Makalah Studi Kelayakan Bisnis
Studi Kelayakan Bisnis Universitas Ciputra
Contoh Makalah Studi Kelayakan Bisnis
Silakan dilihat contoh makalah studi kelayakan bisnis dibawah, semoga contoh makalah ini dapat membantu anda. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Penanaman modal dalam suatu usaha atau proyek , baik untuk usaha baru maupun perluasan usaha yang sudah ada, biasanya disesuaikan dengan tujuan usaha. Salah satu tujuan dan pada umumnya merupakan tujuan dari semua usaha ialah mencari keuntungan (profit). Dalam arti seluruh aktivitas perusahaan hanya ditujukan untuk mencari keuntungan semata. Tujuan lainnya adalah bersifat social, artinya jenis usaha ini sengaja didirikan untuk membantu masyarakat dalam penyediaan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Bagi perusahaan yang didirikan untuk tujuan total profit, yang paling utama adalah perlu difikirkan seberapa lama pengembalian dana yang ditanam di proyek tersebut agar segera kembali. Agar tujuan perusahaan tersebut dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan, maka apapun tujuannya (baik profit, social maupun gabungan dari keduanya), hendaknya apabila ingin melakukan investasi sebaiknya didahului dengan suatu studi. B. Fokus Masalah Telah dipaparkan sebelumnya bahwa suatu usaha itu didirikan tentu dengan maksud untuk mencapai tujuan tertentu, yang pada umumnya adalah mencari keuntungan. Dan terkadang dalam praktiknya yakni dalam menjalankan usaha, tentu akan menemui suatu kendala, hambatan-hambatan dan resiko yang mungkin timbul setelah usaha berjalan. Hal ini disebabkan oleh adanya suatu keadaan ketidakpastian atas masa depan, baik di bidang ekonomi, hokum, politik, budaya perilaku dan perubahan lingkungan masyarakat. Dengan demikian, perlu untuk dilakukan pengidentifikasian terhadap masalah-masalah yang mungkin akan dihadapi dan di cari solusi alternative pemecahan atas masalah-masalah yang telah teridentifikasi. Dalam kesempatan ini penulis mencoba untuk menganalisis dan melakukan studi atas usaha warnet yang ada di Stabat Kabupaten Langkat dengan nama Arfa-Net sebagai pembelajaran dan kemudian menilai layak atau tidak usaha ini untuk dijalankan bahkan mungkin dilakukan pengembangan usaha. C. Tujuan Adapun tujuan dari dilakukannya studi ini terhadap usaha warnet ini adalah: 1. Untuk mengetahui kondisi usaha dan dampak/masalah yang mungkin terjadi dari didirikannya usaha ini baik dari aspek hukum, pemasaran, keuangan, lingkungan dan lain sebagainya. 2. Setelah diketahui kondisi usaha dari berbagai aspek, maka dapat diputuskan usaha ini layak atau tidak untuk dilanjutkan dan dikembangkan. D. Landasan Teori Landasan teori atas pembahasan ini dapat dilihat dalam buku studi kelayakan bisnis, yaitu adalah sebagai berikut: 1. Aspek Hukum Meliputi kelengkapan surut-surat dan keabsahan dokumen perusahaan. 2. Aspek Pemasaran Meliputi strategi pemasaran yang dilakukan. 3. Aspek Keuangan Meliputi penilaian biaya-biaya apa saja dan seberapa besar biaya tersebut dikeluarkan. 4. Aspek Operasional Meliputi tempat lokasi usaha. 5. Aspek Sosial Ekonomi Meliputi pengaruh usaha terhadap keadaan ekonomi dan dan social terhadap masyarakat secara keseluruhan. 6. Aspek Manajemen Meliputi pengelola dan struktur organisasi yang ada. 7. Aspek Dampak Lingkungan Meliputi dampaknya usaha yang dijalankan terhadap lingkungan sekitar. E. Metodologi Pemecahan 1. Pendekatan Penelitian Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan empiris, yaitu pendekatan yang dititikberatkan pada penggalian, pemaparan, penjelsan dan penafsiran terhadap gejala-gejala empiric. 2. Penentuan Data Adapun yang menjadi sumber-sumber data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Data primer yaitu data yang diperoleh dari penelitian langsung kelapangan seperti wawancara. b. Data sekunder yaitu berupa data yang mendukung data primer, yaitu terdiri dari: buku studi kelayakan bisnis karangan Kasmir, S.E., MM. dan Jakfar, S.E., MM. 3. Pengolahan Data dan Analisis Data Pada permasalahan ini, data-data yang diperoleh dapat berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Jika data berupa data kuantitatif, cara pengolahannya dan analisisnya menggunakan bantuan statistic. Jika jenis datanya berupa data kualitatif, cara pengolahan dan analisinya tidak dapat dilakukan dengan bantuan statistic, tetapi dilakukan secara naratif dalam bentuk cerita (nonstatistic). BAB II PEMBAHASAN A. Mengenal Arfi-Net Arfi-net adalah jenis usaha warung internet yang menyediakan layanan jasa internet seperti browsing, chatting, dan gamming, dan jasa print/cetak dokumen. Berlokasi di kawasan pertokoan perempatan jalan raya kota Stabat yang dekat dengan sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, perkantoran, pasar dan pemukiman penduduk. Fasilitas dan peralatan yang dimiliki warnet ini adalah 16 unit computer layar datar Pentium IV senilai Rp 64 jt, 10 webcam, sebuah gedung tingkat dua dengan sebuah papan nama yang bertuliskan Arfi_Net, sebuah mesin genset dan sebuah kamar mandi. Adapun bentuk organisasi usaha ini adalah organisasi garis/lini yakni terdiri dari seorang pemilik usaha dan 3 orang operator. Berikut merupakan bagan organisasi usaha ini: Tingkat balas jasa dalam usaha ini adalah berupa gaji dan bingkisan padahari-hari tertententu seperti hari raya dan sebagainya. B. Analisis Kelayakan Usaha Arfi-Net Dari Berbagai Aspek 1. Aspek Hukum Berdasarkan tanya jawab yang kami lakukan usaha ini merupakan usaha Firma (Fa) dan memliki izin kepemilikan yang sah dan ada tanda daftar usaha. Sehingga jika dinilai dari aspek ini, usaha ini dinyatakan layak untuk didirikan. 2. Aspek Pemasaran Masih berdasarkan data wawancara, bahwa usaha-usaha yang dilakukan untuk pemasaran atas usaha ini hanyalah dengan spanduk atau papan nama di depan gedung, tidak ada penambahan usaha promosi lain. Sedangkan untuk tarif dan pelayanan, usaha ini mengenakan tariff standar artinya sama dengan tariff yang dikenakan oleh pesaing, dan pelayanan juga sama, artinya tidak memiliki suatu keistimewaan. Namun jika diperhatikan dari peluang pasarnya, usaha ini cukup ramai dengan kunjungan pelanggan dengan data omzet 500.000 rupiah per hari, dengan rata-rata pelanggan pelajar dan mahasiswa. Hal ini dikarenakan lokasi usaha yang stategis dan sedikitnya pesaing yang menyediakan jenis usaha yang sama dan lokasi benar-benar dekat dengan sasaran pelanggan yang cukup banyak jumlahnya. Untuk lebih jelas, maka penulis memaparkan hasil analisis data yang telah terkumpul, yaitu sebagai berikut:
No. | Item yang dinilai | Kriteria penilaian | ||
Kurang baik | Sedang | Baik | ||
1. | SDM | √ | ||
2. | Pesaing | √ | ||
3. | Konsumen | √ | ||
4. | Teknologi | √ | ||
5. | Harga | √ | ||
6. | Promosi | √ | ||
7. | Lingkungan bisnis | √ | ||
8. | Ketersediaan modal | √ | ||
9. | Pangsa pasar | √ | ||
10. | Rencana pemasaran | √ | ||
Total bobot | 2 | 3 | 5 |
No. | Aspek Kelayakan | Hasil Studi |
1. | Hukum | Baik |
2. | Pemasaran | Cukup baik |
3. | Keuangan | Baik |
4. | Operasional | Cukup baik |
5. | Sosial ekonomi | Cukup baik |
6. | Manajemen | Baik |
7. | Amdal | Cukup baik |
Sumber, hadiqotululum.blogspot.com
Gallery Makalah Studi Kelayakan Bisnis
Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis Dan Manfaatnya Qwords Blog
Pdf Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Rumah Makan Krebo
Makalah Studi Kelayakan Bisnis Bab 3
Studi Kelayakan Bisnis Kajianpustaka Com
Contoh Makalah Studi Kelayakan Bisnis Jamur Tiram Putih Docx
Makalah Studi Kelayakan Bisnis Tentang Aspek Pasar Docx
Contoh Makalah Studi Kelayakan Bisnis Souvenir Pdf By
Myke Top Ten Contoh Makalah Studi Kelayakan Usaha Makanan
Analisis Aspek Pasar Studi Kelayakan Bisnis
Contoh Makalah Studi Kelayakan Bisnis Aspek Ekonomi Docx
Makalahaspekyuridis Docx Makalah Aspek Administrasi Dan
Analisis Studi Kelayakan Bisnis Docx Analisis Studi
Doc Makalah Analisis Studi Kelayakan Bisnis Prabowo Juni
Menemukan Ide Dan Tahapan Studi Kelayakan Bisnis Islam
Buku Studi Kelayakan Bisnis Kasmir Dan Jakfar Nordic Ware
Doc Studi Kelayakan Bisnis Aspek Keuangan Nelly Nopta
Makalah Studi Kelayakan Bisnis
Aspek Operasi Makalah Studi Kelayakan Bisnis Aspek Operasi
0 Response to "Makalah Studi Kelayakan Bisnis"
Post a Comment