Sistem Reproduksi Pada Manusia



Sistem Reproduksi New Pptx Sistem Sistem Reproduksi

Memahami Sistem Reproduksi pada Manusia

Salah satu ciri makhluk hidup, termasuk manusia, yaitu berkembang biak. Sistem reproduksi pada manusia menjadi komponen penting dalam menghasilkan keturunan.  Sistem reproduksi pada manusia, baik pria maupun wanita memiliki struktur organ internal dan ekternalnya masing-masing yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Awal proses reproduksi manusia terjadi ketika sel sperma dari pria bertemu dengan sel telur wanita, umumnya terjadi dalam hubungan seksual. Proses ini dapat berjalan berkat adanya organ-organ reproduksi yang berfungsi dengan baik. Organ reproduksi beserta dengan kelenjar dan hormon membentuk sistem reproduksi yang berperan dalam proses reproduksi manusia. Sistem reproduksi pada pria dan wanita berbeda, serta bekerja spesifik untuk masing-masing jenis kelamin secara genetik.

Mengenal Sistem Reproduksi Pria dan Wanita

Fungsi sistem reproduksi pada pria terutama untuk produksi dan penyimpanan, serta mengantarkan sperma untuk pembuahan sel telur. Sedangkan, sistem reproduksi wanita memiliki fungsi memproduksi sel telur dan mengandung bayi. Kedua fungsi tersebut saling melengkapi dalam proses reproduksi.

Sistem organ reproduksi pria dan wanita, sama-sama terdiri dari bagian eksternal dan internal.  Sebagian besar sistem reproduksi pria berada di luar tubuh, berbeda dengan wanita yang lebih banyak berada di dalam tubuh.

Sistem Reproduksi Pria

Struktur organ reproduksi eksternal pada pria meliputi:

  • Penis Penis adalah organ vital pria yang digunakan untuk berhubungan seksual. Di saat mencapai klimaks seksual, sperma keluar melalui saluran di dalam penis.
  • Skrotum Skrotum adalah kantong kulit yang menggantung pada pangkal penis. Kantung kecil dan berotot ini melindungi testis, beserta saraf dan pembuluh darah.
  • Testis Testis adalah organ paling penting dari sistem reproduksi laki-laki yang yang terletak di dalam skrotum. Testis merupakan kelenjar di mana sperma dan testosteron diproduksi.

Selain itu, struktur organ reproduksi pria didukung oleh organ internal yang juga dikenal sebagai organ aksesoris. Organ-organ ini bermanfaat untuk membantu menjalankan fungsi produksi, penyimpanan dan keluarnya sperma meliputi uretra, vas deferens, epididimis,  vesikula seminalis, duktus ejakulatorius, kelenjar prostat dan kelenjar bulbourethral.

Kinerja organ-organ reproduksi pria akan bergantung pada kondisi hormon reproduksi dalam tubuh pria, yakni testosteron yang memiliki manfaat dalam perkembangan karakteristik seorang pria termasuk fisik dan gairah seksual, serta FSH (follicle stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone) yang bekerja membantu produksi sperma.

Sistem Reproduksi Wanita

Bagi wanita, struktur organ reproduksinya lebih banyak terletak di bagian dalam tubuh (organ reproduksi internal), meliputi:

  • Tuba Falopi Organ ini berbentuk tabung kecil yang menempel bagian atas rahim. Tuba falopi berfungsi sebagai jalur sel telur untuk bergerak dari ovarium ke rahim.
  • Ovarium Ovarium adalah kelenjar berbentuk oval kecil yang terletak di kedua sisi rahim. Ovarium menghasilkan sel telur dan hormon estrogen serta progesteron.
  • Vagina & Serviks Vagina adalah jalur yang menghubungkan serviks (mulut rahim) ke bagian luar tubuh. Vagina dikenal juga sebagai jalan lahir. Pada saat berhubungan seksual, penis akan masuk ke dalam organ ini.
  • Uterus (Rahim) Rahim adalah organ berongga berbentuk seperti buah pir yang merupakan tempat bagi janin berkembang semasa kehamilan.

Organ repoduksi wanita dilengkapi dengan organ reproduksi eksternal pada wanita yakni labium mayor, labium minor, kelenjar Bartholin dan klitoris. Organ-organ eksternal ini berfungsi untuk memicu hasrat seksual pada wanita, melindungi organ reproduksi internal wanita dari berbagai penyebab infeksi, dan juga memiliki peran dalam memungkinkan sperma untuk memasuki tubuh wanita, guna mencapai sel telur.

Sistem reproduksi wanita bekerja bersama dengan empat hormon reproduksi utama yakni FSH dan LH yang membantu proses pembentukan sel telur di ovarium, serta estrogen dan progesteron yang berperan penting untuk kehamilan.

Sistem reproduksi pada manusia, baik itu pria maupun wanita, memiliki keunikan dengan fungsinya masing-masing. Kesehatan setiap organ dalam sistem reproduksi perlu dijaga dengan baik, dimulai dari pola hidup yang sehat, hingga perilaku seksual yang aman, demi menunjang proses reproduksi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Terakhir diperbarui: 26 Desember 2017

Gallery Sistem Reproduksi Pada Manusia

Sistem Reproduksi Manusia Ilmu Pengetahuan Alam

Sistem Reproduksi Manusia Pada Pria Dan Wanita

Jual Buku Sistem Reproduksi Pada Tubuh Manusia Kota Yogyakarta Relasi Buku Yogyakarta Tokopedia

Sistem Reproduksi Kelas Xi Ipa

Macam Macam Sistem Organ Pada Manusia Beserta Organ

Video Sistem Reproduksi Pada Manusia Untuk Kelas 9 Smp

Sistem Reproduksi Pada Manusia

Sistem Reproduksi Pada Manusia

Sistem Reproduksi Pada Manusia Psychologymania

Prresentaasi Sistem Reproduksi Pada Manusia Pdf Document

Gangguan Dan Penyakit Sistem Reproduksi Manusia Serta

Sistem Reproduksi Wanita Dan Organ Penyusunnya

Rangkuman Sistem Reproduksi Manusia Kelas 9 Kurikulum 2013

Struktur Dan Fungsi Sistem Reproduksi Pada Manusia Laki

Sistem Reproduksi Pada Manusia

Berikut Ini Adalah Saluran Reproduksi Pada Pria Secara Urut

Teknologi Sistem Reproduksi Pada Manusia Markey

Sistem Reproduksi Smp Kelas Vii Authorstream

Sistem Reproduksi Manusia Biologi Ilmu Pengetahuan

Sistem Reproduksi Pada Manusia

Kelas 9 Smp 9002 Biologi Bab 2 Sistem Reproduksi Manusia Pdf

Ppt Sistem Reproduksi Pada Manusia Powerpoint Presentation

Sistem Reproduksi Manusia Laki Laki Perempuan

Mengulik Fungsi Dan Organ Penting Dalam Sistem Reproduksi

Sistem Reproduksi Pada Manusia Inan Kito


0 Response to "Sistem Reproduksi Pada Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel