Cara Memasukkan Video Ke Powerpoint



34 Best Power Point Slides Images Background Powerpoint

4 Cara Memasukan Video Ke PPT Powerpoint di Laptop (Lengkap)

Siapa sih yang belum pernah melakukan presentasi? Hampir setiap siswa ataupun pelajar saat ini mungkin sudah pernah melakukannya, bahkan presentasi sudah menjadi makanan sehari – hari para mahasiswa. Nah, berbicara mengenai presentasi, pernahkah kamu menjumpai seseorang yang sedang melakukan presentasi, namun slide powerpoint yang ditampilkan isinya tulisan semua? Tentu tak terlihat menarik bukan? Bahkan membuat kita menjadi bosan dan mata menjadi jemu melihatnya.

Oleh sebab itu, di era teknologi yang semakin canggih ini, kita seharusnya bisa memanfaatkan semua yang dimiliki dengan kemudahan yang ada untuk bisa menampilkan sebuah presentasi yang menarik dan enak dipandang. Misalnya, kita dapat memperindah tampilan presentasi atau powerpoint dengan menambahkan video. Karena menambahkan video ke presentasi merupakan cara yang bagus untuk membuatnya lebih menarik dan membawa beberapa variasi dalam presentasimu.

Selain itu, dengan adanya video, perhatian audiens juga akan terpusat ke kamu. Dan para audiens juga akan lebih mudah paham dengan apa yang kamu sampaikan. Namun, ada baiknya jika video tersebut digunakan di bagian pembukaan, dimana biasanya berisi pengenalan materi yang mendukung presentasi kamu. Tapi, kamu juga bisa kok menambahkannya di bagian yang lain sesuai keinginan. Lalu untuk video yang akan kamu tampilkan juga bisa berupa video animasi agar menghibur audiens supaya tidak begitu jenuh ataupun membosankan.

Akan tetapi, video tersebut sebaiknya masih ada keterkaitannya dengan materi yang akan kamu sampaikan agar tidak terkesan menyimpang.

Cara Memasukkan Video Ke Powerpoint

Lantas, bagaimana cara untuk memasukkan video ke powerpoint dengan mudah? Nah, mungkin banyak diantara kamu yang masih kebingungan, maka dari itu mari kita simak bagaimana cara melakukannya karena saya telah menjelaskannya berikut ini.

1. Langkah pertama, silahkan kamu buka powerpoint di komputer atau laptop kamu.

2. Selanjutnya, pilih tab Insert pada menu bar.

3. Setelah itu, pilih dan klik menu drop-down video. Kemudian akan muncul dua opsi, yaitu Online Video dan Video on My PC. Di bagian Video on My PC itu berarti mengambil video dari komputer kamu, sedangkan Online Video dibagi menjadi dua opsi, yaitu Youtube dan From a Video Embed Code.

Lalu, bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan berikut ini :

1. Silahkan kamu pilih menu from a file, kemudian klik browse.

2. Setelah itu, akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Lalu pilih video yang akan kamu masukkan pada slide. Selanjutnya klik Insert.

3. Video yang telah kamu masukkan akan seperti contoh gambar dibawah ini. Kamu bisa mengatur besar kecilnya video dengan menarik sudut-sudut bulat dari video tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengatur penayangan video yang telah ditambahkan. Caranya dengan klik tab playback.  Kemudian, klik menu drop-down Start untuk menentukan cara pemutaran video. Akan terdapat dua opsi, yaitu On click dan Automatically. On click yaitu video akan diputar apabila di klik. Sedangkan Automatically yaitu memutar video secara otomatis ketika halaman presentasi ditampilkan.

1. Jika memilih menu ini, maka komputer atau laptop kamu harus memiliki koneksi internet agar bisa langsung terhubung ke youtube. Langkah pertama, pilih menu youtube. Lalu ketikkan nama channel youtube yang akan ditampilkan pada kolom search youtube. Setelah itu, klik icon search.

2. Selanjutnya, akan tampil channel youtube yang berhubungan dengan nama tersebut. Kemudian pilih video mana yang akan kamu masukkan dan klik insert.

Catatan : Video ini dapat diputar saat ada koneksi internet. Jadi, pastikan koneksi internet tetap ada selama presentasi berlangsung supaya video bisa diputar saat slide ditampilkan.

1. Untuk cara yang satu ini, pastikan juga koneksi internet di laptop atau komputer kamu masih terhubung. Kemudian pilih menu From a Video Embed Code.

2. Setelah itu, buka youtube dan cari video apa yang ingin kamu tampilkan pada search engine. Kemudian, putar video tersebut untuk memastikan apakah video itu layak atau tidak.

3. Berikutnya, klik bagikan pada ujung kanan video.

4. Selanjutnya, pada bagian Bagikan link, kamu dapat membagikan link video ke beberapa platform seperti facebook, twitter, dan sebagainya. Namun, saat kamu ingin menampilkannya pada power point, maka kamu harus memilih Sematkan (embed).

5. Kemudian, akan muncul embed code dari video tersebut. Lalu klik Salin.

6. Langkah terakhir, paste embed code pada kolom yang tersedia dan klik icon sebelah kanan.

Cara 4 : Menggunakan Hyperlink

1. Langkah pertama, buat sebuah shape yang berisikan tulisan click here.

2. Selanjutnya, klik kanan pada shape tersebut sehingga muncul menu lainnya. Klik hyperlink.

3. Setelah itu, akan muncul dialog seperti dibawah ini. Cari letak file video kamu, dan klik OK.

Nah itulah Cara Memasukkan Video Ke Powerpoint yang telah saya rekomendasikan diatas. Bagaimana? Mudah bukan? Namun perlu saya ingatkan bahwa cara diatas terutama cara ke 2 dan 3 tidak bisa dilakukan di powerpoint 2010 ya, karena saya sudah mencobanya dan tidak bisa juga. Tapi tenang saja, cara pertama dan terakhir bisa diterapkan di semua aplikasi powerpoint kok. Nah mungkin itu saja pembahasan di artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Gallery Cara Memasukkan Video Ke Powerpoint

Play Music Across Multiple Slides In Your Slide Show

Cara Memasukkan Video Ke Dalam Presentasi Powerpoint

Bagaimana Cara Membuat Presentasi Powerpoint Di Smartphone

Cara Mudah Memasukkan Atau Menyisipkan Video Ke Dalam

Crs 28144 How To Insert An Excel File Into Powerpoint In 60 Seconds

How To Upload A Powerpoint To Youtube In 60 Seconds

Cara Menyisipkan Video Di Powerpoint 2010

Converting Your Powerpoint Presentation To A Video Help Center

Cara Memasukan Video Ke Power Point

3 Cara Untuk Memasang Video Di Powerpoint Wikihow

Making Instagram Video With Powerpoint Art Marketing

How To Add Captions Subtitles In Powerpoint 3play Media

Import And Edit Powerpoint Presentations In Captivate

Download As Powerpoint Presentation File Canva Help Center

Cara Memasukkan Video Ke Dalam Presentasi Powerpoint

Cara Memasukkan Video Ke Power Point Youtube

Cara Memasukkan Video Pada Microsoft Powerpoint Giang Rahyu A

How To Save Powerpoint 2010 Presentation To Cd

Powerpoint Cannot Insert A Video From The Selected File

Create Video Presentations With Powerpoint And Screencast O

Cara Memasukkan Video Ke Ppt Lengkap Dengan Gambar


0 Response to "Cara Memasukkan Video Ke Powerpoint"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel