Ayat Alquran Tentang Pendidikan
Pendidikan Multikultural Menurut Al Qur An Surah Al Hujurat
Ayat-Ayat Al-Qur'an Tentang Pendidikan
ayat-ayat al-qur'an tentang pendidikan
A. AYAT-AYAT AL-QUR’AN DAN HADIST TENTANG PENDIDIKAN
1. Surat Al-a’alq ayat 1-5:
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ {1} خَلَقَ الإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ {2} اقْرَأْ وَرَبُّكَ اْلأَكْرَمُ {3} الَّذِي عَلَّمَ ابِالْقَلَمِ {4} عَلَّمَ اْلإِنسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ {5}
Artinya :”Bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan tuhanmu lah yang paling pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam.Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahui.
2. Surat Al-Mujadalah ayat 11:
يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ............
Artinya :”Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan.”(QS.Al-Mujadalah:11)
3. Surat Thoha ayat 114:
وَقُل رَّبِّ زِدْنِي عِلْمًا
Artinya :”Dan katakanlah (olehmu muhammad),”ya tuhanku, tambahkan kepadaku ilmu pengetahuan.”
4. Surat Shod ayat 29:
كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِّيَدَّبَّرُوا ءَايَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُوْلُوا اْلأَلْبَابِ {29}
Artinya :”ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan keberkahan supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya, dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.”
5. Surat Lukman ayat 14-17 :
وَوَصَّيْنَا اْلإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَىَّ الْمَصِيرُ {14} وَإِن جَاهَدَاكَ عَلَى أَن تُشْرِكَ بِي مَالَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلاَ تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَىَّ ثُمَّ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ {15} يَابُنَيَّ إِنَّهَآ إِن تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ فَتَكُن فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي اْلأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللهُ إِنَّ اللهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ {16} يَابُنَيَّ أَقِمِ الصَّلاَةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَآأَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ اْلأُمُورِ {17}
Artinya :” [Ayat 14] Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada kedua dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu.
[Ayat 15] Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Ku lah kembalimu, maka kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan….
[Ayat 16] (Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.
[Ayat 17] Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).
6. Hadist Nabi:
Artinya : “mencari ilmu adalah diwajibkan bagi setiap muslim laki-laki dan wanita dari mulai lahir sampai ke liang lahat.”
7. Hadist Nabi :
Artinya :”Carilah ilmu walupun ke negri cina.”
8. Hadist Nabi :
Artinya :”Didiklah anak-anak kalian, karena sesungguhnya mereka itu dijadikan untuk menghadapi masa yang berlainan dengan masa kalian ini.”
9. Hadist Nabi :
Artinya :”Tidaklah henti-hentinya seseorang tiu dapat dianggap orang berilmu selama ia masih terus belajar ilmu. Apabila ia menyangka bahwa sesungguhnya ia sudah serbatahu, maka sungguh ia seorang yang jahil.”
10. Hadist Nabi :
Artinya :”Barang siapa yang menginginkan dunia, hendaklah ia berilmu, Barang siapa yang menginginkan akhirat hendaklah ia berilmu, Barang siapa yang menginginkan kedua-duanya sekaligus, ia pun harus berilmu.”
11. Hadist Nabi:
Artinya :”manusia itu ada dua macam:”orang alim(berilmu) dan orang yang belajar ilmu, dan tidaklah ada kebaikan selain dari dua golongan itu”
12. Hadist Nabi:
Artinya :”sesungguhnya para malaikat itu merendahkan sayapnya kepada penuntut ilmu karena senangnya atas apa yang dilakukan para penuntut ilmu.”
13. Hadist Nabi:
Artinya :”Pelajarilah ilmu karena sesungguhnya belajar semata-mata bagi Alloh itu merupakan kebaikan, dan mempelajari ilmu merupakan tasbih, dan membahasnya merupakan jihad, dan mencarinya merupakan ibadah, dan mengajarkannya merupakan sedekah sedangkan menggunakannya bagi orang yang membutuhkannya merupakan Qurbah(pedekatan diri kepada alloh).
14. Hadist Nabi:
Artinya :’pelajarilah apa-apa yang kalian kehendaki Alloh tidak akan memberikan upah ganjaran kepada kalian sampai kalian mengamalkannya terlebih dahulu.
B. PENDAPAT PARA AHLI TENTANG PENDIDIKAN
1. Menurut Langefeld
Pendidikan adalah membimbing anak dalam mencapai kedewasaan.
2. Menurut Heageveld
Pendidikan adalah membantu anak dalam mencapai kedewasaan.
3. Bojonegoro Pendidikan adalah memberi tuntunan kepada manusia yang belum dewasa dalam pertumbuhan dan perkembangannya sampai tercapai kedewasaanya
4. Menurut Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.
5. Menurut Rosseau
pendidikan adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa anak- anak, tapi dibutuhkan pada masa dewasa.
6. Menurut Darmaningtyas
Pendidikan adalah usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang ledih baik.
7. Menurut Paulo Freire
Pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa di mana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, yang melalui praksis mengubah keadaan itu. Tahap kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.
8. Menurut John Dewey
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok di mana dia hidup.
9. Menurut H. Horne
Pendidikan adalah proses yang terus-menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
10. Menurut Rederick J. Mc Donald
Pendidkan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merubah tabiat.
11. Menurut Ahmad D. Marimba
Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
12. Menurut Djayakarta
Pendidikan adalah memanusiakan manusia muda, maksudnya pengangkatan manusia muda ke tahap insani. Inilah yang menjelma dalam semua perbuatan mendidik.
13. Menurut Sir Godfrey Thomson
Pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang permanent di dalam kebiasaan-kebiasaan tingkah lakun, pikiran, dam sifatnya.
C. PENDAPAT SAYA MENGENAI PENDIDIKAN
.
D. PENDIDIKAN YANG DI MENEJEMEN DENGAN AL-QUR’AN
BAB I
PENDAHULUAN
1. A. Latar Belakang Masalah
Sesungguhnya Allah tidak merubah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. Itu adalah suatu gambaran yang terdapat dalam Al-quran, dimana perubahan sosial bisa terjadi dalam masyarakat salah satu faktor yang menentukan adalah masyarakat itu sendiri. Dan untuk menciptakan perubahan yang sosial yang ada dalam masyarakat adalah dengan pendidikan.
Dari uraian diatas, makanya penulis mencoba menguraikan makalah yang berjudul “Ayat Al-Qur’an Tentang Pendidikan dan Perubahan Sosial,yakni Surat al-Anfaal ayat 53 dan Surat Muhammad ayat 38” pada mata kuliah Tafsir Tarbawi kali ini.
1. B. Rumusan Masalah
Dari paparan latar belakang masalah diatas dapat kita rumuskan rumusan masalah sebagai berikut: “Bagaimana tafsiran Mufassirin dan penulis makalah tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan pendidikan dan perubahan sosial, yaitu Surat Al-Anfaal ayat 53 dan Surat Muhammad ayat 38?”
1. C. Tujuan Penulisan
Untuk menjelaskan tafsiran Mufassirin dan penulis makalah tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan pendidikan dan perubahan sosial. yaitu Surat Al-Anfaal ayat 53 dan Surat Muhammad ayat 38.
BAB II
PEMBAHASAN
1. A. AYAT AL QURAN TENTANG PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL
1. Q. S. Al Anfaal : 53
y7Ï9ºsŒ cr’Î/ ©!$# öNs9 à7tƒ #ZŽÉitóãB ºpyJ÷èÏoR $ygyJyè÷Rr& 4’n?tã BQöqs% 4Ó®Lym (#rçŽÉitóム$tB öNÍkŦàÿRr’Î/ žcr&ur ©!$# ìì‹ÏJy™ ÒOŠÎ=tæ ÇÎÌÈ
1. Q.S. Muhammad : 38
óOçFRr’¯»yd ÏäIwàs¯»yd šcöqtãô‰è? (#qà)ÏÿZçFÏ9 ’Îû È@‹Î6y™ «!$# Nà6YÏJsù `¨B ã@y‚ö7tƒ ( `tBur ö@y‚ö6tƒ $yJ¯RÎ*sù ã@y‚ö7tƒ `tã ¾ÏmÅ¡øÿ¯R 4 ª!$#ur ÓÍ_tóø9$# ÞOçFRr&ur âä!#ts)àÿø9$# 4 cÎ)ur (#öq©9uqtGs? öAωö7tFó¡o„ $·Böqs% öNä.uŽöxî ¢OèO Ÿw (#þqçRqä3tƒ /ä3n=»sVøBr& ÇÌÑÈ
1. B. MUFRODAD
- 7Ï9ºsŒ “ itu” dalam ayat ini berarti siksaan, ini dihubungkan dengan ayat sebelumnya.
- Kata لم يك ( surat Al Anfaal) pada mulanya berbunyi لم يكن . Penghapusan huruf nun itu untuk mempersingkat sekaligus mengisyaratkan bahwa peringatan dan nasihat yang dikandung ayat ini hendaknya segera disambut dan jangan diulur-ulur, karena mengulur dan memperpanjang hanya mempercepat siksa. Demikian yang diperoleh Al Biqo’i.[3]
- #ZŽÉitóãB ºpyJ÷èÏoR “mengubah nikmat” kalimat ini mempunyai arti Allah tidak mencabut nikmat yang telah dilimpahkan-Nya kepada sesuatu kaum, selama kaum itu tetap taat dan bersyukur kepada Allah.
1. C. PENJELASAN AYAT
Allah tidak menyerahkan manusia kepada hal-hal yang sepintas kilas, juga tidak kepada kebetulan-kebetulan yang tidak ada patokannya. Semuanya diatur dengan sunnah-Nya yang ditetapkan dengan qadar-Nya. Apa yang menimpa kaum musyrikin pada waktu perang Badar adalah yang juga menimpa Fir’aun dan orang-orang yang sebelumnya.
Allah SWT telah memberikan nikmat-Nya kepada mereka, telah memberikan rezeki dan karunia-Nya, telah meneguhkan kekuasaan untuk mereka di muka bumi dan telah menjadikan mereka khalifahnya. Semua ini diberikan Allah kepada manusia sebagai ujian dan cobaan dengan tujuan untuk menilai mereka apakah mereka mau bersyukur atau malah kufur, ternyata mereka malah bertindak kufur dan tidak bersyukur. Mereka berlaku sombong dan melampaui batas dengan nikmat yang diberikan itu. Mereka terperdaya oleh nikmat dan kekuatan itu lantas menjadi sewenang-wenang, melampaui batas, kafir dan durhaka. Ayat-ayat Allah pun didatangkan kepada mereka tetapi mereka mengkufurinya.
Pada waktu itu berlakulah atas mereka sunnah Allah yang berlaku terhadap orang-orang kafir sesudah sampai kepada mereka ayat-ayat-Nya, tetapi mereka mangingkarinya. Pada waktu itu Allah mengubah nikmat itu dan menghukum mereka dengan azab serta menghancurkan mereka.
Dalam tafsir al-Mishbah Surat Al anfal ayat 53
y7Ï9ºsŒ cr’Î/ ©!$# öNs9 à7tƒ #ZŽÉitóãB ºpyJ÷èÏoR $ygyJyè÷Rr& 4’n?tã BQöqs% 4Ó®Lym (#rçŽÉitóム$tB öNÍkŦàÿRr’Î/ žcr&ur ©!$# ìì‹ÏJy™ ÒOŠÎ=tæ ÇÎÌÈ
Apa yang dialami oleh orang-orang kafir itu penyebabnya dijelaskan oleh ayat ini. Demikian kesimpulan hubungan yang dikemukakan oleh sekian pakar. Al-Biqo’i yang dikenal sebagai mufassir yang memberi perhatian yang sangat besar tentang hubungan antar ayat dan surah Al Quran, menghubungkan ayat ini dengan ayat yang lalu, melalui suatu pertanyaan yang dilukiskan muncul akibat uraian ayat-ayat yang lalu. Yaitu kalau memang Allah mengetahui bahwa mereka pasti berdosa maka mengapa Allah tidak segera saja mereka?, mengapa Allah memberi mereka peluang untuk mengganggu orang-orang yang dekat kepadanya?
Nah, ayat ini menurut Al Biqa’i menjawab pertanyaan itu yakni bahwa yang demikian yakni siksaan baik menyangkut waktu, kadar maupun jenisnya ditetapkan Allah berdasarkan perbuatan mereka mengubah diri mereka. Sebenarnya Allah dapat menyiksa mereka berdasar pengetahuannya tentang isi hati mereka. Yakni sebelum mereka melahirkannya dalam bentuk perbuatan yang nyata, tetapi Allah tidak melakukan itu karena sunnah dan ketetapannya. Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan mengubah suatu nikmat sedikit atau besar yang telah dianugerahnya kepada suatu kaum, tidak juga sebaliknya mengubah kesengsaraan yang dialami oleh suatu kaum menjadi kebahagiaan hingga kaum itu sendiri terlebih dahulu mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri, yakni untuk memperoleh nikmat tambahan mereka harus lebih baik, sedangkan perolehan siksaan adalah akibat mengubah fitrah kesucian mereka menjadi keburukan dan kedurhakaan dan sesungguhnya Allah Maha mendengar apapun yang disuarakan mahkluk lagi maha mengetahui apapun sikap dan tingkah laku mereka.
Ayat ini juga berhubungan dengan ayat berikut ini
إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلا مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ (١١
Artinya: Sesungguhnya Allah tidak merubah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.
Kedua ayat tersebut berbicara tentang perubahan nikmat, menggunakan kata ما “ma” sehingga mencakup perubahan apapun, yakni baik dari nikmat positif menuju nikmat/murka illahi/negative maupun dari negative ke posotif.
Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi menyangkut kedua ayat diatas. Pertama, ayat tersebut berbicara tentang perubahan sosial yang berlaku bagi masyarakat yang lalu, masakini, dan masa mendatang. Keduanya berbicara tentang hukum-hukum kemasyarakatan, bukan menyangkut orang perorang atau individu. Ini dipahami dari penggunaan kata kaum/masyarakat pada kedua ayat tersebut. Karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa perubahan sosial tidak dapat dilakukan oleh seorang manusia saja.
Kedua, ayat tersebut berbicara tentang kaum, maka ini berarti bahwa ketetapan atau sunnatullah yang dibicarakan ini berkaitan dengan kehidupan duniawi, bukan ukhrawi. Hal ini mengantar kita berkata bahwa ada pertanggungjawaban yang bersifat pribadi, dan ini akan terjadi di akhirat kelak.
Dengan pendidikan manusia dapat menata kehidupan secara pribadi, maupun sosialnya. Seperti yang digambarkan Allah dalam surat Muhammad ayat 38 menerangkan bahwa kita disuruh untuk menafkahkan hartanya dijalan Allah. Bagi orang yang awwam dan tak berpendidikan agama maka akan berpendapat bahwa untuk apa kita harus memberikan sebagian harta kita untuk orang lain, yang harta tersebut adalah hasil dari usaha kita sendiri. Namun ini sangat berbeda ketika orang tersebut berpendidikan, pasti ada sisi sifat afektif terhadap sesama yang muncul pada dirinya,yaitu sifat kasih sayang dan mau berbagi sesama. Dan ketika itu terjadi dalam masyarakat, dapat kita bayangkan bagaimana kehidupan di masyarakat itu, apakah masyarakat itu tidak akan berubah baik secara culture maupun secara kebiasaan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Sedangkan dalam tafsir Al-Maraghi:
BAB III
PENUTUP
1. A. Kesimpulan
Setelah kami paparkan uraian makalah diatas, maka dapat kami simpulkan bahwa di dalam alqur’an sudah sangat jelas memberikan gambaran kepada kita bahwa pendidikan dapat merubah kehidupan sosial masyarakat, pendidikan tersebut harus berawal dari diri manusia itu sendiri (Surat Al-Anfaal ayat 53).
Dan pada pembahasan ayat berikutnya (surat Muhammad ayat 38) Allah memberikan jaminan bagi masyarakat yang mempunyai pendidikan baik dan mengamalkannya akan diberikan nikmat. Dalam ayat ini Allah menjamin orang yang dermawan akan diberikan tambahan nikmat, dan bagi yang kikir Allah akan memberikan nikmat kepada kaum yang lain. Kita tahu secara konsep dasar bahwa orang bisa menjadi dermawan karena ia tahu bahwa apa yang ia miliki hanya titipan dari Allah dan sebagian hartanya adalah milik orang fakir miskin.
Demikianlah kesimpulan makalah kami, pastilah dalam pembahasan makalah ini banyak kekurangan baik dari esensi materi maupun sistematika penulisan. Makanya kami mengharap kritik dan saran yang membangun bagi perbaikan dalam penulisan karya ilmiyah yang berikutnnya. Akhir kata dari kami wal afwu mingkum wa syukron jazilaa…..
DAFTAR PUSTAKA
Al-Maraghi, Ahmad Musthofa,. Terjemah tafsir al Maraghi juz 10. 1992(Semarang: CV toha Putra)
Bakry, M.Ag., Drs. H. Sama’un, Menggagas Konsep Ilmu Penddikan Islam, (Bandung: Pustaka Bani Qurasy, 2005),
Shihab, M. Quraish. Tafsir al Mishbah. ( Jakarta: Lentera Hati: 2002)
Terjemahan dari Al Quran Word
Gallery Ayat Alquran Tentang Pendidikan
Heboh Ustazah Nulis Ayat Alquran Salah Fatal Ini Latar
Konsep Pendidikan Akhalak Dalam Al Qur An Surat Yusuf Ayat
Pdf Teori Teori Pendidikan Dalam Al Qur An
Pdf Konsep Pendidikan Unggul Dalam Al Qur An Kajian
Kata Kunci Nilai Pendidikan Metode Pendidikan Dan Tafsir
Jangan Salah Mendidik Anak Dalil Alquran Dan Sunnah
Ayat Alquran Ttg 1 Muharram O Muharram
Ayat Al Quran Tentang Pendidikan Ilmu Agama Islam For
Kedewasaan Menurut Al Qur An Rumah Kitab
Tafsir Ayat Ayat Al Quran Tentang Tindakan Korupsi Coretanzone
Ayat Ayat Al Quran Tentang Ilmu Matematika Matematika
Sejarah Singkat Kitab Suci Al Qur An Media Dakwah
Ayat Quran Di Gerbang Fakultas Hukum Harvard Republika Online
The Role Of Hadis As Religion Doctrine Resource Evidence
Ayat Ayat Al Qur An Tentang Pendidikan
Ayat Tentang Pendidikan Anak Dalam Surat Luqman Ayat 13 Dan
Ayat Alquran Tentang Sabar Dan Sholat
Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kisah Kisah Yang
Doc Visi Pendidikan Dalam Al Quran Dewi Anggraeni
Isi Kandungan Surat Al Hijr Ayat 9 Pendidikan Agama Islam
Salah Cegah Radikalisme Menag Akan Ganti Ayat Ayat Al Qur
Cek Fakta Salah Cegah Radikalisme Menag Akan Ganti Ayat
0 Response to "Ayat Alquran Tentang Pendidikan"
Post a Comment