Cara Mempercepat Booting Windows 7



Cara Mempercepat Startup Booting Windows 7 It Jurnal Com

12 Cara Mempercepat Booting Windows pada PC Laptop (Ampuh)

Seiring dengan perkembangannya jumlah pengguna PC / Laptop semakin meningkat. Dilihat dari fungsinya yang sangat membantu pekerjaan manusia membuat orang – orang tertarik memilikinya. PC/Laptop saat ini menjadi benda yang akrab sekali dengan kehidupan kita, karena kita hampir setiap hari melakukan aktivitas dengan menggunakan benda yang satu ini. PC / Laptop ini biasanya lebih dekat dengan para pekerja kantoran, mahasiswa dan para gamer yang suka bermain game pada PC / Laptop.

Membahas mengenai booting windows pada PC / Laptop, apakah sobat para pengguna tau apa itu booting? Mungkin yang sudah bertahun tahun memiliki PC / Laptop sudah tahu apa itu booting, tapi buat kalian para pengguna baru laptop biasanya merasa asing dengan hal tersebut, padahal sebenarnya hal tersebut sudah biasa kamu lakukan. Perlu kalian tahu ya sobat, bahwa booting merupakan proses yang terjadi ketika kita menghidupkan laptop atau langkah awal dalam mengoperasikan laptop.

Nah sobat, setiap hari jutaan mesin Windows di-boot dan setiap hari juga jutaan orang duduk terdiam untuk menunggu Windows dimuat ke desktop. Jumlah waktu yang terbuang mungkin bisa kita ukur dalam beberapa hari atau minggu karena lambatnya kebanyakan komputer Windows boot. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu dan membuang – buang waktu sekali kan sobat, apalagi ketika kita sedang di buru – buru waktu, pasti sudah tidak sabar dan sangat tergesa – gesa.

12 Cara Ampuh Mempercepat Booting Windows pada PC / Laptop

Di kesempatan kali ini, saya akan membantu sobat untuk mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi dengan mempercepat booting windows di PC / Laptop kalian. Saya tidak menyarankan kalian untuk membeli komputer atau laptop yang baru karena itu adalah solusi yang jelas dan pastinya akan mengatasi masalah yang kalian hadapi. Tapi saat ini saya akan membagikan beberapa cara yang bisa kalian lakukan dengan mudah untuk mempercepat booting windows tanpa mengubah secara drastis pengaturan saat ini.

1. Free Up Disk Space

Hal yang pertama saya lakukan adalah membersihkan ruang disk karena saya memakainya lebih sering daripada yang saya bayangkan. Ada banyak fitur Windows yang memakai cukup banyak ruang disk misalnya recycle bin, system restore, file hibernasi, kemudian folder WinSxS, direktori temp, dan sebagainya.

Selain itu, mungkin di sebabkan karena kalian memiliki banyak data yang tersimpan sehingga kalian mungkin bisa pindah ke hard drive eksternal atau menghapusnya misalnya file duplikat. Free Up Disk Space di Windows, Kurangi Ukuran Folder WinSxS, Hapus File serta Foto Duplikat.

2. Nonaktifkan Efek Visual

Di kebanyakan PC modern saat ini, dengan satu mesin yang lebih tua membuat perbedaan yang cukup besar. Selain itu, memiliki komputer yang layak, tapi graphic card jelek kuga akan membuat perbedaan.

Dengan menonaktifkan efek visual di Windows akan membuat komputer kalian lebih mirip Windows 2000 sebab akan menyingkirkan tema Aero serta menghapus semua transparansi dan animasi. Saat datang ke waktu booting, menonaktifkan efek visual akan membuat desktop sedikit lebih cepat dan lancar.

3. Optimalkan Paging File

File paging bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja Windows dan mengurangi waktu booting jika di konfigurasi dengan tepat. Penting dilakukan pengoptimalan file paging jika komputer tidak mempunyai banyak RAM. Yang kurang dari 4GB RAM merupakan alasan yang cukup untuk bermain-main dengan file paging.

4. Pasang lebih banyak RAM

Saya telah memakai mesin modern yang menjalankan Windows 8 dengan prosesor Core i3, i5 atau i7, tapi hanya mengelola RAM 2 atau 4 GB! 4 GB tidak buruk dan cukup untuk banyak orang, tapi tidak beralasan bahwa komputer modern harus memiliki RAM kurang dari yang terpasang.

Jika kalian memakai Windows 64-bit di desktop, kamu harus mencoba 8 GB RAM. Perhatikan bahwa kamu mempunyai OS 32-bit, Windows tidak bisa melihat lebih dari 4 GB RAM, jadi itu yang harus kamu instal.

5. Defragment Hard Drive

Buat kamu yang menjalankan versi Windows yang lebih tua misalnya Vista atau XP karena Windows 7 dan Windows 8 secara otomatis defragment hard drive. Dan juga buat kamu yang menggunakan SSD dan bukan hard drive tradisional, kamu ingin memastikan TIDAK melakukan defragment pada drive.

6. Nonaktifkan Program Startup

Jika kamu salah satu dari orang-orang yang mempunyai lebih dari 5 ikon yang timbul di area notifikasi taskbar, waktu boot kamu mungkin bisa dikurangi. Memakai utilitas MSCONFIG, yang hadir dengan hampir setiap versi Windows, kamu dapat menonaktifkan program startup dengan gampang dan cepat.

Program startup sebagian besar bisa di nonaktifkan sebab program pihak ketiga misalnya Adobe, Dropbox, Google Update, dan sebagainya. Kamu bisa menjalankan semua sendiri dengan manual ketika kamu memakainya sehingga mengurangi jumlah waktu yang diperlukan Windows untuk dimuat.

7. Uninstall Programs

Kamu perlu menghapus semua program yang tidak lagi kamu pakai dan butuhkan. Banyak PC dengan banyak aplikasi sejak bertahun-tahun yang hanya duduk di komputer orang-orang seperti debu di kipas angin. Ada kalanya kamu perlu menyingkirkan program itu sebab mereka menambahkan entri registri yang akan membuat lambat proses booting.

8. Jalankan Utilitas Pembersihan

Ketika kamu menguninstall sekumpulan program entri registri yang kamu buat tidak harus dihapus. Dalam masalah seperti ini, yang harus kamu lakukan yaitu menjalankan utilitas pembersihan seperti CCleaner sebab mereka aman sekali dan melakukan perubahan di waktu booting.

9. Upgrade ke SSD

Kalian bisa mengambil SSD 64 atau 128 GB dan hanya menginstal Windows pada drive itu. Memindahkan instalasi atau menginstal dari awal menjadi banyak pekerjaan, sehingga hal tersebut bukan sesuatu yang bisa di kerjakan setiap orang, tapi pasti layak untuk dicoba.

SSD telah membetulkan waktu booting mesin Windows 7 secara signifikan dan ini membuat program yang berjalan di Windows jauh lebih cepat. Hal  ini akan memberi hasil yang cukup lebih baik.

10. Upgrade ke Windows 10

Walaupun banyak orang kurang suka dengan Window 10, tapi bootingnya sangat cepat. Jika kamu cukup sabar dengan gangguan Windows 10, kamu akan melihat pengurangan besar dalam waktu boot walaupun dengan perangkat keras semi-tua.

11. Ubah Pengaturan BIOS

Ketika komputer kamu boot up, BIOS akan menampilkan sistem operasi. Sebagian besar waktu boot bisa dipakai dalam fase khusus ini. Sebab BIOS tersimpan pada chip memori pada motherboard sehingga tidak terpengaruh oleh hal lain pada sistem, termasuk perangkat keras misalnya RAM, hard drive,dan sebagainya. Sebenarnya ada dua cara untuk mempercepat proses BIOS yaitu ubah urutan booting dan harddisk dengan OS akan terdaftar terlebih dahulu dan aktifkan booting cepat, yang akan menonaktifkan semua pemeriksaan hardware yang pada mulanya dilakukan saat proses booting.

Selanjutnya kunjungi Google untuk melihat apakah BIOS kamu mendukungnya atau kamu bisa memasukkan BIOS dengan menekan F2 atau tombol apa saja yang terlihat saat startup. Ini layak upgrade BIOS jika kamu belum melakukannya dalam waktu yang sangat lama.

12. Selalu perbarui PC

Ketika Windows sedang loading, dan harus memuat banyak driver untuk memastikan semuanya berjalan dengan benar misalnya port USB, kartu grafis, hard drive, chip memori, dan sebagainya.

Kalian untuk harus selalu update semua driver sebab versi terbaru berisi perbaikan, peningkatan kecepatan, peningkatan kompatibilitas, dan sebagainya. Tapi tenang saja, sebab banyak perangkat lunak yang dapat memperbarui driver secara otomatis untuk kalian. Kamu juga harus menginstal pembaruan Windows terbaru menggunakan alat Pembaruan Windows pada Panel Kontrol.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 12 Cara Ampuh Mempercepat Booting Windows pada PC / Laptop. Semoga tips yang saya rekomendasikan di atas dapat membantu kalian yang sedang mengalami masalah booting windows yang lambat dan ingin mempercepatnya. Jika ada yang perlu di tanyakan silahkan berkomentar, selamat mencoba dan saya doakan berhasil ya sobat.

Gallery Cara Mempercepat Booting Windows 7

Cara Mempercepat Booting Windows 7 Inilah Caranya

Cara Mempercepat Booting Windows 7 Lengkap

10 Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Yang Lambat

Cara Mempercepat Booting Windows 7 Youtube

3 Cara Mempercepat Booting Windows 7 Winpoin

Tutorial Mempercepat Booting Startup Windows 7

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7 Yang Mudah Dilakukan

Cara Mempercepat Boot Pada Windows

Cara Mempercepat Booting Windows 10 Menjadi Secepat Kilat

3 Cara Mempercepat Booting Windows 7 Winpoin

Cara Mempercepat Booting Pada Windows 7

Cara Mempercepat Booting Windows 7 Jasa Service Dan Instal

Cara Mempercepat Booting Atau Loading Windows Part 1 Youtube

Mempercepat Waktu Booting Windows 7 Catatan Teknisi

Cara Internet Cepat Pakai Vpn Cara Mempercepat Internet

Doc 3 Cara Mempercepat Booting Windows 7 Arvin Saptyan

Cara Mempercepat Booting Windows 10 Dengan Mudah Dan Efektif

10 Cara Mempercepat Startup Windows 7 Yang Mudah Dilakukan

How To Decrease Boot Time For Windows 7 Ccboot Clients

5 Cara Mempercepat Booting Windows 10 Terbaru 2020

How To Make Windows Xp Startup Faster With Pictures Wikihow

Tips Mempercepat Booting Windows 7 Trik Komputer Gratis

Cara Mempercepat Booting Windows 7

5 Tips Cara Mempercepat Booting Di Windows 10


0 Response to "Cara Mempercepat Booting Windows 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel