Bencana Alam Gunung Meletus



Siaga Jika Gunung Gamalama Mengamuk

Daftar Bencana Alam Gunung Meletus Terdahsyat di Indonesia

Indonesia memang kaya akan gunung berapinya sehingga tak heran jika suatu saat terjadi bencana alam gunung meletus. Karena kebanyakan gunung berapi di Indonesia masih berstatus aktif. Tak di pungkiri bencana ini membawa dampak besar bagi warga sekitar maupun lingkungan, baik dampak positif maupun dampak negative yang di rasakan. Agar kalian semakin paham bencana gunung meletus cukup dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia, kalian bisa simak penjelasan Cikasur berikut.

Kalian pasti sering mendengar berita bencana alam di Indonesia, salah satunya adalah bencana alam gunung meletus yang sering terdengar di Negara kita ini. Untuk tahu gunung apa sajakah yang pernah meletus dengan letusan dahsyat di Indonesia, simak penjelasan berikut.

Bencana Alam Gunung Meletus

Yang menjadi peringkat pertama dari contoh bencana alam letusan gunung berapi yang dahsyat yaitu letusan gunung toba. Gunung yang terletak di Sumatera Utara ini meletus 73.000 tahun lalu. Letusan gunung Toba menewaskan hampir seluruh umat manusia. Betapa dahsyatnya letusan gunung ini. Abu vulkanik yang di muntahkan oleh gunung Toba ini hampir menyebar ke seluruh bagian atmosfer bumi. Saat itu hanya tersisa 5000 hingga 10.000 orang saja. Diperkirakan gunung Toba kembali meletus sekitar 10.000 sampai 100.000 tahun yang akan datang. Namun untuk saat ini, gunung ini masih tertidur aman.

Kemudian di peringkat dua ada Gunung Tambora. Gunung ini terletak di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tambora meletus dengan dahsyatnya pada tahun 1815 dan menewaskan sebanyak 71.000 orang. Dampak bencana alam ini yaitu perubahan iklim hingga ke Benua Eropa. Musim panas tidak ada pada setahun berikutnya di Eropa dan Amerika. Letusan Tambora juga sering disebut Pompeii dari Timur karena ditemukan banyak artefak.

Bencana Alam Gunung Meletus Terdahsyat di Indonesia

Di nomor tiga ada Gunung Krakatau. Cerita tentang dahsyatnya letusan Krakatau ini sudah sangat terkenal. Krakatau meletus pada tahun 1883, tepatnya tanggal 26-27 Agustus. Dampak dari letusan ini dirasakan hingga Amerika dan Eropa. Bahkan suara dentuman letusannya terdengar hingga ke Afrika dan Australia. Tidak hanya mengeluarkan abu vulkanik dan lahar, tetapi akibat dari letusan gunung ini yaitu tsunami. Korban dari letusan Krakatau ini mencapai 36.000 orang. Setelah terjadi letusan, gunung ini tenggelam ke dasar laut. Letusan Krakatau menjadi salah satu bencana alam terbesar di dunia. Bayangkan saja betapa mengerikannya saat bencan tersebut terjadi.

Selanjutnya ada gunung Agung di Bali. Letusan paling dahsyat yang pernah di alami gunung Agung ini sekitar pada tahun 1963-1964. Bencana letusan gunung Agung sempat membuat sekitar 1.500 orang tewas. Material yang di muntahkan gunung ini yaitu awan panas dan lava, sebelumnya di sertai dengan suara ledakan yang sangat keras. Dan banyak desa di sekitar lereng gunung Agung hancur porak poranda.

Yang kelima ada gunung Galunggung. Gunung yang terletak di Tasikmalaya ini pernah meletus dengan dahsyat pada tahun 1982, bahkan letusannya disertai dengan petir. Letusan gunung Galunggung ini membuat 4.011 orang tewas dan ratusan desa rusak dan hancur parah. Sekarang gunung ini masih aktif aman dan sering dikunjungi banyak wisatawan.

Nah, begitulah tadi sedikit penjelasan tentang bencana alam gunung meletus yang pernah terjadi di Indonesia dengan dahsyat. Bisa dibayangkan bagaimana jika kalian ada di masa itu, betapa mengerikan suasana saat itu. Untuk itu kalian patut bersyukur dan terus melestarikan lingkungan sekitar.

Gallery Bencana Alam Gunung Meletus

Mitigasi Bencana Gunung Meletus

Bencana Gunung Meletus

Gunung Sinabung Meletus Lagi Tapi Kita Kok Diam Saja Seolah

Muhammad Dinie Muhammaddinie On Pinterest

Bencana Alam Pengertian Gunung Meletus

Tindakan Yang Dilakukan Sebelum Saat Setelah Gunung Berap

Alat Pendeteksi Gunung Meletus Kolomwarta Com

Mengenal Bahaya Yang Akan Timbul Akibat Letusan Gunung

Ini Dia Manfaat Dari Letusan Gunung Berapi

Bnpb Prediksi 4 Bencana Alam Yang Akan Terjadi Di Indonesia

Berita Gunung Meletus Hari Ini Kabar Terbaru Terkini

Berita Gunung Meletus Hari Ini Kabar Terbaru Terkini

Gunung Merapi Meletus Awan Panas Meluncur 1 000 Meter

Bencana Alam Gunung Meletus

Buku Pintar Mengenal Bencana Alam Di Indonesia Gunung Meletus

Gunung Berapi Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Panduan Keselamatan Ketika Terjadi Letusan Gunung Berapi

Bencana 2017 377 Tewas 1 005 Luka Luka Dan 3 Juta Orang

Rawan Letusan Gunung Api Dan Gempa Bumi Penataanruang Com

10 Macam Macam Bencana Alam Pengertian Jenis Dan

Cara Melindungi Diri Dari Bencana Alam Gunung Meletus

Letusan Gunung Paling Dasyattt Di Dunia Risastevi

Masalah Kesehatan Yang Sering Menyerang Pengungsi Gunung

Gunung Meletus Archives Page 11 Of 11 Blog Act Aksi

Buku Pintar Mengenal Bencana Alam Di Indonesia Gunung Meletus

Letusan Gunung Berapi Indonesia 2014 Semua Konten Media


0 Response to "Bencana Alam Gunung Meletus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel