Pengertian Pasar Persaingan Sempurna



Pasar Persaingan Tidak Sempurna Ilmu Dasar

Pengertian dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna - Jurnal Blog

Definisi dari pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar di mana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya. Pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.

Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk memengaruhi harga pasar karena sudah ada ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna.

Ciri-ciri yang bisa kita temui pada pasar persaingan sempurna adalah:

a. Terdiri atas Banyak Penjual & Pembeli

Adanya sifat ini, mengakibatkan perilaku penjual dan pembeli tidak bisa memengaruhi keadaan pasar, dengan kata lain mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar secara keseluruhan. Interaksi antara penjual dan pembeli dianggap sebagai pengikut harga (price taker) yang menyebabkan harga di pasar ini bersifat datum (harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual) karena mekanisme pasar yang menentukan harganya melalui interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran di masyarakat.

b. Adanya Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)

Artinya adalah tidak terdapat suatu hambatan apabila suatu perusahaan ingin memulai sebuah bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan, dan menutup usahanya jika ternyata merugikan. Tidak seperti pasar lain yang mungkin ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasar misalnya dengan adanya surat perjanjian.

c. Barang yang Diperjual belikan Bersifat Homogen

Perusahaan menghasilkan barang di mana barang tersebut merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek, sehingga produk identik sama atau tidak bisa dibedakan. Artinya sekalipun Anda membeli disatu perusahaan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitasnya akan sama persis dengan perusahaan lain.

d. Penjual & Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar

Penjual dan pembeli sangat mengetahui betul tentang keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar dan meliputi setiap perubahannya. Pengetahuan tentang keadaan ini yang mengakibatkan:

– Semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.

– Tidak ada produsen yang menjual barang dangan harga yang lebih rendah dari harga pasar.

– Tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar

e. Mobilitas atau Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna

Maksudnya adalah tidak ada kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. karena pada dasarnya semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.

Kelebihan dari pasar persaingan sempurna adalah tidak adanya persaingan di dalam pasar karena barang yang dijual bersifat homogen. Hal ini juga berpengaruh dalam hal promosi. Penjual tidak perlu melakukan promosi yang besar-besaran karena barang yang dijual homogen. Selain itu, harga barang di dalam pasar persaingan sempurna juga cukup stabil. Tidak ada kenaikan ataupun penurunan drastis antara satu penjual dan penjual lain.

Sayangnya pasar persaingan sempurna juga memiliki kekurangan. Pasar persaingan sempurna cukup minim inovasi. Selain itu karena barang yang dijual homogen, pembeli merasa kesulitan memilih barang atau jasa.

Pasar persaingan sempurna dapat menjadi wadah yang bagus bagi Anda yang memiliki bisnis produk atau jasa yang umum dilakukan oleh banyak orang. Kesuksesan bisnis dapat diperoleh di mana pun dan kapan pun asalkan Anda memiliki strategi yang matang, salah satunya dengan selalu melakukan pencatatan keuangan perusahaan di dalam laporan keuangan. Kini, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah menggunakan software akuntansi Jurnal. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan realtime. Temukan berbagai fitur menarik dari Jurnal di sini.

Artikel telah diedit dan mendapatkan revisi.

Gallery Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian Dan Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna Jurnal Blog

Latest Stories And News About Economic Education Medium

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Lengkap Dengan Ciri Dan

Pengertian Ciri Pasar Persaingan Sempurna Oligopoli

Ekonomi Pasar Persaingan Sempurna Dan Tidak Sempurna

Pengertian Jenis Contoh Ciri Ciri Pasar Persaingan

Pasar Persaingan Sempurna Ss Belajar

Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Dan Contohnya

Pasar Persaingan Sempurna Pengertian Pasar Kelebihan

Saat Persaingan Pasar Sempurna Inilah Yang Terjadi Jojoblog

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli Ciri Fungsi Dan Jenis

Pembahasan Pasar Persaingan Sempurna Kekurangan Kelebihan

Artikel Terbaru Pengertian Dan Ciri Ciri Pasar Persaingan

Ciri Pasar Oligopoli Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Ciri Ciri Kelebihan Kekurangan Dan Contoh

Pengertian Ciri Ciri Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian Dan Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian Ciri Ciri Kelebihan Kekurangan Dan Contoh Pasar

Anis Laili Materi Pasar Persaingan Sempurna


0 Response to "Pengertian Pasar Persaingan Sempurna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel