Bank Syariah Di Indonesia



Dissecting Islamic Bank Performance In Indonesia

Sejarah dan Perkembangan Bank Syariah di Indonesia

Perbankan di Indonesia kini makin diramaikan dengan adanya bank syariah, yang menawarkan produk keuangan dan investasi dengan cara yang berbeda dibanding bank konvensional yang sudah lama ada. Meskipun masih dianggap “newbie”, perbankan syariah berkembang cukup pesat loh. Maklum saja, Indonesia kan negara muslim terbesar di dunia dan jelas perbankan yang mengunakan hukum dan asas Islam akan lebih diminati.

Bahkan bank-bank konvensional di Indonesia kini ikutan tren dengan mendirikan institusi syariah atau unit usaha syariah sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengaet lebih banyak nasabah yang tertarik dengan keunggulan bank syariah. Pasti banyak yang bertanya-tanya tentang asal mula perbankan syariah di Indonesia. Biar tidak penasaran, yuk kita napak tilas keberadaan perbankan yang satu ini.

Apa Itu Perbankan Syariah?

Perbankan Syariah via blogspot.com

Sebelum napak tilas, mari kita cari tahu dulu definisi Perbankan Syariah. Nah, Perbankan Syariah kerap disebut juga Perbankan Islam, yaitu perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan hukum Islam atau syariat. Karena berdasarkan hukum Islam, maka perbankan syariah tidak mengenal adanya “bunga pinjaman” alias interest rate.

Bunga pinjaman dianggap riba dan berdosa. Yang dikenal di perbankan syariah adalah “sistem bagi hasil” atau Nisbah yang prosesnya sama-sama diketahui dan disetujui oleh bank dan pihak nasabah. Pelopor berdirinya perbankan syariah di Indonesia adalah Bank Muamalat pada tahun 1991. Bank ini dilahirkan oleh Majelis Ulama Indonesia, Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), pengusaha Muslim dan juga pemerintah.

Sayangnya bank tersebut kurang popular dan kinerjanya stagnan, baru setelah krisis ekonomi dan reformasi, Bank Muamalat mulai dilirik nasabah.

Baca Juga: Mengenal Deposito Syariah Dan Manfaatnya

Proses Berdirinya Perbankan Syariah

Bank Muamalat, Bank Syariah Pertama di Indonesia via infobanknews.com

Secara mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim, maka hadirnya bank syariah sudah menjadi obsesi banyak orang bahkan sebelum Indonesia merdeka. Sejarah mencatat K.H Mas Mansyur, ketua pengurus besar Muhammadiyah periode 1937-1944 pernah menyatakan kalau umat Islam di Indonesia terpaksa mengunakan jasa bank konvensional karena belum memiliki lembaga yang bebas riba.

Di tahun 1983 pemerintah Indonesia pernah berencana menerapkan “sistem bagi hasil” dalam berkreditan yang merupakan konsep dari perbankan syariah.

Saat itu kondisi perbankan Indonesia memang parah-parahnya karena Bank Indonesia tidak bisa mengendalikan tingkat suku bunga di bank-bank yang membumbung tinggi. Sehingga pemerintah mengeluarkan deregulasi tanggal 1 Juni 1983 yang menimbulkan kemungkinan bank mengambil untung dari bagi hasil sistem kredit.

Namun lima tahun kemudian, pemerintah menganggap bisnis perbankan harus dibuka seluas-luasnya untuk menunjang pembangunan. Dan tanggal 27 Oktober 1988, pemerintah pun mengeluarkan Paket Kebijaksanaan Pemerintah Bulan Oktober (PAKTO) untuk meliberalisasi perbankan. Nah, meskipun lebih banyak bank konvensional yang berdiri, beberapa bank daerah yang berasaskan syariah juga mulai bermunculan.

Tahun 1990, MUI membentuk kelompok kerja untuk mendirikan Bank Islam di Indonesia. Nah, ini merupakan cikal bakal lahirnya perbankan syariah di Indonesia. Pada tahun 1991, bank syariah pertama di Indonesia yaitu Bank Muamalat pun lahir.

Baca Juga: Mengenal Istilah Bagi Hasil (Nisbah) Perbankan Syariah

Perbankan Syariah Kini

Perbankan Syariah Berkembang di Indonesia via wordpress.com

Saat krisis ekonomi tahun 1998 yang menyebabkan Presiden Soeharto lengser, para bankir sempat heran mengapa Bank Muamalat bisa bertahan dari krisis yang membuat belasan bank konvensional lain tersungkur tak berdaya. Terinspirasi dengan tegarnya Bank Muamalat menghadapi krisis, maka berdirilah Bank Syariah Mandiri, bank syariah kedua di Indonesia. Bank Syariah Mandiri ini merupakan gabungan dari beberapa bank yang dimiliki BUMN yang kebetulan terimbas krisis di tahun 1998.

Tentu saja para bankir kembali bertaruh apakah bank ini akan bertahan atau tidak. Mereka yakin, kalau Bank Syariah Mandiri bisa bertahan maka perbankan syariah ternyata punya masa depan menjanjikan di Indonesia. Siapa sangka akhirnya Bank Syariah Mandiri ternyata cukup sukses dan jadi penyemangat munculnya beragam bank syariah lainnya di Indonesia. Saat ini keberadaan bank syariah di Indonesia sudah diatur dalam UU no 10/ 1998 tentang Perubahan UU No. 7 1992 tentang perbankan.

Baca juga: 4 Keunggulan Kartu Kredit Syariah yang Wajib Diketahui

Dalam beberapa tahun belakangan ini, sudah banyak bermunculan bank-bank syariah baru di Indonesia. Bahkan, agar tidak kalah bersaing dengan bank konvensional yang menguasai pasar di Indonesia, mereka sudah mulai berinovasi dengan meluncurkan produk seperti Kartu Kredit. Seperti apa perkembangan perbankan syariah kedepannya? Kita lihat saja.

Gallery Bank Syariah Di Indonesia

S P Pertumbuhan Industri Keuangan Syariah Melambat Di 2016

Analisis Good Corporate Governance Pada Bank Syariah

Pembiayaan Industri Pada Bank Syariah Islamic Private

Mengenal Bank Syariah Di Indonesia Bagian 1 Halaman All

Inilah 5 Peringkat Bank Syariah Terbaik Di Indonesia

Sudah Jelas Tidak Ada Bank Syariah Di Indonesia Ini

Akad Murabahah Sang Primadona Dalam Perbankan Syariah

Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank

Ini 5 Bank Syariah Terbesar Di Indonesia Akuntansi Keuangan

Info Bank Syariah September For Android Apk Download

Kementerian Komunikasi Dan Informatika

Mengelola Bank Syariah Ikatan Bankir Indonesia

Bank Bri Syariah Terdekat 5 Peringkat Terbaik Bank Syariah

Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia

Bni Syariah Sebagai Salah Satu Bank Syariah Terbaik Di

Gambar 1 1 Pertumbuhan Perbankan Syariah Di Indonesia Secara

Infografis Industri Perbankan Syariah Di Twitter 3 Gdilab

Lowongan Kerja Customer Service Teller Bank Syariah

Cakra Dana Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia

Perkembangn Bank Syariah Di Indonesia

Efisiensi Sosial Dan Finansial Bank Syariah Di Indonesia

Kode Transfer Bank Syariah Di Indonesia Syariahbank Com

Pdf Faktor Dominan Pada Indeks Inklusi Perbankan Syariah

Penerapan Teknologi Sistem Berbasis Islam Pada Bank

Pengukuran Kinerja Efisiensi Perbankan Syariah Analisis

Manajemen Bank Syariah Ppt Download

Nabung Di Bank Syariah

Kriteria Pemilihan Bank Umum Syariah Di Indonesia Unair News


0 Response to "Bank Syariah Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel