Kata Serapan Dari Bahasa Inggris



100 Arti Kata Serapan Gambar Kata Kata Populer

Kata Serapan Bahasa Inggris yang Salah Penggunaan


 

Di dalam bahasa Indonesia, beberapa kosakata banyak yang mengambil dari serapan bahasa lain. Mulai dari bahasa Inggris, Belanda, China, Portugis, Sansekerta hingga bahasa Arab.

Hal ini dikarenakan pada masa jaman penjajahan dulu, banyak sekali bangsa lain yang berbondong-bondong datang ke Indonesia yang dahulu dikenal dengan sebutan Nusantara. Kekayaan alam dan rempah-rempahnya yang membawa mereka datang ke Tanah Air.

Kedatangan mereka membawa banyak dampak termasuk penambahan kosakata bahasa Indonesia yang diambil dari bahasa lain atau disebut dengan kata serapan. Sayangnya penyerapan kata asing kini terkesan asal-asalan sehingga tidak sesuai dengan kaidah yang ada. Dalam ulasan kali ini kata serapan yang salah penggunaannya yang akan dibahas adalah dari bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris adalah bahasa yang sering diambil kosakatanya sebagai kata serapan.

 

Secrecy

Kata ini yang paling sering digunakan oleh orang Indonesia. Solusi yang merupakan serapan dari solution ternyata tidak memiliki kata sifat dan ini menandakan bahwa kata solutive tidak pernah adaSecrecy. Kata ini seringkali salah dalam penggunaannya. Dalam beberapa kasus kata secrecy ini dibuat kata serapan menjadi kata “sekresi”. Padahal secrecy sendiri mengandung arti sebagai kata benda dari secret (rahasia). Semestinya kata secrecy ini diterjemahkan menjadi “kerahasiaan” bukan “sekresi”. Di dalam bahasa Indonesia sendiri kata sekresi memiliki definisi sebagai pengeluaran cairan kelenjar dari tubuh seperti cairan air liur, cairan asam lambung, dll.

Accession

Kata ini juga masuk dalam penyalahgunaan dalam membuat kata serapan yang berubah menjadi kata “aksesi”. Menurut kamus bahasa Inggris, kata accession merupakan persetujuan formal dari suatu perjanjian atau bergabungnya pada suatu asosiasi. Jika dicari dengan seksama kata “aksesi” ini bisa diganti dengan “traktat” yang memiliki definisi perjanjian antar bangsa.

Solutive

Kata ini yang paling sering digunakan oleh orang Indonesia. Solusi yang merupakan serapan dari solution ternyata tidak memiliki kata sifat dan ini menandakan bahwa kata solutive tidak pernah ada.

 

Melihat terdapat beberapa kata yang salah penggunaannya, berikut kami berikan sejumlah kata yang selalu digunakan dalam dialog bahasa Inggris yang menjadi kata serapan meskipun memiliki kata sendiri di dalam bahasa Indonesia.

  1. Eliminasi = penyisihan
  2. Elaborasi = penjabaran
  3. Komplain = keluhan atau pengaduan

KURSUS BAHASA INGGRIS EF ENGLISH FIRST

Daftar Sekarang

* Back To School 2018

Gallery Kata Serapan Dari Bahasa Inggris

A Phonemic And Graphemic Change Of English Loanwords In

Kata Baku Wikipedia Pnxkw6pgmy4v

Serapan Dari Bahasa Asing Inggris Belanda Arab Dan Lain

What Are Some Interesting Facts About The Indonesian

Kata Serapan Pengertian Daftar Bahasa Arab Penulisan

Penulisan Unsur Serapan Menurut Ejaan Bahasa Indonesia Yang

Ekspektasi Dan Realitas Sedikit Cerita Untuk Kenangan

Pengertian Potensi Diri Kata Potensi Berasal Dari Serapan

Pdf Proses Penyerapan Bahasa Arab Ke Dalam Bahasa Indonesia

Daftar Kata Serapan Beserta Artinya

Daftar Kata Serapan Beserta Artinya

Kata Serapan Dari Bahsa Inggris Ke Dalam Bahasa Indonesia

100 Contoh Kata Serapan Dari Bahasa Asing Lengkap

Kata Serapan Bahasa Inggeris

Kata Serapan

330 Kata Serapan Dalam Bahasa Inggris Kedalam Bahasa Indonesia

Bab I Pendahuluan 1 1 Latar Belakang Penelitian Bahasa

Kata Serapan Mandarin Yang Berasal Dari Bahasa Inggris

Japanesefunfact Hashtag On Twitter


0 Response to "Kata Serapan Dari Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel