Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami



5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Cepat

12 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah & Hidung Secara Alami

Mengatasi masalah komedo di wajah dan hidung, baik itu jenis komedo putih maupun hitam bisa diatasi dengan produk komersial atau memilih pakai cara alami. Menghilangkan komedo secara alami memang pilihan yang aman dan murah. Dan ada banyak bahan alami yang ampuh untuk membersihkan komedo, seperti misalnya lemon, pepaya, putih telur, madu, susu, oatmeal dan lainnya. Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkap berikut ini.

Daftar isi: Apa Itu Komedo? Penyebab Komedo Komedo di Hidung Komedo di Wajah

Apa Itu Komedo?

Komedo merupakan pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh kotoran dan debu. Ada dua jenis komedo yang banyak dijumpai, yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup.

Komedo terbuka merupakan komedo yang berwarna hitam dan nampak seperti pori wajah membesar, warna hitam pada jenis  ini disebabkan oleh penumpukan debu dan kotoran yang telah teroksidasi dengan udara.

Sedangkan komedo tertutup adalah komedo yang berwarna putih. Jenis ini  tumbuh di atas pori-pori wajah yang telah tersumbat sehingga akan nampak seperti tonjolan yang berwarna putih atau juga berwarna kuning kecil.  Dan biasanya lebih banyak muncul pada area hidung dan dagu sehingga terlihat dengan jelas.

10 Penyebab Komedo 

Tahukah kamu apa yang menyebabkan munculnya masalah komedo di wajah? Berikut beberapa penyebabnya:

  1. Makanan yang mengandung banyak minyak

Kondisi kulit wajah dipengaruhi oleh konsumsi makan kita sehari-hari. Mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan, dapat merusak kulit dan dapat memicu timbulnya komedo di wajah. Agar terhindar dari maslah ini maka sebaiknya konsumsi makanan sehat dan segar seperti sayur dan buah yang dapat menutrisi kulit wajah.

Salah satu penyebab wajah kotor yaitu tidak menghapus make up setelah bepergian. Make up yang masih menempel akan menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga dapat memicu timbulnya komedo. Bersihkan kulit wajah setelah keluar rumah dan sebelum tidur.

Merokok bukan hanya buruk bagi kesehatan tubuh, tapi kebiasaan ini dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah, karena asap rokok mengandung partikel zat kimia yang membahayakan kulit wajah sehingga dapat memicu timbulnya komedo serta dapat mempercepat keriput.

  1. Memakai make up secara berlebihan

Make up merupakan hal penting bagi seorang wanita tetapi hindari pemakaian make up secara berlebihan dan tebal karena dapat menyumbat pori-pori kulit wajah. Penyumbatan ini dapat memicu timbulnya komedo dalam waktu singkat. Selain itu hindari menggunakan make up yang mengandung minyak karena dapat mempercepat timbulnya komedo dan jerawat.

  1. Mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol

Kafein merupakan zat yang dapat merusak kulit karena dapat merangsang peningkatan jumlah produksi minyak oleh kelenjar minyak sehingga dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo. Sedangkan mengonsumsi alkohol dapat membuat pola tidur atau istirahat menjadi berantakan sehingga dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah.

Setiap orang memiliki tingkat kestabilan hormon yang berbeda-beda karena adanya faktor keseimbangan. Jika seseorang memiliki hormon testosterone dalam kadar yang tinggi maka akan lebih mudah terserang masalah komedo dan jerawat karena adanya rangsangan dari kelenjar sebaceous yang dapat menyebabkan sebum memproduksi dalam jumlah yang besar.

Salah satu penyebab munculnya komedo adalah kondisi pikiran yang stress. Pikiran stress dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah sehingga dapat memicu timbulnya komedo.

Mengonsumsi air putih dalam jumlah besar, yaitu 8 gelas perhari mampu memberikan efek positif untuk ginjal dan kulit kita. Jadi salah satu penyebab munculnya komedo adalah kurangnya mengonsumsi air mineral dalam sehari.

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak mengandung bakteri dan kuman, jadi jika kita terlalu sering melakukan kontak tangan dengan wajah maka dapat memberikan dampak buruk pada kulit wajah, yaitu bakteri yang ada di tangan akan berpindah ke kulit wajah kita. Bakteri yang menempel di wajah dapat menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat, jadi jika ingin menyentuh wajah sebaiknya pastikan tangan dalam keadaan bersih dan usahakan memegang wajah dengan menggunakan tissue atau kapas karena lebih bersih dan steril.

Lingkungan kotor seperti polusi dan asap kendaraan dapat menyebabkan wajah kusam dan pori-pori tersumbat, hal ini dapat memicu timbulmya komedo lebih cepat.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung  

Salah satu bagian wajah yang paling banyak dihinggapi komedo adalah bagian hidung sehingga tampak jelas dilihat dengan mata. Komedo pada bagian hidung ini sangat mengganggu karena dapat merusak penampilan dan rasa percaya diri kita. Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Berikut ini caranya:

1.Pepaya

Ekstrak pepaya banyak digunakan di industri perawatan kulit dalam bentuk berupa sabun, pembersih, dan lotion. Pepaya mengandung sejumlah besar Vitamin A / Beta Carotene dan enzim penting, Papain.

Papain bukan hanya bagus untuk pencernaan yang memecah protein yang tidak aktif, namun juga antioksidan yang kuat. Antioksidan ini dapat mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas dan juga membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit dengan mempercepat regenerasi sel. Cara penggunaan pepaya untuk membersihkan komedo, yaitu:

  • Siapkan buah pepaya matang dan segar.
  • Ambil bagian daging buahnya.
  • Haluskan daging buah pepaya dengan menggunakan blender.
  • Oleskan buah pepaya yang telah dihaluskan pada bagian sekitar hidung secara merata.
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga komedo hilang.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman kaktus yang termasuk dalam keluarga Liliaceous. Daun lidah buaya mengandung gel bening yang bermanfaat secara topikal untuk menyembuhkan luka dan menenangkan kulit. Gel lidah buaya membantu meremajakan kulit, menghidrasi, dan membuat kulit kamu tetap segar setiap saat. Ini adalah pelembab yang sangat baik untuk kulit. Selain itu juga memiliki khasiat antimikroba, membuatnya ideal untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Siapkan satu batang lidah buaya segar yang telah dibersihkan.
  • Potong batang lidah buaya itu menjadi 2 bagian sehingga tampak daging batangnya.
  • Ambil bagian gel atau lendir yang ada pada bagian daging batang lidah buaya.
  • Oleskan gel itu pada area sekitar hidung hingga merata.
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari hingga komedo menghilang.
  • Jika ingin mendapatkan hasil maksimal maka buatlah masker daging lidah buaya dengan memblendernya.

3. Uap air panas

Uap air panas membantu meningkatkan sirkulasi di wajah dan membuka pori-pori kulit, sehingga kamu bisa membersihkan kotoran di wajah seperti komedo. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Rebus air bersih dan tambahkan sedikit garam lalu tunggu hingga mendidih.
  • Uapi wajah dengan uap air panas yang telah mendidih .
  • Selama penguapan ini gunakan penutup kepala seperti handuk agar kulit wajah dapat memperoleh uap secara maksimal.
  • Lakukan proses penguapan ini selama 5-10 menit.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga komedo menghilang dari wajah Anda.

4. Lemon

Lemon sangat terkenal karena penggunaannya dalam perawatan kecantikan kulit. Tonik kulit alami ini sangat kaya akan asam sitrat, vitamin B, C dan yang terpenting adalah mudah didapat. Keistimewaan asam sitrat adalah sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. Asam sitrat memberi cahaya alami pada kulit dan juga berfungsi sebagai pembersih. Jika kamu menghadapi masalah bintik hitam dan komedo maka lemon sangat baik untuk kulit kamu. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Siapkan satu buah lemon segar,
  • Ambil air lemon yaitu dengan memotong buah lemon menjadi dua bagian lalu diperas.
  • Campurkan air lemon dengan gliserin dan minyak almond.
  • Haluskan ketiga bahan itu dengan menggunakan blender.
  • Oleskan pada bagian kulit berkomedo yaitu sekitar area hidung hingga merata.
  • Diamkan selama 10-15 menit.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.

Selain itu Anda juga dapat membuat scrub lemon untuk menghilangkan komedo, caranya, yaitu:

  • Siapkan satu buah lemon segar, ambil air lemon yaitu dengan memotong buah lemon menjadi dua bagian lalu memerasnya.
  • Campurkan air lemon dengan madu, yoghurt, dan air garam. Aduk hingga merata.
  • Gosokkan scrub lemon itu dengan lembut pada area disekitar hidung yang terdapat komedo.
  • Lakukan proses ini selama 5-10 menit.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga komedo hilang.

5. Putih telur

Telur kaya akan vitamin termasuk A (zat anti keriput yang kuat), D, E, B-12 dan K – semuanya baik untuk tubuh dan kulit – dan mineral seperti potassium dan kalsium. Putih telur memiliki zat alami yang membantu mengencangkan kulit dan juga bermanfaat untuk atasi komedo, cara penggunaannya, yaitu:

  • Siapkan satu butir telur dan 1 sdm madu.
  • Pisahkan bagian putih dan kuning telur lalu ambil bagian putihnya saja.
  • Campurkan putih telur dengan madu lalu aduk hingga merata.
  • Oleskan pada area sekitar hidung yang terdapat komedo secara merata.
  • Diamkan selama 25-30 menit dan terasa mengering.
  • Bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga komedo menghilang.

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah

Komedo di wajah merupakan masalah yang harus dibasmi karena dapat merusak penampilan serta menurunkan rasa percaya diri kita. Komedo banyak muncul pada bagian hidung, dagu, dahi, dan sekitar area wajah. Bagaimana cara menghilangkan komedo di wajah? Berikut beberapa cara untuk menghilangkan komedo di wajah:

1.Air garam

Garam adalah kombinasi mineral alami. Garam laut adalah zat mentah dan terutama diperoleh setelah penguapan air dari laut. Ada sejumlah besar mineral yang ditemukan pada garam meliputi kalsium, fosfor, natrium, hidrogen, klorida, dan lain-lain.

Garam laut menyimpan semua mineral alami dan ini adalah zat yang sangat berguna untuk perawatan kulit, seperti masalah komedo. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Siapkan 1 sdm garam dan air hangat.
  • Campurkan garam dengan air hangat lalu aduk hingga larut.
  • Basuhlah wajah dengan menggunakan air garam hangat.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara teratur setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

2. Kulit jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, ini adalah salah satu buah terbaik unutk merawat kesehatan kulit. Buah ini kaya antioksidan dan membantu kulit menjadi lebih halus dan lebih baik. Baik itu buahnya ataupun kulitnya, semua dapat bermanfaat untuk kulit tetap bersinar dan sehat. Selain itu juga bisa digunakan untuk atasi masalah komedo. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Tempelkan kulit jeruk pada bagian wajah maka komedo akan terangkat.
  • Gosokkan secara perlahan dan halus kulit jeruk pada seluruh bagian wajah hingga merata.
  • Lakukan proses ini selama 15-20 menit.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini setiap hari secara rutin hingga komedo menghilang.

3. Pasta gigi

Salah satu cara untuk menghilangkan komedo dengan mudah dan cepat adalah dengan menggunakan pasta gigi. Cara penggunaannya yaitu:

  • Siapkan satu pasta gigi
  • Oleskan pasta gigi pada bagian wajah berkomedo secara merata.
  • Lakukan pemijatan secara perlahan.
  • Diamkan selama 5-7 menit hingga mengering.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar komedo cepat menghilang.

4. Masker madu, susu, dan pepaya

Madu, mengandung lebih dari 180 senyawa unik, dihasilkan oleh lebah madu dari nektar bunga dan mengandung asam fenolik, flavonoid, asam askorbat, alpha-tocopherol, karotenoid, enzim oksidase glukosa dan katalase, asam organik dan asam amino, dan protein.

Susu mengandung asam laktat, kalsium, potassium, vitamin B12, B6, A dan D2, magnesium dan protein. Nutrisi ini dapat membantu regenerasi sel, menghidrasi dan melembabkan kulit, memperbaiki jaringan, meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit.

Pepaya kaya akan vitamin A, C, E dan K, dan memiliki khasiat antioksidan. Buah ini juga mengandung magnesium, potasium, niasin, karoten, protein, serat dan enzim yang disebut papain yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Campuran ketiga bahan alami ini juga mampu membersihkan komedo pada wajah secara efektif. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Siapkan 1 sdm madu, 1 sdm susu bubuk, dan buah pepaya matang.
  • Haluskan daging buah papaya dengan blender.
  • Campurkan buah pepaya yang telah dihaluskan dengan madu dan susu bubuk lalu aduk hingga merata.
  • Oleskan pada bagian wajah yang berkomedo secara merata.
  • Diamkan semalaman sekitar 15-20 menit hingga mengering.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Es batu

Es batu bermanfaat dalam membersihkan komedo karena es batu ini mampu mengecilkan pori-pori diwajah. Pori-pori besar merupakan media yang mudah untuk ditempeli kotoran sehingga menyebabkan munculnya komedo. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Siapkan es batu secukupnya.
  • Tempelkan es batu pada wajah yang berkomedo.
  • Tempelkan selama 5-10 menit.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar memperoleh hasil yang maksimal.

6. Tea tree oil/ minyak pohon teh

Minyak pohon teh mengandung zat antibakteri dan membunuh bakteri yang menyebabkan pori-pori menjadi terinfeksi dan membantu mengeringkan sebum berlebih pada kulit. Selain itu sifat anti-inflamasi minyak pohon teh mengurangi komedo. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Siapkan tea tree oil secukupnya.
  • Oleskan pada bagian wajah yang berkomedo.
  • Diamkan selama 20-30 menit.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga komedo menghilang.

7. Oat

Oatmeal memiliki banyak khasiat untuk kulit dan cocok untuk semua jenis kulit. Oatmeal adalah hypoallergenic dan mengandung asam amino yang akan membuat kulit tetap terhidrasi. Selain itu oatmeal juga mengandung saponin, zat pembersih, dan oleh karena itu bisa digunakan sebagai masker untuk menghilangkan komedo. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Siapkan oat dan air secukupnya.
  • Campurkan oat dan air lalu aduk hingga rata.
  • Oleskan pada bagian wajah berkomedo.
  • Lakukan pemijatan secara perlahan selama 10-15 menit untuk melancarkan. peredaran darah dan mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga komedo menghilang.

8. Baking soda

Baking soda merupakan bahan yang terkenal digunakan untuk membuat kue. Namun baking soda juga efektif untuk membantu mengatasi masalah komedo diwajah. Baking soda dapat bertindak sebagai exfoliator alami dan pada saat bersamaan juga melembutkan kulit. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Siapkan baking soda secukupnya.
  • Oleskan pada bagian wajah yang berkomedo.
  • Lakukan pemijatan selama 10-15 menit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo yang menempel pada pori-pori wajah.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini setiap hari secara rutin hingga komedo menghilang.

9. Lobak

Lobak (Raphanus sativus) adalah sayuran akar yang dapat dimakan yang berasal dari tanaman yang merupakan bagian dari keluarga kubis.

Kandungan air yang tinggi sangat baik untuk membantu mempertahankan tingkat kelembaban kulit. Lobak juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang sangat penting untuk menurunkan kelembaban di permukaan kulit.

Kandungan vitamin C dan A dalam lobak, serta beberapa komponen lainnya, dikatakan membantu meringankan dan mencerahkan penampilan kulit.

Selain itu pemakaian masker lobak juga efektif dalam membasmi komedo di wajah. Cara penggunaannya, yaitu:

  • Haluskan daging lobak segar secukupnya.
  • Oleskan pada bagian seluruh wajah.
  • Diamkan hingga mengering.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan cara ini secara setiap hari hingga komedo menghilang.

Demikian ulasan cara menghilangkan komedo secara alami yang mudah dipraktekkan di rumah. Selamat mencoba.


Page 2

Bintik-bintik berwarna gelap aka noda hitam atau yang biasa kita kenal dengan istilah flek hitam adalah masalah kulit yang umum. Tidak hanya mereka yang berusia muda melainkan juga mereka yang sudah berusia lanjut. Masalah flek hitam bisa disebut juga sebagai Hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah saat kulit terlalu lama terkena sinar matahari, sehingaa produksi sel melanosit meningkat dan menyebabkan warna gelap atau kehitaman. Bintik-bintik hitam tersebut biasanya cenderung muncul di berbagai bagian tubuh yang terkena sinar matahari langsung terutama pada wajah, hidung dan pipi.

Selain itu flek hitam juga bisa disebabkan karena bekas luka jerawat, akibat penuaan dini, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa penyebab umum flek hitam di wajah, hidung dan pipi.

  • Paparan sinar matahari
  • Penuaan
  • Gangguan genetik atau yang biasa juga disebut dengan pergeseran hormonal
  • Kehamilan
  • Merasa tegang atau stres
  • Perawatan kulit yang tidak tepat
  • Hiperpigmentasi pada kulit
  • Kekurangan vitamin C atau vitamin B12
  • Akibat kanker
  • Merokok
  • Diabetes
  • Bekas jerawat
  • Akibat pil KB
  • dll.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami dan Cepat

Memang ada obat penghilang flek hitam yang tersedia di apotik. Namun ada banyak juga cara perawatan sederhana untuk menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan bahan alami yang bisa Anda dicoba dirumah sendiri.  Berikut adalah beberapa bahan alami tradisional yang biasa digunakan untuk mengatasi flek hitam dan bintik gelap di wajah yang membandel.

1. Air Lemon

Perasan air lemon dapat bertindak sebagai agen pemutih organik karena memiliki kandungan asam pemutih alami. Hal tersebut dapat membantu anda dalam meringankan atau menyamarkan bintik-bintik gelap pada kulit anda.

Kandungan bleaching atau asam pemutih pada lemon dapat membantu anda dalam menyingkirkan segala bentuk flek hitam di wajah dan seluruh tubuh anda.

Untuk memanfaatkan air perasan lemon, anda bisa langsung menerapkannya dengan menggunakan bola kapas ke bagian-bagian yang terdapat flek hitam.

Biarkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air dingin.Ulangi langkah tersebut setidaknya 2 kali dalam sehari. Dibutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk melihat hasil dari proses tersebut.

2. Buttermilk

Buttermilk sangat baik untuk kulit wajah. Biasanya bintik-bintik coklat maupun bintik-bintik hitam dapat dihapus dengan mudah menggunakan butter milk. Bagaimana cara buat butter milk bisa Anda baca disini.

Ambil butter milk lalu gunakan bola kapas untuk mengoleskan buttermilk pada wajah atau bagian bagian yang terdapat flek hitam. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Jika anda memiliki kulit berminyak dan berjerawat, anda bisa menambahkan butter milk dengan sedikit air perasan  jeruk atau lemon.

3. Kayu Cendana

Kayu cendana adalah antiseptik terbaik yang bisa bertindak sebagai agen anti penuaan. Bagi anda yang memiliki masalah dengan flek hitam di wajah akibat penuaan, maka bubuk kayu cendana bisa menjadi alternatif tepat untuk menguranginya.

Siapkan bubuk kayu cendana 2 sdm, air mawar 1 sdm, dan juga air lemon 1 sdm. Lalu, campur keempat bahan sampai tercampur merata, kemudian gunakan sebagai masker dan terapkan pada wajah Anda. Diamkan selama beberapa saat sekitar 10- 20 menit,  lalu bilas dengan air dingin.

Sebelum tidur anda juga bisa menyiapkan bahan yang sama lalu gunakan dan diamkan selama semalam untuk memberikan efek yang lebih baik.

4. Peterseli

Peterseli mengandung beta karoten dan vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka atau keriput. Selain itu sayur ini juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Karena sifat ini, daun peterseli biasa digunakan untuk mengatasi bintik hitam, bekas jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Bahan:

  • Peterseli
  • Bubuk kunyit
  • Air jeruk nipis

Cara:

1. Blender peterseli sampai lembut 2. Tuang Peterseli ke dalam mangkuk 3. Tambahkan bubuk kunyit dan air jeruk secukupnya 4. Aduk sampai tercampur merata 5. Oleskan pada wajah 6. Biarkan selama kurang lebih 15-20 menit

7. Bilas dengan air dingin

5. Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis kaya akan vitamin C tinggi, vitamin ini merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mencerahkan warna kulit dan mengurangi munculnya bintik hitam.

Bahan:

  • 3 sdm air jeruk nipis
  • 2 sdm yogurt

Cara:

1. Tuang yogurt ke dalam mangkuk 2. Tambahkan air jeruk nipis, kemudian aduk 3. Oleskan pada bintik hitam 4. Biarkan selama 10-30 menit

5. Bilas dengan air dingin

6. Lidah Buaya

Gel lidah buaya kaya akan antioksidan termasuk, beta karoten, vitamin C dan E yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas, paparan sinar matahari dan mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dini seperti: garis halus, keriput, dan bintik hitam.

Bahan:

Cara:

1. Belah daun lidah buaya, ambil gel nya 2. Tuangkan gel ke dalam mangkuk 3. Oleskan pada wajah 4. Biarkan selama 10-20 menit

5. Bilas dengan air dingin

7. Air Nanas

Nanas kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai mineral penting lainnya. Selain itu, buah ini juga memiliki enzim proteolitik bromelain dengan sifat anti-inflamasi. Kandungan ini dapat membantu mencegah dan mengurangi bintik-bintik gelap, noda hitam dan keriput.

Bahan:

Cara:

1. Kupas nanas, lembutkan dengan belnder 2. Saring bubur nanas, masukan airnya ke dalam mangkuk 3. Oleskan air ini ke wajah dengan kapas atau cotton bud 4. Biarkan selama kurang lebih 5 – 15 menit

5. Bilas dengan air dingin

8.  Cuka Apel

Cuka apel kaya akan vitamin yang penting untuk kesehatan kulit. Dan juga mengandung asam alfa hidroksi yang dapat membantu mengurangi noda hitam, mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit yang lebih segar dan sehat.

Bahan:

  • Cuka sari apel
  • Cotton bud

Cara:

1. Tuang sedikit cuka ke dalam mangkuk 2. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan cuka ke bagian wajah, hidung dan pipi yang ada noda hitam. 3. Biarkan selama sekitar 20-30 menit

4. Bilas dengan air dingin.

Terapkan perawatan ini 1-2 kali sehari untuk menghilangkan noda hitam.

9. Kulit Pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, asam pantotenat, folat, magnesium dan potassium. Semua mineral ini dapat membantu menghilangkan noda hitam, bintik hitam, mencerahkan dan menjadikan kulit bersinar.

Bahan:

Cara:

1. Belah pepaya menjadi dua bagian 2. Buang bijinya, ambil dagingnya pakai sendok 3. Gosokan kulit pepaya ke wajah 4. Biarkan selama kurang lebih 10-20 menit

5. Bilas dengan air dingin

10.  Air Bawang Merah

Bawang merah kaya akan phytonutrients dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kulit. Air bawang merah dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV dari sinar matahari. Selain itu air ini juga membantu mengurangi keriput, garis halus, bintik gelap dan noda hitam di wajah. Anda bisa menggosokkan langsung beberapa potong bawang merah ke bagian yang terdapat bintik dan noda hitam.

Bahan:

  • 1 sdm air bawang merah
  • 2 sdm madu

Cara:

1. Tumbuk beberapa bawang merah untuk diambil airnya 2. Tuang air bawng ke dalam mangkuk 3. Tambahkan madu, aduk sampai merata 4. Oleskan ke wajah, biarkan selama 10-20 menit 5. Bilas dengan air dingin

6. Bilas lagi dengan pembersih untuk menghilangkan bau bawang

Gallery Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Dihidung Secara Alami

Tips Hilangkan Komedo Dengan Garam Praktis Beauty Fimela Com

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Eventkampus Com

Cara Cepat Dan Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Alami

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Komedo Secara

Cara Menghilangkan Komedo Putih Dan Hitam Secara Alami

8 Cara Cepat Dan Efektif Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Cepat Dan Permanen

4 Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Alami Dalam 1 Hari

8 Tips Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Info Dan

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Mudah Cepat

Cara Paling Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Alami Dijamin

Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan 5 Olahan Masker Alami

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Cepat Dan Mudah Menggunakan Pastagigi

5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Permanen

17 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Yang Ampuh

10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Disekitar Hidung Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Paling Ampuh Dan Mudah

Menghilangkan Komedo Secara Alami Nayaskin

Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Secara Alami

5 Cara Menghilangkan Komedo Putih Secara Alami Kinoxi Net

Cara Menghilangkan Komedo Membandel Dengan Cara Alami


0 Response to "Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel