Budidaya Lele Kolam Terpal



Budidaya Lele Di Kolam Terpal

Cara Budidaya / Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal Lengkap untuk Pemula

Semasa kecil saya dulu tak pernah membayangkan akan ada budidaya / ternak ikan lele di kolam terpal. Karena yang ada dulu itu ya, klo budidaya lele pasti mencangkuli tanah membuat kolam (joblangan klo dalam bahasa Jawa). Tapi…. hemmm… orang sekarang akalnya pada pinter-pinter. Teknologi semakin maju. Sehingga budidaya / ternak ikan lele di kolam terpal menjadi sebuah peluang usaha yang dilirik banyak orang. Subhanallah!

Kini menjamur di sana-sini pebisnis budidaya dengan teknologi tepat guna. Ada yang mengembangkan dalam bercocok tanam (pepohonan), ada penemuan-penemuan di bidang perikanan, dan sebagian lainnya di dunia peternakan. Budidaya ini selain melestarikan apa yang dibudidaya agar tetap ada dan terjaga, juga dijadikan lahan pemasukan dana dalam bidang bisnis. Maraknya budidaya juga menjalar ke jenis #ikan lele. Dewasa ini, banyak ditemui pebisnis budidaya lele yang tersebar di banyak tempat tanpa perlu membutuhkan ruang yang luas. Yakni budidaya / ternak ikan lele di kolam terpal.

Kenali Jenis Lele Sebelum Mulai Bisnisnya

Lele merupakan jenis ikan yang memiliki tubuh licin dan pipih memanjang. Lele juga dikenal dengan patilnya seperti kumis panjang di area sekitar mulutnya. Nama lele sendiri untuk masing-masing daerah berbeda-beda. Misalnya, di daerah Sumatera Barat ikan lele disebut sebagai ikan kalang, ikan keli untuk Malaysia, ikan penang di Kalimantan Timur, ikan cepi di Sulawesi Selatan, dan lain sebagainya.

Nama lele sendiri memiliki nama ilmiah yaitu Clarias yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu Chlaro, yang mengandung arti lincah dan gesit serta kuat. Hal ini dikarenakan ikan lele memiliki ketahanan hidup yang sangat tinggi. Ikan lele mampu hidup di berbagai di kondisi air (kecuali air laut) dengan sumber makanan apapun juga. Kondisi seperti ini yang membuat peternak lebih mudah membudidayakan ikan lele karena pemeliharaannya yang tidak sulit.

image by: alvindwiputra.id

Lele sendiri diperkirakan memiliki sekitar 50-60 jenis spesies, seperti yang terdaftar menurut Ferraris (2007) yang merajuk dari sumber Wikipedia. Yaitu seperti jenis Clarias Alluaudi yang penyebarannya terdapat di danau Victoria dan juga Tanganyika Afrika. Ikan lele jenis Anfractus yang berhabitat di Sabah. Ikan lele jenis Anguillaris yang berendemik di sungai Togo Ghana ataupun Pantai Gading. Ikan lele jenis Batrachus atau yang sering disebut lele kampung habitat penyebarannya di sekiar wilayah Asia Selatan.

Baca juga: Ternak Ikan Lele Pola HCS

Sedangkan untuk wilayah Jepang, Taiwan, Vietnam dan juga Tiongkok, jenis ikan lele yang menyebar di sekitar wilayah ini berjenis Clarias Fuscus. Di Indonesia sendiri sering mendengar nama lele dumbo, lele ini termasuk dalam kategori ikan lele berjenis Clarias Gariepinus, yang wilayah penyebarannya tidak hanya di Indonesia, akan tetapi juga di sekitar wilayah Afrika dan Asia Tenggara lainnya. Selain itu, masih banyak lagi jenis lele lainnya seperti Clarias Salae, Clarias Pseudonieuhofil, Clarias Nigricans, Clarias Falconeri dan masih banyak lagi jenis-jenis lainnya yang tersebar di seluruh dunia.

Bagaimana Cara Budidaya / Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal untuk Pemula?

Budidaya / Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal memang lebih menguntungkan bagi peternak dan jauh lebih efisien dalam pemeliharaannya. Setelah mengenal beragam jenis #ikan lele, peternak sudah memahami jenis ikan lele apa yang akan dibudidayakan.

Ikan lele sendiri memiliki banyak manfaat untuk diolah sebagai bahan makanan yang baik, karena mengandung vitamin D dan juga asam lemak omega-6. Selain dibudidayakan untuk kebutuhan pangan, ikan lele juga sering dimanfaatkan sebagai pemakan hama sawah, pemakan jentik-jentik nyamuk dalam saluran air yang menggenang dan dapat membersihkan lokasi-lokasi yang tercemar. Kondisi fisik ikan lele yang mudah bertahan hidup inilah yang membuat lele mudah pula untuk dibudidayakan tanda adanya kesulitan yang berarti.

Bibit ikan lele sendiri mudah diperoleh dan dipasarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Karena mayoritas penduduk Indonesia mengkonsumsi ikan lele, hal ini tentu saja membuat peternak ikan lele mudah meraup keuntungan dari peluang usaha ternak ikan lele dengan kolam terpal tanpa membutuhkan banyak perawatan dan pemeliharaan dalam pembudidayaannya. Ternak ikan lele juga memiliki masa panen yang singkat sehingga peternak tidak perlu menunggu lama untuk dipanen seperti layaknya beternak ikan gurame.

Di Indonesia sendiri, jumlah peternak ikan lele terus bertambah untuk setiap tahunnya, dan penambahan ini justru tidak membuat peternak saling bersaing mencari pembeli, namun justru semakin mencukupi akan kebutuhan pangan di Indonesia.

Baca juga: Ternak Lele Memanfaatkan SOC HCS tanpa Beli Pelet

Manfaat Budidaya / Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Peluang bisnis Budidaya / Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal  terus terbuka lebar. Kemunculan budidaya lele dengan memanfaatkan terpal ini memiliki beberapa kelebihan bagi peternak, di antaranya adalah:

  • Ikan lele yang dihasilkan tidak berbau lumpur, hal ini tentu saja dikarenakan lele tidak langsung menyentuh dasar kolam yang umumnya terbuat dari tanah. Ikan lele yang tidak berbau lumpur tentu saja menghasilkan cita rasa yang lebih enak dibandingkan dengan lele yang dirawat di kolam biasa. Ikan lele yang memiliki cita rasa yang enak dan tidak berbau, umumnya menjadi incaran tempat-tempat bisnis kuliner yang berskala lebih tinggi seperti hotel dan restoran. Tentu saja hal ini membuat harga jual ikan lele menjadi lebih tinggi.
  • Ikan lele yang dibudidayakan di kolam terpal bersifat fleksibel atau mudah dipindahkan. Hal itu karena proses penangkapan atau pemindahan ikan lele tersebut tidak menyulitkan para peternak.
  • Kelebihan lainnya dari budidaya menggnakan terpal ialah bisa dilakukan di lahan yang tidak terlalu luas dangan harga yang minim.

Tipe budidaya ikan lele sendiri bisa di kategorikan menjadi 2 tipe, yaitu budidaya untuk lele anakan dan budidaya untuk ikan lele panen. Untuk budidaya ikan lele anakan, peternak bisa memanennya di usia 1 hingga 2 bulan. Ikan lele anakan ini tentu saja ditujukan sebagai bibit budidaya ikan lele itu sendiri. Sedangkan untuk ikan lele konsumsi, umumnya dipanen setelah usia lele mencapai 4 bulan lebih. Sehingga dalam 1 tahunnya, para peternak ikan lele panen ini mampu memanen ikan lele sebanyak 3 kali musim.

Dalam pemeliharaannya, ikan lele tidak membutuhkan banyak perawatan. Air kolam tidak perlu sering-sering diganti, bahkan sampai masa panen yang akan datang. Hal yang perlu lebih diperhatikan adalah sumber makanannya, dimana kita harus memberikan cukup makanan dengan jadwal pemberian makan yg konsisten. Sebab ikan lele memiliki sifat kanibalisme. Dengan demikian, hal ini menyebabkan mereka akan saling memakan satu sama lain apabila pemberian makanan yang terlambat atau tidak cukup.

Banyak peternak ikan lele yang memilih alternatif lain dalam memilih pakan. Hal ini dikarenakan pemberian pakan pelet ayam biasanya membutuhkan asupan yang banyak untuk memenuhi kebutuhan makan dari ikan lele tersebut.

Itu sebabnya, banyak peternak yang mengambil alternatif dengan memberikan makanan lain seperti bangkai unggas. Pemberian pakan seperti ini lebih bisa mencukupi kebutuhan ternak dengan biaya yang jauh lebih murah. Atau juga bisa dengan memberikan pakan seperti jeroan atau organ-organ dalam ayam atau unggas.

Dari penjabaran di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peluang-peluang usaha ternak lele dengan #kolam terpal memiliki banyak keuntungan dan peluang yang menjanjikan. Apabila dijalani dengan baik dan mengikuti pemahaman budidaya yang terstruktur, tentu saja peternak dapat mendulang pundi-pundi rupiah dengan hasil yang memuaskan.

Kembali lagi kepada pernyataan bahwa tidak ada suatu bisnis yang bisa dihasilkan secara instan. Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil terbaik, peternak harus memperhatikan dan menjalani bisnis dengan teliti dan juga agar hasilnya pun menjadi maksimal.

Cara Budidaya / Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal Lengkap untuk Pemula Metode HCS

Beberapa tahun terakhir, komunitas Program HCS menerapkan teknologi tepat guna dalam hal pembuatan pakan lele (pelet). Metode ini bisa meringankan para pelaku usaha peternakan lele secara umum. Tidak terbatas pembudidaya lele di kolam terpal saja. Yang pasti, karena PT HCS memiliki produk fenomenal yakni Suplemen Organik Cair (SOC), maka dalam hal pembuatan pakan lele ini pun wajib menggunakan SOC HCS ini.

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Lengkap untuk Pemula

Apapun jenis ikan lelenya, baik itu sangkuriang, dumbo, dll bisa diberikan pelet apung racikan mitra HCS ini. Perlu diketahui bahwa mitra HCS di seluruh Indonesia menganut metode integrated farm. Secara gampangnya, mereka beternak ayam, kambing, sapi, kelinci dan lain-lain secara modern. Di mana pakannya menggunakan pakan fermentasi menggunakan #SOC HCS. Nah dari usaha ternak tersebut akan dihasilkan kotoran (limbah). Sebagian kotoran ternak dijadikan bahan pembuatan pakan hewan ternak yang dianggap cocok. Sebagian lagi ‘dibuang’ ke sawah sebagai pupuk. Lalu, dari hasil sawah akan menghasilkan limbah lagi seperti jerami padi, titen kedelai, batang jagung, dll. Limbah-limbah pertanian tersebut diolah kembali, difermentasi untuk dijadikan pakan ternak. Demikian seterusnya sehingga saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Pelet Pakan Ikan Lele Organik

Kembali ke topik pakan lele. Bahan untuk pembuatan pelet untuk ikan lele di sini juga menggunakan kotoran atau feses domba / kambing yang sudah mengkonsumsi pakan fermentasi dengan SOC HCS. Adapun bahan-bahan yang di gunakan sebagai berikut :

  • Kotoran ternak yang sudah menggunakan pola HCS 30%.
  • Ampas tahu atau bungkil kedelai 15%.
  • Tepung ikan atau jika tidak ada bisa menggunakan kepala udang 10%.
  • Bekatul atau dedak halus 25 %.
  • Terasi ( yang sudah di rebus hingga mendidih) 10%.
  • Tepung daun atau bisa menggunkan sayuran sisa pasar 5%
  • Bulu ayam yang sudah di haluskan 5%.
  • SOC 5 tutup botol per 1 kwintalnya dan gula pasir kira-kira 10 sendok atau sesuaikan dengan jumlah bahan-bahannya.

Cara membuat:

  • Larutkan SOC ke dalam air dan gula pasir diamkan selama 15 atau 30 menit. Lebih bagus lagi jika semalam sebelumnya kita sudah membuat larutan SOC + gula pasir maka akan semakin menghemat #SOC HCS nya.
  • Gunakan alat semprot dan semprotkan ke semua bahan dan aduk-aduk hingga benar-benar merata.
  • Jangan terlalu banyak air kira-kira 30% dalam keadaan mamel (jika di kepal terbentuk padatan dan tidak pecah jika di lepas kepalan tangan).
  • Fermentasikan bahan tersebut hingga 24 jam dan pakan siap di berikan.
  • Jika ingin di keringkan gunakan penggiling kacang atau daging dan jemur hingga benar-benar kering atau gunakan oven untuk mengeringkannya.

Demikian itulah Cara Budidaya / Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal Lengkap untuk Pemula. Saran kami, gali informasi sebanyak-banyanya sebelum anda memulai usaha ternak lele ini. Semakin banyak referensi akan semakin baik sekalipun cara-cara membuat pakan lele ini di susun dari pengalaman dan juga referensi dari beberapa buku dan beberapa website, alangkah baiknya jika anda terjun langsung melakukannya. Karena kesuksesan anda akan anda raih jika anda melakukannya sendiri alias ACTION sekarang juga.

Info lengkap tentang Suplemen Organik Cair ini bisa dilihat pada (klik) SOC HCS.

Kata kunci pilihan:

ternak lele kolam terpal,budidaya ikan lele di kolam terpal,budidaya lele kolam terpal,ternak lele terpal,cara budidaya ikan lele di kolam terpal,cara budidaya ikan lele,budidaya ikan lele,cara budidaya lele kolam terpal lengkap,kolam lele terpal,cara ternak lele,kolam terpal lele,budidaya ikan lele kolam terpal,budidaya lele terpal,cara budidaya lele,cara ternak ikan lele,Cara ternak lele terpal,cara ternak lele kolam terpal,cara budidaya lele kolam terpal,ternak lele kolam terpal pemula,cara budidaya ikan lele kolam terpal,kolam lele,

Gallery Budidaya Lele Kolam Terpal

Budi Daya Lele Mutiara Kolam Terpal Menguntungkan Cendana

Peluang Bisnis Pembesaran Lele Dengan Kolam Terpal

Lengkap Ini Panduan Ternak Ikan Lele Kolam Terpal Bioflok

Menghitung Kisaran Biaya Ternak Lele Kolam Terpal Untuk

Budidaya Lele Di Kolam Terpal Www Detikriau Org

Pin On Proyek Untuk Dicoba

Ternak Lele Kolam Terpal Panduan Lengkap Dengan Video

Jual Kolam Terpal Bulat Diameter 3 Fullset Bimbingan Budidaya Lele Kab Bogor Sangkuti Farm Tokopedia

Usaha Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Manfaatkan Lahan

Cara Ternak Lele Pakai Kolam Terpal Bulat 1 Jual Kolam

Ini Rahasia Sukses Bisnis Ternak Ikan Lele

Teknik Budidaya Lele Di Kolam Terpal Dinas Perikanan

Budidaya Lele Kolam Bioflok Surabaya 0821 3299 4953 0852

Cara Budidaya Ikan Lele Di Rumah Dengan Kolam Terpal Blog

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tanah Tanipedia Co Id

Cara Budidaya Lele Yang Baik Di Kolam Terpal

Budidaya Ikan Lele Pada Kolam Terpal Jual Pompa Air Modifikasi

Kolam Terpal Aceh Juraganlapak

9 Langkah Cara Mudah Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Bagi

Prospek Cerah Budidaya Lele Cepat Nikmati Hasil Dengan

5 Cara Budidaya Ikan Lele Dengan Terpal Yang Mudah Bagi Pemula

Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Media Kolam Terpal Bagi

Videos Matching Persiapan Awal Air Kolam Ikan Lele Sebelum

Ikan Lele Cara Mudah Beternak Budidaya Di Kolam Terpal


0 Response to "Budidaya Lele Kolam Terpal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel