Pengertian Xampp Menurut Para Ahli



1705552056 Socmed Pdfmakalah

XAMPP adalah

XAMPP adalah – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Bagian & Komponen – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai XAMPP yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, sejarah, fungsi, fitur, bagian dan komponen, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak system operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi.

XAMPP merupakan salah satu paket installasi Apache, PHP dan MySQL instant yang dapat kita gunakan untuk membantu proses installasi ketiga produk tersebut. Selain paket installasi instant XAMPP versi 1.6.4 juga memberikan fasiltias pilihan pengunaan PHP4 atau PHP5.Untuk berpindah versi PHP yang ingin digunakan juga sangat mudah dilakukan dengan mengunakan bantuan PHP-Switch yang telah disertakan oleh XAMPP, dan yang terpenting XAMPP bersifat free atau gratis untuk digunakan.

XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket.Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis. Merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pengertian Sistem Operasi Linux Menurut Para Ahli Lengkap

Sejarah XAMPP

XAMPP  merupakan  pengembangan  dariLAMP  (Linux  Apache,  MySQL,  PHP  and PERL),  XAMPP ini merupakan project non-profit yang dikembangkan oleh Apache Friends yang didirikan Kai ‘Oswalad’  Seidler  dan  Kay  Vogelgesang  pada tahun  2002,  project  mereka ini bertujuan mempromosikan pengunaan Apache web server.

Fungsi XAMPP

Fungsi XAMPP sendiri adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri beberapa program antara lain : Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP sendiri merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl.

Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah untuk digunakan yang dapat menampilkan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya XAMPP anda dapat mendownload langsung dari web resminya. Dan berikut beberapa definisi program lainnya yang terdapat dalam XAMPP.

Fitur-Fitur XAMPP

Berikut ini terdapat beberapa fitur-fitur xampp, terdiri atas:

Apache adalah perangkat lunak sumber terbuka yang menjadi alternatif dari server web Netscape. Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache merupakan server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Apache dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naunganApache Software Foundation.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Uji Validitas adalah

MySQL adalah singkatan “My Structured Query Language”.Program ini berjalan sebagai server menyediakan multi-user mengakses ke sejumlah database. MySQLumumnya digunakan oleh perangkat lunak bebas yang memerlukan fitur penuh sistem manajemen database, seperti WordPress, phpBB dan perangkat lunak lain yang dibangun pada perangkat lunak LAMP. Ia juga digunakan dalam skala sangat tinggi World Wide Web, termasuk produk-produk Google dan Facebook.

PHP adalah bahasa pemrograman script yang banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB danMediaWiki (software di belakang Wikipedia).

Bagian-Bagian XAMPP

Berikut ini terdapat beberapa bagian-bagian XAMPP, terdiri atas:

Htdocs adalah sebuah folder yang digunakan sebagai tempat penyimpanan berkas seperti PHP, HTML, dan script lain yang digunakan dalam sebuah halaman website. Secara kapasitas penyimpanan, XAMPP tergantung dari seberapa besar kapasitas hardisk di laptop atau komputer anda. Sedangkan bila menggunakan hosting online, maka tergantung pilihan waktu membeli sebuah hosting.

phpMyadmin adalah sebuah tempat yang digunakan untuk mengelola database MySQL yang berada di komputer atau laptop. Untuk mengakses phpMyadmin yakni dengan membuka browser internet (Mozila atau chrome) lalu ketikkan alamat http://localhost/phpMyadmin maka akan muncul tampilannya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : “Open Source” Pengertian & Contoh ( Kelebihan – Kekurangan )

Control Panel adalah sebuah layanan untuk mengelola XAMPP baik itu mengontrol (start atau stop XAMPP) serta layanan service lainnya. Secara online di dalam hosting atau VPS dikenal CPanel

Komponen XAMPP 

Berikut ini terdapat beberapa komponen xampp, terdiri atas:

XAMPP 1.8.3 untuk Windows, Termasuk :

  • Apache 2.4.4
  • MySQL 6.5.11
  • PHP 5.5.0
  • phpMyAdmin 4.0.4
  • FileZilla FTP Server 0.9.41
  • Tomcat 7.0.41 (with mod_proxy_ajp as connector)
  • Strawberry Perl 5.16.3.1 Portabel
  • XAMPP Control Panel 3.2.1 (dari hackattack142)

XAMPP 1.8.3 untuk Linux, Termasuk :

  • Apache 2.4.4
  • MySQL 6.5.11
  • PHP 5.5.0
  • phpMyAdmin 4.0.4
  • OpenSSL 1.0.1e

XAMPP untuk Solaris

XAMPP untuk Mac OS X

Kelebihan dan Kekurangan XAMPP

Berikut ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan XAMPP, terdiri atas:

Kelebihan :

  1. Database Storage Engine ini banyak digunakan oleh programmer apalagi oleh web developer karena sifatnya yang free. Untuk yang expert sudah ada yang bayar.
  2. Kemampuannya sudah bisa diandalkan, mempunyai kapasitas yang cukup mumpuni sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai 5.000.000.000 bahkan untuk yang terbaru sudah lebih.
  3. Keamanan datanya cukup aman walaupun tidak sehebat Postgre apalagi Oracle.
  4. Engine ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan di berbagai sistem operasi. My Sql cocok diaplikasikan diaplikasi kelas kecil dan menengah.
  5. Kelebihan paling utama engine ini adalah kecepatannya.

Kekurangan :

  1. Tidak cocok untuk menangani data dengan jumlah yang besar, baik untuk menyimpan data maupun untuk memproses data.
  2. Memiliki keterbatasan kemampuan kinerja pada server ketika data yang disimpan telah melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server karena tidak menerapkan konsep Technology Cluste.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : “PHP” Pengertian – Jenis & ( Kelebihan – Kekurangan )

XAMPP adalah singkatan yang setiap huruf adalah :

  • X : Program ini dapat dijalankan di banyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
  • A : Apache, server aplikasi Web. Apache tugas utama adalah untuk menghasilkan halaman web yang benar kepada pengguna terhadap kode PHP yang sudah dituliskan oleh pembuat halaman web. jika perlu kode PHP juga berdasarkan yang tertulis, dapat database diakses dulu (misalnya MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
  • M : MySQL, server aplikasi database. Pertumbuhannya disebut SQL singkatan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang difungsikan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database dan isinya. Bisa juga memanfaatkan MySQL guna untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data dalam database.
  • P : PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman untuk membuat web yang server-side scripting. PHP digunakan untuk membuat halaman web dinamis. Sistem manajemen database yang sering digunakan dengan PHP adalah MySQL. namun PHP juga mendukung Pengelolaan sistem database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.
  • P : Perl, bahasa pemrograman untuk semua tujuan, pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall, mesin Unix. Perl dirilis pertama kali tanggal 18 Desember 1987 yang ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl juga tersedia untuk berbagai sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

Demikianlah pembahasan mengenai XAMPP adalah – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Bagian & Komponen semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Gallery Pengertian Xampp Menurut Para Ahli

Ruang Belajar Siswa Kelas 3 Pengertian Xampp Menurut Para Ahli

Pengguna Alfharabi Widuri

Pengertian Xampp Lengkap Dengan Fungsi Dan Cara Instalasi

Pengertian Ux User Experience Dasar Faktor Dan Bedanya

Ruang Belajar Siswa Kelas 3 Pengertian Xampp Menurut Para Ahli

Xampp Adalah Sejarah Fungsi Fitur Bagian Dan Komponen

Cara Instal Wordpress Di Localhost Dengan Xampp Bangpahmi Com

Prestashop Panduan Lengkap 2018 Blog Dewaweb

Volume 2 No 2 Oktober 2018 Issn 2549 0222 Jurnal Intra

Xampp Terbaru Archives Afrizatul

Pengertian Xampp Menurut Para Ahli Lengkap Penulis Baru

Pengertian Xampp Lengkap Dengan Fungsi Dan Cara Instalasi

Internet Archives Page 4 Of 10 Jagad Id

Laragon Alternatif Xampp Terbaik Di Windows Codepolitan Com

Cara Mengatasi Error Mysql Pada Xampp Server Anita S

Apa Itu Pengertian Cpanel

Informasi Akuntansi Manajemen Pengertian Xampp

베플리의 영어고민 상담소 Talk 16 영어에서 발음이 많이

Bab Ii Baru

Pengertian Phpmyadmin Beserta Fungsi Dan Fitur Fitur Phpmyadmin

Xampp Adalah Sejarah Fungsi Fitur Bagian Dan Komponen

Keuntungan Menggunakan Laragon Dibandingkan Xampp Logique Blog

Pengguna Alfharabi Widuri


0 Response to "Pengertian Xampp Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel