Politik Luar Negeri Adalah



Tokoh Pergerakan Nasional Yang Mencetuskan Politik Luar

Pengertian Politik Luar Negeri

Pengertian Politik Luar Negeri adalah arah kebijakan suatu negara untuk mengatur hubungan dengan negara lain dengan tujuan untuk kepentingan nasional negara tersebut dalam lingkup dunia internasional. Politik luar negeri merupakan bagian dari strategi politik nasional suatu negara yang berbeda dengan politik luar negeri negara lain.

Secara umum, politik luar negeri (foreign policy) merupakan strategi suatu negara dalam berhubungan dengan negara lain berdasarkan nilai, sikap, arah serta sasaran untuk kepentingan nasional negara tersebut di dalam percaturan dunia internasional.  Oleh karena itu, setiap negara mempunyai kebijakan politik luar negeri sendiri tergantung pada tujuan nasional negara.

Dasar Kebijakan Politik Luar Negeri

Kebijakan politik luar negeri dipengaruhi oleh faktor dalam negeri dan faktor luar negeri. Bagaimanapun juga, politik luar negeri adalah cerminan dari keinginan dan aspirasi seluruh rakyat suatu negara yang harus diperjuangkan oleh pemerintahnya di dunia internasional dalam upaya menentukan keterlibatan negara di dalam kancah politik internasional.

Faktor dasar yang mempengaruhi kebijakan politik luar negeri, adalah:

Faktor Dalam Negeri 

Faktor dalam negeri yang mempengaruhi kebijakan politik luar negeri beraneka ragam. Misalnya, sistem pemerintahan, keadaan wilayah, tujuan nasional negara, kepentingan negara dan ideologi bangsa. Di samping itu, sering terjadinya pergantian pemimpin pemerintahan juga mempengaruhi kebijakan politik luar negeri. Setiap pemimpin pemerintahan mempunyai kebijakan sendiri terhadap politik luar negeri.

Faktor Luar Negeri

Faktor luar negeri mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kebijakan politik luar negeri suatu negara. Globalisasi memudahkan hubungan negara satu dengan negara lain. Adanya perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi yang pesat, memudahkan kita mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di negara lain. Dengan globalisasi, setiap negara dituntut melakukan hubungan dengan negara lain. Hubungan yang dilakukan antarnegara tidak lepas dari kepentingan negara masing-masing. Kepentingan negara ini akan mempengaruhi kebijakan luar negeri negara tersebut.

Politik Luar Negeri Indonesia 

Telah disebutkan di atas bahwa setiap negara mempunyai kebijakan politik luar negeri sendiri tergantung pada tujuan nasional negara. Demikian juga dengan politik luar negeri Indonesia yaitu bebas aktif. Bebas, artinya negara Indonesia tidak memihak salah satu blok kekuatan yang ada di dunia. Aktif artinya negara Indonesia selalu aktif dalam menciptakan perdamaian dunia serta aktif dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan internasional.

Kebijakan politik luar negeri Indonesia bebas aktif akan menentukan kualitas hubungan Indonesia dengan negara-negara lain di dunia. Hal ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan diplomasi oleh pejabat yang disebut diplomat. Tugas diplomat yaitu menghubungkan kepentingan nasional bangsa Indonesia dengan dunia Internasional. Seorang diplomat tinggal dan menetap di negara lain sebagai wakil dari negara Indonesia dengan menjalankan kebijakan yang telah ditentukan oleh pemerintah Indonesia.

Pengertian Politik Luar Negeri – Lentera Kecil

Gallery Politik Luar Negeri Adalah

Politik Luar Negeri Bebas Aktif Dan Pelaksanaan Serta

Indonesia Masih Menerapkan Dasar Politik Luar Negeri Bebas

Politik Luar Negeri Indonesia

Pengertian Hubungan Internasional Politik Internasional Dan

Prinsip Bebas Aktif Dalam Kebijakan Luar Negeri Indonesia

Kebijakan Politik Luar Negeri Pada Masa Orde Lama

Kelas 6 Pendidikan Kewarganegaraan Halili By Yeti

Esay Individual Kebijakan Luar Negeri Indonesia Indra Pujianto

Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif Contoh Tujuan

Bagaimana Menjadikan Demokratisasi Sebagai Agenda Politik

Politik Luar Negeri Bebas Aktif Dan Pelaksanaannya Blog

Pengertian Hubungan Internasional Politik Internasional Dan

Pengertian Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Aktif Dan

Pdf Kebijakan Politik Luar Negeri Pada Masa Pemerintahan

Politik Luar Negeri Republik Indonesia

Politik Luar Negeri Pengertian Faktor Faktor Luar Dan

Sejarah Politik Luar Negeri Indonesia Alphaomegaproperty Co Id

70 Tahun Indonesia Merdeka 50 Tahun Politik Luar Negeri

Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Aktif

Sekretariat Nasional Asean Indonesia

Politik Bebas Aktif Indonesia Fmedia Co Id


0 Response to "Politik Luar Negeri Adalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel