Macam Macam Sistem Ekonomi



Macam Macam Sistem Ekonomi Economic System General

Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Sistem Ekonomi - Jurnal Blog

Sebagai seorang pelaku bisnis, Anda dituntut untuk mengetahui tentang sistem ekonomi yang berlaku di negara Indonesia. Dari mengetahui tentang sistem yang berlaku, akan memengaruhi keputusan bisnis yang Anda ambil pada periode tertentu. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan Anda sebagai pemilik atau pun pelaku bisnis merupakan bagian dari ekonomi suatu negara tempat Anda tinggal. Lantas, apa itu sistem ekonomi?

Sistem ekonomi merupakan cara yang dipakai oleh suatu negara untuk menyelesaikan atau menghadapi masalah dalam bidang ekonomi. Setiap negara memiliki sistem ekonomi  yang berbeda-beda, tergantung dari situasi dan kondisi yang sedang terjadi pada negaranya. Kenali lebih dalam tentang pengertian sistem ekonomi, fungsi, dan macamnya.

Pengertian Sistem Ekonomi

Penjelasan sistem ekonomi secara konkret bisa dibilang cukup sulit, karena beberapa ahli cenderung memiliki penjelasan yang berbeda tentang sistem ekonomi itu. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail, berikut ini adalah pengertian sistem ekonomi dari beberapa ahli:

Gilarso

Sistem ekonomi adalah keseluruhan tata cara untuk mengoordinasikan perilaku masyarakat (para produsen, konsumen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga terbentuk satu kesatuan yang teratur dan dinamis sehingga kekacauan dalam bidang ekonomi dapat dihindari.

Gregory Grossman dan M. Manu

Sistem ekonomi adalah sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur yang terdiri dari atas unit-unit ekonomi, serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi melainkan juga saling menopang dan memengaruhi.  

McEachern

Seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana , dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi (what, how, dan for whom).

Dari definisi-definisi tersebut, sebenarnya dapat ditarik satu kesimpulan tentang pengertian sistem ekonomi. Pada dasarnya, sistem ekonomi adalah suatu cara untuk mengatur dan mengorganisir semua kegiatan ekonomi dalam anggota masyarakat, baik oleh pemerintah maupun pihak swasta, berdasarkan prinsip tertentu, demi mencapai kemakmuran atau kesejahteraan. 

Fungsi Sistem Ekonomi

 Fungsi sistem ekonomi secara umum adalah:

  •  Sebagai penyedia dorongan untuk berproduksi.
  • Berfungsi dalam mengoordinasi kegiatan individu dalam suatu perekonomian.
  • Sebagai pengatur dalam pembagian hasil produksi di seluruh anggota masyarakat agar dapat terlaksana seperti yang diharapkan
  • Menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik.

Macam-macam Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi Tradisional

Suatu sistem dalam organisasi kehidupan ekonomi berdasarkan kebiasaan, tradisi masyarakat secara turun-temurun yang mengandalkan faktor produksi apa adanya. Kelebihan dari sistem ekonomi tradisional adalah adanya semangat kekeluargaan dan kejujuran dari setiap individu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sistem Ekonomi Terpusat (Sosialis)

Sistem ekonomi terpusat adalah sistem ekonomi di mana pemerintah memiliki kekuasaan yang dominan pada pengaturan kegiatan ekonomi. Penguasaan dilakukan melalui pembatasan-pembatasan terhadap kegiatan ekonomi yang dikerjakan oleh anggota masyarakat. Negara yang menganut sistem ekonomi terpusat antara lain: Rusia, RRC, dan negara-negara Eropa Timur (bekas negara Uni Soviet).

Sistem Ekonomi Liberal (Kapitalis)

Sistem ekonomi berdasarkan kebebasan seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat dalam kegiatan perekonomian tanpa adanya campur tangan daripada pemerintah. Landasan dari sistem perekonomian ini  bertujuan secara umum untuk mencari keuntungan pribadi tanpa adanya pihak lain yang perlu dipertimbangkan.

Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah suatu sistem ekonomi yang di satu sisi pemerintah memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk berusaha melakukan kegiatan ekonomi, akan tetapi di sisi lain pemerintah memiliki campur tangan dalam perekonomian dengan tujuan menghindari penguasaan secara penuh dari segolongan masyarakat pada sumber daya ekonomi.

Sistem Perekonomian Indonesia

Setelah melihat jenis-jenis perekonomian dunia tersebut, tahukah kamu perekonomian mana yang ada di Indonesia? Sistem perekonomian yang diterapkan oleh Indonesia adalah sistem perekonomian Pancasila. Sistem ekonomi Pancasila dipilih untuk diterapkan di negara kita karena di dalamnya terdapat makna demokrasi ekonomi. Barang-barang yang dianggap sangat penting bagi eksistensi negara dan dibutuhkan banyak orang tidak boleh diserahkan pada pihak swasta. Negara dapat membuat kebijakan, mengurus, mengatur, mengelola, dan mengawasi produksi strategis tersebut. Jika kekayaan tersebut dibiarkan begitu saja jatuh pada pihak yang salah maka kemakmuran masyarakat dalam memanfaatkan kekayaan tersebut sulit terwujud. Ekonomi Indonesia kini banyak ditopang oleh industri dan perdagangan, dengan fokus mayoritas di sektor ekspor. Mungkin itu sebabnya pula sekarang Indonesia didorong untuk memasuki industri 4.0 dan banyak wirausaha yang bermunculan.

Itulah beberapa pengertian, fungsi dan macam-macam dari sistem ekonomi. Sistem ekonomi memiliki keterkaitan yang erat terhadap akuntansi karena akuntansi sangat berhubungan dengan nilai sosial dan ekonomi yang berlaku dalam masyarakat. Dengan menggunakan sistem akuntansi yang baik, perekonomian Anda bukan hanya dapat berkembang dengan baik, tapi juga dapat membantu kesejahteraan masyarakat secara lebih luas. Dalam menerapkan sistem akuntansi, Anda juga dapat memanfaatkan software akuntansi online seperti Jurnal. Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat mengelola keuangan lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman. Info lebih lanjut mengenai Jurnal dapat dilihat di sini.

Gallery Macam Macam Sistem Ekonomi

Index Of Wp Content Uploads 2019 05

Macam Macam Sistem Ekonomi Detik News Ocean Dno Your

Kebutuhan Manusia Kelangkaan Sistem Ekonomi Ppt Download

Macam Macam Macam Sistem Ekonomi Ada Berbagai Macam Sistem

Image In Study Collection By Jess On We Heart It

Ekonomi Inggris

Macam Macam Sistem Ekonomi Ss Belajar

Sistem Ekonomi Definisi Unsur Unsur Dan Macam Macam Sistem

Macam Macam Sistem Ekonomi Di Dunia

Sistem Ekonomi Definisi Unsur Unsur Dan Macam Macam Sistem

8 Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli

Macam Macam Sistem Ekonomi

Ppt Sistem Ekonomi Indonesia Powerpoint Presentation Free

Sistem Ekonomi Sosialis Mwl17p0we1lj

Sistem Ekonomi Pengertian Fungsi Macam Macam Dan Ciri

Ekonomi Peta Konsep Anak Bangsa

Sistem Ekonomi Pengertian Ciri Ciri Macam Macam Dan Fungsi

Pengertian Dan Macam Macam Sistem Ekonomi Di Dunia Yang Saat

Pengertian Fungsi Dan Macam Macam Sistem Ekonomi Sebentar

Pengertian Sistem Ekonomi Fungsi Macam Beserta Ciri Cirinya

Ekonomi Kelas Semester X 1 Permasalahan Ekonomi Ppt

Sistem Ekonomi Sosialis Youtube

Macam Macam Sistem Ekonomi Ilmu Ekonomi Id

Sistem Ekonomi X Mia2 Stc1 Pptx Powerpoint


0 Response to "Macam Macam Sistem Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel