Bagaimana Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Indonesia Saat Ini



Asas Tugas Pembantuan

Pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia

Seperti yang telah kita tahu, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang tersebar serta dibagi menjadi 33 provinsi yang ada. Akan sangat tidak efektif apabila negara kepulauan seperti Indonesia memiliki pemerintahan yang hanya terpusat pada pemerintah pusat saja. Maka dibuatlah sistem otonomi daerah supaya jalannya pemerintaha di Indonesia dapat berjalan lebih efektif lagi.

Dengan adanya otomi daerah, maka setiap daerah yang ada di Indonesia dapat membuat kebijakan masing-masing daerah mereka sendiri, tetapi tidak bertentangan dengan UUD 1945 serta tetap berdasar pada Pancasila. Walaupun diadakan sistem otonomi, tetapi pemerintahan Indonesia tetaplah terpusat pada pemerintah pusat yang berkedudukan di ibukota.

Otonomi daerah sendiri adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Undang-undang yang mengatur pelaksanaan otonomi daerah  di Indonesia adalah UUD 1945 Pasal 18 Ayat 1-7, 18A Ayat 1 dan 2, serta 18B ayat 1 dan 2. Otonomi daerah diberlakukan di Indonesia melalui UU Nomor 23 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. Otonomi daerah dilaksanakan dalam rangka memperbaiki serta mengusahakan kesejahteraan rakyat. Otonomi daerah memiliki tujuan peningkatan pelayanan masyarakat yang semakin baik serta pengembangan kehidupan demokrasi di Indonesia.

Meski demikian, masih terjadi banyak penyimpangan mengenai otonomi daerah di Indonesia. Sistem ini memiliki banyak celah yang dapat dengan mudah digunakan untuk pemanfaatan kebutuhan pribadi. Ditambah lagi dengan banyaknya anggota pemerintah yang duduk di lembaga-lembaga pemerintah daerah yang memiliki mental ‘bobrok’.

Seperti yang telah kita tahu, Indonesia sangat terkenal dengan budaya korupsinya yang sudah sangat kental. Dengan adanya sistem otonomi daerah, maka oknum pemerintah dapat dengan mudah melakukan korupsi dengan memanipulasi anggaran yang diberikan negara. Dengan otonomi daerah, setiap provnsi mendapatkan APBD masing-masing sehingga dapat memanfaatkannya secara mandiri bagi tiap daerah. 

Tidak jarang terjadi penyalahgunaan serta manipulasi dilakukan oleh oknum pemerintah daerah dalam pelaksanaannya. Tidak heran apabila sudah banyak terjadi kasus korupsi di daerah selama berlangsungnya otonomi daerah di Indonesia karena memang pada kenyataannya banyak sekali celah yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan tindak korupsi dalam pelaksanaan sistem otonomi daerah.

Memang tidak ada sistem yang tidak memiliki kekurangan. Semua pasti memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Yang perlu diusahakan adalah bagaimana cara untuk meminimalisir kekurangan dari sistem itu sendiri. Seperti halnya sistem otonomi daerah, untuk membuatnya menjadi semakin efektif, makan diperlukan adanya perbaikan mental agar tidak terjadi kecurangan serta penyelewengan dalam pelaksanaannya. Dengan demikian, tujuan utama dari otonomi daerah yaitu untuk mengusahakan serta mewujudkan kesejahteraan rakyat dapat terlaksana dengan baik.

VIDEO PILIHAN

Gallery Bagaimana Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Indonesia Saat Ini

Kumpulan Pertanyaan Otonomi

Analisis 5 Masalah Dalam Daerah Otonom Rilyan Shela Handini

Makassar Terus Melaju Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah

Hubungan Pusat Daerah Yang Kondusif Pulihkan Kesehatan

Jejak Jejak Terekam Sejarah Perkembangan Otonomi Daerah Di

Laporan Akhir Kajian Desentralisasi Dan Otonomi Daerah By

Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Indonesia Ppt Download

Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Indonesia Ppt Download

Ppt Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Otonomi

Kebijakan Otonomi Khusus Daerah Kepulauan Dana Khusus

Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Indonesia

18 Tahun Berlangsung Otonomi Daerah Belum Optimal Investor Id

Agun Akui Perlunya Evaluasi Pelaksanaan Otonomi Daerah

Otonomi Daerah Pengertian Tujuan Manfaat Prinsip Lengkap

Dua Dekade Otonomi Daerah

Pdf Sektor Pertanian Yang Mempengaruhi Perekonomin Daerah

Pengertian Tujuan Dan Manfaat Otonomi Daerah Lengkap

Tujuan Otonomi Daerah Di Indonesia Beserta Penjelasannya

3 Solusi Otonomi Daerah Beserta Masalahnya

Otonomi Daerah Sebagai Kesempatan Mensejahterakan Masyarakat

Polemik Hubungan Pusat Dan Daerah

Otonomi Daerah Hakikat Tujuan Prinsip Asas Dasar Hukum

Pelaksanaan Otonomi Daerah

Peranan Otonomi Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah


0 Response to "Bagaimana Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Indonesia Saat Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel