Hasil Olahan Minyak Bumi



Pengolahan Dan Destilasi Minyak Bumi Serta Pengolahan Minyak

Produk Hasil Olahan Minyak Bumi

Pada artikel terlebih dulu saya sudah mengulas mengenai minyak bumi dan komposisinya, dan sistem distilasi minyak bumi di kilang. Kesempatan ini penulis akan menerangkan sebagian jenis product hasil olahan minyak bumi yang didapat dari kilang minyak. Pasti kita sudah mengetahui kalau minyak bumi adalah satu diantara sumber daya dunia sekarang ini, namun minyak mentah yang didapat dari sumur mesti lewat step pengilangan supaya didapat beberapa produk yang bisa dipakai, salah nya ialah berbentuk bahan bakar.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan adalah keluaran terbaru dari hasil pengolahan minyak bumi. Produk yang satu ini dikenal dengan bahan bakar minyak yang ramah lingkungan.

Product Hasil Pengilangan Minyak Bumi

Cukup banyak beberapa produk hasil pemrosesan minyak mentah yang dibuat dari kilang. Tetapi, hanya sebagian saja yang familiar bagi orang-orang, misalnya bensin, solar dan minyak tanah. Supaya kita bisa tahu tentang beberapa jenis product hasil pengilangan/penyulingan minyak mentah, berikut ini sudah dituliskan jenis-jenisnya.

1. LPG (Liquefied Petroleum Gas)

Pada umumnya, LPG adalah satu diantara product hasil penyulingan minyak mentah berbentuk gas cair. Unsur intinya berbentuk hidrokarbon enteng, seperti propana (C3H8), butana (C4H10), dan ada juga beberapa kecil etana (C2H6) dan pentana (C5H12). Dari sisi pemakaiannya, LPG biasanya digunakan sebagai bahan bakar industri dan rumah tangga. Bahkan juga, sekarang ini telah ada kendaraan bermotor yang sudah memakai gas terlebih LPG sebagai bahan bakarnya.Tetapi butuh juga di ketahui kalau, sebelumnya LPG di pasarkan sudah lebih dahulu ditambahkan zat pembau (penambah bau) yakni senyawa merkaptan (ethyl mercaptan). Maksud menambahkan senyawa merkaptan tadi yaitu untuk memudahkan customer mengerti jika berlangsung kebocoran gas. Jadi, apabila tak ditambahkan zat itu maka pasti akan begitu memiliki resiko menyebabkan bahaya, karena seperti yang kita kenali kalau karakter dari gas ini apabila lepas ke hawa akan gampang menebar dan pastinya gampang terbakar.Terkecuali dipakai sebagai bahan bakar kendaraan, LPG banyak juga dipakai sebagai bahan baku ataupun sebagai bahan kombinasi di pabrik-pabrik petrokimia, dan pastinya membuahkan sebagian jenis product. Mengenai sebagian product petrokimia yang disebut, seperti biji plastik, product kosmetik, dan pupuk.

2. Avtur (Aviation Turbine)

Bahan bakar Avtur atau dimaksud dengan juga Jet-A1 adalah bahan bakar untuk pesawat terbang yang memakai mesin turbin. Bahan bakar ini di buat dari kerosene (minyak tanah). Karena terbuat dari kerosene, makas karakter avtur dan minyak tanah begitu serupa, seperti mempunyai rentang rantai karbon dan senyawa hidrokarbon yang sama (parafinik dan naftenik).Kelebihan Avtur dibanding dengan bahan bakar yang lain yaitu mempunyai volalitas yang lebih kecil. Kecilnya volalitas pada bahan bakar avtur mempunyai kelebihan sendiri, yaitu bisa meminimalkan peluang kehilangan bahan bakar dalam jumlah besar akibat penguapan, saat pesawat ada diatas ketinggian.Diluar itu, keuggulan lain pada avtur apabila dibanding dengan kerosin yaitu kandungan daya per volumenya lebih tinggi, hingga bisa memberi daya bagi pesawat untuk lakukan penerbangan dengan jarak yang lebih jauh. Performa atau mutu berbahan bakar avtur dinilai dari sebagian segi, mencakup ciri-ciriistik kemurnian, jenis pembakaran turbin dan performanya pada temperatur yang rendah. Berdasar pada ciri-ciriistik itu, maka avtur mesti penuhi kriteria yang sudah ditetapkan, seperti mempunyai freezing point (titik beku) maksimum -47°C dan flash point (titik nyala) minimal 38°C. 

 3. Avgas (Aviation Gasoline)

Sama seperti dengan avtur, product hasil olahan minyak bumi ini dapat juga disebutkan cukup asing di telinga orang-orang. Avgas yaitu bahan bakar minyak yang di buat spesial untuk pesawat terbang dengan mesin yang mempunyai ruangan pembakaran internal dan bermesin piston (piston engine). Terkecuali dipakai sebagai bahan bakar pesawat, avgas juga dipakai sebagai bahan bakar untuk mobil balap dan pesawat tempur. Avgas didapat dari hasil pengembangan gasoline (bensin), pengembangannya mencakup titik nyala, titik beku dan volality.Performa atau kwalitas avgas ditetapkan oleh ciri-ciriistik anti ketukan (anti knock) yang diperuntukkan oleh bilangan oktan (octane number). Bahan bakar ini mempunyai karakter yang begitu gampang menguap dan gampang terbakar pada temperatur normal. Karena sifatnya itu, hingga dalam mengatasi product ini, semua prosedur dan perlengkapan mesti memperoleh perhatian serius, titik beku dari avgas maksimum -58°C.

Avgas memiliki kandungan timbal, yaitu jenis zat beracun dan akan beresiko jelek pada lingkungan. Pasti anda akan ajukan pertanyaan sekian, kenapa timbal dipakai pada avgas,? karena pemakaian timbal mempunyai tujuan unutuk hindari munculnya ketukan didalam mesin, atau mungkin dengan kata lain, zat itu berperan untuk tingkatkan nilai oktan (octane booster) pada avgas. Meskipun sekian, sekarang ini sudah diketemukan cara lain untuk tingkatkan oktan pada bahan bakar berkualitas terutama avgas, yaitu dengan memakai etanol. Keunggulan dari etanol sendiri yaitu tak beracun dan pastinya lebih ramah lingkungan.

3. Bensin

Bensin atau dalam bhs Inggris dimaksud gasoline yaitu satu diantara product hasil olahan minyak bumi yang cukup familiar di telinga orang-orang. Komponen paling utama yang ada pada bensin adalah oktana dan n-heptana. Sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, kwalitas bensin ditetapkan oleh ciri-ciriistik jumlah oktan, sama seperti dengan avgas Bilangan oktan pada bensin tunjukkan seberapa besar tenaga yang didapatkan pada mesin sebelumnya bensin terbakar habis, dan mewakili ciri-ciriistik anti ketukan yang berlangsung pada mesin saat pembakaran tengah berjalan. Jadi, makin tinggi jumlah oktan pada bensin maka makin tinggi juga kwalitas bensin itu.Pemasaran bensin di Indonesia dikelompokkan dalam sebagian jenis berdasar pada mutunya. Mengenai jenis bensin yang disebut yaitu : bensin jenis Premium (oktan 88), Pertamax (oktan 92), Petralite (oktan 90) dan pertamax plus (oktan 95). Jadi, apabila kita menilainya dari jumlah oktan pada semasing product bensin itu, maka dapat disebutkan kalau kwalitas pembakaran pada Pertamax Plus jauh tambah baik apabila dibanding dengan Premium.Untuk memberi jumlah oktan pada bensin, dapat dikerjakan dengan memberikan zat aditif yang dimaksud dengan TEL (Tetra Ethyl Lead) dan MTBE (Methyl Tertiary Butyl Ether). Tetapi, seperti dengan timbal pada avgas, ke-2 zat aditif ini dapat memiliki kandungan timbal dan pastinya beresiko bagi manusia dan lingkunan. Tetapi, saat ini kita tak perlu cemas lagi, karena senyawa itu sudah ditukar dengan Etanol yang lebih ramah lingkungan.

4. Kerosin (Kerosene)

Kerosin atau lebih sama dengan sebutan minyak tanah adalah cairan yg tidak berwarna dan gampang terbakar. Kerosin didapat dari step distilasi minyak bumi dengan suhu 150-275°C dan rentang rantai karbon pada C12-C15. Untuk kurangi kandungan belerang dan pengaratannya, maka kerosin akan di proses semakin khusus pada unit Merox atau Hydrotreater, dan mutunya sebagai bahan bakar minyak akan ditingkatkan di unit hydrocracking.

Umumnya, sebelumnya product hasil pemrosesan minyak bumi ini didistribusikan ke orang-orang, sudah terlebih dulu ditambahkan zat pewarna (biasanya berwarna kuning) supaya orang-orang bisa membedakan pada minyak tanah dengan air. Terkecuali dipakai sebagai bahan bakar rumah tangga, kerosin dapat juga dipakai sebagai bahan bakar pesawat (avtur), seperti yang sudah diterangkan pada poin ke-2 diatas.

5. Solar (Diesel)

Solar atau diesel biasanya dipakai sebagai bahan bakar untuk pembakaran pada mesin-mesin diesel, tak tahu itu mesin kendaraan ataupun mesin-mesin industri. Solar didapat dari sistem distilasi minyak mentah pada suhu 200-300°C. Karakter umum pada solar yakni tak berwarna atau sedikit kekuning-kuningan, tak gampang menguap pada temperatur normal, mempunyai kandungan sulfur yang lebih tinggi apabila di banding dengan bensin dan kerosin. Diluar itu, solar juga mempunyai titik nyala yang tambah lebih tingg, yaitu pada antara 40-100°C.Kwalitas solar ditetapkan berdasar pada sebagian segi tertentu. Segi penilaian kwalitas itu mencakup : pembakarnnya hanya menyebabkan sedikit ketukan, gampang terbakar, kekentalan, kandungan sulfur (sekecil mungkin), dan stabil (tak beralih dalam sisi kwalitas dan bentuk saat disimpan). Bahan bakar ini dibedakan dari sisi bilangan cetane, yakni bilangan yang tunjukkan kekuatan pembakaran dan kekuatan mengontrol jumlah ketukan yang berlangsung pada mesin. Makin tinggi bilangan cetane pada solar maka makin tinggi juga kwalitas solar itu. Biasanya, jumlah bilangan cetane pada solar yang diperuntukkan sebagai bahan bakar mesin kendaraan tambah lebih tinggi apabila dibanding dengan jumlah cetane pada solar untuk mesin-mesin industri.

6. Aspal

Hasil pengilangan minyak bumi nyatanya betul-betul terkait erat dengan kendaraan bermotor. Terkecuali sebagai bahan bakar kendaraan, kesempatan ini penulis akan mengulas mengenai aspal yang sejatinya dipakai untuk bangun jalur transportasi/jalan raya. Aspal yaitu hidrokarbon yang berbentuk kental dan menempel (adhesive), berwarna cokelat hitam, tahan pada air dan memiliki kandungan sulfur, oksigen dan klor yang begitu tinggi.Aspal datang dari fraksi berat minyak bumi (residu) yang di proses jadi dua jenis, yakni aspal padat dan aspal cair. Manfaat paling utama aspal pada jalan raya yakni : untuk mengikat batuan supaya tak lepas dari permukaan jalan, sebagai bahan pelapis dan perekat, sebagai pengisi ruangan kosong pada agregat kasar, agregat halus dan agregat filter.Dari 6 product hasil olahan minyak bumi diatas, sesungguhnya masihlah ada banyak product lain, seperti lilin (wax paraffin), pelumas dsb. Mudah-mudahan pada artikel selanjutnya penulis dapat membahas tentang beberapa produk minyak mentah yang belum dijelaskan diatas.

Sekianlah artikel kesempatan ini tentang sebagian jenis product hasil dari olahan minyak bumi, demikian dan Terimakasih. Mudah-mudahan artikel ini berguna bagi Anda, terlebih dalam sisi pengetahuan, Terima kasih. 

Gallery Hasil Olahan Minyak Bumi

Surat Izin Usaha Niaga Umum Publicaciones Facebook

Twitter पर Panasonic Indonesia Tahukahkamu Jika Lilin

Kimiablass Hasil Pengolahan Minyak Bumi

Sebutkan 5 Hasil Olahan Minyak Bumi Inilah Jawabannya Al

Kelompok 4 Kimia Minyak Bumi

Produk Hasil Olahan Minyak Bumi

Kelas 12 Yuk Kita Belajar Tentang Minyak Bumi Dan Manfaatnya

Penuse Indonesia 5 Hasil Olahan Minyak Bumi Dan Kegunaannya

Prosedur Pengajuan Dan Penerbitan Izin Usaha Penyimpanan

Surat Izin Usaha Niaga Umum Gonderiler Facebook

Apa Yang Dimaksud Dengan Fraksi Minyak Bumi Quora

Kelas04 Ips Sadiman Shendy By S Van Selagan Issuu

Prosedur Pengajuan Dan Penerbitan Izin Usaha Pengangkutan

Produk Hasil Olahan Minyak Bumi

Produk Pengolahan Minyak Bumi Dan Manfaatnya

Proses Pengolahan Minyak Bumi

Pengeboran Minyak Bumi

Prosedur Pengajuan Dan Penerbitan Izin Usaha Pengangkutan

Proses Dasar Pengolahan Minyak Bumi

Pengolahan Minyak Bumi Mentah Bahan Bakar Pengertian

Proses Pengolahan Minyak Bumi Lp2stm

Penuse Indonesia 5 Hasil Olahan Minyak Bumi Dan Kegunaannya

Peralatan Proses Pengolahan Minyak Bumi Proses Industri

Hasil Olahan Minyak Bumi Lpg

Produk Hasil Olahan Minyak Bumi Proses Industri


0 Response to "Hasil Olahan Minyak Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel