Instrumen Penilaian Model Rubrik



Penilaian Portofolio Pembelajaran Berpusat Pada Siswa

CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN (RUBRIK PENILAIAB) RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.      Rubric penilaian holistic

Mapel Ipa  KD.           3.7      Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan:

1ndikator          3.7.1.  Mengelompokan tumbuhan yang memiliki ciri khusus berdasarkan lingkungan tempat  hidupnya

Aspek yang dinilai

1.      menyebutkan tumbuhan yang memiliki ciri khusus

2.      menyebutkan lingkungan tempat hidup tumbuhan tumbuhan yang memiliki ciri khusus

3.      hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya

Tingkat (level)

Kriteria umum

4. Superior

·         menyebutkan lebih dari tiga jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus

·         menyebutkan lebih dari tiga jenis lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki cirri khusus

·         Sangat sesuai hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya

3. Memuaskan dengan sedikit kekurangan

·         Menyebutkan tiga jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus

·         menyebutkan tiga jenis lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki cirri khusus

·         Sesuai hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya

2. Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan

·         menyebutkan dua jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus

·         menyebutkan dua jenis lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki cirri khusus

·         Kurang Sesuai hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya

1. tidak memuaskan

·         menyebutkan satu jenis tumbuhan yang memiliki ciri khusus

·         menyebutkan satu jenis  lingkungan tempat hidup tumbuhan yang memiliki cirri khusus

·         Kurang Sesuai hubungan antara cirri khusus tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya

2.      Format Penilaian Portofolio

Mapel PKN VI

KD.                    2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat

Indikator         2.3.2. Mengidentifikasi dampak globalisasi

Penilaian Kemampuan Siswa Dalam Membuat Kliping dampak globalisasi

No

Aspek Penilaian

Kliping 1

Kliping 2

Kliping 3

Ya

Tidak

Ya

Tidak

Ya

Tidak

1

Artikel berasal dari literatur (koran, majalah, internet) terbitan terbaru (dua bulan terakhir)

2

Artikel berkaitan dengan tema dampak globalisasi

3

Jumlah artikel sekurang-kurangnya tiga  buah

4

Setiap artikel dianalisis dan diberi komentar singkat

5

Komentar bersesuaian dengan isi artikel

6

Komentar menggunakan konsep lingkungan yang relevan

7

Komentar dinyatakan secara kritis dan logis

8

Mencantumkan sumber pustaka

9

Artikel ditempel rapi dengan penempatan yang proporsional

10

Memberikan kesimpulan artikel  tentang dampak globalisasi

Jumlah centangan

Rata-rata centangan

Ctt.

Ya = 10           Tidak = 0

3.      Rubric Penilaian Unjuk Kerja

Mapel Matematika VI

KD 4.3 Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya

Indicator 4.3.1. menggambar bangun datar gabungan sederhana

No

Aspek yang dinilai

Skor maksimum

Skor Perolehan Peserta Didik

1

Kerja sesuai petunjuk

a.       Bekerja sesuai petunjuk guru

b.        Hasil kerja sesuai petunjuk

2

2

Ketepatan menjawab pertanyaan

a.       Cara menjawab

b.      Struktur kata sesuai

c.       Ketepatan hasil kerja

3

Jumlah Skor

5

NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan Peserta Didik  x 10

                                          Jumlah Skor Maksimum

4.      Rubric Penilaian Unjuk Kerja

Mapel IPA

KD.         3.3.     Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, revolusi bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari

Indikator

    3.3.5.  melakukan percobaan peristiwa terjadinya gerhana matahari

No

Aspek yang dinilai

Skor maksimum

Skor Perolehan Peserta Didik

1

Kerja sesuai petunjuk

a.       Bekerja sesuai petunjuk guru

b.        Hasil kerja sesuai petunjuk

2

2

Ketepatan menjawab pertanyaan

a.       Cara menjawab

b.      Struktur kata sesuai

c.       Ketepatan hasil kerja

3

Jumlah Skor

5

NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan Peserta Didik  x 10

                                          Jumlah Skor Maksimum

5.      Rubric penilaian holistic

Mapel PKN/IPS

KD 2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan  komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat

            2.3.3. Mengidentifikasi dampak kemajuan teknologi di lingkungan

Aspek yang dinilai

1.      Menyebutkan dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)

2.      menyebutkan dampak positif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)

3.      menyebutkan dampak negatif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)

Tingkat (level)

Kriteria umum

4. Superior

1.      Menyebutkan semua dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)

2.      menyebutkan semua dampak positif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)

3.      menyebutkan semua dampak negatif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)

3. Memuaskan dengan sedikit kekurangan

1.      Menyebutkan hampir semua dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)

2.      menyebutkan hampir semua dampak positif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)

3.      menyebutkan hamper dampak negatif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)

2. Cukup memuaskan dengan banyak kekurangan

1.      Menyebutkan sedikit dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)

2.      Menyebutkan sedikit dampak positif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)

3.      menyebutkan sedikit dampak negatif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)

1. tidak memuaskan

1.      Menyebutkan satu dampak kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)

2.      Menyebutkan satu dampak positif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar (akses informasi sangat cepat,dapat bekomunikasi dengan teman yang jauh tanpa tatap muka dengan menggunakan HP,banyaknya media masa dan elekronik)

3.      menyebutkan satu dampak negatif  kemajuan teknologi di lingkungan sekitar ( tingkat kemalasan belajar tinggi,kecanduan internet, mudah mengakses situs-situs porno)

6.      RUBRIK  PENILAIAN SIKAP

Mapel Ipa

KD 3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang  gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indicator  3.1.3 menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang energi panas

Penilaian Perilaku Praktek IPA VI

No

Nama

Aspek yang dinilai

Perilaku

Nilai

Keterangan

1

Nama siswa

Mampu Bekerja sama

Berinisiatif

Penuh perhatian

Bekerja sistematis

2

Catatan: a.    Kolom Perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.

1 = sangat kurang 2 = kurang 3 = sedang 4 = baik

5 = amat baik

b.   Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku

c.   Keterangan diisi dengan kriteria berikut

1). Nilai 18-20 berarti amat baik 2). Nilai 14-17 berarti baik 3). Nilai 10-13 berarti sedang 4). Nilai 6-9 berarti kurang

5). Nilai 0-5 berarti sangat kurang

7.   Contoh Format Penilaian Konsep Diri

Mapel PKN VI KD-1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

INDIKATOR

No

Pernyataan

Alternatif

Ya

Tidak

1

Saya berusaha melaksanakan ibadah (shalat 5 waktu )

2

Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh

3

Saya optimis bisa meraih prestasi           

4

Saya bekerja keras untuk meraih cita-cita

5

Saya berperan aktif dalam kegiatan sosial di sekolah 

6

Saya suka membahas masalah social di lingkungan sekolah

7

Saya berusaha mematuhi segala peraturan yang berlaku di sekolah  

8

Saya berusaha berbuat sesuatu dengan benar

9

Saya rela berkorban demi kepentingan sekolah

10

Saya berusaha menjadi warga negara yang bertanggung jawab            

Jumlah centang

8.      Lembar penilaian antar teman (peer assessment) terhadap kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi kelompok

PKN

KD

2.1. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah,masyarakat dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila

Indikator :

2.1.3. Membiasakan untuk memelihara lingkungan sekolah

No

Hal yang dinilai

Jumlah skor

1

2

3

4

5

1

Juprin Antu

2

Candra Arif

3

Rahmat Arief

4

Nopyan Bokingo

5

Dedrik Suduri

Catatan : nilai 0-10

Aspek yang dinilai :

1. tidak membuang sampah pada tempatnya

2. kadang-kadang Melaksanakan piket petugas kebersihan kelas

3. kurang peduli terhadap keberihan kelas

4. membersihkan lingkungan sekolah

5. memjaga kebersihan dan memelihara lingkungan sekolah

                                                                                                            Penilai

                                                                                    (......................................................)

9.      Lembar observasi kemampuan berinteraksi dalam diskusi kelompok

Mapel BI/IPA -VI- KD 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi

Indicator                       2.1.1.    menunjukan perilaku tekun dalam berdiskusi  kelompok

No

Skala

1

2

3

4

1

Sikap siswa dalam menerima pendapat.

2

Sikap siswa dalam menerima kritikan.

3

Kesopanan dalam memberikan kritikan kepada siswa lain.

4

Kemauan untuk membantu teman yang lain yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat.

5

Kesabaran untuk mendengarkan usul teman.

Keterangan:

Aspek 1:

1 =    jika sama sekali tidak mau menerima pendapat teman, meskipun pendapat tersebut benar

2 =    jika mau menerima pendapat  teman,  meskipun  dengan  berat  hati atau menunjukkan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya

3 =   jika mau mendengarkan  pendapat  teman,  meskipun  sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar

4 =    jika rela menyatakan atau mau menerima atau mengharap orang lain memberikan pendapat

Aspek 2:

1 =    jika sama sekali tidak mau menerima kritikan teman, meskipun kritikan yang diberikan memang benar

2 =    mau menerima kritikan teman tetapi menunjukan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya

3 =    jika mau menerima  kritikan  teman,  meskipun  sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar

4 =    jika rela mau menerima atau mengharap orang lain memberikan masukan

Aspek 3

1 =    jika tidak pernah/tidak mau  mendengarkan pembicaraan orang lain

2 =    jika mau memberikan kritikan dengan kalimat yang sedikit masih berkesan menyalahkan

3 =    jika mau mendengarkan  pendapat  orang  lain, dengan meminta agar yang disampaikan harus jelas fokusnya

4 =    jika mau meminta kesempatan berpendapat dan rela jika pendapatnya tidak diterima

Aspek 4:

1 =    jika dirinyapun  tidak pernah memberi pendapat

2 =    jika mau memberikan bantuan/kesempatan kepada  teman  untuk menyampaikan pendapat   tetapi setelah diingatkan teman lain/guru 

3 =    jika mau membantu/memberi kesempatan kepada  teman  untuk menyampaikan pendapat   tetapi dengan kalimat yang bernada menyalahkan 

4 =    jika rela membantu, mendorong  atau memberikan kesempatan teman untuk berpndapat

Aspek 5:

1 =    jika selalu berupaya memotong pembicaraan teman

2 =    jika sesekali masih berupaya memotong pembicaraan teman

3 =    jika  mau  mendengarkan  pembicaraan  (informasi,  pertanyaan,  argumentasi),  meskipun kurang serius dalam mendengarkan

4 =    jika mau  mendengarkan  pembicaraan  (informasi, pertanyaan, argumentasi) sampai teman yang menyampaikannya selesai berbicara

Gallery Instrumen Penilaian Model Rubrik

Fitria Jhonie Fitriajhonie On Pinterest

Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik

Pdf Instrumen Penilaian Keterampilan Kerja Ilmiah Pada

Rubrik Penilaian Pedoman

Rubrik Penilaian Kognitif I

Rubrik Penilaian Praktikum Ksp

Allfilesforu Penilaian Rubrik

Media Pembelajaran Al Qur An Hadis Instrumen Penilaian

Bukti Fisik Akreditasi Untuk Standar Penilaian Docx

Rubrik Penilaian Lembar Observasi Aktivitas Siswa V4lopgvmzrqx

Penilaian Autentik Ppt Download

Rubrik Penilaian Lembar Observasi Aktivitas Siswa V4lopgvmzrqx

Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap

Teknik Dan Bentuk Instrumen Penilaian Sikap Neni Lidia

Lamp 3 Inst Amp Rubrik Penil Sikap 1 Pdf Instrumen

Pdf Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah

5 Teknik Penilaian Dan Soal Soal Tugas 8 Docx Document

Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik

Lembar Penilaian Pertemuan Pertama

Jual Buku Aplikasi Rubrik Untuk Penilaian Belajar Siswa

Doc Contoh Instrumen Dan Rubrik Penilaian Dio Lingga


0 Response to "Instrumen Penilaian Model Rubrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel