Instrumen Penilaian Model Rubrik
Penilaian Portofolio Pembelajaran Berpusat Pada Siswa
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN (RUBRIK PENILAIAB) RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1. Rubric penilaian holistic
Mapel Ipa KD. 3.7 Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan:
1ndikator 3.7.1. Mengelompokan tumbuhan yang memiliki ciri khusus berdasarkan lingkungan tempat hidupnya
Aspek yang dinilai
1. menyebutkan tumbuhan yang memiliki ciri khusus
2. menyebutkan lingkungan tempat hidup tumbuhan tumbuhan yang memiliki ciri khusus
3. hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya
Tingkat (level) | Kriteria umum |
4. Superior | · menyebutkan lebih dari tiga jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus · menyebutkan lebih dari tiga jenis lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki cirri khusus · Sangat sesuai hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya |
3. Memuaskan dengan sedikit kekurangan | · Menyebutkan tiga jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus · menyebutkan tiga jenis lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki cirri khusus · Sesuai hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya |
2. Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan | · menyebutkan dua jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus · menyebutkan dua jenis lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki cirri khusus · Kurang Sesuai hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya |
1. tidak memuaskan | · menyebutkan satu jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus · menyebutkan satu jenis lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki cirri khusus · Kurang Sesuai hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya |
2. Format Penilaian Portofolio
Mapel PKN VI
KD. 2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat
Indikator 2.3.2. Mengidentifikasi dampak globalisasi
Penilaian Kemampuan Siswa Dalam Membuat Kliping dampak globalisasi
No | Aspek Penilaian | Kliping 1 | Kliping 2 | Kliping 3 | |||
Ya | Tidak | Ya | Tidak | Ya | Tidak | ||
1 | Artikel berasal dari literatur (koran, majalah, internet) terbitan terbaru (dua bulan terakhir) | ||||||
2 | Artikel berkaitan dengan tema dampak globalisasi | ||||||
3 | Jumlah artikel sekurang-kurangnya tiga buah | ||||||
4 | Setiap artikel dianalisis dan diberi komentar singkat | ||||||
5 | Komentar bersesuaian dengan isi artikel | ||||||
6 | Komentar menggunakan konsep lingkungan yang relevan | ||||||
7 | Komentar dinyatakan secara kritis dan logis | ||||||
8 | Mencantumkan sumber pustaka | ||||||
9 | Artikel ditempel rapi dengan penempatan yang proporsional | ||||||
10 | Memberikan kesimpulan artikel tentang dampak globalisasi | ||||||
Jumlah centangan | |||||||
Rata-rata centangan |
Ctt.
Ya = 10 Tidak = 0
3. Rubric Penilaian Unjuk Kerja
Mapel Matematika VI
KD 4.3 Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya
Indicator 4.3.1. menggambar bangun datar gabungan sederhana
No | Aspek yang dinilai | Skor maksimum | Skor Perolehan Peserta Didik |
1 | Kerja sesuai petunjuk a. Bekerja sesuai petunjuk guru b. Hasil kerja sesuai petunjuk | 2 | |
2 | Ketepatan menjawab pertanyaan a. Cara menjawab b. Struktur kata sesuai c. Ketepatan hasil kerja | 3 | |
Jumlah Skor | 5 |
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan Peserta Didik x 10
Jumlah Skor Maksimum
4. Rubric Penilaian Unjuk Kerja
Mapel IPA
KD. 3.3. Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, revolusi bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
Indikator
3.3.5. melakukan percobaan peristiwa terjadinya gerhana matahari
No | Aspek yang dinilai | Skor maksimum | Skor Perolehan Peserta Didik |
1 | Kerja sesuai petunjuk a. Bekerja sesuai petunjuk guru b. Hasil kerja sesuai petunjuk | 2 | |
2 | Ketepatan menjawab pertanyaan a. Cara menjawab b. Struktur kata sesuai c. Ketepatan hasil kerja | 3 | |
Jumlah Skor | 5 |
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan Peserta Didik x 10
Jumlah Skor Maksimum
5. Rubric penilaian holistic
Mapel PKN/IPS
KD 2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat
2.3.3. Mengidentifikasi dampak kemajuan teknologi di lingkungan
Aspek yang dinilai
1. Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
2. menyebutkan dampak positif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)
3. menyebutkan dampak negatif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)
Tingkat (level) | Kriteria umum |
4. Superior | 1. Menyebutkan semua dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik) 2. menyebutkan semua dampak positif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik) 3. menyebutkan semua dampak negatif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno) |
3. Memuaskan dengan sedikit kekurangan | 1. Menyebutkan hampir semua dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik) 2. menyebutkan hampir semua dampak positif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik) 3. menyebutkan hamper dampak negatif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno) |
2. Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan | 1. Menyebutkan sedikit dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik) 2. Menyebutkan sedikit dampak positif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik) 3. menyebutkan sedikit dampak negatif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno) |
1. tidak memuaskan | 1. Menyebutkan satu dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik) 2. Menyebutkan satu dampak positif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik) 3. menyebutkan satu dampak negatif kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno) |
6. RUBRIK PENILAIAN SIKAP
Mapel Ipa
KD 3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indicator 3.1.3 menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang energi panas
Penilaian Perilaku Praktek IPA VI
No | Nama | Aspek yang dinilai | Perilaku | Nilai | Keterangan |
1 | Nama siswa | Mampu Bekerja sama | |||
Berinisiatif | |||||
Penuh perhatian | |||||
Bekerja sistematis | |||||
2 |
Catatan: a. Kolom Perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
5 = amat baik
b. Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku
c. Keterangan diisi dengan kriteria berikut
5). Nilai 0-5 berarti sangat kurang
7. Contoh Format Penilaian Konsep Diri
Mapel PKN VI KD-1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
INDIKATOR
No | Pernyataan | Alternatif | |
Ya | Tidak | ||
1 | Saya berusaha melaksanakan ibadah (shalat 5 waktu ) | ||
2 | Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh | ||
3 | Saya optimis bisa meraih prestasi | ||
4 | Saya bekerja keras untuk meraih cita-cita | ||
5 | Saya berperan aktif dalam kegiatan sosial di sekolah | ||
6 | Saya suka membahas masalah social di lingkungan sekolah | ||
7 | Saya berusaha mematuhi segala peraturan yang berlaku di sekolah | ||
8 | Saya berusaha berbuat sesuatu dengan benar | ||
9 | Saya rela berkorban demi kepentingan sekolah | ||
10 | Saya berusaha menjadi warga negara yang bertanggung jawab | ||
Jumlah centang |
8. Lembar penilaian antar teman (peer assessment) terhadap kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi kelompok
PKN
KD
2.1. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah,masyarakat dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
Indikator :
2.1.3. Membiasakan untuk memelihara lingkungan sekolah
No | Hal yang dinilai | Jumlah skor | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Juprin Antu | ||||||
2 | Candra Arif | ||||||
3 | Rahmat Arief | ||||||
4 | Nopyan Bokingo | ||||||
5 | Dedrik Suduri |
Catatan : nilai 0-10
Aspek yang dinilai :
1. tidak membuang sampah pada tempatnya
2. kadang-kadang Melaksanakan piket petugas kebersihan kelas
3. kurang peduli terhadap keberihan kelas
4. membersihkan lingkungan sekolah
5. memjaga kebersihan dan memelihara lingkungan sekolah
Penilai
(......................................................)
9. Lembar observasi kemampuan berinteraksi dalam diskusi kelompok
Mapel BI/IPA -VI- KD 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
Indicator 2.1.1. menunjukan perilaku tekun dalam berdiskusi kelompok
No | Skala | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Sikap siswa dalam menerima pendapat. | ||||
2 | Sikap siswa dalam menerima kritikan. | ||||
3 | Kesopanan dalam memberikan kritikan kepada siswa lain. | ||||
4 | Kemauan untuk membantu teman yang lain yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat. | ||||
5 | Kesabaran untuk mendengarkan usul teman. |
Keterangan:
Aspek 1:
1 = jika sama sekali tidak mau menerima pendapat teman, meskipun pendapat tersebut benar
2 = jika mau menerima pendapat teman, meskipun dengan berat hati atau menunjukkan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya
3 = jika mau mendengarkan pendapat teman, meskipun sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar
4 = jika rela menyatakan atau mau menerima atau mengharap orang lain memberikan pendapat
Aspek 2:
1 = jika sama sekali tidak mau menerima kritikan teman, meskipun kritikan yang diberikan memang benar
2 = mau menerima kritikan teman tetapi menunjukan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya
3 = jika mau menerima kritikan teman, meskipun sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar
4 = jika rela mau menerima atau mengharap orang lain memberikan masukan
Aspek 3
1 = jika tidak pernah/tidak mau mendengarkan pembicaraan orang lain
2 = jika mau memberikan kritikan dengan kalimat yang sedikit masih berkesan menyalahkan
3 = jika mau mendengarkan pendapat orang lain, dengan meminta agar yang disampaikan harus jelas fokusnya
4 = jika mau meminta kesempatan berpendapat dan rela jika pendapatnya tidak diterima
Aspek 4:
1 = jika dirinyapun tidak pernah memberi pendapat
2 = jika mau memberikan bantuan/kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat tetapi setelah diingatkan teman lain/guru
3 = jika mau membantu/memberi kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat tetapi dengan kalimat yang bernada menyalahkan
4 = jika rela membantu, mendorong atau memberikan kesempatan teman untuk berpndapat
Aspek 5:
1 = jika selalu berupaya memotong pembicaraan teman
2 = jika sesekali masih berupaya memotong pembicaraan teman
3 = jika mau mendengarkan pembicaraan (informasi, pertanyaan, argumentasi), meskipun kurang serius dalam mendengarkan
4 = jika mau mendengarkan pembicaraan (informasi, pertanyaan, argumentasi) sampai teman yang menyampaikannya selesai berbicara
Gallery Instrumen Penilaian Model Rubrik
Fitria Jhonie Fitriajhonie On Pinterest
Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
Pdf Instrumen Penilaian Keterampilan Kerja Ilmiah Pada
Rubrik Penilaian Praktikum Ksp
Media Pembelajaran Al Qur An Hadis Instrumen Penilaian
Bukti Fisik Akreditasi Untuk Standar Penilaian Docx
Rubrik Penilaian Lembar Observasi Aktivitas Siswa V4lopgvmzrqx
Penilaian Autentik Ppt Download
Rubrik Penilaian Lembar Observasi Aktivitas Siswa V4lopgvmzrqx
Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap
Teknik Dan Bentuk Instrumen Penilaian Sikap Neni Lidia
Lamp 3 Inst Amp Rubrik Penil Sikap 1 Pdf Instrumen
Pdf Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah
5 Teknik Penilaian Dan Soal Soal Tugas 8 Docx Document
Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
Lembar Penilaian Pertemuan Pertama
Jual Buku Aplikasi Rubrik Untuk Penilaian Belajar Siswa
Doc Contoh Instrumen Dan Rubrik Penilaian Dio Lingga
0 Response to "Instrumen Penilaian Model Rubrik"
Post a Comment