baik akan tetapi karena kuisioner kita kurang valid maka data yang kita peroleh menunjukkan kinerja para pegawai tersebut kurang baik misalnya. Sedangkan reliabilitas adalah tingkat konsistensi instrumen yang kita gunakan, artinya apabila di lakukan pengukuran pada objek yang sama maka akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama.

Ok langsung saja pada inti pembahasan, perhitungan ini dapat dilakukan pada software SPSS juga akan tetapi disini hanya membahas perhitungan tersebut pada Microsoft Excel. Uji validitas yang sering digunakan adalah menggunakan metode korelasi spearman dan pearson untuk data ordinal. Jurusan tertentu mengharuskan proses MSI terlebih dahulu untuk penggunaan korelasi Pearson. Sedangkan reliabilitas yang sering digunakan adalah Alpha Cronbach dan Split Half Spearman Brown (rumus lengkap dapat dilihat di sini), untuk itu dapat menggunakan Excel Add In yang saya buat dan saya bagi dengan gratis. Silahkan download disini. Add in anak ini harus di install bersama Add In induk, silahkan download dan baca di post ini. Mungkin masih kurang efisien karena saya juga masih belajar hehe...Berikut cara penggunaannya:

  1. Untuk penggunaan Korelasi Spearman anda terlebih dahulu harus memiliki UDF Spearman terinstall di Excel anda, download disini dan baca petunjuk install-nya

  2. Siapkan data yang sudah di entri dan dicoding pada Excel 2010/2013 pada Sheet9 sebagai contoh dan hitung total skornya dengan cara blok data yang akan di hitung total skornya dan di lebihkan satu sel kemudian klik autosum seperti gambar sebagai berikut:

  3. Setelah itu klik sel yang terdapat nilai total skor yaitu L3, dan arahkan pointer pada sudut kanan bawah sel sampai muncul tanda + dan klik 2 kali..voila semua responden telah terhitung total skornya.
  4. Aktifkan userform dari Tab My ESI => Grup Validitas dan Reliabilitas => Val Rel Pearson/Spearman. 
  5. Setelah userform muncul pilih metode yang akan kita gunakan misalkan Spearman, kemudian masukan nomer pertanyaan dalam hal ini yaitu 1 to 10. Untuk nomor pertanyaan yang dimulai dari 1 boleh tidak dimasukkan/diisi karena default perhitungannya di mulai dari pertanyaan nomor 1.
  6. Pada menu Pilih Data Coding silahkan masukan data yang akan kita hitung melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet9!$B$3:$K$17
  7. Pada menu Pilih data Total Skor silahkan masukan data yang akan kita hitung melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet9!$L$3:$L$17
  8. Pada menu Pilih Cell Output silahkan pilih satu sel saja (pastikan kosong di bawah dan sebelah kanan nya) untuk menampilkan hasil perhitungan melalui pilih range di userform ataupun ketik langsung: Sheet9!$N$3. Jika sudah maka tampilan userform seperti gambar berikut:
  9. Bagi yang mau menggunakan Alpha Cronbach langsung saja klik Buat! Akan tetapi bagi yang mau menggunakan teknik reliabilitas Split Half Spearman Brown silahkan klik Spearman Brown Split Half.
  10. Hasil Perhitungan akan tampak sebagai berikut:

Sekian pembahasan kali ini, baca juga kelanjutannya di Cara Menghitung Validitas dan Reliabilitas Di Microsoft ExcelSecara Otomatis II, semoga membantu.

Gallery Uji Reliabilitas Cronbach Alpha

Uji Reliabilitas Instrumen Dengan Spss Pendidikan Guru

Uji Validitas Dan Reliabilitas Spss 15 Teori Online

Uji Reliabilitas Cronbach S Alpha Tutorial Spss 24 0 Youtube

Videos Matching Cronbach S Alpha Revolvy

Uji Reliabilitas Instrumen Dengan Ms Excel

How To Use Spss Kuder Richardson 20 Kr 20 Reliability Analysis

Uji Validitas Dan Reliabilitas

Kr 20 Dengan Excel

Rumus Manual Alpha Cronbach Uji Reliabilitas Jasa

Validitas Dan Reliabilitas Konstr Preview Related Info

Analisis Validitas Dan Reliabilitas

Cara Uji Reliabilitas Split Half Spearman Brown Dengan Spss

Validation Of The Spanish Version Of The Amsterdam

Videos Matching Cronbach S Alpha Revolvy

Master Tabel Multivariate Statistics Descriptive Statistics

Uji Reliabilitas Data Dengan Spss Konsistensi

Tutorial Uji Reliabilitas Instrumen Penelitian Karyaguru

Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach S Dengan Spss

Uji Reliabilitas Alpha Cronbach

Uji Reliabilitas Cronbach Alpha Dengan Spss

Cara Uji Reliabilitas Dengan Spss Cronbach Alpha Youtube

Uji Reliabilitas Data Dengan Spss Konsistensi

Cronbach S Alpha Spss Manual Pdf

Hasil Penelitian Cara Membuat Uji Reliabilitas Instrumen

Conducting A Kuder Richardson 20 Test Kr 20 In Spss

Uji Validitas Dan Reliabilitas


0 Response to "Uji Reliabilitas Cronbach Alpha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel