Alat Pencernaan Pada Manusia



Sistem Pencernaan Manusia Beserta Fungsi Dan Keterangannya

Sistem Pencernaan Pada Manusia Beserta Gambar dan Fungsinya Lengkap Dengan Keterangannya

 A. SISTEM PENCERNAAN
        Makhluk hidup membutuhkan makanan untuk tumbuh, mendapat kekuatan, dan mengganti sel yang rusak. Makanan yang kita butuhkan tidak dapat seketika diresapi dan dimanfaatkan oleh tubuh namun harus dipecah menjadi molekul kecil yang dapat larut. Proses pemecahan makanan menjadi wujud yang dapat diresapi disebut pencernaan. Sistem pencernaan pada makanan manusia terdiri dari 2 yaitu alat pencernaan dan kelenjar pencernaan. Kelenjar pencernaan seperti halnya kelenjar ludah, hati dan juga pankreas yang akan menghasilkan enzim-enzim yang ada pada pencernaan. Enzim-enzim tertentu berfungsi untuk mengubah makanan menjadi zat yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Tanpa enzim yang dijadikan oleh pankreas, kita akan mati kelaparan meskipun banyak makanan yang kita makan.
         Makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita yakni makanan yang bergizi dalam jumlah yang cukup. Makanan yang bergizi mengandung berbagai zat seperti karbohidrat, protein, lemak, garam mineral, vitamin, dan air. Makanan yang mengalami progres pencernaan di dalam tubuh yakni karbohidrat, protein, dan lemak. Vitamin, mineral, dan air tidak mengalami progres pencernaan. 

B. ALAT PENCERNAAN

Alat-alat pencernaan makanan pada manusia terdiri atas 2 hal yaitu saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan kita terdiri atas mulut, pangkal kerongkongan (faring), kerongkongan (esofagus), lambung, usus halus yang terdiri atas usus 12 jari (duodenum), usus tengah (jejunum), dan usus penyerapan (ileum) meskipun usus besar, terdiri atas usus tebal (kolon), poros usus (rektum), dan dubur. Di dalam rongga mulut ada 3 hal yaitu gigi, lidah, dan juga kelenjar ludah. Gigi memotong dan menghaluskan makanan menjadi komponen kecil sehingga mudah ditelan.  Gigi manusia tersusun atas gigi seri, gigi taring, dan geraham. 
Gigi seri berbentuk seperti kapak, berlokasi di sebelah depan, berfungsi untuk memotong makanan. Gigi taring berlokasi di antara gigi seri dan geraham., berbentuk runcing dan berfungsi untuk merobek atau mengoyak makanan. Geraham berlokasi di belakang taring dan berfungsi untuk mengunyah atau menghaluskan makanan. Geraham memiliki permukaan yang agak lebar dan juga bergelombang bentuknya seperti papan penggilas.

Kecuali gigi, di dalam rongga mulut terdapat lidah dan 3 pasang kelenjar air liur. Lidah berfungsi sebagai alat pengecap makanan, membantu gigi mencampur dan menempatkan makanan, serta membantu menelan dan mensupport makanan masuk ke dalam kerongkongan. 

2.      Kerongkongan  Faring yakni persimpangan antara tenggorokan dengan kerongkongan. Di pangkal faring terdapat katup yang disebut epiglotis. Bagian depan faring berkaitan dengan tenggorokan, meskipun komponen belakang berkaitan dengan kerongkongan. Kerongkongan yakni penghubung antara mulut dengan lambung. Organ ini berbentuk tabung yang panjangnya sekitar 25cm. Kerongkongan berlokasi di belakang saluran pernafasan.

3.      Lambung

Lambung atau perut besar berlokasi di komponen atas rongga perut sebelah kiri. Lambung terdiri atas tiga komponen, yakni komponen atas (kardiak), komponen tengah (fundus), dan komponen bawah (pilorus). Di ujung lambung terdapat otot lingkar yang membatasi masuk atau keluarnya makanan di lambung. Otot lingkar itu cenderung tertutup dan membuka hanya pada dikala ada makanan masuk ke lambung atau dikala muntah. Otot lingkar lainnya terdapat di ujung lambung yang berbatasan dengan usus halus, yakni otot lingkar pilorus. 

Pada dinding lambung komponen fundus terdapat kelenjar lambung yang dapat menghasilkan 400-800 ml getah lambung. Getah lambung yang terdiri atas 5 hal yaitu air, asam lambung, enzim pepsinogen, lendir, dan renin. Dinding lambung terdiri atas otot yang tersusun melingkar, memanjang, dan menyerong. Kontraksi otot lambung menyebabkan makanan teraduk merata dengan getah lambung.

4.      Usus Halus

Usus halus yakni saluran makanan terpanjang, panjangnya kurang lebih 5 m, serta banyak mengandung pembuluh darah dan limfa. Bagian pertama dari usus halus yakni usus dua belas jari (duodenum). Ke dalam usus dua belas jari bermuara dua saluran, yakni saluran getah pankreas dan saluran empedu. Kecuali menghasilkan enzim, pankreas juga menghasilkan zat yang dapat menetralkan keasaman makanan yang keluar dari lambung. 

Empedu dijadikan oleh sel hati. Cairan empedu dari hati ditampung di kantong empedu, kemudian dialirkan ke usus dua belas jari melalui saluran empedu. Cairan empedu berfungsi mengemulsikan lemak. Empedu berwarna kecoklatan sebab yakni hasil pemecahan hemoglobin. Pigmen empedu ini memberi warna khas pada feses. Bagian kedua usus halus yakni usus tengah (jejenum). Usus tengah yakni tempat pencernaan terakhir sebelum sari makanan diresapi. Bagian terakhir usus halus yakni usus penyerapan (ileum). Untuk mempercepat proses penyerapan sari makanan, maka permukaan dalam dinding usus halus akan berjonjot (atau bervilus). Jonjot membuat permukaan usus halus bertambah luas, sehingga sari makanan pesat terserap.

5.      Usus Besar 

Usus besar terdiri dari dua komponen, yakni usus tebal dan poros usus (rectum). Usus tebal terdiri atas komponen yang naik, komponen yang datar, dan komponen yang turun. Bagian akhir dari usus besar yakni poros usus (rectum). 

Usus tebal membatasi kadar air pada sisa makanan. Seandainya kadar air pada sisa makanan terlalu banyak, dinding usus tebal menyerap kelebihan air hal yang demikian. Sebaliknya, seandainya sisa makanan kekurangan air, dinding usus tebal mengeluarkan air ke sisa makanan hal yang demikian. Di dalam usus tebal terdapat bakteri koli (Escherichia Coli) yang membantu progres pembusukan sisa makanan menjadi feses. Bakteri koli juga membantu penyusunan vitamin K dan vitamin B-12. Kecuali itu, bakteri koli dapat menghalangi pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Gallery Alat Pencernaan Pada Manusia

Alat Pencernaan Pada Manusia

5 Fungsi Empedu Pada Sistem Pencernaan Tubuh Manusia

Sistem Pencernaan Manusia Ppt Download

Bagaimana Organ Pencernaan Manusia Bekerja

Fungsi Organ Pencernaan Manusia

10 Gangguan Sistem Pencernaan Pada Manusia Genggam Internet

Sistem Pencernaan Pada Manusia Pages 1 6 Text Version

Sistem Pencernaan Pada Manusia Penjelasan Singkat Padat

Sistem Pencernaan 3 Organ Organ Pencernaan Manusia

Sistem Pencernaan Dan Organ Pada Manusia Situs Web Sarana

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Organ Organ Penyusun Sistem Pencernaan Manusia Beserta Fungsinya

Sistem Pencernaan Pada Manusia Ok

Sistem Pencernaan Pada Manusia Karya Guru

Sistem Pencernaan Manusia Fungsi Dan Penjelasannya

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Alat Pencernaan Manusia

Sistem Pencernaan Pada Manusia Lengkap Gambar Dan Penjelasan

Sistem Pencernaan Pada Manusia Biology

Diagram Dan Penjelasan Fungsi Organ Pencernaan Pada Manusia

Sistem Pencernaan Manusia Kelas 5 Tema 3 Subtema 1

Sistem Pencernaan Makanan Fungsi Alat Dan Saluran Serta

Organ Pencernaan Pada Manusia Bangku Sekolah

Sistem Pencernaan Pada Manusia 2 Pembelajaran Biologi Mamon


0 Response to "Alat Pencernaan Pada Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel